Susuri Keindahan 10 Sungai Terpanjang di Indonesia


prita  June 3, 2021  0 Comment

Sungai Terpanjang di Indonesia memiliki sedugang kekayaan alam yang indah dan tak akan membuat kita bosan untuk menjelajahinya. Ragam bentang alam Nusantara memang cukup beragam, mulai dari pegunungan, danau, lautan hingga sungai. Indonesia sendiri memiliki banyak sungai yang membentang luas dan panjang dari Sabang sampai Merauke.

Sungai-sungai di Indonesia sendiri memiliki beragam fungsi. Seperti untuk pengairan, sarana transportasi, perikanan hingga pariwisata. Nah, jika kamu tertarik untuk menjelajahi sungai-sungai paling panjang di Indonesia, kamu bisa berkunjung ke Sungai terpanjang di Indonesia yang juga indah

1. Sungai Kapuas

 Sungai Kapuas
wisata.id

Sungai terpanjang di Indonesia yang pertama pastinya Sungai Kapuas. Sungai yang berada di Provinsi Kalimantan Barat ini memiliki panjang mencapai 1.143 kilometer yang hulunya berada di Pegunungan Muller dan bermuara di Selat Karimata (Laut China).

Sungai Kapuas ini melintasi sejumlah daerah di Kalimantan, maka tak heran jika masyarakat setempat menjadikannya sebagai salah satu jalur transportasi. Tak hanya itu, sejumlah daerah yang ada di tepi Sungai Kapuas ini dijadikan sebagai obyek wisata susur sungai. Saat menyusuri sungai ini kamu akan diajak untuk melihat keindahan hutan-hutan yang ada di sekitarnya yang masih asri.

Paket wisata murah

Explore Air Terjun Kapas Biru Lumajang

Phnom Penh Terbuat Dari Kenangan Makprang Dan Pulang

2. Sungai Mahakam

Sungai Mahakam
fwi.or.id

Sungai Mahakam menempat posisi kedua sebagai sungai terpanjang di Indonesia yang wajib untuk kamu kunjungi. Sungai Mahakam ini memiliki panjang mencapai 920 kilometer dan berlokasi di Provinsi Kalimantan Timur.

Sungai yang bermuara di Selat Makassar ini melintasi banyak wilayah di Kabupaten Kutai Barat dan di bagian hulu sampai ke Kabupaten Kutari Kartanegara dan Kota Samarinda di bagian hilir. Sungai Mahakam ini juga memiliki peran penting bagi kehidupan masyarakat di sekitar sumber air, sarana transportasi dan potensi perikanan. Menariknya, di Sungai Mahakam ini hidup spesies mamalia ikan tawar yang terancam punah, yaitu Pesut Mahakam dan belum lama ini ditemukan juga spesies baru ikan air tawar Leiocassis Rudicula, yaitu sejenis ikan lele di bagian hulu sungai.

3. Sungai Barito

Sungai Barito
beritagar.id

Sungai terpanjang di Indonesia selanjutnya adalah Sungai Barito. Sungai Barito ini memiliki panjang mencapai 890 kilometer yang mengalir dari dua provinsi di Kalimantan, yaitu Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Aliran sungai ini mengalir dari hulu di kawasan Pegunungan Schwaner yang kemudian bermuara di Laut Jawa. Menariknya, di kawasan sungai ini ada pasr apung, yaitu pasa tradisional diatas sungai sehingga masyarakat yang ingin berbelanja harus mengendarai perahu terlebih dahulu. Pasar apung ini memang menarik perhatian banyak wisatawan karena sangat unik.

4. Sungai Batanghari

Sungai Batanghari
cadventura.com

Pada urutan keempat sungai terpanjang di Indonesia ditempati oleh Sungai Batanghari. Sungai yang berada di Kabupaten Solok, Sumatera Barat ini memiliki panjang mencapai 800 kilometer yang mengalir hingga Jambi.

Sungai Batanghari ini mengalirkan air dari Gunung Rasan hingga Laut China Selatan yang mana sebagian wilayah sungainya masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Sungai ini juga dikelilingi oleh hutan yang sayangnya sudah mulai banyak dieksploitasi sehingga berdampak buruk bagi sungai ini.

5. Sungai Musi

Sungai Musi
akurat.co

Sungai terpanjang di Indonesia yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Sungai Musi. Sungai yang berada di Provinsi Sumatera Selatan ini memiliki panjang 750 kilometer dan mengalirkan air dari mata air di kawasan Kepahiang menuju Selat Bangka.

