13 Pantai di Bulukumba Yang Memikat Jiwa


Fida  September 23, 2022  0 Comment

Bulukumba merupakan sebutan bagi salah satu daerah yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Daerah yang satu ini dikenal menawarkan banyaknya pilihan tempat wisata. Salah satu destinasi wisata yang dapat dengan mudah kamu jumpai adalah wisata pantai. Terdapat banyak pilihan destinasi wisata pantai di Bulukumba yang populer dan menarik untuk kamu datangi. Berbagai wisata pantai menawarkan indahnya pemandangan serta memiliki daya tarik masing masing. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 13 rekomendasi wisata di Bulukumba yang tidak boleh kamu lewatkan. 

1. Pantai Tanjung Bira

pantai tanjung bira
celebes.co

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Pantai Tanjung Bira bukan? Pantai Tanjung Bira merupakan salah satu pantai di Bulukumba yang sangat populer dan sayang untuk dilewatkan. Pantai yang satu ini dapat kamu kunjungi di kawasan Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. 

Hamparan pasir putih yang luas akan menyambut kedatangan pengunjung di Pantai Tanjung Bira. Tidak hanya itu, pantai ini juga dikenal memiliki perairan yang biru dan jernih. Pengunjung dapat memilih untuk bersantai dan menikmati indahnya pemandangan pantai di bawah pohon kelapa. 

Pantai Tanjung Bira menawarkan cukup banyak aktivitas menarik yang bisa dicoba seperti bersantai, bermain air, berenang, hingga snorkeling. Waktu terbaik untuk datang ke pantai ini adalah saat pagi dan sore hari. Pada waktu tersebut, pengunjung dapat melihat langsung indahnya pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam.  Untuk masuk dan menyusuri indahnya pantai, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang. Cukup terjangkau bukan? 

Gotravelly

Berenang Bersama Puluhan Penyu Di Pantai Meleura Raha

Wisata Pemandian Laut Dan Panorama Matahari Terbenam Di Katobengke Cliffs

2. Pantai Apparalang

pantai apparalang
kabarmakassar.com

Pantai Apparalang juga dikenal sebagai salah satu pantai di Bulukumba yang memiliki pemandangan indah dan menakjubkan. Pantai yang satu ini berjarak sekitar 5 kilometer dari Pantai Tanjung Bira, tepatnya berada di Kawasan Desa Ara, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. Untuk datang ke pantai ini, pengunjung disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua. Hal itu dikarenakan jalanan atau akses menuju pantai cukup menantang dan berkelok. 

Sejauh mata memandang, kamu akan disuguhkan dengan hamparan perairan yang biru. Tidak hanya itu, pantai ini juga tampak semakin indah karena dikelilingi oleh tebing tebing. Beberapa wisatawan mengatakan bahwa pemandangan serta suasana di Pantai Apparalang cukup mirip dengan kawasan wisata Raja Ampat. 

Bagi yang ingin menguji adrenalin, kamu dapat mencoba menikmati indahnya pemandangan dengan duduk di atas tebing, lho! Selain itu, beberapa kegiatan lain yang juga dapat dinikmati oleh pengunjung diantaranya berenang hingga mencoba snorkeling dan menikmati indahnya pemandangan bawah laut yang ditawarkan. Pantai Appalarang dapat kamu kunjungi sebagai salah satu Pantai di Bulukumba yang membuat liburanmu semakin berkesan. 

3. Pantai Bara

pantai bara
bulukumbakab.go.id

Rekomendasi destinasi wisata pantai di Bulukumba berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Bara. Pantai yang satu ini berlokasi di Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. Dari pusat kabupaten Bulukumba, kamu perlu menempuh jarak kurang lebih 40 kilometer untuk tiba di pantai ini. 

