5 Minuman Khas Padang, Kesegarannya Bikin Pikiran Melayang


prita  October 15, 2021  0 Comment

Indonesia memang sangat kaya akan ragam budaya dan keindahan alamnya. Tak hanya itu, Negara kita juga terkenal sangat kaya akan budaya dan kulinernya. Setiap pulau di Indonesia pun masing-masing memiliki kuliner yang khas dan unik rasanya. Salah satu kawasan di Indonesia yang terkenal akan kulinernya adalah Padang.Padang memang memiliki makanan khas yang telah diakui oleh dunia, yaitu Rendang. Tapi, selain rendang dan masakan Padang, kamu juga wajib lho mencicipi minuman khas Padang yang rasanya terkenal sangat nikmat dan tak banyak di temukan di tempat lain. Minuman khas Negeri Minangkabau ini memang terkenal unik dan menarik untuk dicicipi. Nah, daripada kamu mencicipi minuman kekinian terus, tak ada salahnya untuk mencicipi ragam minuman tradisional Padang yang rasanya tak kalah nikmat, Seperti Minuman khas Padang

1. Aia Kawa

Aia Kawa
goodnewsfromindonesia.id

Minuman khas Padang yang pertama dan wajib untuk kamu coba adalah Aia Kawa. Aia Kawa atau yang sering disebut dengan Kawa Daun ini merupakan minuman yang terbuat dari daun kopi yang kemudian diseduh dengan air panas, seperti membuat teh.

Minuman yang satu ini memang cukup populer dan telah ada sejak zaman Belanda, dimana saat itu masyarakat Sumatera Barat dilarang menikmati biji kopi untuk konsumsi pribadi, meskipun mereka dipaksa menanamnya untuk kepentingan perdagangan Belanda. Hal tersebut yang membuat masyarakat Sumatera Barat mengganti biji kopi dengan daun kopi yang dipercaya memiliki zat kafein.

Proses pembuatan minuman khas Padang ini pun mirip dengan teh, yaitu dengan mengeringkan daunnya terlebih dahulu sebelum diseduh dengan air panas. Minuman ini juga memiliki ciri khasnya sendiri, yaitu penyajiannya tidak menggunakan gelas, melainkan menggunakan tempurung kelapa yang dibelah menjadi dua dan diberi tatakan yang terbuat dari bambu. Aia Kawa ini sangat cocok dinikmati saat bersantai di sore hari ditemani dengan berbagai macam gorengan.

Gotravelly

Pesona Nirwana, Pantai Indah Di Kota Padang Yang Jarang Terjamah

Nasi Padang Pariaman Jaya Tak Pernah Gagal Bikin Perut Bahagia.

2. Aia Aka

Aia Aka
kaba12.co.id

Selain Aia Kawa, minuman khas Padang selanjutnya adalah Aia Aka. Berbeda dengan Aia Kawa yang cocok dinikmati saat udara dingin, Aia Aka ini merupakan minuman yang cukup populer sehingga setiap daerah di Sumatera Barat memiliki namanya masing-masing. Selain dikenal dengan nama Aia Aka, minuman ini juga dikenal dengan nama Aia Kacang atau Air Kacang.

Aia Aka ni memiliki tampilan seperti cendol dan teksturnya kenyal seperti agar-agar. Hal ini karena bahan dasar dari minuman ini adalah daun cincau hijau. Selain daun cincau hijau, minuman ini juga diberi jelly, gula aren dan air asam. Sebagai pelengkapnya minuman ini juga diberi beberapa tetes air jeruk nipis. Aia Aka dengan jeruk nipis ini tak hanya menyegarkan, namun juga bisa meredakan panas dalam. Selain diberi air perasan jeruk, Aia Aka ini juga ssering disajikan bersama air santan dan gula merah, sehingga banyak yang menyebutnya mirip dengan cendol.

3. Teh Talua

Teh Talua
goodnewsfromindonesia.id

Minuman khas Padang yang tak boleh untuk kamu lewatkan selanjutnya adalah Teh Talua atau Teh Telur. Minuman yang satu ini memang hanya bisa kamu temukan di Padang dan kawasan lain di Provinsi Sumatera Barat.

