20 Tempat Wisata di Jodhpur Yang Menarik Wisatawan Mancanegara


prita  November 9, 2021  0 Comment

Menjelajah kawasan Rajasthan di India rasanya belum afdol jika belum mampir ke kota Jodhphur dan menjelajahi Tempat wisata di Jodhpur. Jodhphur merupakan kota terbesar kedua di Rajasthan dan menawarkan banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Kota yang mendapat julukan sebagai “Kota Matahari” ini memang menjadi tempat yang menyenangkan untuk berlibur. Jodhphur memiliki iklim yang cerahdan hangat dengan banyak bangunan bersejarah, budaya serta wisata alam yang saying sekali untuk dilewatkan. Nah, jika kamu tertarik untuk berkunjung ke Jodhphur, Berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata di Jodhphur yang wajib untuk masuk dalam daftar rencana perjalanan kamu.

Destinasi Wisata di Jodhpur

1. Umaid Bhawan Palace

Umaid Bhawan Palace
tajhotels.com

Tempat wisata di Jodhpur pertama yang wajib untuk kamu kunjungi adalah Umaid Bhawan Palace. Istana ini merupakan salah satu istana yang cukup populer di India karena memiliki desain dan arsitektur yang menawan sehingga mampu menarik perhatian wisatawan dari berbagai Negara.

Umaid Bhawan Palace ini terbagi menjadi tiga wilayah, yang mana salah satu wilayahnya masih dimiliki oleh keluarga Kerajaan Jodhpur. Sementara dua bagian lainnya menjadi hotel yang dikenal menawarkan pengalaman menginap dalam istana mewah dan satu bagian lainnya menjadi sebuah museum yang menampilkan karya seni zaman kerjaan yang tak kalah menarik.

gotravelly

Jaisalmer City Trip: Mengunjungi Patwon Ki Haveli Yang Unik Nan Menawan

Jal Mahal Water Palace, Istana Paling Unik Dan Ikonik Di India

2. Mehrangarh Fort

Mehrangarh Fort
trendaroundus.in

Tak perlu diragukan lagi, Mehrangarh Fort merupakan tempat wisata terbaik di Jodhpur karena paling populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Mehrangarh Fort merupakan tempat tinggal kerajaan dan menjadi salah satu istana paling megah di India.

Benteng yang sekarang telah menjadi museum ini dianggap sebagai sebuah karya terbaik karena memiliki gaya bangunan yang indah dan megah. Benteng Mehrangarh ini berlokasi di puncak bukit sehingga menawarkan pemandangan kota Jodhpur yang indah.

3. Jaswant Thada

 Jaswant Thada
ajitbhawan.com

Berada tak jauh dari Mehrangarh Fort, Jaswant Thada menjadi salah satu tempat wisata di Jodhpur yang tak boleh untuk dilewatkan begitu saja. Jaswant Thada merupakan salah satu landmark kota Jodhphur yang cukup terkenal karena memiliki arsitektur yang indah.

Jaswant Thada ini merupakan sebuah cenotaph atau makam peringatan kosong yang dibangun untuk menghormati Maharaja Jaswant Singh. Makam ini dibangun pada tahun 1899 dan dihiasi dengan kelereng putih yang berharga, tak heran jika bangunan ini menjadi salah satu bangunan dengan bentuk yang unik dan indah.

4. Rao Jodha Desert Rock Park

Rao Jodha Desert Rock Park
trawell.in

Masih berlokasi di kawasan Mehrangarh Fort, ada sebuah taman cantik yang juga menjadi destinasi wisata populer di Jodhphur, yaitu Rao Jodha Rock Park. Rao Jodha Rock Park ini dibangun pada tahun 2006 dan bertujuan untuk melestarikan jalur berbatu Jodhphur di sekitar benteng serta memulihkan spesies tanaman eksotis yang masuk dalam kawasan Thar Desert.

Baca juga :  10 Makanan Khas Kerala Tawarkan Kelezatan Kuliner India Selatan

Rao Jodha Desert ini memiliki luas sekitar 200 hektar dan menampilkan beberapa koleksi tanaman yang indah. Taman ini juga menambah keindahan Benteng Mehrangarh karena benteng ini terlihat seolah dihiasi dengan tanaman hijau.

