Berlibur ke Negeri Kiwi? Berikut 10 Makanan Khas Selandia Baru


prita  March 8, 2021  0 Comment

Selandia Baru atau New Zealand menjadi salah satu Negara yang dianugerahi pemandangan alam yang sangat luar biasa dan Makanan khas Selandia Baru wajib banget kamu incip.. Keindahan Selandia Baru ini bahkan menarik perhatian wisatawan dari berbagai Negara untuk berkunjungi. Negara yang berada dekat dengan Benua Australia ini tak hanya kaya akan wisata alamnya saja, namun juga memiliki keunggulan dalam sektor kulinernya.  Buat kamu yang berencana untuk berlibur ke Negeri Kiwi ini, jangan lupa untuk mencicipi Makanan khas Selandia Baru

1. Hangi

Hangi
newzealand.com

Makanan khas Selandia Baru pertama yang harus kamu coba adalah Hangi. Hangi merupakanan makanan khas masyarakat Maori, yaitu bangsa pertama yang menetap di Selandia Baru.

Sajian ini diberi nama Hangi karena merujuk pada teknik memasak masyarakat Maori. Mereka mengolah makanan mereka dengan cara mengubur dengan teknik pengasapan.

Hangi ini dibuat dari bahan utama ayam, daging sapi atau babi dan sayuran keras seperti wortel atau jagung. Bahan-bahan tersebut kemudian dibungkus daun dan ditaruh di sebuah keranjang anyaman. Setelah itu diletakkan dalam lubang yang sudah diberi batuan panas, barulah dikubur.

Review kuliner

Bukit Pijen Bukit Wairindingnya Pasuruan

Nggak Sengaja Mampir Ke Pantai Sundak Gunungkidul, Pantainya Bersih Dan Sepi!

2. Kerang Hijau

Kerang Hijau
idntimes.com

Jika kamu penggemar seafood, maka makanan khas Selandia Baru yang satu ini wajib untuk kamu coba. Kerang Hijau di Selandia Baru memang terkenal sangat lezat, tentunya dengan proses pengolahan yang tepat sehingga terasa sangat nikmat di lidah.

Baca juga :  10 Makanan Khas Bangka Recommended Memiliki Keunikan Rasa

Kerang Hijau khas Selandia Baru ini terkenal memiliki ukuran yang cukup besar dan berlemak. Biasanya kerang ini diolah dengan cara dibakar dan diberi saus madu dan mentega sehingga rasanya sangat gurih dan lezat. Tak hanya rasanya yang enak, kerang hijau juga dipercaya sangat baik untuk kesehatan. Kerang hijau bisa meredakan masalah arthritis dan bisa sebagai anti inflamasi.

3. Pavlova

Pavlova
bbc.co.uk

Makanan khas Selandia Baru yang satu ini berupa dessert dan dikenal dengan nama Pavlova. Pavlova dikenal sebagai hidangan penutup ala Selandia Baru yang sangat digemari oleh segala usia karena rasanya yang nikmat.

merupakan dessert berbahan meringue atau kue busa yang dibuat dari gula dan putih telur. Pavlova biasanya diberi topping bermacam-macam buah segar, terutama kiwi dan stroberi. Nama dari sajian ini terinstpirasi dari seorang ballerina asal Rusia, yaitu Anna Pavlova, yang pernah melakukan tur ke Australia dan Selandia Baru pada tahun 1920an.

4. Domba Panggang

Domba Panggang
foodnetwork.com

Domba Panggang atau Roasted Lamb juga menjadi salah satu makanan khas Selandia Baru yang patut untuk dicoba. memang dikenal memiliki kualitas ekspor yang terbaik. Domba juga menjadi salah satu menu makanan favorit masyarakat Selandia Baru, untuk itu saat berada disana kamu harus mencobanya.

Daging Domba biasanya diolah dengan cara dipanggang, dibakar hingga diolah menjadi steak. Jika kamu ingin mencicipinya, kamu bisa menemukan aneka olahan domba ini di banyak restoran di Selandia Baru. Rasanya pasti akan membuatmu ketagihan, meskipun kamu bukan penggemar daging domba. Daging domba ini memiliki tekstur lembut dan sangat pas dinikmati dengan bumbu rosemary dan dicampur dengan berbagai jenis sayuran.

5. Kumara

Kumara
vegetables.co.nz

Makanan khas Selandia Baru yang tak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah Kumara. Kumara merupakan sejenis ubi manis khas Selandia Baru yang rasanya manis dan banyak sekali penikmatnya.

