10 Bangkai Kapal Yang Kini Menjadi Destinasi Wisata Terkenal


prita  April 19, 2020  0 Comment

Tragedi kapal karam memang menjadi sebuah peristiwa yang sangat menyedihkan. Misalnya saja seperti peristiwa tenggelamnya kapal Titanic di tahun 1912 yang membuat seluruh orang di dunia berduka. Hingga saat ini, tenggelamnya kapal Titanic masih menjadi peristiwa tak terlupakan. Tercatat ada sekitar 3 juta bangkai kapal yang masih berserakan di dasar lautan di berbagai belahan dunia, bahkan beberapa diantaranya telah berusia ribuan tahun. Beberapa bangkai kapal yang punya nilai historis saat ini telah dilindungi oleh UNESCO sebagai warisan budaya. Meskipun menjadi sebuah peristiwa menyedihkan, namun beberapa bangkai kapal malah justru menjadi sebuah destinasi wisata yang menarik wisatawan. Nah, berikut ini adalah destinasi wisata bangkai kapal dunia yang wajib kamu kunjungi

1. MV Panagiotis, Yunani

mv panagiotis yunani
theculturetrip.com

Destinasi wisata bangkai kapal dunia yang pertama bisa Anda temukan di Yunani, tepatnya di pesisir Pantai Navagio. MV Panagiotis diperkirakan karam sekitar tahun 1980an dikarenakan cuaca buruk dan badai besar.

Meskipun begitu, bangkai MV Panagiotis ini menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Navagio. Hal ini didukung oleh keindahan pemandangan dari Pantai Navagio yang perairannya berwarna biru jernih dan pasirnya yang sangat lembut.

Gotravelly

Wisata Genilangit Magetan, Tempat Wisata Menarik Diatas Bukit Suguhkan Pemandangan Dan Spot Instagramable

Menjelajah Sensoji Temple, Sebuah Kuil Tertua Di Jepang

2. Mediterranean Sky, Yunani

mediterranean sky, yunani
flickr.com

Masih di Yunani, destinasi bangkai kapal dunia yang satu ini bisa Anda temukan di Teluk Elevsis. Mediterranean Sky adalah kapal pesiar asal Inggris yang awalnya bernama City of York. Kapal ini melakukan pelayaran pertamanya di tahun 1953 menuju kota London. Kapal Pesiar ini telah melakukan pelayaran selama hampir 20 tahun sebelum akhirnya dijual dan berganti nama menjadi Mediterranean Sky di tahun 1971.

Di tahun 1996, kapal ini melakukan pelayaran terakhirnya dari Brindisi menuju Patras. Setahun kemudian, manajemen kapal ini mengalami kesulitan keuangan sehingga Mediterranean Sky dilabuhkan di Patras. Setelah dua tahun, barulah kapal ini ditarik menuju Teluk Elesus dan dibiarkan disana hingga mengalami kebocoran dan akhirnya tenggelam dalam keadaan miring. Sejak saat itulah, Mediterranian Sky menjadi tempat wisata yang menarik wisatawan untuk melakukan parkour diatas bangkai kapal ini.

3. Olympia, Yunani

 Olympia Yunani
amorgos.gr

Yunani memang menjadi negara yang memiliki banyak destinasi wisata bangkai kapal dunia yang menarik, salah satunya adalah Olympia. Olympia dikenal sebagai kapal komersial yang melayani rute pelayaran dari Siprus menuju Yunani. Di tahun 1979 kapal ini mengalami pembajakan saat sedang melakukan pelayaran. Kapal ini dikuasai oleh bajak laut di Pulau Amorgos, Yunani kemudian masuk ke perairan dangkal.

Segala usaha pun telah dikerahkan untuk mengeluarkan kapal dari dalam teluk namun tidak membuahkan hasil. Akhirnya, Olympia ditinggalkan begitu saja hingga menjadi bangkai. Sekarang, bangkai kapal Olympia ini menjadi bagian dari wisata di Kepulauan Amorgos dan juga menjadi landmark terkenal di Yunani.

4. MS World Discoverer, Kepulauan Solomon

MS World Discoverer
id.pinterest.com

Selain di Yunani, destinasi bangkai kapal dunia juga bisa Anda temukan di Kepulauan Solomon. Kapal tersebut adalah MS World Discoverer yang merupakan sebuah kapal pesiar yang dibangun di tahun 1974 dan pernah berlayar ke kawasan kutub. Dulunya, kapal ini memang menjadi pilihan utama untuk berpesiar melihat gumpalan es terapung di Antartika.

Sayangnya, pada tanggal 30 April 2000 terjadi sebuah tragedy dimana batu karang yang tajam menusuk lambung kapal saat kapal berlayar di Kepulauan Solomon. Setelah mengevakuasi penumpang dengan feri, kemudian sang kapten mengarahkan kapal ini menuju Roderick Bay. Hingga saat ini, Anda bisa masih bisa melihat bangkai kapal ini yang kerap dijadikan objek fotografi oleh wisatawan yang datang.