5. Ghanta Ghar

Ghanta Ghar
trawell.in

Tempat wisata di Jodhpur yang wajib untuk dikunjungi selanjutnya adalah Ghanta Ghar. Ghanta Ghar merupakan sebuah menara jam yang terkenal di kota tersebut dan menjadi spot paling populer disana.

Menara jam ini merupakan salah satu ikon yang cukup bersejarah karena dibangun oleh Maharaja Sardar Singh di tahun 1880 hingga 1911. Pada malam hari, menara ini akan terlihat lebih cantik karena memancarkan lampu-lampu yang indah sehingga menarik banyak wisatawan untuk datang. Di kawasan menara jam ini, kamu juga bisa menemukan Pasar Sardar dimana kamu bisa membeli souvenir khas Jodhphur dengan harga terjangkau.

6. Kaylana Lake

Kaylana Lake
holidify.com

Jika kamu ingin berwisata alam di Jodhpur, maka kamu wajib untuk berkunjung ke Danau Kaylana ini. Danau Kaylana ini merupakan sebuah danau buatan dengan luas mencapai 84 kilometer persegi dan menjadi salah satu tempat wisata populer di Jodhphur.

Danau cantik ini dikelilingi oleh kebun sayuran hijau yang subur dan menjadi rumah bagi beberapa spesies burung. dikenal sebagai salah satu spot terbaik untuk mengamati burung. Selain untuk mengamati burung, pemandangan menarik di danau ini adalah matahari terbit dan matahar terbenam. Maka, tak heran jika banyak pengunjung yang datang kesini saat pagi dan sore hari.

7. Balsamand Lake

Balsamand Lake
trawell.in

Selain Kaylana Lake, danau lain yang bisa kamu kunjungi di Jodhphur adalah Balsamand Lake. Danau ini berada di rute Jodhphur – Mandore dan menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Jodhphur karena sangat mudah dijangkau.

Sama halnya dengan Kaylana Lake, Balsamand Lake ini juga danau buatan yang dibangun pada tahun 1159 AD oleh Balak Rao Parihar yang mana sejak saat itu danau ini menjadi destinasi wisata. Danau ini dibangun tempat penampungan air bagi penduduk desa Mandore, meskipun begitu danau ini sekarang menjadi tempat wisata. Danau Balsamand ini juga dikelilingi dengan tanaman hijau yang subur sehingga menambah keindahannya.

8. Ranisar Lake

Ranisar Lake
dreamstime.com

Tempat wisata di Jodhpur yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Ranisar Lake. Ranisar Lake ini juga merupakan sebuah danau buatan yang dibangun pada tahun 1459 dan menjadi salah satu tempat rekreasi terbaik.

Danau ini awalnya dibangun dengan tujuan untuk menampung air alami. Menariknya, danau ini tidak pernah kekeringan meskipun saat musim kemarau. Danau yang dibangun oleh Ratu Jasmade Hadi, istri dari Rao Jodha ini memang memiliki pemandangan yang sangat indah karena dari sini kamu bisa menikmati matahari terbit dengan Benteng Mehrangarh sebagai latarnya. Danau ini bisa menjadi tempat bersantai yang sempurna karena selain memiliki pemandangan yang indah juga memiliki suasana yang tenang.

9. Padamsar Lake

Padamsar Lake
carrentalatjodhpur.com

Berada tak jauh dari Ranisar Lake, ada sebuah danau cantik di Jodhphur yang juga menjadi destinasi wisata favorit, yaitu Padamsar Lake. Danau Padamsar ini juga merupakan danau buatan yang dibuat oleh Ratu Padmini dari Rao Ganga yang merupakan keturunan Rana Sanga dari Mewar pada tahun 1459.

Tujuan dari pembangunan danau ini juga sama, yaitu untuk menampung air. Meskipun air di danau ini tidak bisa untuk minum, namun air disini sangat melimpah sehingga tidak pernah kekeringan. Ditambah lagi, Danau Ranisar juga menawarkan pemandangan alam yang indah dan menjadi tempat terbaik di Jodhphur untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Solok, Sumatera Barat Cakepnya Bikin Kangen Berat

10. Mandore Gardens

Mandore Gardens
theculturetrip.com

Mandore Gardens juga masuk dalam daftar tempat wisata menarik di Jodhphur yang wajib untuk kamu kunjungi. Mandore Garden ini adalah salah satu taman terbaik untuk dikunjungi karena menawarkan pemandangan yang indah.

