6 Makanan Khas Barru Yang Unik Dan Kaya Rasa


Fida  November 13, 2021  0 Comment

Salah satu daerah di Indonesia yang dikenal menawarkan banyak tempat wista sekaligus kuliner lezat adalah Kabupaten Barru. Barru merupakan salah satu daerah yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan dan dikenal banyak dikunjungi oleh wisatawan.Puas berkeliling dan berwisata di kabupaten ini, tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu makanan khas Barru yang ditawarkan. Berikut daftar 6 rekomendasi makanan khas Barru yang sangat menarik untuk kamu coba.

1. Palekko

palekko
makassar.tribunnews.com

Salah satu rekomendasi makanan khas Barru yang menarik untuk kamu coba adalah palekko. Makanan yang satu ini merupakan makanan berat yang dibuat dengan menggunakan bahan utama ayam dan bebek. Kamu dapat menjumpai makanan ini sepanjang Jalan Bottoe Kelurahan Tanete.

Palekko tidak hanya dikenal memiliki cita rasa lezat tetapi juga menawarkan aroma yang sangat menggugah selera. Langkah pertama pembuatan makanan yang satu ini adalah dengan cara memotong kecil daging itik, bebek, maupun ayam. Bagian kulit tidak dibuang karena dapat menghasilkan minyak yang digunakan untuk menumis.

Bumbu yang digunakan untuk menumis makanan yang satu ini diantaranya cabai merah, bawang merah, merica, garam, cuka, dan lain-lain. Setelah ditumis, daging akan disangrai dan digoreng hingga empuk. Berbagai rempah yang digunakan menghasilkan cita rasa yang menggugah selera pada menu yang satu ini. Palekko biasa dinikmati bersama dengan nasi hangat. Kamu dapat membeli hidangan ini dengan harga yang ditawarkan mulai dari Rp 20.000,- hingga Rp 35.000,-.

Gotravelly

Nasi Goreng Mas Gun Dan Rahasia Bumbu Yang Membuat Siapa Saja Bisa Suka

Ikan Asam Manis Khas Makassar Di Pandaan Jawa Timur

2. Bacaki

bacaki
celebes.co

Pernah mendengar sebutan makanan bacaki? Bacaki merupakan salah satu makanan khas Barru yang dibuat dengan menggunakan bahan utama jagung. Jika dilihat sekilas memang tampak seperti jagung pada umumnya tetapi yang membedakan adalah jenis jagung yang digunakan.

Bacaki menggunakan bahan utama jagung ketan yang dikenal lebih pulen dan memiliki ukuran lebih besar. Selain itu, jagung ini juga dikenal lebih bergizi jika dibandingkan dengan jagung biasa lo. Saat berkunjung ke daerah Kabupaten Barru, kamu tentu akan dengan mudah menjumpai penjual Bacaki. Makanan yang satu ini biasa dijual dengan harga sekitar Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,- per porsi.

Jagung yang telah diserut kemudian disajikan bersama bumbu yang memiliki perpaduan rasa asin dan pedas. Selain dikenal memiliki cita rasa lezat dan bergizi, hidangan yang satu ini juga sangat menyenangkan. Saat berkunjung ke daerah Kabupaten Barru, tidak ada salahnya untuk berburu lezatnya makanan bacaki.

3. Kue Bolu Cukke

kue bolu cukke
shopee.co.id

Rekomendasi makanan khas Barru selanjutnya yang menarik untuk kamu yang adalah kue bolu cukke. Makanan yang satu ini merupakan jajanan tradisional yang masih banyak diburu hingga saat ini. Sesuai dengan namanya, camilan ini merupakan kue bolu yang dibuat dengan berbagai bahan seperti tepung terigu dan campuran gula merah.