5. Peter Iredale, Oregon

 Peter Iredale
locationscout.net

Tak hanya ada MS World Discoverer, di Kepulauan Solomon Anda juga bisa menemukan salah satu destinasi wisata bangkai kapal dunia yang cukup menarik perhatian yaitu bangkai dari kapal Peter Iredale. Bangkai kapal ini bisa Anda temukan di sepanjang Pantai Oregon yang indah.

Kapal ini berlayar di bulan September 1906 meninggalkan Santa Cruz, Meksiko menuju Portland, Oregon. Kapal ini harusnya mengambil gandum untuk dikirim ke Inggris namun karam akibat angina kencang dan derasnya arus laut. Kapal ini kemudian kandas di Pantai Clatsop dan hingga saat ini puing-puingnya masih bisa Anda temukan disana.

Bangkai kapal ini menarik perhatian banyak wisatawan dari berbagai negara, terutama saat matahari terbenam. Anda bisa menikmati indahnya pemandangan pantai berlatar belakang bangkai kapal tersebut.

6. La Famille Express, Kepulauan Turks dan Caicos

La Famille Express
distressatsea.com

Destinasi wisata bangkai kapal dunia selanjutnya ada di Kepulauan Turks dan Caicos tepatnya di lepas pantai selatan Provo, Laut Karibia. Kapal yang dibuat tahun 1952 ini dulunya digunakan untuk melayani Angkatan Laut Soviet sebelum akhirnya dijual untuk keperluan komersil di tahun 1999. Setelah dijual, kapal ini kemudian berganti nama menjadi La Famille Express yang kemudian kandas karena badai Frances di tahun 2004.

Setelah kandas, bangkai kapal La Famille Express kemudian menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan dari berbagai negara. Mereka yang berkunjung kesini rata-rata ingin mencoba merasakan sensasi untuk melompat ke laut dari atas bangkai kapal.

7. Evangelia, Rumania

Evangelia
itinari.com

Evangelia adalah kapal yang masih satu pabrik dengan Titanic. Berbeda dengan Titanic yang merupakan kapal pesiar, Evangelia merupakan kapal dagang yang pertama kali diluncurkan pada 28 Mei 1942.

Pada tahun 1968, kapal ini mengalami kejadian tragis saat berlayar di dekat garis pantai Costinesti, Rumania. Saat itu, malam ditutupi kabut tebaaal sehingga kapten kapal tidak tahu kapalnya telah kandas. Konon, kapal ini tidak mengalami kerusakan serius namun pemilik sengaja merusak kapal agar mendapatkan klaim asuransi.

Saat ini, bangkai kapal Evangelia masih di bisa Anda temukan di kawasan Pantai Costinesti dan menjadi salah satu destinasi wisata bangkai kapal dunia yang banyak diminati oleh wisatawan.

8. MV Captayannis, Scotlandia

MV Captayannis
flickr.com

Scotlandia juga memiliki destinasi wisata bangkai kapal dunia yang cukup menarik banyak perhatian, yaitu MV Captayannis yang tenggelam di Sungai Clyde. Kapal ini disebut sebagai Sugar Boat karena kapal ini adalah kapal pengangkut gula milik Yunani. Kapal ini tenggelam di tahun 1974 karena bertabrakan dengan kapal tanker BP saat badai melanda pantai barat Scotlandia.

Kini, bangkai kapal ini menjadi rumah bagi burung dan banyak satwa liar lainnya. Lokasinya yang berada di perairan dangkal, membuat bangkai kapal ini bisa dengan mudah diakses oleh wisatawan yang ingin melihatnya dari dekat.

9. HMAS Protector

HMAS Protector
pinterest.it

Jika Anda ingin mengunjungi Australia, jangan lewatkan untuk singgah di salah satu wisata bangkai kapal dunia yang cukup terkenal, yaitu HMAS Protector. HMAS Protector adalah kapal perang yang dibeli oleh pemerintah Australia Selatan sekitar tahun 1884. Pembelian kapan ini bertujuan untuk alat pertahanan garis pantai lokal terhadap serangan Rusia di sekitar tahun 1870an.

Kapal HMAS Protector ini pernah ikut dalam Perang Dunia I dan Perang Dunia II, juga melawan serangan Pemberontak Boxer. Kapal ini kemudian mengalami kecelataan dalam perjalanan menuju Papua Nugini setelah bertabrakan dengan sebuah kapal yang terbengkalai.

Lambung kapal lalu ditarik menuju Pulau Heron di lepas pantai Queensland yang kemudian ditenggelamkan agar menjadi penahan gelombang. Kini, bangkai kapal ini masih terlihat dan kerap dikunjungi sebagai destinasi wisata.

10. Eduard Bohlen, Namibia

 Eduard Bohlen
tripbucket.com

Destinasi wisata bangkai kapal dunia yang terakhir adalah Eduard Bohlen yang berada di Namibia. Bangkai kapal ini bisa dibilang cukup unik karena berbeda dengan bangkai kapal lainnya yang notabene berada di lautan.

Bangkai Kapal Eduard Bohlen ini terdampar di sebuah gurun pasir sekitar 6 meter jauhnya dari bibir pantai. Karena keunikan inilah yang membuat bangkai kapal ini menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Meskipun tak berada di pantai atau lautan, Kapal Eduard Bohlen ini menawarkan lanskap yang menarik dengan pemandangan yang indah.



Leave a Reply