15 Makanan Khas Austria, Varian Lengkap Manis dan Gurih!


Jehan  January 27, 2023  0 Comment

Makanan khas Austria – Sepertinya berkunjung ke satu tempat akan kurang lengkap jika tidak mencicipi sajian khas dari tempat asalnya, bukan? Yuk, cari tahu berbagai macam menu khas Austria yang dapat menjadi rekomendasi kulineranmu di bawah ini.

Makanan Khas Austria:

1. Kasnocken

makanan khas austria kasnocken
flickr.com

Makanan khas Austria ini merupakan sajian dengan rasa gurih yang lezat. Kasnocken dipercaya sebagai menu yang berasal dari wilayah Pinzgau, Austria. Makanan yang satu ini memadukan adonan pangsit yang dicampur dengan keju, bawang dan telor.

Ciri khas dari Kasnocken adalah sajian yang dimasak dengan menggunakan keju khas tempat asalnya, yakni keju Pinzgauer Bierkäse yang memiliki aroma yang cukup kuat dan rasa yang ringan. Kasnocken menjadi salah satu hidangan khas yang dapat dinikmati setiap saat.

2. Millirahmstrudel

millirahmstrudel makanan khas austria
flickr.com

Millirahmstrudel atau milk cream strudel adalah menu yang masuk dalam jenis pastry. Menjadi salah satu andalan dari sekian banyaknya menu makanan khas Austria, kue yang satu ini akan membangkitkan selera makan untuk pecinta rasa manis.

Millirahmstrudel biasa dinikmati sebagai hidangan penutup. Terbuat dari krim susu, adonan phyllo, dan berbagai bahan lainnya kue yang satu ini biasa dinikmati saat masih hangat dengan tambahan saus vanilla.

3. Wachauer Marillenknodel

wachauer marillenknodel makanan khas autria
flickr.com

Wachauer marillenknodel adalah jenis dumpling atau pangsit khas Austria. Hidangan klasik ini terbuat dari aprikot Wachau yang dilapisi dengan adonan pangsit. Setelah dibungkus dengan kulit pangsit, Wachauer marillenknodel akan dilapisi remah roti yang sebelumnya telah digoreng dengan mentega terlebih dahulu.

Dari tampilannya makanan yang satu ini terlihat seperti menu penutup namun sebaliknya, Wachauer marillenknodel adalah jenis sajian utama. Perpaduan gurih dan sedikit manis, menjadi salah satu rasa yang menarik dari makanan khas Austria ini.

Baca juga :  10 Jajanan Khas Tangerang Gurih Legitnya Bikin Lidah Belingsatan

4. Wiener Schnitzel

wiener schnitzel
flickr.com

Wiener Schnitzel merupakan makanan khas Austria yang cukup terkenal. Sajian ini merupakan hidangan dari daging sapi dengan irisan tipis yang dilapisi dengan tepung roti. Makanan tradisional ini memiliki ciri khas dibuat dengan menggunakan bahan daging sapi muda.

Saat ini Wiener Schnitzel tidak hanya dibuat dengan bahan dasar daging sapi, melainkan juga menggunakan daging babi sebagai pilihan lain. Makanan khas ini sering disajikan dengan selai andalan lingonberry, irisan lemon, dan kentang sebagai pelengkapnya.

5. Kasspatzln

kasspatzln
flickr.com

Kasspatzln merupakan hidangan khas yang dominan diisi dengan bahan keju. Menu yang satu ini merupakan makanan tradisional di beberapa wilayah, seperti Austria, Jerman atau Swiss.

Kasspatzln dapat dengan mudah kamu temui di Austria, terlebih saat kamu berada di bagian Tyrol. Kasspatzln identik memilih jenis keju yang memiliki aroma cukup kuat, seperti Bergkase atau Graukase.

Menu yang memadukan bahan sederhana seperti keju, pasta, bawang bombay ini menjadi salah satu makanan andalan yang sering dipilih saat berkunjung ke Austria. Biasanya Kasspatzln disajikan dengan salad sayur segar, salad kentang atau saus apel sebagai pelengkap.

6. Cremeschnitte

cremeschnitte
flickr.com

Cremeschnitte merupakan kue krim custard dengan rasa vanila. Hidangan penutup ini merupakan menu klasik dari Austria yang menjadi favorit banyak orang. Tanpa tambahan apa-apa Cremeschnitte adalah kue yang sangat dan layak untuk dicicipi. Kesederhaan dari tampilannya berbanding terbalik dengan rasa manisnya yang sempurna.

7. Kurbis Suppe

kurbis suppe
flickr.com

Kurbis Suppe atau sup labu ini merupakan hidangan khas Austria yang memiliki rasa lezat dan comfort food. Sajian sederhana ini adalah makanan tradisional yang terbuat dari buah potongan buah labu yang dimasak perlahan dengan sayuran, dan campuran kaldu ayam atau sapi.

Makanan yang satu ini biasa menjadi salah satu menu pembuka dan sangat enak dinikmati saat masih hangat. Biasanya Kurbis Suppe dihidangkan dengan tambahan krim asam atau crouton, yakni roti kering.