Minuman khas Padang yang satu ini terdiri dari kombinasi teh yang dicampur dengan telur. Telur yang digunakan untuk minuman ini biasanya adalah telur ayam kampung yang kemudian dikocok sampai memutih, barulah kemudian disiram dengan seduhan teh panas. Selain itu, biasanya minuman ini juga diberi perasan jeruk nipis yang bisa memberikan aroma segar. Tak hanya nikmat dinikmati dengan campuran jeruk nipis, teh Talua ini juga nikmat jika diberi tambahan susu kental manis. Rasa dari Teh Talua ini tidak jauh berbeda dengan teh yang dicampur dengan susu, namun teksturnya lebih lembut dan berbusa.

Teh Talua ini umumnya digemari oleh kaum pria karena minuman ini dipercaya bisa menambah stamina dan mampu mengembalikan kebugaran tubuh setelah meminumnya. Disamping itu, minuman ini memiliki rasa yang nikmat. Jika kamu tertarik untuk mencicipi minuman ini, kamu bisa menemukannya di kedai atau warung kopi serta rumah makan yang ada di Padang.

4. Dadiah

Dadiah
indonesiakaya.com

Jika kamu menyukai yoghurt, rasanya tentu tak ada salahnya untuk mencoba yoghurt asli Indonesia yang satu ini, yaitu Dadiah. Dadiah juga menjadi salah satu minuman khas Padang yang cukup populer dan banyak dicari karena rasanya yang nikmat.

Dadiah adalah susu kerbau yang difermentasi secara alami dengan menggunakan buluh atau ruas batang bamboo. Biasanya proses fermentasi ini terjadi selama satu hari penuh, meskipun begitu Dadiah baru akan dijual setelah berumur dua hari. Hasil dari fermentasi ini berupa krim padat dengan tekstur lembut dan memiliki cita rasa asam. Semakin lama prosesnya, maka dadiah yang dihasilkan akan semakin padat dan mengeras.

Tak hanya proses fermentasinya yang terbilang cukup unik, namun cara menikmati dadiah ini pun terbilang unik. Cara yang paling populer untuk menikmati minuman ini adalah dengan menyajikannya dengan emping beras atau yang biasa disebut dengan ampiang dadiah. Rasa asam yang berasal dari dadiah ini akan berpadu sempurna dengan renyahnya emping beras yang disiram gula aren sehingga menjadikannya sebagai sebuah kombinasi yang sempurna. Cara lain untuk menikmati dadiah yaitu sebagai lauk pauk bersama cabai, sirih dan bawang. Dadiah juga sangat cocok untuk teman makan nasi.

Sayangnya, saat ini dadiah semakin sulit ditemukan karena peminatnya yang semakin menurun. Hal ini dikarenakan cita rasa dadiah yang unik dan tak semua orang menyukai rasa asamnya.

5. Es Tebak

Minuman khas Padang
facebook.com

Minuman khas Padang yang terakhir adalah Es Tebak. Nama minuman yang satu ini mungkin cukup unik dan mudah diingat, meskipun namanya tebak namun minuman ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan tebak-tebakan.

Es Tebak ini merupakan minuman yang terdiri dari cincau hitam, kolang kaling, tape ketan hitam dan tebak. Tebak merupakan adonan yang terbuat dari tepung beras ketan dan tepung sagu yang diolah dengan kapur sirih dan air garam. Adonan tersebut kemudian dicetak menyerupai cendol. Sebagai pelengkapnya, minuman ini biasanya disajikan dengan sirup merah, es serut dan susu kental manis. Minuman yang satu ini memang sangat cocok jika dinikmati saat siang hari atau saat cuaca sedang panas-panasnya. Es Tebak ini juga menjadi hidangan favorit untuk berbuka puasa, lho.

Nah, itulah tadi 5 minuman khas Padang yang wajib untuk kamu cicipi saat berlibur kesana. Jadi, jangan hanya mencicipi minuman kekinian saja, minuman tradisional pun juga wajib untuk kamu cicipi. Selamat mencoba.



Leave a Reply