Merdeka! 10 Wisata Napak Tilas Kemerdekaan Republik Indonesia


Fida  August 15, 2020  0 Comment

Saat ingin berlibur dan menentukan tujuan wisata, beberapa dari Anda akan memilih wisata alam sebagai tujuan berlibur. Namun jangan salah, ada banyak tempat wisata bersejarah yang sayang untuk dilewatkan. Wisata napak tilas kemerdekaan Indonesia akan sangat mengesankan jika didatangi. Ada banyak lokasi yang dulunya memiliki peran penting dalam kemerdekaan Indonesia. Berikut wisata napak tilas kemerdekaan Indonesia yang patut untuk dikunjungi

1. Radio Republik Indonesia (RRI)

radio republik indonesia
federaloil.co.id

Radio Republik Indonesia atau yang biasa disingkat RRI menjadi salah satu wisata napak tilas kemerdekaan Indonesia. Radio Republik Indonesia sangat berjasa dalam penyebaran kemerdekaan Indonesia ke seluruh dunia seperti Amerika Serikat dan Eropa. Joesoef Ronodipuro adalah nama tokoh yang menyebarkan kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan bahasa Inggris. Hal itu menjadikan pengumuman penting ini mudah dimengerti oleh berbagai negara di dunia.

Saat menyebarkan pengumuman kemerdekaan Republik Indonesia, nyawa Joesoef Ronodipuro sangat terancam karena hampir dibunuh oleh tentara Jepang pada saat itu. Lokasi RRI atau Radio Republik Indonesia berada di jalan Medan Merdeka Barat 4 – 5, Jakarta Pusat.

Gotravelly

Jelajah Monumen Tugu Pahlawan & Museum 10 November Surabaya

Museum WR Soepratman: Rumah Bersejarah Pencipta Lagu Indonesia Raya

2. Museum Kebangkitan Nasional

museum kebangkitan nasional
id.wikipedia.org

Saat mencari lokasi wisata napak tilas kemerdekaan Indonesia, Museum Kebangkitan Nasional menjadi salah satunya. Museum yang satu ini dulunya merupakan bekas gedung sekolah STOVIA atau yang dikenal dengan Sekolah Dokter Bumiputera. Di dalam Museum kebangkitan nasional terdapat beberapa koleksi seperti ruang kesadaran nasional, ruang awal pergerakan nasional, hingga ruang memorial Budi Utomo.

Sekolah Dokter Bumiputera yang kini menjadi Museum Kebangkitan Nasional memiliki peran penting pada saat itu dan melahirkan beberapa tokoh hebat seperti Tri Koro Dharmo, Budi Oetomo, dan Ki Hajar Dewantara. Museum Kebangkitan Nasional berlokasi di dekat RSPAD Gatot Subroto.

3. Rumah Djiauw Kie Siong

Rumah Djiauw Kie Siong
travel.kompas.com

Ada banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi sebagai wisata napak tilas kemerdekaan Indonesia, salah satunya adalah Rumah Djiauw Kie Siong. Rumah yang satu ini beralamat di Dusun Bojong, Rengasdengklok, Kabupaten Karawang.

Rumah yang satu ini memiliki sejarah dan peran penting pada saat itu karena digunakan sebagai tempat terjadinya perdebatan antara golongan tua dan golongan muda. Saat berkunjung ke Rumah Djiauw Kie Siong, anda akan menjumpai beberapa ruangan atau kamar yang pernah digunakan oleh pejuang kemerdekaan. Rumah yang kini ditempati oleh cucu dari Djiauw Kie Siong masih sering dikunjungi oleh pecinta wisata sejarah.

4. Monumen Kebulatan Tekad

Monumen Kebulatan Tekad
ftp.triptrus.com

Monumen Kebulatan Tekad yang merupakan salah satu wisata napak tilas kemerdekaan Indonesia beralamat di Rengasdengklok, Karawang, Jawa Tengah. Tempat yang satu ini memiliki sejarah yang sangat kuat yakni dulunya merupakan markas tentara PETA atau Pembela Tanah Air.

Pada awalnya, rencana pengumuman kemerdekaan Indonesia yang dibawakan oleh Ir Soekarno akan dilaksanakan di markas PETA. Namun karena lokasi markas PETA dinilai terlalu terbuka, hal itu dibatalkan dan dibawa ke Rumah Djiauw Kie Song.

5. Lapangan IKADA

Lapangan IKADA
ceknricek.com

Lapangan IKADA (Ikatan Atletik Djakarta) dulunya merupakan pusat kegiatan olahraga yang kini dikenal dengan Lapangan Gambir. Di lapangan IKADA inilah presiden republik Indonesia Ir. Soekarno pertama kali bertemu dengan rakyat Indonesia. Pertemuan tersebut dikenal dengan “Peristiwa Rapat Raksasa Lapangan IKADA”. Dalam acara tersebut, ada ribuan masyarakat Indonesia yang hadir dan mendukung pemerintah Indonesia. Lokasi lapangan IKADA menjadi salah satu wisata napak tilas kemerdekaan Indonesia.

6. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

museum perumusan naskah proklamasi
kebudayaan.kemdikbud.go.id

Saat Anda ingin mengunjungi wisata napak tilas Kemerdekaan Indonesia, Museum Perumusan Naskah Proklamasi dapat menjadi salah satu pilihan tepat. Pada zaman dahulu, museum yang satu ini merupakan rumah Laksamana Maeda, tempat dimana Bapak Ir. Soekarno, Bapak Hatta, Bapak Sayuti Melik serta Mr. Ahmad Soebarjo merumuskan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Berlokasi di Jalan Imam Bonjol No. 1, Menteng, Jakarta Pusat.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi berbeda dengan museum pada umumnya, di sini Anda akan melihat patung lilin yang menyerupai bentuk para pelopor proklamasi sedang berdiskusi untuk merumuskan naskah proklamasi. Berbagai perabotan seperti meja dan kursi juga tertata rapi dan terlihat sangat indah. Anda akan merasakan suasana yang sangat mengingatkan akan perjuangan para pahlawan dalam merumuskan naskah proklamasi. Sangat disayangkan jika Anda tidak mengunjungi Museum Perumusan Naskah Proklamasi saat berada di Menteng, Jakarta Pusat.

7. Museum Sumpah Pemuda

 Museum Sumpah Pemuda
nasional.tempo.co

Mengunjungi wisata bersejarah merupakan hal yang sangat menyenangkan. Salah satu wisata napak tilas kemerdekaan Indonesia adalah Museum Sumpah Pemuda. Museum ini berlokasi di Jalan Kramat Raya No. 106, Jakarta Pusat. Sangat disayangkan jika Anda berlibur ke Jakarta Pusat tanpa mendatangi wisata bersejarah yang satu ini.

Sesuai dengan namanya, Museum Sumpah Pemuda akan menyuguhkan suasana sumpah pemuda. Anda akan melihat patung lilin yang berbentuk menyerupai para tokoh sumpah pemuda. Selain itu, di sini juga terdapat patung lilin berbentuk pencipta lagu Indonesia Raya yakni Wage Rudolf Supratman atau biasa disebut W.R Supratman. Anda akan merasakan suasana yang terasa sangat nyata. Tak heran jika banyak wisatawan tertarik untuk mengunjungi museum yang satu ini.

8. Tugu Proklamasi

tugu proklamasi
tribunnewswiki.com

Saat Anda ingin mengunjungi wisata napak tilas kemerdekaan Indonesia, Tugu Proklamasi dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Tempat yang satu ini sangat bersejarah bagi seluruh warga Indonesia. Pada zaman dahulu, area Tugu Proklamasi merupakan bekas lokasi rumah Presiden Soekarno. Di tempat inilah naskah proklamasi dibacakan oleh presiden pertama RI.

Tugu Proklamasi berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat. Di sana, Anda juga dapat melihat patung Ir. Soekarno dan Hatta berdiri tegak berdampingan dengan ukuran yang sangat besar. Di antara kedua patung, terdapat patung yang terbuat dari lempengan batu marmer hitam bertuliskan naskah proklamasi. Tak heran jika banyak orang tertarik untuk mengunjungi tempat yang satu ini.

9. Gedung Joang 45

gedung joang 45
jakarta.tribunnews.com

Jakarta menawarkan banyak sekali tempat wisata bersejarah yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya adalah Museum Joang 45 atau sering disebut Gedung Joang 45. Museum yang satu ini merupakan salah satu wisata napak tilas kemerdekaan Indonesia yang sangat sayang untuk Anda lewatkan. Museum yang satu ini berlokasi di Jalan Menteng Raya No. 31, Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Anda akan melihat berbagai benda koleksi peninggalan para pejuang Indonesia. Mulai dari mobil dinas resmi presiden dan wakil presiden RI pertama, hingga mobil peristiwa pengeboman di Cikini. Selain itu, Gedung Joang 45 juga menyuguhkan berbagai lukisan atau koleksi foto-foto yang menggambarkan para pahlawan yang sedang memperjuangkan bangsa. Kurang lengkap rasanya jika berlibur ke Jakarta Pusat tanpa mendatangi Gedung Joang 45.

10. Monumen Nasional (Monas)

monumen nasional
17sekians.com

Saat Anda berada di Jakarta, Monumen Nasional atau biasa disebut Monas merupakan hal yang tidak asing bagi Anda. Monas merupakan ikon kota Jakarta. Monas juga merupakan salah satu wisata napak tilas kemerdekaan Indonesia yang bisa Anda kunjungi. Di sana Anda akan terpukau dengan keindahannya. Lokasinya cukup mudah di jangkau, yakni di Gambir, Jakarta Pusat.

Monumen Nasional memiliki ketinggian yang sangat memukau, yakni 132 meter. Anda juga dapat menemukan banyak sekali koleksi ruangan bersejarah di dalam Monas. Selain itu, Anda bisa melihat pemandangan indahnya kota Jakarta ketika Anda berada di pelataran puncak. Monas memiliki keistimewaan yakni di bagian puncak Monas, terdapat emas dengan berat 35 kg dengan cawan seberat 14,5 ton. Tempat yang satu ini sangat instagramable dan sangat indah untuk diabadikan.



Leave a Reply