Baca juga :  7 Rekomendasi Nasi Bebek Paling Enak Di Surabaya

8. Zwiebelrostbraten

zwiebelrostbraten
flickr.com

Zwiebelrostbraten merupakan menu sajian daging yang cukup popular. Makanan khas Austria ini banyak dipilih sebagai hidangan utama di beberapa restoran ternama. Zwiebelrostbraten adalah menu kombinasi sirloin steak yang dipadu dengan bawang bombay, tepung, mentega, paprika, krim, dan mustard Dijon.

Menu yang satu ini menjadi salah satu makanan yang banyak direkomendasikan dari Austria. Bagaimana, apa kamu tertarik mencicipinya?

9. Germknodel

germknodel
flickr.com

Germknodel merupakan salah satu hidangan jenis dumpling khas Austria yang dibuat dengan bahan ragi. Makanan yang satu ini adalah menu yang cukup popular dan banyak direkomendasikan untuk dicoba.

Sebagai hidangan yang biasa disajikan sebagai makanan penutup, Germknodel juga identik sebagai makanan yang disajikan selama Prapaskah. Menu yang satu ini selalu disajikan saat masih hangat. Tekstur roti yang dikukus membuat Germknodel memiliki rasa yang lembut sangat cocok dipadukan dengan selai plum atau selai buah lainnya.

10. Backhendl

backhendl makanan khas austria
flickr.com

Resep yang telah ada sejak abad 18 ini menyajikan menu ayam goreng versi Viena yang amat sangat dicintai penduduk lokal. Ayam yang dimarinasi dan dibumbui dengan jus lemon ini menjadi salah satu menu andalan di Austria.

Dulunya, Backhendl merupakan sajian ayam utuh tanpa tulang yang disuguhkan bersama jeroan goreng. Namun saat ini, makanan khas Austria ini lebih sering ditemui dengan penyajian ukuran ayam potong atau kecil yang dicampur dengan irisan lemon, dan tambahan salad kentang sebagai pelengkap.

11. Kaisersemmel

kaisersemmel
flickr.com

Hidangan yang satu ini adalah sajian roti tradisional khas Austria. Kaisersemmel atau kaiser roll terbuat dari perpaduan tepung terigu, gari, garam, gula, dan mentega. Biasanya roti ini menjadi salah satu menu yang sering dinikmati saat sarapan tiba.

Kaisersemmel sangat mudah dipadukan dengan berbagai makanan lainnya. Beberapa orang membuat Kaisersemmel sebagai roti lapis dan sebagian lainnya sanggup menghabiskan roti lezat ini tanpa tambahan apapun.

Baca juga :  Hujan Paling Asyik Ditemani 10 Ronde dan Tahwa Enak di surabaya

12. Kasekrainer

kasekrainer
flickr.com

Melihat dari gambar di atas, tentu kamu sudah bisa menerka bahwa makanan yang satu ini merupakan sajian sosis. Ya, Kasekrainer adalah sosis andalan yang menjadi salah satu makanan khas Austria.

Bedanya dengan sosis pada umumnya yang sering kita temui adalah Kasekrainer memiliki isian berupa potongan kecil keju di dalam adonan sosisnya. Biasanya sosis ini menjadi salah satu jajanan street food yang dapat dengan mudah ditemui disetiap sudut Austria.

13. Vanillekipferl

vanillekipferl
flickr.com

Apa makanan khas Austria ini mengingatkanmu pada kue tradisional yang disajikan saat lebaran idul fitri? Memiliki bentuk yang serupa dengan kue bulan, Vanillekipferl adalah salah satu jenis kue tradisional Austria yang memiliki rasa manis vanila.

Baca Juga :

Cafe Jalan Tengah: Hidden Gem Paling Rekomended Untuk Work From Cafe

Kue yang memiliki bentuk bulan sabit ini menjadi salah satu makanan khas yang popular dihidangkan saat Natal tiba. Selain ditambah dengan taburan gula bubuk, Vanillekipferl juga memiliki varian cokelat yang tak kalah enak.

14. Apfelstrudel

apfelstrudel
flickr.com

Lagi, menu makanan khas Austria dengan rasa manis yang menjadi salah satu hidangan penutup popular yang patut dicoba. Sesuai namanya Apfelstrudel merupakan strudel yang berbahan dasar buah apel.

Baca Juga :

Wisata Sejarah di Keraton Sumenep, Satu-Satunya Keraton di Jawa Timur

Menu yang satu ini biasa disajikan sebagai camilan yang dapat dinikmati setiap saat. Rasanya yang manis dengan aroma kayu manis yang dipadukan dengan kismis, rum, kacang almond atau kenari ini menjadi kelezatan yang sering dirindukan dari Austria.

15. Kaiserschmarrn

kaiserschmarrn
flickr.com

Kaiserschmarrn atau dikenal dengan nama lain sebagai Emperor’s mess adalah makanan khas Austria yang biasa disajikan sebagai menu penutup. Hidangan ini merupakan sajian panekuk orak-arik yang memiliki tekstur lembut.

Baca Juga :

10 Danau di Austria Segarkan Mata dan Jiwa

Kelezatan dari Kaiserschmarrn biasa disajikan dengan kolak plum atau tambahan selai buah apel, pir, dan beri. Makanan yang satu ini cukup popular dan menjadi salah satu menu andalan dibeberapa tempat di Austria.

Bagaimana menurutmu, sobat GoTravelly?



Leave a Reply