20 Danau Terindah di Selandia Baru Dengan Panorama Alam Kece!


prita  December 14, 2021  0 Comment

Danau terindah di Selandia Baru adalah salah satu destinasi wisata alam yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Selandia Baru merupakan sebuah negara kepulauan yang berada di barat daya Samudera Pasifik yang dianugerahi dengan alam yang indah. Negara cantik ini terdiri dari dua pulau utama, yaitu North Island dan South Island dan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Meskipun dikenal sebagai negara kepulauan, ternyata Selandia Baru memiliki deretan wisata danau dengan pemandangan yang memukau. Dimana saja? Berikut adalah daftarnya.

1. Danau Wanaka

Danau Wanaka
cntraveler.com

Danau terindah di Selandia Baru yang pertama wajib kamu kunjungi adalah Danau Wanaka. Danau Wanaka ini berlokadi di South Island dan berada dalam wilayah Distrik Queenstown-Lakes.

Danau Wanaka ini memiliki bentuk menyerupai huruf U dengan luas area sekitar 192 kilometer persegi dan berada di ketinggian 300 meter di atas permukaan laut. Danau ini memang menawarkan pemandangan yang indah dengan 5 pulau kecil yang berada di tengahnya, yaitu Pulau Harwich, Pulau Mou Tapu, Pulau Mou Waho, Pulau Ruby dan Pulau Stevensons.

Gotravelly

Samosir, Pulau Negeri Dongeng Sumatera Utara

Replika Danau Kalimutu Bekas Galian Tambang Di Kota Marmer

2. Danau Hawea

Danau Hawea
expedia.co.id

Berlokasi tak jauh dari Danau Wanaka, Danau Hawea ini juga dikenal sebagai salah satu danau terindah di Selandia Baru yang sayang sekali untuk dilewatkan. Danau ini menjadi tujuan berlibur saat musim panas dan sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati suasana alam bebas.

Danau Hawea ini dialiri dari Sungai Timaru dan kamu bisa melihat pemandangan yang indah di sekelilingnya. Danau ini menjadi tempat sempurna untuk kamu bermain kayak, berselancar angin, bermain laying-layang atau memancing. Apalagi di sekitar danau ini terdapat pegunungan yang mengelilinya sehingga menjadikannya sebagai jalur hiking yang bagus. Kamu pun bisa berkemah di sekitarnya dan piknik dengan bonus pemandangan indah.

3. Danau Wakatipu

Danau Wakatipu
newzealand.com

Menempati posisi ketiga sebagai danau terindah di Selandia Baru, ada Danau Wakatipu. Danau Wakatipu ini merupakan sebuah danau gletser yang berada di wilayah selatan South Island.

Jika Danau Wanaka memiliki bentuk menyerupai huruf U, maka Danau Wakatipu ini memiliki bentuk menyerupai huruf N. Tak hanya dikenal sebagai danau yang pemandangan luar biasa indah, Danau Wakatipu ini juga dikenal sebagai danau terpanjang di Selandia Baru dengan panjang total hingga 80 kilometer. Danau ini memiliki luas hingga 291 kilometer persegi dengan ketinggian 310 meter di atas permukaan laut.

4. Danau Tekapo

Danau Tekapo
flickr.com

Danau terindah di Selandia Baru yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Danau Tekapo. Danau ini berlokasi di Distrik Mackenzie dan menjadi danau terbesar kedua di Selandia Baru.

Danau seluas 83 kilometer persegi ini dialiri oleh empat sungai, yaitu Sungai Godley, Sungai Macauley, Sungai Cass dan Sungai Mistake. Danau ini memiliki air berwarna kehijauan dan menariknya, di sekeliling danau ini ditumbuhi dengan banyak bunga lupin sehingga pemandangannya terlihat semakin indah. Pada salah satu tepi Danau Tekapo ini kamu bisa menemukan sebuah gereja tua yang telah ada sejak tahun 1935 dan di sisi selatan danau kamu akan menemukan kota kecil yang Bernama Lake Tekapo yang mana merupakan pintu masuk menuju wisata danau ini.