Pantai Bara sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang hobi berpetualang. Bagaimana tidak, untuk tiba di pantai ini pengunjung harus menuruni bukit serta bebatuan besar. Lokasinya yang cukup tersembunyi menjadikan pantai ini belum ramai wisatawan hingga saat ini. Kamu tidak perlu khawatir karena rasa lelah selama perjalanan akan terbayar lunas saat tiba di lokasi pantai.

Suasana tenang dan damai yang ditawarkan menjadikan pantai ini juga cocok kamu pilih sebagai tempat untuk menenangkan diri. Bagi kamu yang ingin melepas penat, bersantai dan menikmati indahnya pemandangan Pantai Bara juga menjadi hal tepat yang bisa kamu coba. Untuk datang dan menyusuri indahnya Pantai Bara, pengunjung perlu menyiapkan biaya tiket masuk sekitar Rp 25.000,- per orang.

4. Pantai Pusahelu

pantai pusahelu
celebes.co

Pernah mendengar sebutan Pantai Pusahelu? Pantai Pusahelu merupakan salah satu destinasi wisata pantai di Bulukumba yang populer dan bisa kamu datangi. Pantai yang satu ini berlokasi di kawasan Darubiah, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. 

Untuk datang dan menyusuri indahnya Pantai Pusahelu, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Tidak hanya dapat menikmati indahnya pemandangan perairan yang biru dan jernih, pengunjung juga akan dimanjakan dengan adanya tebing tebing karang. Hal itu tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tebing tebing yang mengelilingi pantai tidak hanya bebatuan tetapi juga ditumbuhi oleh banyak pohon serta penghijauan. Suasana di sekitar pantai yang asri menjadikan Pantai Pusahelu cocok kamu kunjungi sebagai tempat untuk melepas penat. 

Tidak kalah dengan pantai lainnya, Pantai Pusahelu juga menawarkan adanya aktivitas berenang hingga snorkeling yang dapat dilakukan oleh pengunjung. Pemandangan bawah laut yang menakjubkan tentu akan membuatmu betah dan enggan pulang. Destinasi wisata pantai di Bulukumba yang satu ini memang sangat menarik dan tidak boleh kamu lewatkan. 

5. Pantai Marumasa

Pantai di Bulukumba
celebes.co

Ingin menikmati indahnya pantai sekaligus deretan tebing? Pantai Marumasa dapat menjadi tujuan tepat yang bisa kamu datangi. Pantai Marumasa dikenal sebagai salah satu destinasi wisata pantai di Bulukumba yang cukup populer di kalangan wisatawan. Pantai ini dikenal dengan ciri khasnya yakni memiliki deretan tebing, hal itu juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. 

Pantai Marumasa dapat kamu kunjungi di kawasan Darubiah, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. Untuk datang dan menyusuri kawasan pantai, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 5.000,- per orang. Cukup terjangkau bukan? 

Selain cocok dikunjungi untuk bersantai, Pantai Marumasa juga cocok dikunjungi bagi kamu para pecinta foto. Terdapat banyak spot menarik dan instagramable yang ditawarkan di sekitar pantai. Adanya deretan pepohonan kelapa juga menjadikan pemandangan semakin indah dan mengesankan. Mengunjungi Pantai Marumasa bersama keluarga maupun orang tersayang tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. 

6. Pantai Lemo Lemo

pantai lemo lemo
makassarguide.com

Pantai Lemo Lemo juga menjadi salah satu pantai di Bulukumba yang direkomendasikan untuk kamu datangi. Pantai yang satu ini berlokasi di kawasan Tanah Lemo, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. Karena keindahan yang ditawarkan, pantai ini juga kerap mendapat julukan surga tersembunyi. 

Pantai Lemo Lemo memiliki hamparan pasir putih yang lembut dan bersih. Perairannya yang jernih serta adanya tebing tebing di sekitar pantai juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Waktu terbaik untuk datang ke kawasan pantai ini adalah saat sore hari. Indahnya pemandangan matahari terbenam tentu memberi kesan hangat dan romantis yang dapat dirasakan oleh pengunjung. 

