16 Tempat Wisata di Bone Terbaru dan Hits 2023


Rio Handika  October 1, 2023  0 Comment

Tempat wisata di Bone memang cukup menarik banyak wisatan. Ada beragam wisata mulai dari air terjun, puncak, taman-taman dan masih banyak lagi. Wisata bone di provinsi Sulawesi Selatan memiliki daya Tarik sendiri dengan menyuguhkan keindahan alam sebagai hal utamanya.

tempat wisata di bone makassar sulawesi selatan
unsplash.com

Tentu hal tersebut menjadikannya tempat wisata yang memanjakan mata. Bone merupakan daerah di Sulawesi Selatan yang memiliki banyak perbukitan, aliran Sungai dan banyak lagi. Untuk mengetahui apa saja tempat wisata di daerah Bone ini, maka bisa Simak yang berikut dengan seksama.

Destinasi Tempat Wisata di Bone

1.   Air Terjun Ladenring

Air Terjun Ladenring di Desa Barugae, Kecamatan Lamuru, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, adalah tempat wisata yang unik dan menarik. Nama Ladenring bermakna “Si Dinding,” mengacu pada bentuknya yang menyerupai dinding alami.

Suara gemuruh air, hutan lebat, dan bongkahan batu menjadikan air terjun ini sangat indah. Suara jatuhnya air juga memberikan efek relaksasi yang memikat pengunjung. Ladenring adalah destinasi wisata alam yang patut dikunjungi di Bone, Sulawesi Selatan.

Lokasi: Baragae, Lamuru, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

HTM atau Harga Tiket: Rp10.000/ orang.

2.   Puncak Goa Keliling – Tempat Wisata di Bone

Puncak Goa Kelling di Dusun Kelling, Desa Ajang Pulu, Bone, Sulawesi Selatan, adalah destinasi menarik yang memikat pengunjung. Untuk mencapai puncak ini, kamu akan melewati gua atau terowongan yang menghadirkan pengalaman unik.

Di puncaknya, kamu akan disuguhi pemandangan spektakuler berupa hamparan sawah, laut, dan gunung. Bagi pecinta alam, tempat ini wajib dikunjungi. Ini juga menjadi tempat yang cocok untuk berfoto dan menikmati pemandangan alam yang menakjubkan bersama teman-teman.

Lokasi: Baragae, Lamuru, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

HTM atau Harga Tiket: Rp10.000/ orang

3.   Puncak Battoa

Puncak Battoa di Desa Cingkang, Bone, adalah destinasi hiking yang menawan di Bone, Sulawesi Selatan. Pengunjung harus melewati perjalanan berjalan kaki ratusan meter untuk mencapai puncak ini, menciptakan pengalaman yang mendekatkan dengan alam.

Pemandangan di Puncak Battoa sangat memukau, dan meskipun perlu usaha, pengunjung akan disuguhkan spot foto unik dengan latar belakang alam yang menakjubkan. Suasana sejuk di sini juga cocok untuk menenangkan pikiran. Puncak Battoa adalah salah satu tempat wisata alam yang patut dikunjungi di Bone.

Baca juga :  18 Tempat Wisata di Jawa Tengah Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

Lokasi: Jalan Cingkang, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

HTM atau Harga Tiket: Rp10.000/ orang

4.   Tanjung Pallete

Tanjung Pallette di Bone merupakan tempat wisata di Bone yang memikat dengan pemandangan alam yang fantastis. Tempat ini menawarkan fasilitas lengkap, termasuk penginapan dan kolam renang, membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk liburan keluarga.

Keindahan alamnya yang luar biasa menjadikan Tanjung Pallette sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Bone. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keajaiban alam dan fasilitas yang tersedia di sini saat berkunjung ke Bone.

Lokasi: Jalan Tj. Palete nomor 1, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

HTM atau Harga Tiket: Rp5.000/ orang

5.   Puncak Padel – Tempat Wisata di Bone

Puncak Padel di Bone adalah salah satu destinasi alam yang menawarkan pemandangan spektakuler. Dari puncak ini, kamu dapat melihat keindahan hutan Sulawesi Selatan yang luas. Tempat ini seringkali dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam yang masih alami.

Selain itu, terdapat spot-spot foto yang dikelola oleh warga setempat untuk mempercantik pengalaman pengunjung. Puncak Padel adalah destinasi yang cocok untuk berkunjung bersama keluarga dan teman-teman, serta mengabadikan momen berharga dalam foto-foto yang cantik.