5. Danau Pukaki

Danau Tekapo
thewildlifediaries.com

Berada di sebelah Danau Tekapo, Danau Pukaki ini juga menjadi salah satu danau terindah di Selandia Baru yang wajib untuk kamu kunjungi. Danau seluas 178 kilometer persegi ini berada pada elevasi antara 518 meter hingga 532 di atas permukaan laut.

Danau Pukaki ini hanya dialiri oleh satu sungai yang mengalir, yaitu Sungai Tasman dan dari danau ini juga hanya mengalir satu sungai yaitu Sungai Pukaki. Aliran Sungai Tasman ini berasal dari gletser yang lokasinya berada tak jauh dari Mount Cook, yaitu Gletser Tasman dan Gletser Hooker. Jika kamu ingin pergi ke danau ini, kota terdekatnya adalah Twizel yang berada sekitar 7 kilometer di sebelah selatan danau.

6. Danau Taupo

Danau Taupo
commons.wikimedia.org

Danau Taupo juga masuk dalam daftar danau terindah di Selandia Baru yang tak boleh untuk dilewatkan begitu saja. Danau yang berlokasi di Distrik Taupo, region Waikato, North Island ini adalah jenis danau kaldera yang terbentuk di area vulkanik Taupo.

Danau Taupo ini berada di ketinggian 356 meter di atas permukaan laut dengan luas mencapai 626 kilometer persegi. Hal ini membuat Danau Taupo menjadi danau air tawar terluas kedua di seluruh wilayah Oseania. Danau ini juga menawarkan pemandangan alam yang indah sehingga mampu menarik perhatian wisatawan dari berbagai negaramenariknya, di sebelah barat-laut danau, tepatnya di area Mine Bay, kamu bisa melihat ukiran Maori yang dipahati di bebatuan di sepanjang tebing. Ukiran tersebut konon dibuat pada tahun 1970 dan dipercaya bisa melindungi danau ini dari ragam aktivitas vulkanik. Istimewanya lagi, tak jauh dari danau ini kamu akan menemukan wisata alam lainnya yang tak kalah indah, yaitu Huka Falls.

7. Danau Manapouri

Danau Manapouri
stuckincustoms.com

Danau terindah di Selandia Baru yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Danau Manapouri. Danau yang berada dekat dengan Taman Nasional Fiordland ini dikelilingi oleh pegunungan yang megah dan menjadi salah satu danau paling dalam di Selandia Baru.

Danau ini bisa kamu jangkau dari kota Manapouri dan sangat cocok bagi kamu yang suka menjelajah Kawasan glasial. Tak perlu khawatir jika kamu ingin melakukan tur pasalnya disini kamu akan menemukan banyak tur gletser dengan pemandu. Pemandangan yang ditawarkan oleh Danau Manapouri ini memang tidak ada duanya dan mampu membuat siapapun terpana.

8. Danau Emerald

Danau Emerald
mapio.net

Danau Emerald merupakan sebuah danau terindah di Selandia Baru yang berlokasi di Taman Nasional Tongariro dan menjadi bagian dari Tongariro Alpine Crossing, yang disebut sebagai jalur trekking terbaik di Selandia Baru. Danau Emerald ini memang menjadi salah satu danau yang cukup populer karena keindahannya.

Sesuai dengan Namanya, danau ini memiliki warna air hijau emerald sehingga terlihat sangat indah dan menjadi daya Tarik utama dari danau ini. Danau ini juga dikelilingi oleh beberapa formasi vulkanik yang paling indah. Terlebih lagi, warna air di danau ini juga sering berubah, tak hanya berwarna hijau emerald, air di danau ini terkadang terlihat berwarna jade, aquamarine dan pirus sehingga terlihat sangat indah.

9. Danau Rotopounamu

Danau Rotopounamu
en.wikipedia.org

Masih berada di lokasi yang sama dengan Danau Emerald, yaitu di Taman Nasional Tongariro, ada sebuah danau terindah di Selandia Baru yang tersembunyi dan tak banyak diketahui oleh pengunjung, yaitu Danau Rotopounamu.

Danau ini terselip di antara hutan Taman Nasional Tongariro sehingga memiliki tempat yang tenang dan pemandangannya sangat indah. Danau ini menjadi tempat terbaik untuk melihat beberapa satwa liar khas Selandia Baru.