Saat mengunjungi pantai ini, kamu dapat sekaligus menjumpai adanya goa yang disebut dengan Goa Lemo Lemo. Pengunjung dapat mencoba sensasi menyusuri goa dan akan menjumpai adanya sumber mata air jernih di dalamnya. Meskipun dikenal populer dan indah, pantai di Bulukumba yang satu ini hanya membandrol biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang. Cukup terjangkau bukan? 

7. Pantai Panrang Luhu

pantai panrang luhu
celebes.co

Pernah mendengar sebutan destinasi wisata Pantai Panrang Luhu? Pantai Panrang Luhu merupakan salah satu pantai yang dikenal menawarkan pemandangan indah dan menakjubkan. Pantai yang satu ini berlokasi di kawasan Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. 

Tidak hanya dikenal akan keindahannya, pantai yang satu ini juga dikenal dengan sebutan ‘bengkel’ atau tempat pembuatan perahu pinisi. Wisatawan yang datang juga dapat melihat langsung proses pembuatan perahu tradisional ini. Biasanya, pinisi digunakan oleh nelayan untuk melaut jarak dekat. 

Bagi kamu yang ingin bermalam dengan mendirikan tenda, Pantai Panrang Luhu juga menyediakan area kemah atau camping ground. Kamu perlu mengeluarkan biaya Rp 30.000,- untuk berkemah. Sedangkan untuk tiket masuk, pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,- per orang. Cukup terjangkau bukan?

8. Pantai Samboang

pantai samboang
bulukumbakab.go.id

Ada cukup banyak pilihan pantai yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan waktu berlibur, salah satunya adalah Pantai Samboang. Pantai yang satu ini berlokasi di daerah Ekatiro, Kecamatan Bonto Tiro, Kabupaten Bulukumba. 

Selain menawarkan hamparan pasir putih yang luas, Pantai Samboang juga menawarkan perairan yang jernih dan bersih. Banyaknya pohon kelapa di pinggir pantai juga menambah keindahan Pantai Samboang. Adanya pulau di pantai ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Pulau di Pantai Samboang berjarak sekitar 20 meter dari bibir pantai.  

Selain dapat bersantai dan berenang, pengunjung juga diperbolehkan untuk mencoba sensasi snorkeling. Pemandangan bawah laut yang disuguhkan oleh Pantai Samboang tentu sangat indah dan membuat pengunjung betah. Meskipun dikenal menawarkan panorama menakjubkan, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang terjangkau saat datang ke Pantai Samboang yakni hanya sekitar Rp 1.500,- per orang. 

9. Pantai Kaluku

pantai kaluku
celebes.co

Pernah mendengar sebutan wisata Pantai Kaluku? Pantai Kaluku merupakan salah satu pantai yang cukup populer di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Pantai yang satu ini dikenal menawarkan pemandangan indah dan menakjubkan. Pantai Kaluku berlokasi di Jalan Panrang Luhu, Bira, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. Kamu dapat menemukan pantai ini tidak jauh dari Pelabuhan Bira. 

Panorama matahari terbit menjadi salah satu hal menarik bagi pengunjung. Jika ingin menikmatinya, kamu bisa datang ke Pantai Kaluku saat pagi hari. Suasana yang sangat alami juga membuat pengunjung betah dan enggan pulang. Pantai yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama teman maupun keluarga. 

Pantai Kaluku juga menawarkan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung, salah satunya adalah adanya gazebo sebagai tempat beristirahat. Untuk masuk dan menyusuri kawasan Pantai Kaluku, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Datang dan menghabiskan waktu berlibur di salah satu pantai di Bulukumba berikut ini tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. 

10. Pantai Ujung Tiro

pantai ujung tiro
bulukumbakab.go.id

Pantai Ujung Tiro juga dikenal sebagai salah satu pantai yang populer di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Pantai yang satu ini dapat kamu kunjungi di kawasan Kecamatan Bonto Tiro, Kabupaten Bulukumba. Meskipun populer dan dikenal menawarkan panorama indah, untuk masuk dan menyusuri indahnya pantai pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. 