Sungai Musi ini membelah Kota Palembang menjadi dua wilayah sehingga dibangunlah Jembatan Ampera yang menghubungkan kedua wilayah tersebut. Jembatan Ampera memang menjadi ikon dari kota Palembang yang menarik perhatian wisatawan. Sejak zaman Kerajayaan Sriwijaya sampai saat ini, Sungai Musi masih menjadi sarana transportasi utama bagi masyarakat setempat.

6. Sungai Mamberamo

 Sungai Mamberamo
goodnewsfromindonesia.id

Sungai terpanjang di Indonesia selanjutnya berada di Papua. Sungai ini bernama Sungai Mamberamo yang diambil dari Bahasa Dani, yaitu mambe yang berarti besar dan kata ramo yang memiliki arti air.

Sungai sepanjang 670 kilometer ini berada di Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua. Hulu sungai ini berasal dari Puncak Mandala yang kemudian bermuara di Samudera Pasifik. Kawasan di sekitar sungai ini memang masih sangat asri dengan ragam kekayaan hayati. Tak heran jika sungai ini dijuluki sebagai Amazon-nya Indonesia.

7. Sungai Martapura

Sungai Martapura
id.wikipedia.org

Sungai Martapura dikenal sebagai anak sungai dari Sungai Barito, meskipun begitu sungai ini juga masuk dalam daftar sungai terpanjang di Indonesia karena memiliki panjang mencapai 600 kilometer. Hulu sungai ini berada di Kalimantan kemudian bermuara di Sungai Barito.

Sungai Martapura ini juga dikenal dengan nama Sungai Bandar Kecil atau Sungai Kayutangi. Julukan lain yang disematkan kepada sungai ini adalah Sungai Cina karena zaman dahulu banyak sekali aktivitas pedagang Cina yang hilir mudik di sungai ini.

8. Bengawan Solo

Bengawan Solo
republika.co.id

Siapa yang tidak kenal dengan sungai ini? Bengawan Solo memang menjadi salah satu sungai terpanjang di Indonesia yang sangat terkenal. Bahkan ada sebuah lagu keroncong yang berjudul Bengawan Solo sehingga membuatnya semakin terkenal. Lagu tersebut menceritakan tentang sungai terpanjang di Pulau Jawa ini.

Bengawan Solo memiliki panjang 548 kilometer yang melintasi dua provinsi sekaligus, yaitu Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Bengawan sendiri memiliki makna yaitu “Sungai yang besar”. Bengawan Solo ini memiliki dua hulu dari daerah Pegunungan Sewu, Wonogiri dan Ponorogo yang kemudian bermuara di kawasan Gresik. Tak hanya menjadi sebuah judul lagu, Bengawan Solo juga kerap muncul dalam berbagai karya sastra, bahkan film.

9. Sungai Digul

Sungai Digul
korindo.co.id

Selain Sungai Mamberamo, sungai terpanjang di Indonesia yang berada di Papua berikutnya adalah Sungai Digul. Sungai Digul ini memiliki panjang mencapai 525 kilometer dengan mata air di lereng selatan Pegunungan Maoke kemudian bermuara di Laut Arafura.

Sebagian besar area sungai ini melintasi wilayah dataran rendah rawa-rawa dan membentuk sebuah delta di dekat Pulau Dolak atau Pulau Yos Sudarso.  Sungai Digul ini pun terkenal sangat bersejarah karena rawa-rawa di bagian hulu yang dikenal dengan nama “Boven-Digoel” dulunya menjadi tempat hukuman koloni di Tanahmerah saat masa penjajahan Belanda.

10. Sungai Indragiri

 Sungai terpanjang di Indonesia
nasional.republika.co.id

Sunga terpanjang di Indonesia yang terakhir adalah Sungai Indragiri. Sungai Indragiri ini berada di Provinsi Riau dengan panjang mencapai 500 kilometer.

Sungai Indragiri ini juga dikenal dengan nama lain, yaitu Sungai Kuantan atau Batang Kuantan dan Batang Ombilin. Sungai ini juga dikenal sebagai sungai terpanjang di Provinsi Riau dan berhulu di Danau Singkarak yang ada di Sumatera Barat.

Itulah tadi 10 sungai terpanjang di Indonesia yang cukup populer. Saking panjangnya, beberapa sungai diatas bahkan menjadi landmark di daerah masing-masing, lho. Kamu tertarik untuk berkunjung ke sungai mana nih?



Leave a Reply