Meskipun memiliki tampilan yang sederhana, tetapi kue ini mampu membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya. Kamu akan dimanjakan dengan cita rasa manis dan legit asli gula merah. Kue ini juga menawarkan sensasi lembut saat dinikmati. Tidak ada salahnya jika kamu memilih kue bolu cukke sebagai teman bersantai pagi maupun sore hari. Karena mampu bertahan cukup lama, tidak jarang kue ini diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Kamu dapat dengan mudah menjumpai kue ini salah satunya di toko oleh-oleh di Kabupaten Barru. Selain dijual dengan harga yang terjangkau, ini juga memiliki kemasan yang praktis. Tertarik untuk mencoba lezatnya kue bolu cukke?

4. Gogos Bakar

gogos
merdeka.com

Rekomendasi makanan khas Barru yang sangat populer dan sayang untuk dilewatkan adalah gogos bakar. Makanan unik yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama nasi ketan. Kamu akan dimanjakan dengan sensasi berbeda saat mencobanya karena gogos bakar diolah dengan proses dibakar di atas bara api. Gogos bakar juga memiliki tampilan yang unik yakni dibungkus dengan daun pisang. Hal itu tentu menjadikan makanan yang satu ini memiliki aroma sedap tersendiri.

Tampilan makanan yang satu ini sekilas memang mirip dengan nasi bakar yang populer di daerah Jawa, tetapi sebenarnya berbeda. Jika nasi bakar menggunakan nasi, namun hidangan ini dibuat dengan 100% ketan. Jika nasi bakar langsung dapat dinikmati karena bercampur dengan berbagai lauk di dalamnya, namun gogos bakar biasa disajikan bersama dengan lauk telur asin.

Saat berkunjung ke daerah Kabupaten Barru, makanan yang satu ini tentu dapat dengan mudah kamu jumpai. Menurut masyarakat Barru, makanan yang satu ini lebih lezat dinikmati dalam keadaan hangat. Kamu dapat menikmati makanan ini dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 10.000,- per porsi.

5. Tiram Bakar

tiram bakar
viva.co.id

Tidak hanya lezat dan uniknya gogos, tiram bakar juga menjadi salah satu rekomendasi makanan khas Barru yang menarik untuk kamu coba. Makanan yang satu ini tidak hanya disukai oleh warga lokal saja, tetapi juga oleh wisatawan yang datang ke Kabupaten Barru.

Tiram adalah salah satu jenis kerang laut yang mudah dijumpai di muara sungai Lajari. Kerang ini terlebih dahulu dibersihkan sebelum diolah dan dibumbu sehingga menghasilkan cita rasa lezat. Meskipun dikenal sebagai olahan makanan yang cukup sederhana, tetapi tiram bakar mampu membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.

Tidak hanya dikenal lezat, tiram bakar juga dikenal sebagai makanan yang memiliki gizi tinggi. Hidangan yang satu ini juga tanpa menggunakan pengawet sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Pilihan bahan utama yakni tiram yang segar juga sangat mempengaruhi kualitas rasa tiram bakar.

6. Telur Asin

Makanan Khas Barru
kompas.com

Telur asin dikenal sebagai makanan yang banyak dijumpai di berbagai daerah dan salah satunya dikenal sebagai salah satu makanan khas Barru. Telur asin biasa disajikan bersama dengan gogos yang juga merupakan makanan khas Barru.

Telur asin khas yang satu ini memang memiliki tampilan serta cita rasa yang tidak berbeda dengan telur asin pada umumnya. Perpaduan telur asin dan gogos tidak hanya disukai oleh warga lokal saja melainkan juga oleh para wisatawan yang datang ke Kabupaten Barru. Saat berkunjung ke daerah Kabupaten Barru, tidak ada salahnya untuk mencoba sensasi telur asin yang dipadukan dengan gogos maupun membeli telur asin sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang.

Itulah daftar 6 makanan khas Barru yang dikenal menawarkan cita rasa lezat dan menggugah selera. Saat berkesempatan untuk mengunjungi Kabupaten Barru, makanan manakah yang paling ingin kamu coba kelezatannya?



Leave a Reply