Pantai yang satu ini dikenal dengan ciri khasnya yakni memiliki jembatan serta gugusan pulau karang. Pengunjung dapat mencoba melewati jembatan sembari menikmati perairan yang biru dan jernih. Jembatan dengan panjang kurang lebih 10 meter ini juga kerap dipilih sebagai spot favorit pengunjung untuk berfoto. Di bawah jembatan, pengunjung juga dapat melihat langsung adanya ikan berwarna warni. Suasa asri dan alami tentu dapat kamu rasakan saat berkunjung ke Pantai Ujung Tiro.

Waktu terbaik untuk datang dan menikmati indahnya Pantai Ujung Tiro adalah saat pagi atau sore hari. Tetapi jika ingin melihat air laut yang berkilau, kamu dapat datang di siang hari. 

11. Pantai Mandala Ria

pantai mandala ria
bulukumbakab.go.id

Pantai berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Mandala Ria. Pantai yang satu ini berlokasi di kawasan Lembanna, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. 

Ciri khas dari Pantai Mandala Ria adalah memiliki hamparan pasir yang luas dan tekstur pasirnya yang lembut. Selain itu, perairan yang bersih dan jernih juga menjadikan tempat ini semakin menakjubkan. Pantai Mandala Ria dikenal dengan ombaknya yang tenang sehingga pengunjung dapat bebas bermain air hingga berenang. 

Di sekitar pantai juga terdapat fasilitas berupa tempat beristirahat. Pengunjung dapat bersantai sekaligus menikmati angin sepoi sepoi khas pantai. Tempat yang satu ini sangat cocok dikunjungi sebagai lokasi untuk menyegarkan pikrian maupun menenangkan diri. Saat ingin mengunjungi salah satu wisata pantai di Bulukumba, Pantai Mandala Ria tentu sayang untuk tidak kamu datangi. 

12. Pantai Merpati

pantai merpati
id.pinterest.com

Pantai Merpati juga dikenal sebagai salah satu pantai dengan pemandangan indah dan menakjubkan. Pantai yang satu ini menawarkan jernihnya perairan serta banyaknya tebing dan bebatuan karang. 

Suasana yang ditawarkan oleh pantai ini tentu masih sangat alami. Mengunjungi salah satu pantai di Bulukumba yang satu ini tentu sangat cocok untuk melepas penat. Pantai Merpati dapat kamu datangi di Desa Bentengnge, Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba. Hingga saat ini, Pantai Merpati masih terus melakukan perbaikan dan meningkatkan fasilitas bagi wisatawan. Mengunjungi pantai ini bersama teman maupun keluarga tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. 

13. Pantai Kasuso

pantai kasuso
celebes.co

Satu lagi rekomendasi pantai yang menarik untuk kamu datangi yakni Pantai Kasuso. Pantai yang satu ini berlokasi di daerah Darubiah, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. 

Salah satu ciri khas dari pantai Kasuso yakni adanya batu karang yang berdiri kokoh di tengah laut. Adanya batu karang ini menjadikan Pantai Kasuso semakin indah dan eksotis. Ombaknya yang cukup tenang menjadikan pengunjung dapat bermain air hingga berenang di kawasan pantai ini. Seru sekali bukan?

Pantai Kasuso memiliki bibir pantai yang panjang sehingga memiliki hamparan pasir yang luas. Jika tidak ingin berenang atau bermain air, pengunjung dapat bersantai sembari menikmati udara segar di sekitar pantai ini. Indahnya pemandangan matahari terbenam juga dapat kamu nikmati dari pantai di Bulukumba yang satu ini. 

Nah, itulah daftar 13 pantai di Bulukumba yang populer dan bisa kamu kunjungi. Jika berkesempatan datang dan menghabiskan waktu berlibur di Bulukumba, kira kira pantai manakah yang paling ingin kamu datangi? 



Leave a Reply