15 Tempat Wisata di Sulawesi Selatan, Wajib Kamu Jelajahi


Fida  November 9, 2023  0 Comment

Sulawesi Selatan adalah sebuah provinsi di Indonesia yang kaya akan destinasi wisata yang mempesona. Di bawah ini, kami akan menjelajahi beberapa tempat wisata unik yang dapat kamu kunjungi di Sulawesi Selatan. Berikut daftarnya.

15 Tempat Wisata di Sulawesi Selatan :

1. Pulau Kapoposang, Pangkep

pulau kapoposang
ourisland.id

Pulau Kapoposang, yang terletak di lepas pantai Sulawesi Selatan, menghadirkan keindahan alam bahari yang tak tertandingi. Salah satu dari tiga pulau terbesar di Kepulauan Spermonde ini berjarak sekitar 70 kilometer dari Makassar, menawarkan nuansa surga pribadi yang bisa dinikmati seorang diri. Pantai berpasir putih yang memanjang dengan laut biru yang jernih menciptakan pemandangan yang luar biasa. Kehidupan laut yang gemerlap di dasarnya menjadikan tempat ini sebagai surga yang belum tersentuh oleh peradaban manusia.

2. Buttu Gigi, Enrekang

buttu gigi
profil.digitaldesa.id

Buttu Gigi adalah daya tarik yang memikat para petualang dengan keindahan padang rumput alami dan pesona dataran tinggi yang menjulang tinggi. Pemandangan kontras antara cadas bebatuan yang kokoh dan padang rumput hijau yang bersinar di bawah sinar matahari adalah pemandangan yang memukau. Puncak tebing yang curam dan pepohonan lebat yang hijau menyatu menjadi satu gambaran alam yang seakan-akan muncul dari dalam mimpi.

3. Sungai Jeneberang, Gowa

sungai jeneberang
makassar.tribunnews.com

Sungai Jeneberang dengan panjang mencapai 75 kilometer menawarkan pemandangan bervariasi yang mengagumkan, termasuk dinding gugusan batu yang membentuk tebing curam yang menantang. Saat menyusuri aliran sungai ini, kamu akan melihat bagian hulu sungai yang dihiasi dengan batuan kelabu dan semak hijau yang menciptakan suasana sejuk dan teduh, menciptakan pengalaman yang begitu menenangkan bagi mata dan jiwa.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Tangerang Paling Enak Buat Liburan

4. Air Terjun Pattirodeceng, Maros

air terjun pattirodeceng
jadesta.kemenparekraf.go.id

Terletak di lokasi yang sama dengan air terjun populer lainnya seperti Air Terjun Maddenge dan Air Terjun Baruttung, Air Terjun Pattirodeceng adalah destinasi wisata air yang layak dieksplorasi oleh para pecinta petualangan air. Air terjun ini menawarkan fenomena unik, dengan air yang berliku dari atas dinding bebatuan tinggi, menciptakan pemandangan seolah-olah berada di dekat tebing tinggi yang curam.

5. Bulu Taratta, Bone

bulu tarata
makassa.tribunnews.com

Bermain di padang rumput Bulu Taratta adalah pengalaman yang mendamaikan. Dikelilingi oleh dedaunan pepohonan yang mengalun riang, kamu akan merasa seolah-olah berada di tengah-tengah pegunungan yang indah. Bukit setinggi 1.500 meter di atas permukaan laut ini menawarkan pemandangan yang memukau, terutama saat sinar matahari memancar dan semilir angin berhembus. Ini adalah surga bagi para pecinta alam yang mencari kedamaian di tengah hijaunya alam.

6. Gunung Bulusaraung, Pangkep

gunung bulusarang
travel.kompas.com

Gunung Bulusaraung, yang terletak di Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, terkenal dengan sebutan “kerajaan kupu-kupu.” Salah satu tempat wisata di Sulawesi Selatan ini memiliki ketinggian 1.353 meter, puncak dataran ini menawarkan petualangan hiking yang menarik bagi pendaki dan pencinta alam. Ketika mencapai Puncak Bulusaraung, kamu akan tersapu oleh pemandangan hijau pepohonan dan dataran yang dihiasi kabut putih yang mengambang, memberikan perasaan seakan-akan berada di dunia di atas awan. Ini adalah momen yang patut diabadikan selamanya.

7. Bukit Maddo, Barru

bukit maddo
celebes.co

Bukit Maddo di Barru adalah salah satu tempat wisata di Sulawesi Selatan dataran tinggi yang tak akan pernah membosankan mata. Kamu akan dimanjakan oleh hamparan padang hijau dan rumpun pepohonan rindang yang indah. Dengan mudah, kamu bisa mencapai fenomena menakjubkan ini di Bukit Maddo. Dari puncaknya, kamu akan menikmati pemandangan sungai yang meliuk-luik, hamparan sawah, dan kehijauan pepohonan. Sensasi berada di puncak dunia sambil menyaksikan sungai yang membelok indah akan membuat pengunjung merasa berada di alam yang benar-benar istimewa.