10. Danau Ohau

Danau Ohau
newzealand.com

Danau terindah di Selandia Baru yang satu ini Bernama Danau Ohau dan bisa kamu temukan di South Island, Selandia Baru. Danau ini merupakan danau yang terbentuk oleh Gerakan glasial ribuan tahun lalu.

Danau Ohau ini menerima air dari aliran Sungai Hopkins dan Sungai Dobson yang memulai perjalanan mereka dari Pegunungan Alpen Selatan. Salah satu spot yang menjadi daya Tarik di Danau Ohau ini adalah Lake Ohau Snow Fields yang bisa kamu kunjungi saat musim dingin. Kamu pun bisa bermain ski di sekitar danau ini jika kamu berkunjung pada bulan Agustus hingga Oktober. Tak hanya main ski, disini kamu pun bisa memancing, hiking dan bermain kayak.

11. Danau Rotoiti

Danau Rotoiti
reubenpricegallery.co.nz

Danau terindah di Selandia Baru berikutnya adalah Danau Rotoiti. Danau ini sering juga disebut sebagai Danau Arthur karena Kapten Angkatan Darat Inggris yang berada di antara orang Eropa melihatnya pertama kali di tahun 1843.

Danau yang berlokasi di wilayah Tasman ini memamng cukup populer karena berada dalam Taman Nasional Nelson Lakes. Danau Rotoiti ini berada di ketinggian tepatnya di Pegunungan Saint Arnaud dan dikelilingi oleh puncak tertinggi di pantai utara, timur dan barat. Karena ketinggiannya, puncaknya selalu tertutup salju sepanjang tahun sehingga memberikan pemandangan danau yang indah dan membuatmu betah berada disana.

12. Danau Te Anau

Danau Te Anau
realjourneys.co.nz

Jika berbicara soal danau terindah di Selandia Baru, kamu wajib untuk berkunjung ke Danau Te Anau ini. Danau Te Anau ini berlokadi di sudut barat daya South Island yang cukup jauh dan berada dalam lokasi Taman Nasional Fiordland yang terkenal.

Pemandangan yang ditawarkan sangat menakjubkan karena pemandangan di sekelilingnya sangat indah dan bisa membuat siapapun terpana. Kamu pun bisa memilih banyak pilihan akomodasi di sekitar danau ini, mulai dari penginapan hingga hotel bergaya resor serta perkemahan khusus kamu yang menyukai kegiatan luar ruangan.

13. Danau Matheson

Danau Matheson
newzealand.com

Danau terindah di Selandia Baru yang patut untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Danau Matheson. Tak kalah dengan danau lainnya, Danau Matheson ini memiliki pemandangan yang spektakuler.

Danau Matheson dikelilingi oleh hutan kuno dan dikenal dengan perairannya yang jernih sehingga memantulkan bayangan hutan disekelilingnya. Danau ini juga memiliki sebuah jembatan gantung Bernama Clearwater yang bisa kamu lalui untuk mendapatkan pemandangan menakjubkan di depan mata. Danau Matheson ini juga dikenal sebagai habitat spesies belut besar yang sesekali terlihat saat makan di dekat permukaan.

14. Danau Mahinapua

Danau Mahinapua
doc.govt.nz

Jika kamu ingin berlibur sejenak untuk melepas Lelah, maka kamu wajib untuk berkunjung ke Danau Mahinapua. Danau Mahinapua ini merupakan salah satu danau terindah di Selandia Baru dan dikenal memiliki air yang tenang dengan suasanya yang nyaman, khususnya untuk keluarga dan anak-anak.

Danau Mahinapua ini memiliki perairan yang dangkal sehingga sangat sempurna untuk anak-anak. Disini kamu tak hanya bisa piknik, disini kamu juga bisa melihat berbagai satwa yang berkeliaran bebas, seperti angsa, bebek dan parkit. Kamu juga bisa berkunjung ke West Coast Treetop Walkway di sisi selatan pantai dimana kamu bisa menikmati pemandangan danau yang indah, bahkan kamu bisa berenang di perairan danau yang hangat ini.

15. Danau Moke

Danau Moke
myguidequeenstown.com

Satu lagi danau terindah di Selandia Baru yang cocok untuk kamu kunjungi Bersama keluarga karena dikenal ramah bagi anak-anak, yaitu Danau Moke. Danau Moke ini merupakan sebuah danau kecil yang sangat sempurna untuk kamu kunjungi Bersama keluarga maupun teman-teman.