Lokasi: Jalan Pattimpa, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

HTM atau Harga Tiket: Rp10.000/ orang

6.   Museum Lapawawoi

Tempat wisata berikut ini merupakan salah satu destinasi bersejarah di Bone yang menarik. Museum ini memamerkan koleksi peninggalan kerajaan Bone dari awal hingga akhir. Museum ini adalah peninggalan yang terawat dengan baik, dengan halaman luas yang terawat rapi dan asri. Banyak wisatawan mengunjungi tempat ini untuk memahami sejarah kerajaan Bone.

Ruangan pertama museum ini menampilkan berbagai benda bersejarah seperti keramik, peralatan makan raja, alat tenun, dan peralatan nelayan, memungkinkan pengunjung untuk merasakan warisan berharga dari masa lalu. Museum Lapawawoi adalah destinasi bersejarah yang patut dikunjungi di Bone.

Lokasi: Jalan MH Thamrin Nomor 9, Tanete Riattang, Manurunge, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

HTM atau Harga Tiket: Rp5.000/ orang

7.   Puncak Lima Jari

Puncak Lima Jari di Bone merupakan tempat wisata di Bone yang wajib dikunjungi. Dengan formasi ranting pohon yang membentuk lima jari, tempat ini menawarkan spot foto yang unik. Latar belakang hamparan pohon hijau menambah kecantikan gambar.

Puncak Lima Jari terus mengembangkan area sekitarnya dengan banyak spot foto menarik. Pengunjung dapat berfoto dengan latar yang berbeda-beda bersama teman-teman. Kunjungan terbaik adalah saat cuaca cerah untuk menikmati keindahan alamnya.

Lokasi: Jalan Unnamed Road, Pattimpa, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Baca juga :  10 Hidden Gem Semarang dengan Pemandangan Indah

HTM atau Harga Tiket: Rp5.000/ orang

8.   Bola Soba Saoraja Petta Ponggawae

Bola Soba Saoraja Petta Ponggawae di Kota Watampone, Bone, adalah rumah bersejarah yang mempertahankan peninggalan Raja-Raja Bone. Keberadaannya tetap terjaga dengan baik, dan tempat ini dinamakan “Bola Soba” yang berarti “rumah persahabatan.”

Pengunjung sering datang untuk memahami lebih dalam tentang sejarah dan kebudayaan yang terkandung di dalam Bola Soba ini. Tempat ini adalah destinasi bersejarah yang wajib dikunjungi bagi mereka yang ingin menjelajahi warisan budaya Bone yang kaya.

Lokasi: Tanete Riattang, Manurunge, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

HTM atau Harga Tiket: Rp5.000/ orang

9.   Air Tejun Baruga

Air Terjun Baruga di Bone adalah destinasi alam yang menawan. Dikelilingi oleh pepohonan hijau yang memberikan suasana sejuk dan menenangkan, tempat ini menjadi tempat ideal untuk melepaskan penat dari kehidupan kota. Pengunjung dapat menikmati bermain air segar di bawah Air Terjun Baruga sambil merasakan kebahagiaan yang ditawarkannya.

Nuansa rindang pepohonan dan suara gemericik air terjun menciptakan pengalaman yang menenangkan. Tempat ini memungkinkan pengunjung untuk merasakan ketenangan dan kebahagiaan yang sesungguhnya. Tidak heran jika banyak yang betah untuk berlama-lama di sini.

Lokasi: Jalan Unnamed Road, Mattiro Walie, Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

HTM atau Harga Tiket: -.

10.   Tamab Arung Palakka – Tempat Wisata di Bone

Taman Arung Palakka di Bone adalah destinasi sejarah yang menarik. Terletak di Jalan Cempalagi, Bukaka, taman ini adalah peninggalan Sultan Bone yang memimpin pada tahun 1672-1696. Jejak telapak kaki Sultan Bone yang terpahat jelas pada lempengan batu dengan ukuran sekitar 38 cm menjadi daya tarik utama.

Taman Arung Palakka hanya dapat dilihat saat air laut surut, sulit terlihat saat pasang. Selain menjadi destinasi sejarah, taman ini juga sering dikunjungi oleh warga setempat. Tempat ini cocok bagi pecinta sejarah untuk mengeksplorasi warisan berharga Bone.

Lokasi: Baragae, Lamuru, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

HTM atau Harga Tiket: Rp10.000/ orang

11.   Telapak Kaki Arung Palakka

Telapak kaki Arung Palakka menjadi salah satu peninggalan bersejarah di Bone. Pada masa pemerintahannya yang berlangsung dari 1672 hingga 1696, Sultan Bone ini meninggalkan jejaknya yang terukir dengan jelas pada lempengan batu berukuran sekitar 38 cm.