Baca juga :  10 Bukit Di Sulawesi dengan Kecantikan Alam yang Mempesona 

8. Hutan Pinus Bissoloro – Tempat Wisata Sulawesi Selatan

hutan pinus bissoloro
smartcity.gowakab.go.id

Hutan Pinus Bissoloro adalah tempat yang sempurna untuk mengeksplorasi dan mengabadikan momen indah di media sosial. Salah satu tempat wisata di Sulawesi Selatan ini menyuguhkan suasana nyaman sehingga akan membuatmu betah. Hamparan pepohonan pinus yang dijaga dengan baik di hutan ini tak kalah indahnya dengan pemandangan hutan alami yang sering ditemukan dalam film-film Hollywood. Ketika berada di sana, kamu akan merasa seakan-akan berada dalam pemandangan alam yang luar biasa. Bayangkanlah betapa mengagumkannya pengalaman berada di tengah-tengah keajaiban alam ini.

9. Bukit Bossolo, Jeneponto

bukit bossolo
travel.detik.com

Bukit Bossolo adalah destinasi unik yang menawarkan petualangan dan liburan istimewa di Sulawesi Selatan. Terletak di Kabupaten Jeneponto, bukit ini adalah tetangga dari Air Terjun Tama Lulua, salah satu air terjun yang paling indah di antara para pelancong nusantara. Melihat keselarasan kehijauan perbukitan yang asri dan segar dengan gemuruh air terjun adalah pengalaman yang akan meninggalkan kesan mendalam di hati pengunjung.

10. Malino Highland, Tempat Wisata di Sulawesi Selatan

malino highland
smartcity.gowakab.go.id

Malino Highland di Kabupaten Gowa adalah destinasi wisata alam yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Sulawesi Selatan. Dataran tinggi ini memiliki ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi oleh perkebunan teh asli Jepang. Di sini, kamu dapat menikmati teh hitam yang segar sambil merasakan sejuknya angin pegunungan. Ini adalah pengalaman yang tidak akan kamu lupakan.

11. Taman Prasejarah Leang-leang, Maros

taman prasejarah leang leang
arsytours.com

Tidak hanya keindahan alam yang menjadi daya tarik utama di Sulawesi Selatan. Taman Prasejarah Leang-leang di Kabupaten Maros adalah tempat yang memadukan nuansa sejarah dengan lanskap alam yang mendukung. Di taman ini, Anda akan menemukan ratusan gua yang dipenuhi dengan artefak prasejarah yang dikelilingi oleh pegunungan kapur yang memukau, mirip dengan Pegunungan Rammang Rammang. Gua-gua ini memiliki cerita kuno yang menghadirkan keajaiban masa lalu dan lingkungan alam yang begitu memesona.

Baca juga :  Intip 5 Destinasi Liburan Dinar Candy

12. Celebes Canyon – Tempat Wisata di Sulawesi Selatan

celebes canyon
matasulsel.com

Sulawesi Selatan tidak hanya memiliki pesona bahari yang indah di sekitar kota Makassar, tetapi juga keajaiban daratan seperti Celebes Canyon. Tempat ini membanggakan diri sebagai destinasi alam hijau yang mengedepankan pesan penting tentang menjaga kebersihan lingkungan selama kunjungan. Mengapa disebut Celebes Canyon seperti Grand Canyon di Amerika Serikat? Tempat ini memicu petualangan yang menguji nyali dengan tantangan hidup di alam liar, sangat sesuai bagi penggemar wisata ekstrem dan olahraga alam.

13. Air Terjun Cinta, Gowa

air terjun cinta
khalifah-wisata.com

Meskipun air terjun ini mungkin tidak begitu tinggi (hanya sekitar 12 meter), kolam air terjun ini memiliki bentuk yang unik, yaitu berbentuk hati. Karena itu, air terjun ini dikenal sebagai Air Terjun Cinta. Namun, untuk mencapai air terjun ini, kamu harus berjalan kaki sekitar 2 kilometer melalui medan yang menantang. Namun, perjalanan ini akan memberikan pemandangan yang memanjakan mata, termasuk hamparan sawah yang indah dan sungai yang menakjubkan.

14. Air Terjun De’Pa, Tempat Wisata di Sulawesi Selatan

air terjun de pa
idntimes.com

Air Terjun De’Pa mungkin belum begitu terkenal sebagai tempat yang banyak diunggah di media sosial, tetapi pesonanya tak kalah menakjubkan dibandingkan dengan Air Terjun Bulan atau Air Terjun Parangloe yang lebih terkenal. Air terjun ini memiliki pesona tersendiri, dengan air yang memancar dari ketinggian hingga mencapai sungai yang berkelok di bawahnya. Lingkungan alami yang rindang menambah daya tarik tempat ini.

15. Batu Siping, Jeneponte – Tempat Wisata di Sulawesi Selatan

batu siping
makassar.tribunnews.com

Hamparan batuan yang tersusun eksotis di Batu Siping seolah-olah hidup dan siap memukau dengan keunikan alamnya. Pemandangan yang luar biasa ini memunculkan pertanyaan tentang keajaiban dan kemegahan alam Nusantara. Bermain di antara gugusan batu yang membentuk kepulauan unik di tengah perairan sekitar menciptakan pengalaman yang benar-benar berkesan.

source : https://www.youtube.com/@Jokowi

Setiap tempat wisata ini menambahkan keberagaman dan pesona Sulawesi Selatan yang tak terlupakan. Dari sejarah dan budaya hingga keindahan alam, provinsi ini menawarkan pengalaman yang beragam dan tak terlupakan untuk setiap wisatawan yang datang menjelajah. Teruslah mengeksplorasi dan temukan keajaiban Sulawesi Selatan yang belum pernah kamu nikmati sebelumnya.



Leave a Reply