Taman ini telah ada sejak abad ke-6, bahkan telah ada sebelum kota Jodhphur didirikan. Hal inimembuat taman ini masih terjaga nilai-nilai tradisionalnya dan arsitekturnya masih kuno. Seperti bentuk gerbangnya yang akan membuatmu seolah memasuki era kerajaan India.

Di taman ini, pengunjung juga bisa melakukan wisata edukasi seputar sejarah kota Jodhphur dan budayanya. Disini kamu juga bisa mengunjungi museum, Hall of Heroes dan kuil yang didedikasikan untuk 33 dewa.

11. Sardar Government Museum

Sardar Government Museum
jodhpurtourism.in

Jika kamu penyuka wisata sejarah dan suka bepergian ke museum, kota Jodhphur juga memiliki sebuah museum yang menarik untuk kamu kunjungi. Museum ini dikenal dengan nama Sardar Government Museum.

Sardar Governemnt Museum ini berada di dalam area Taman Umum Umaid, dekat dengan Pengadilan Tinggi Rajashthan. Museum ini menjadi tempat terbaik baik kamu untuk menemukan masa lalu kota Jodhphur. Disini kamu akan disuguhkan dengan ragam koleksi bersejarah, potret raja-raja dan benda peninggalannya. Tak hanya bisa melihat masa lalu kota Jodhphur, disini kamu juga bisa menikmati keindahan taman yang ada di museum ini.Sardar Government Museum ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Jodhphur yang cukup populer karena sangat mudah dijangkau.

12. Machiya Safari Park

Machiya Safari Park
jodhpurtourism.in

Kamu pecinta hewan? Kamu wajib untuk berkunjung ke Machiya Safari Park. Machiya Safari Park ini menjadi salah satu tempat wisata di Jodhphur yang cukup populer di kalangan pecinta alam dan hewan.

Machiya Safari Park adalah tempat tinggal bagi sederet satwa liar yang menarik untuk dijelajahi. Disini kamu bisa bertemu dengan banteng biru, rusa, rubah gurun, kelinci, kucing liar hingga luwak yang hidup bebas. Taman safari ini juga memiliki spot untuk mengamati burung-burung eksklusif yang terawat. Tak hanya itu, disini kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan alamnya yang sangat cantik dan menawan.

13. Umed Garden Zoo

Umed Garden Zoo
jodhpurtourism.in

Selain Machiya Safari Park, tempat wisata di Jodhphur yang berupa alam liar dengan berbagai satwa di dalamnya adalah Umed Garden Zoo. Umed Garden Zoo ini menempati sebuah lokasi bersejarah dan situs warisan yang tak terhitung jumlahnya.

Disini kamu bisa menjalajahi dan melihat burung-burung yang bermigrasi, bersantai di tengah kebun sayuran hijau dan melihat ragam hewan yang tinggal di kawasan ini. Burung-burung yang bermigrasi disini diyakini berasal dari Australia dan Afrika. Taman ini juga ditumbuhi dengan pepohonan dan tanaman hijau sehingga sangat cocok dijadikan sebagai lokasi untuk piknik.

14. Chamunda Mata Temple

Chamunda Mata Temple
tripinvites.com

Tempat wisata menarik di Jodhphur lainnya yang wajib untuk kamu kunjungi adalah Chamunda Mata Temple. Chamunda Mata Temple ini merupakan sebuah kuil dengan arsitektur kuno yang indah dan mampu menarik perhatian wisatawan.

Kuil yang dibangun kembali pada tahun 1400-an ini berada di puncak bukit dengan bangunan yang menghadap ke kota Jodhphur yang indah. Kuil ini diyakini telah menyelamatkan kota dari kutukan tua dengan menghadap ke arah kota. Maka tak heran jika penduduk setempat sering berkumpul disini saat siang dan malam hari untuk mencari berkat.

Baca juga :  9 Tempat Terbaik Menikmati Salju di India, Cakepnya Kayak di Eropa!

15. Osian

Osian
safaricamposian.in

Osian juga masuk dalam daftar destinasi wisata terbaik di Jodhphur yang wajib untuk kamu kunjungi. Osian meliputi gunungan pasir dan desa-desa cantik yang berada sekitar 65 kilometer di sisi utara Jodhphur.

dikenal sebagai Khajuraho Rajasthan. Osian juga menjadi situs perjalanan penting di tengah pemerintahan Gurjara Pratihara yang mengelola India utara sejak abad ke-6 hingga abad ke-16. Diantara tempat-tempat populer disini, kamu bisa berkunjung ke 16 kuil yang menggabungkan Kuil Sachiya Mata, Kuil Matahari dan Kuil Mahaveera Jain.