Baca juga :  Nggak Hanya Baguette,Berikut 10 Jenis Roti Khas Perancis

Kamu bisa menemukan kumara dalam berbagai bentuk olahan yang banyak ditemukan di restoran-restoran di Selandia Baru. Kumara juga bisa ditemukan dalam aneka sajian khas Selandia Baru, seperti Hangi, Kumara Goreng hingga Keripik Kumara.

6. Mince Pie

Mince Pie
cookpad.com

Bila kamu adalah penggemar pastry, maka Mince Pie ini wajib untuk kamu coba saat berkunjung ke Selandia Baru. Mince Pie ini merupakan salah satu makanan khas Selandia Baru yang memiliki kulit pastry, biasanya diisi dengan daging dan saus kaldu atau diisi dengan keju dan jamur.

Mince Pie bisa dengan mudah ditemukan di gerai makanan atau kopi yang tersebar di Selandia Baru. Pie lezat ini sangat pas jika dinikmati dengan secangkir kopi atau teh sambil bersantai di sore hari atau sebelum memulai hari di pagi hari.

7. Hokey Pokey Ice Cream

Hokey Pokey Ice Cream
anakrantau.id

Kamu penyuka es krim? Jika iya, maka makanan khas Selandia Baru yang satu ini wajib untuk kamu coba. Hokey Pokey Ice Cream merupakan es krim khas Selandia Baru yang sangat populer dan digemari hampir seluruh masyarakatnya.

Pada tahun 1980an, es krim vanilla di Selandia Baru berubah drastic ketika ditambahkan sarang lebah dalam campurannya. Sejak saat itulah Es Krim Hokey Pokey menjadi salah satu sajian penutup paling digemari oleh masyarakat Selandia Baru, khususnya mereka yang sangat menyukai es krim.

8. Huhu Grub

Huhu Grub
tes.com

Makanan khas Selandia Baru yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai kuliner ekstrim. Huhu Grub merupakan kumbang endemic terbesar yang banyak ditemukan di Selandia Baru, yang mana dulunya menjadi sajian favorit masyarakat Maori.

memiliki bentuk seperti belatung namun ukurannya lebih besar. Huhu Grub biasa hidup diantara celah-celah kayu busuk. Biasanya sajian ini banyak ditemukan saat berlangsungnya acara Festival Wildfood yang dihelat setiap bulan Maret. Huhu Grub ini memiliki rasa seperti selai kacang sangat dimakan dalam keadaan segar. Berani coba?

Baca juga :  26 Makanan Khas Sumatera Barat Paling Enak Bikin Lidah Goyang

9. Susu Segar Selandia Baru

Susu Segar Selandia Baru
thedenizen.co.nz

Makanan khas Selandia Baru yang satu ini merupakan sebuah minuman khas yang juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Selandia Baru memang dikenal sebagai salah satu Negara yang memiliki peternakan sapi paling banyak degan kualitas sapi terbaik. Untuk itu, jika kamu berlibur ke Selandia Baru, kamu wajib untuk mencoba susu segar khas Selandia Baru.

Untuk menikmati susu segar khas Selandia Baru ini kamu bisa berkunjung ke Whittakers. Disana kamu bisa menemukan susu segar berkualitas khas Selandia Baru dengan rasa yang sangat nikmat. Tak hanya susu, kamu juga bisa menemukan berbagai produk lain berbahan dasar susu disini, seperti cokelat, keju hingga es krim.

10. Teh Kawakawa

Teh Kawakawa
stuff.co.nz

Makanan khas Selandia Baru yang terakhir juga berupa minuman, yaitu Teh Kawakawa. The Kawakawa ini merupakan minuman yang terbuat dari daun Kawakawa.

Daun Kawakawa ini memiliki bentuk seperti hati dan memiliki urat menonjol serta berwarna hijau gelap. Daun ini biasa ditemukan di hutan pesisir dan dataran rendah di seluruh Pulau utara dan selatan Selandia Baru.

Kawakawa sendiri memiliki arti rasa pahit. Teh daun Kawakawa ini menjadi minuman populer masyarakat Maori dan untuk menyamarkan rasa pahitnya, mereka biasa menambahkan madu khas Selandia Baru. Selain untuk teh, daun Kawakawa ini juga biasa digunakan sebagai membumbui masakan manis.

Demikianlah 10 makanan khas Selandia Baru yang wajib untuk kalian coba saat berkunjung kesana. Banyak sekali hal yang bisa dilakukan saat berlibur ke Selandia Baru, salah satunya adalah dengan mencicipi beragam sajian khasnya. Yuk agendakan perjalanan ke Selandia Baru!



Leave a Reply