Danau ini seringkali dikunjungi oleh wisatawan lokal dan sejumlah kegiatan yang seru untuk anak-anak maupun dewasa. Danau Moke ini juga menawarkan pemandangan yang indah karena dikelilingi oleh puncak gunung yang tertutup salju, seperti Ben More, Mount Hanley dan ben Lomond. Danau ini pun lokasinya berada cukup dekat dengan pinggiran kota Closeburn di Queenstown sehingga menjadi rute yang tepat untuk menjelajah dengan bersepeda.

16. Danau Paringa

Danau Paringa
traveltriangle.com

Danau Paringa adalah sebuah oasis kecil jika dibandingkan dengan danau terindah di Selandia Baru lainnya. Meskipun danau ini sering tertutup kabut, namun tak menutupi keindahan dari danau ini.

Danau Paringa memiliki perairan yang tenang dengan pemandangan indah berbalut kabut tipis. Kamu pun bisa menemukan pondok-pondok di sekitar danau ini yang memiliki pemandangan langsung menuju danau dan cocok untuk tempat menginap. Danau ini memang menjadi tempat yang sempurna bagi kamu yang ingin menjauh sejenak dari hiruk pikuk perkotaan dan ingin menyatu dengan alam.

17. Danau Mirror

Danau Mirror
doc.govt.nz

Danau terindah di Selandia Baru yang wajib untuk kamu kunjungi berikutnya adalah Danau Mirror. Disebut sebagai Danau Mirror karena permukaan air danau ini sangat jernih sehingga memantulkan pemandangan di sekitarnya yang sangat indah.

Danau Mirror ini dikelilingi dengan pemandangan alam yang indah, salah satunya adalah Earl Mountains yang akan terpantul dengan sempurna di perairan danau yang tenang. Berkunjung ke Danau Mirror ini kamu akan merasakan suasana yang tenang dan damai karena masih jarang wisatawan yang berkunjung kesini. Kebanyakan pengunjung yang datang adalah mereka yang singgah dalam perjalanan menuju Milford Sound. Danau ini menjadi tempat yang sempurna untuk melepas Lelah dan penat dari rutinitas sehari-hari kamu.

18. Danau Hauroko

Danau Hauroko
southlandnz.com

Danau Hauroko juga masuk dalam daftar danau terindah di Selandia Baru versi GoTravelly. Danau ini memiliki bentuk menyerupai huruf S dan terkenal sebagai danau terdalam di Selandia Baru.

Berada di lembah Taman Nasional Fiordland, danau ini menjadi danau paling dalam di Selandia Baru dengan pemandangan yang menawan sehingga mampu menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung. Danau ini juga menjadi taman bermain untuk kamu yang ingin melakukan berbagai kegiatan air, seperti memancing.

19. Danau Quill

Danau Quill
suitcasemag.com

Danau terindah di Selandia Baru yang wajib untuk kamu kunjungi adalah Danau Quill. Sama halnya dengan Danau Hauroko, Danau Quill ini juga merupakan bagian dari Taman Nasional Fiordland dan memiliki pemandangan menakjubkan.

Danau Quill ini menyalurkan air ke Air Terjun Sutherland yang terkenal sangat indah. Kamu bisa menaiki pesawat untuk menuju ke danau ini sehingga kamu akan mendapatkan pemandangan yang sangat indah. Bisa dibilang pemandangan Danau Quill ini adalah yang paling indah dibandingkan dengan danau lainnya di Selandia Baru.

20. Mata Air Te Waikoropupu

Danau Terindah di Selandia Baru
doc.govt.nz

Danau terindah di Selandia Baru yang terakhir adalah Mata Air Waikoropupu. Tempat ini sebenarnya merupakan sebuah mata air yang berlokasi di Takaka dan menjadi mata air terbesar di belahan bumi bagian selatan.

Mata air yang juga dikenal dengan nama Pupu Springs ini memang terkenal sangat indah dan perairannya sangat jernih. Suku Maori yang tingga di sekitarnya menganggap mata air ini sebagai taonga atau harga karun dan wahi tapu, tempat yang memiliki nilai tinggi da,am budaya dan spiritual.



Leave a Reply