6 Lembah di Papua, Keindahannya Tenangkan Jiwa


Fida  May 29, 2022  0 Comment

Papua dikenal sebagai salah satu kawasan di Indonesia yang menawarkan banyaknya tempat wisata. Tempat wisata alam merupakan pilihan yang tepat untuk didatangi saat berkunjung ke Papua. Ada berbagai pilihan tempat wisata alam yang ditawarkan mulai dari pegunungan, danau, sungai, hingga lembah. Lembah Baliem merupakan salah satu lembah yang cukup populer di Papua. Namun tidak hanya itu, papua juga memiliki berbagai pilihan lembah lainnya dengan pemandangan alam yang menakjubkan dan sayang untuk dilewatkan. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 6 rekomendasi lembah di Papua yang menarik untuk kamu kunjungi.

1. Lembah Baliem

lembah baliem
cnnindonesia.com

Lembah Baliem dikenal sebagai salah satu lembah di Papua sangat populer dan dapat dikunjungi di daerah Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua. Lembah yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi baik di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan yang kerap datang ke Papua. Lembah Baliem terletak di ketinggian mencapai 1600 meter di atas permukaan laut. Hal itu tentu menjadikan lembah ini memiliki suasana yang sejuk dan dingin. Suhu di sekitar lembah ini bisa mencapai 10 hingga 15 derajat celcius di malam hari.

Lembah Baliem memiliki panjang mencapai 80 kilometer dengan lebar kurang lebih 20 kilometer. Lembah yang satu ini juga dikenal dengan sebutan Grand Baliem Valley yang merupakan tempat tinggal bagi beberapa suku seperti Suku Yali, Suku Dani, dan Suku Lani. Keindahan lembah yang satu ini tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Bagi pecinta foto, tempat yang satu ini tentu menjadi lokasi yang pas untuk berburu foto menarik dan instagramable. Saat datang ke Papua, jangan lewatkan untuk mengunjungi Lembah Baliem, ya!

GoTravelly

Indahnya Air Terjun Gumandar Di Lereng Gunung Arjuna

Liburan Ala Kerajaan Di Lembah Tumpang Resort

2. Lembah Arfak

lembah arfak
travel.kompas.com

Lembah yang dikenal akan keindahannya berikutnya adalah Lembah Arfak. Sesuai dengan namanya, lembah yang satu ini terletak di Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat. Lembah Arfak juga dikenal akan keunikannya yakni memiliki banyak kampung tradisional. Untuk datang ke lembah ini, kamu perlu menempuh perjalanan dengan waktu kurang lebih 7 jam dari Kota Manokwari.

Tidak kalah indah dengan lembah di Papua lainnya, lembah arfak juga menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Kamu dapat bersantai sekaligus menikmati keindahan alam yang ditawarkan maupun berfoto dengan banyaknya spot indah. Tempat yang satu ini juga sangat cocok dikunjungi bagi kamu pecinta alam karena menawarkan spot penjelajahan yang menarik. Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi indahnya Lembah Arfak saat datang ke Papua?

3. Lembah Kebar

Lembah di Papua
id.wikipedia.org

Pernahkah kamu mendengar sebutan Lembah Kebar? Lembah Kebar merupakan salah satu lembah yang dapat dikunjungi di Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat. Lembah yang satu ini menawarkan indahnya panorama alam yang menakjubkan. Kamu akan dimanjakan dengan hamparan penghijauan yang luas serta suasana yang sejuk dan asri.

Lembah Kebar tentu sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin melepas penat atau menyegarkan pikiran. Lembah yang satu ini dikelilingi oleh perbukitan serta indahnya pemandangan pegunungan yang dapat dinikmati dari kejauhan. Hampir sama dengan lembah lainnya, Lembah Kebar juga banyak dihuni serta digunakan sebagai pemukiman seperti distrik kebar.

Lembah kebar memiliki area seluas 2703 kilometer persegi dengan kedalaman mencapai 1400 meter. Oleh karena itu, tidak heran jika Lembah Kebar dikenal dengan suasananya yang sejuk dan dingin. Saat berkunjung ke Papua, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk mampir dan menghabiskan waktu berlibur di lembah yang satu ini.

4. Lembah Sentani

lembah sentani
merahputih.com

Rekomendasi lembah berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Lembah Sentani. Lembah yang satu ini sudah cukup populer dan dapat dikunjungi di kawasan Jayawijaya, Papua. Indahnya Jayapura tidak hanya dikenal memiliki berbagai perbukitan tetapi juga lembah dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Lembah Sentani juga merupakan salah satu lembah di Papua yang dikenal paling banyak dihuni oleh penduduk. Tidak jauh dari lembah, kamu akan mendapati sebuah danau dengan sebutan Danau Sentani. Danau yang satu ini juga sangat menarik untuk didatangi karena menawarkan pemandangan alam yang sangat indah.

Kawasan lembah dan Danau Sentani dapat menjadi tujuan kamu untuk menghabiskan waktu berlibur saat berada di Papua. Ada berbagai kegiatan seru yang dapat kamu coba seperti bersantai dan menikmati keindahan alam serta berfoto dengan banyaknya spot menarik yang ditawarkan. Bagaimana seru sekali bukan?

5. Lembah Maoke

lembah maoke
kataomed.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan Lembah Maoke? Lembah Maoke merupakan salah satu lembah yang terletak di kawasan Pegunungan Maoke. Pegunungan yang satu ini membelah papua dari Barat ke Timur. Puncak Jaya yang merupakan gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 5.030 meter juga merupakan bagian dari pegunungan ini. Tidak hanya Puncak Jaya, Pegunungan Maoke juga memiliki beberapa puncak tertinggi seperti Puncak Mandala dengan ketinggian 4.760 meter diatas permukaan laut dan Puncak Trikora dengan ketinggian 4.750 meter di atas permukaan laut.

Mengunjungi kawasan lembah ini sebagai tempat untuk melepas penat tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba. Kamu dapat bersantai sekaligus menikmati indahnya pemandangan alam yang ditawarkan. Hanya itu, suasana yang sejuk dan segar juga dapat kamu nikmati selama berada di kawasan Lembah Maoke. Tertarik untuk mengunjunginya?

6. Lembah Foja

lembah foja
lintaspapua.com

Lembah di Papua berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Lembah Foja. Lembah yang satu ini terletak di Pegunungan Foja, Kabupaten Mamberamo, Provinsi Papua. Pegunungan Foja yang menjadi lokasi lembah ini merupakan pegunungan yang terletak di sebelah utara sungai Mamberamo dengan titik tertinggi pegunungan mencapai 2193 meter di atas permukaan laut.

Pegunungan Foja juga menjadi bagian dari aliran sungai Mamberamo yang merupakan pemasok air bersih di seluruh kawasan Papua bagian utara. Keindahan kawasan lembah serta pegunungan yang ada tentu sangat memanjakan mata. Saat berkunjung ke Papua, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk datang dan menghabiskan waktu berlibur di lembah ini. Lembah dan Pegunungan Foja juga dilengkapi dengan kawasan suaka margasatwa yang memiliki luas mencapai 1.442.500 hektar. Tertarik untuk mengunjungi lembah yang satu ini saat datang ke Papua?

Nah, itulah daftar 6 rekomendasi lembah di Papua yang bisa kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur. Lembah-lembah tersebut juga sangat cocok dipilih sebagai tempat untuk bersantai atau melepas penat. Dari 6 rekomendasi lembah di Papua tersebut, lembah manakah yang tampak paling indah?



Leave a Reply