11 Sup Khas Jepang Rasanya Segar Dan Menyehatkan


prita  January 26, 2022  0 Comment

Ragam pilihan menu makanan khas Jepang memang belakangan ini bisa ditemukan dengan mudah di berbagai negara karena restoran Jepang telah tersebar dimana-mana. Makanan khas Jepang memang terkenal memiliki cita rasa unik dan banyak digemari oleh orang, salah satunya adalah menu sup. Sup khas Jepang memang menjadi salah satu makanan khas Jepang yang populer dan banyak diburu oleh banyak orang. Namun, sudah tahukah kamu kalau sup khas Negeri Sakura ini jumlahnya cukup beragam? Berikut adalah daftarnya.

1. Sup Miso

Sup Miso
cookpad.com

Sup khas Jepang yang pertama wajib untuk kamu coba adalah sup miso. Sup miso ini adalah sup paling populer di Jepang dan banyak diburu oleh banyak wisatawan.

Sup miso ini terbuat dari campuran dashi, sementara pasta miso ini terbuat dari kedelai yang difermentasi. Sup ini memiliki cita rasa yang gurih sehingga cocok untuk dinikmati sebagai menu makanan pembuka. Sup miso ini biasanya terdiri dari potongan tofu, jamur dan taburan rumput laut sebagai penyedap.

GoTravelly

Miyako Soba Tennoji: Tempat Makan Soba Dan Udon Paling Mantap Di Osaka

Yoshinoya Osaka: Mencicipi Langsung Rice Bowl Hits Di Negara Asalnya

2. Tonjiru

Tonjiru
oishi-washoku-recipes.com

Tonjiru atau yang juga dikenal sebagai Butajiru ini merupakan salah satu sup khas Jepang yang tak kalah populer. Sup ini merupakan modifikasi dari sup miso yang diberi beberapa bahan tambahan.

Tonjiru ini diberi tambahan potongan sayur, seperti kentang atau wortel dan daging babi. Tonjiru memang memiliki tampilan yang hampir mirip dengan sup miso, namun rasanya cukup berbeda karena tonjiru ini rasa rempahnya lebih kuat dan teksturnya lebih pekat. Biasanya tonjiru dinikmati sebagai sup penghangat saat musim dingin dan disajikan bersama tonkatsu atau irisan daging babi yang diberi tepung.

3. Kenchinjiru

Kenchinjiru
nhk.or.jp

Sup khas Jepang yang tak boleh untuk kamu lewatkan selanjutnya adalah Kenchinjiru. Sup ini paling sering disajikan saat musim dingin karena bisa untuk menghangatkan badan.

Kenchinjiru ini memiliki kuah yang encer dengan cita rasa gurih yang tidak terlalu kuat. Sup ini dibuat dari rebusan dashi, soyu dan ragam sayuran seperti kentang, wortel, jamur dan ragam umbian. Menu sup ini sebenarnya diadaptasi dari menu vegetarian para biksu di Jepang, yang mana dulunya sup ini hanya bisa ditemui di area kuil Budha di Jepang.

4. Osuimono

Osuimono
japantimes.co.jp

Osuimono merupakan adaptasi lainnya dari sup miso yang juga menjadi salah satu sup khas Jepang yang paling dicari. Osuimono ini terbuat dari kalsu dashi, soyu dan sedikit pasta miso sehingga tampilannya lebih bening jika dibandingkan dengan sup miso.

Tak hanya tampilannya yang lebih jernih, cita rasa osuimono ini juga tidak terlalu kuat seperti sup miso. Osuimono ini biasa disajikan bersama dengan campuran jamur, tofu atau seafood agar rasanya semakin gurih.

5. Sumashijiru

Sumashijiru
savvytokyo.com

Sup khas Jepang berikutnya adalah Sumashijiru atau yang juga dikenal dengan suimono. Sup ini memiliki tampilan yang bening dan sederhana serta biasa ditemukan saat acara-acara formal.

Sup ini biasanya terdiri dari berbagai macam sayuran, mitsuba, tofu dan beberapa potongan daging. Sementara untuk acara besar, biasanya sup ini diberi tambahan kerang ikan di dalamnya. Bahan yang digunakan untuk sumashijiru ini adalah kombinasi dari kombu dan katsuobushi.