16. Chandelao Village

Chandelao Village
tripadvisor.com

Tempat wisata di Jodhphur yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Chandelao Village. Desa ini memang cukup menarik untuk di kunjungi karena merupakan salah satu desa bersejarah di Rajasthan dari Kerajaan Marwar.

Chandelao Village ini dulunya merupakan kawasan yang terkenal dengan individunya yang bebas secara biadab, pakaian yang indah, pekerjaan yang melelahkan dan gaya hidup konvensional. Sekarang, disini kamu bisa melihat sebagian rumah adat yang dikembangkan dari blok lumpur, penutup tahan cuaca dari kotoran hewan yang dicat putih, merah atau biru. Bahkan di beberapa tempat masih banyak rumah baru yang dikembangkan dari batu pasir Jodhphur dan bisa menjadi spot foto yang indah juga wisata sejarah yang menarik.

17. Khimsar Fort

Khimsar Fort
agoda.com

Tempat wisata menarik di Jodhphur lainnya yang wajib untuk kamu kunjungi adalah Khimsar Fort. Benteng Khimsar ini merupakan benteng yang berasal dari abad ke-16 dan memiliki gaya bangunan yang indah dan berlokasi di tepi Thar Desert.

Disini kamu bisa bersantai sambil mencicipi teh di teras dan mengagumi kemegahan dari benteng ini. Benteng ini telah mendapatkan National Grand Heritage For Excellence, yaitu pengakuan pentinga atas property warisan oleh Departemen Pariwisata Pemerintah India. Tak hanya itu, pemandangan gurun yang ditawarkan disini juga sangat indah. Kamu juga bisa melihat ragam satwa yang hidup disini, seperti merpati, merak, beo dan puluhan jenis burung yang hidup disini lainnya.

18. Dechu

Dechu
thrillophilia.com

Dechu merupakan sebuah desa yang cukup terkenal di Jodhphur dan mampu menarik perhatian banyak wisatawan. Desa ini memiliki sejumlah hotel dan resor yang menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata paling populer di Jodhphur.

Atraksi utama di Desa Dechu ini adalah Old Wells dan Bukit Pasir yang indah. Kamu bisa berjalan-jalan di bukit pasirnya dan menjelajah destinasi wisata di sekitar sana, seperti Pura Baba Ramdev, Benteng Pokara, Salim Singh Haveli dan masih banyak lagi lainnya.

19. Khejarla Fort

Khejarla Fort
holidify.com

Jodhphur tampaknya memiliki banyak benteng yang indah dan menjadi salah satu tempat wisata di Jodhphur yang sering dikunjungi. Benteng yang telah berdiri sejak tahun 1611 ini memiliki keajaiban arsitektur kuno yang indah.

Benteng ini dibagi dalam empat blok yang masing-masing blok menawarkan beberapa lukisan dinding dan ukiran yang indah. Khejarla Fort ini memiliki dua Mahal yang di dalamnya dimana bangsawan dulu tinggal. Arsitektur dan interiornya juga masih terjaga dan sama seperti yang dulu.

20. Tripolia Market

Tripolia Market
anotherglobaleater.wordpress.com

Tempat wisata di Jodhpur yang terakhir adalah Tripolia Market. Pasar ini merupakan tempat untuk membeli barang-barang antic dan khas Jodhphur yang bisa kamu jadikan sebagai buah tangan untuk kerabat, keluarga atau sekedar untuk kenang-kenangan.

Berbagai barang yang bisa kamu beli disini Antara lain saree, barang-barang logam, patung, kerajinan kayu hingga perak yang indah. Disini kamu juga bisa berbelanja ragam kerajinan tangan dan tekstil karena stoknya yang luar biasa banyak dan harga yang cukup terjangkau. Pasar ini cocok sekali untuk kamu yang hobi berbelanja.

Demikianlah daftar rekomendasi tempat wisata di Jodhphur yang cukup populer dan terkenal indah. Ternyata Jodhphur cukup menarik untuk dikunjungi, bukan? Yuk segera agendakan perjalanan kamu ke Jodhphur.



Leave a Reply