Tempat wisata di Bone satu ini terletak di Desa Mallari, Kecamatan Awangpone, Bone, dan hanya dapat dilihat saat air laut surut, mengingat lokasinya yang berada di pinggir laut. Pengunjung yang tertarik dengan sejarah dapat menjelajahi dan menghargai peninggalan berharga ini di tengah pesona alam Bone.

Lokasi: Jalan Cempalagi, Bukaka, Tanete Riattang, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

HTM atau Harga Tiket: -.

Baca juga :  10 Kebun Matahari Paling Indah di Dunia Manjakan Mata

12.   Sumbang Labbu

Sumpang Labbu, destinasi wisata bersejarah di Bone, menawarkan terowongan khas sepanjang 176 kilometer yang menghubungkan Makassar dan Kabupaten Bone. Dibangun saat masa kolonial Belanda untuk menghindari pasukan Kerajaan Gowa, tempat ini menjadi tempat melepas penat bagi pengunjung.

Sekarang, tersedia area peristirahatan di atas terowongan, menambah daya tariknya. Lingkungan alam pegunungan yang hijau membuatnya sangat nyaman dan menyegarkan. Tempat bersejarah ini layak dijelajahi di Bone.

Lokasi: Jalan Liliriawang, Kecamatan Bengo, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

HTM atau Harga Tiket: -.

13.   Goa Mampu – Tempat Wisata di Bone

Goa Mampu, sebuah destinasi wisata menarik di Bone, menyimpan keindahan alam dan cerita menarik. Kisah yang dikenal oleh warga setempat berasal dari seorang raja yang mengutuk masyarakatnya menjadi batu karena lalai selama pemerintahannya.

Cerita ini telah menarik perhatian wisatawan dan mendorong mereka untuk mengunjungi tempat ini, mengeksplorasi asal-usulnya, dan menikmati rekreasi di lokasi yang unik ini. Goa Mampu adalah tempat yang memadukan alam yang memukau dengan kisah sejarah yang menarik, menjadi destinasi yang layak dijelajahi di Bone.

Lokasi: Cabbeng, Dua Boccoe, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

HTM atau Harga Tiket: Rp10.000/ orang

14.   Pemandian Putri Bilqis

Pemandian Putri Bilqis di Desa Polewali, Kecamatan Sibulue, menawarkan beragam wahana rekreasi, termasuk flying fox, kolam renang, dan water boom. Biaya masuknya terjangkau, hanya Rp 5.000, dan tersedia penginapan berupa villa untuk pengunjung yang ingin menginap. Tempat ini sering ramai saat musim liburan dan akhir pekan, menjadi pilihan rekreasi yang populer di Bone.

Lokasi: Kalibong, Kecamatan Sibule, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

HTM atau Harga Tiket: Rp5.000/ orang

15.   Air Terjun Lamasua

Air Terjun Lamasua, dengan bentuk bertingkat yang memukau, menghadirkan pemandangan alam yang luar biasa indah. Pada tingkat paling atas, air mengalir dengan anggun dan mengarah pada batu di bawahnya. Airnya begitu jernih dan menyegarkan, sementara burung-burung yang berkicau merdu menambah keindahan alam ini.

Namun, mencapai lokasi tempat wisata di Bone ini memerlukan pendakian sekitar 30 menit. Air terjun ini sering dikunjungi oleh para mahasiswa dari berbagai kampus di sekitarnya, menciptakan suasana yang hidup dan ramai di lokasi wisata ini. Dengan keindahan alam dan suasana yang unik, Air Terjun Lamasua adalah destinasi yang menarik di Bone.

Lokasi: Bonto Masungu, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

HTM atau Harga Tiket: -.

16.   Pantai Tete Tonra

Pantai berikut ini selalu ramai dengan pengunjung, baik wisatawan lokal maupun asing, yang menunggu surutnya air untuk menikmati pasir putih yang luas. Tete Tonra juga sering menjadi lokasi latihan bagi calon TNI, termasuk Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Angkatan Darat.

Hal ini menarik minat banyak pengunjung yang ingin melihat proses latihan tentara di pantai ini. Dengan pemandangan menarik dan aktivitas yang beragam, tempat wisata di Bone ini menjadi salah satu destinasi favorit di Bone.

Lokasi: Teluk Boni, Kecamatan Tonra, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

HTM atau Harga Tiket: Rp10.000/ orang.

source: https://www.youtube.com/@DOYANWISATA

Itulah tadi beberapa tempat wisata di Bone yang recommended untuk dikunjungi. Setiap tempat wisata tersebut menyuguhkan keindahan alam yang mempesona. Jadi, tidak salah jika kamu memilih wisata di bone sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi.



Leave a Reply