6. Hiyajiru

Hiyajiru
cookingwithdog.com

Hiyajiru juga layak untuk masuk dalam daftar sup khas Jepang yang wajib untuk kamu coba. Hiyajiru ini adalah sup tradisional yang berasal dari Kyushu, meskipun begitu sup ini bisa kamu temukan dengan mudah di seluruh Jepang.

Hiyajuru terbuat dari campuran pasta miso, kalsu dashi dan pasta ikan yang gurih. Sup ini memiliki rasa yang lebih kuat dengan tekstur sup yang kental juga pekat. Dalam Bahasa Jepang, hiyajiru ini memiliki arti sup dingin. Hal ini dikarenakan sup ini disajikan dalam keadaan dingin dan biasanya disantap dengan semangkok nasi panas.

7. Ozoni

Ozoni
okonomikitchen.com

Sup khas Jepang yang wajib untuk kamu coba berikutnya adalah ozoni. Ozoni atau yang juga dikenal dengan zoni ini merupakan sup dengan tampilan bening yang terdiri dari sayuran, daging sapi atau babi dan mochi khas Jepang.

Ozoni ini merupakan sup yang berasal dai wilayah Kanto di Prefektur Kanagawa, Ibaraki hingga Chiba. Sup ini memiliki cita rasa yang gurih berpadu sempurna dengan mochi yang kenyal sehingga ozoni ini sangat digemari oleh banyak orang. Sup ini biasanya disajikan sebagai salah satu menu wajib saat perayaan tahun baru di Jepang.

8. Oshiruko

Oshiruko
japanesecooking101.com

Oshiruko merupakan salah satu sup khas Jepang yang memiliki tekstur kental dengan cita rasa manis yang nikmat. Sup ini terbuat dari kacang azuki yang dicacah, mochi dan juga terkadang diberi cacahan chestnut.

Oshiruko ini memiliki rasa yang manis dan tampilan yang menyerupai bubur encer sehingga sangat cocok disajikan sebagai menu penutup makanan. Sama dengan ozoni, oshiruko ini juga menjadi salah satu menu wajib untuk perayaan tahun baru.

9. Dashi

Dashi
cookpad.com

Sup khas Jepang yang satu ini merupakan bahan dasar dalam masakan Jepang yang juga menjadi bahan dasar dari semua sup yang telah disebutkan, yaitu dashi. Dashi ini merupakan jenis sup yang biasa digunakan untuk membuat sup miso atau mie, donburi hingga semur.

Dashi biasanya dibuat dari rumput laut kering, katsuobuchi, iriko atau ragam bahan lainnya yang alami sehingga menciptakan rasa gurih yang nikmat dan cita rasanya sangat khas Jepang.

10. Champon

Champon
cookpad.com

Jika kamu penyuka mie, maka sajian sup khas Jepang yang satu ini tentu tak boleh dilewatkan. Champon merupakan hidangan mie khas Jepang yang berasal dari Nagasaki dan dibuat dari daging babi goreng, seafood dan berbagai sayuran juga lemak babi.

Sup ini awalnya disajikan di Nagasaki sebagai makanan dengan harga terjangkau yang biasa dinikmati oleh siswa. Versi champon yang pertama ini dibuat dari kombinasi daging babi dan rebung, kemudian muncul berbagai variasi dengan menambahkan tiram, udang hingga cumi ke dalamnya.

11. Okinawa Soba

Okinawa Soba
theflyingsoba.com

Sup khas Jepang yang terakhir adalah Okinawa Soba. Sesuai dengan namanya, sajian ini berasal dari Prefektur Okinawa, namun bisa kamu temukan di seluruh Jepang.

Meskipun namanya soba, namun soba sendiri cukup jarang digunakan di Okinawa dan mie yang digunakan dalam sup ini terbuat dari tepung terigu yang mulat dan panjang serta lebih tebal. Sup ini dipadukan dengan daging babi yang diolah dengan kecap kemudian diatasnya diberi fishcake, pasta ikan, irisan daun bawang dan jahe acar.

Demikianlah daftar sup khas Jepang yang wajib untuk kamu coba saat berlibur ke Negeri Sakura tersebut. Kebanyakan sup di Jepang memang memiliki cita rasa yang gurih dan disajikan hangat saat musim dingin. Sup mana yang paling ingin kamu coba?



Leave a Reply