12 Makanan Khas Swedia yang Lezat dan Popular!


Jehan  January 23, 2023  0 Comment

Makanan khas Swedia – Negara yang terletak di Semenanjung Skandinavia, Eropa Utara ini adalah salah satu destinasi yang banyak dipilih oleh turis untuk berwisata. Namun selain destinasinya, Swedia juga menjadi tempat yang baik untuk berkulineran loh.

Apa kamu tertarik untuk mencoba makanan khas Swedia? Yuk, simak beberapa varian makanan dari Swedia yang cukup terkenal di bawah ini.  

Makanan khas Swedia:

1. Kotbullar

kotbullar
flickr.com

Kotbullar adalah makanan khas Swedia yang sangat popular dan seringkali menjadi rekomendasi untuk dicicipi oleh para wisatawan. Makanan ini adalah sejenis bakso dengan warna coklat dan memiliki tekstur sedikit renyah dan lembut.

Resep dari Kotbullar dipercaya telah ada sejak tahun 1754/. Kotbullar atau bakso khas Swedia ini disajikan tidak dengan kuah, melainkan dengan saus khas Swedia. Saus bernama lingonberry tersebut terbuat dari beri merah yang memiliki rasa asam.

Selain saus lingonberry, bakso Kotbullar juga dilengkapi dengan salad mentimun atau kol merah, kentang tumbuk yang creamy. Pelengkap dari sajian Kotbullar tersebut tentu membuat bakso yang menjadi makanan khas Swedia ini sangat enak dan lezat.

2. Prinskorv

prinskrov
flickr.com

Jika kamu sedang berlibur ke salah satu sudut di Eropa ini, cobalah untuk mencicipi sosis khas mereka. Prinskrov terbuat dari daging babi dan daging sapi muda yang diolah dan dibumbui.  

Prinskrov dapat menjadi salah satu hidangan yang sangat menarik untuk kamu coba. Meskipun hanya sebuah sosis, namun Prinskrov yang sederhana ini memiliki aroma dan rasa yang cukup khas.

Prinskrov sangat cocok dinikmati dengan mustard. Namun bagi masyarakat lokal Prinskrov adalah salah satu sajian yang sering menjadi menu di pesta pertengahan musim panas. Biasanya disajikan bersama Janssons frestelse atau casserole Swedia.

Baca juga :  7 Rekomendasi Tongseng Paling Enak di Jogja Favorit Warga Lokal

3. Korv Stroganoff

korv stroganoff makanan khas swedia
flickr.com

Makanan khas Swedia yang dapat kamu nikmati selanjutnya adalah Korv Stroganoff. Hidangan ini adalah salah satu menu popular yang juga dikenal dengan sebutan beef stroganoff.

Menu dari Korv Stroganoff menyajikan sosis yang diolah dengan cara dimasak menggunakan campuran bawang bombay, tomat cincang, dan creme fraiche atau krim asam. Masakan lokal ini menjadi salah satu menu favorit yang disukai anak-anak. Namun orang dewasa pun masih sangat dan bisa menikmati kelezatan dari Korv Stroganoff.

4. Raggmunk

raggmunk
flickr.com

Menu yang menjadi salah satu makanan khas Swedia ini merupakan hidangan dengan bahan dasar kentang. Raggmunk adalah panekuk klasik Swedia yang terbuat dari kentang, susu, tepung, telor, dan mentega.

Raggmunk menjadi salah satu hidangan yang dapat dinikmati dengan berbagai macam hidangan sampingan seperti daging iris, bacon, selai lingoberry. Tak hanya itu saja panekuk kentang dari Swedia ini juga dikenal sebagai hidangan yang sering dinikmati saat musim dingin atau saat perayaan Natal berlangsung.

5. Kaldolmar

kaldolmar
flickr.com

Kaldolmar adalah menu gulungan kol yang diberi isi dan menjadi makanan khas Swedia. Makanan ini menjadi salah satu menu tradisional yang dapat kamu nikmati saat di sana. Kaldolmar adalah satu jenis hidangan favorit yang sangat dinikmati oleh masyarakat lokal.

Di dalam gulungan kubis akan diisi dengan daging cincang yang dicampur dengan bawang bombay, telor dan bumbu khas mereka. Setelah kubis terisi, langkah selanjutnya adalah memasak Kaldolmar dengan cara memanggangnya hingga berwarna sedikit cokelat.

Setelah matang sempurna, Kaldomar akan disajikan dengan saus yang terbuat dari krim, tepung, dan dibumbui dengan racikan khas dapur Swedia. Tak hanya itu saja, Kaldolmar juga disajikan dengan kentang rebus atau kentang tumbuk yang sering juga ditambah dengan saus lingonberry.

Baca juga :  7 Dim Sum Enak di BSD, Gurih Dan Lembut di Lidah

6. Kalops

kalops
koket.se

Masyarakat lokal Swedia mengenal hidangan ini sebagai sup daging sapi. Kalops adalah sajian yang terkenal sebagai menu dengan rasa yang sangat kaya.

Makanan khas ini dimasak dengan cara direbus dengan perlahan dan memakan waktu yang cukup lama untuk mengeluarkan aroma dari bahan-bahan yang digunakan saat memasaknya. Kalops menjadi salah satu menu yang banyak menggunakan berbagai macam rempah, seperti lada utuh dan daun salam.

Tak hanya berisi daging yang dimasak dengan berbagai macam bumbu, melainkan Kalops juga berisi potongan sayur seperti kentang atau wortel. Kalops menjadi menu yang sering dinikmati saat musim dingin tiba.

7. Wallenbergare

wallenbergare makanan khas swedia
koket.se

Wallenbergare adalah salah satu patty khas Swedia. Hidangan yang satu ini merupakan makanan klasik yang dibuat dari daging giling dan dicampur dengan kuning telor dan campuran krim, lalu digulung dengan remah roti.

Makanan khas Swedia ini biasa disajikan dengan irisan sayur rebus, seperti kentang, wortel atau buncis. Melihat dari tampilannya, Wallenbergare tampak seperti hidangan steak yang sederhana dari Swedia.

8. Tunnbrod

tunnbord makanan khas swedia
flickr.com

Apa kamu melihat sebuah roti yang sangat tipis? Ya, Tunnbrod adalah roti pipih khas Swedia yang harus kamu coba. Turnbrod adalah salah satu makanan tradisional dari Swedia yang sangat sederhana.

Baca Juga:

Bakso So’un & Mie Ayam Mojopahit, Hadirkan Warung Bakso Dengan Vibes Jogja

Roti ini adalah jenis sajian yang dapat disimpan dalam jangka waktu panjang. Saat ini, Tunnbrod telah banyak dikembangkan dan dibuat dengan berbagai macam bahan dasar, seperti gandum, jelai, gandum hitam atau campuran biji-bijian.

Tunnbrod memiliki tekstur yang cukup lenak. Selain enak untuk dimakan secara langsung, Tunnbrod juga seringkali digunakan sebagai roti yang berfungsi sebagai pembungkus makanan yang renyah.

9. Hasselbackspotatis

hasselbacspotatis makanan khas swedia
flickr.com

Hasselbacspotatis adalah sajian kentang panggang khas Swedia. Makanan yang cukup popular ini memiliki tampilan yang cukup unik, bukan? Kentang yang disajikan sebelumnya akan dipotong dengan sangat tipis.

Baca juga :  9 Wisata Kuliner Bandung Paling Rekomended

Saat disuguhkan Haseelbackspotatis disajikan dengan berbagai macam makanan pendamping, seperti keju, krim asam, irisan daging panggang atau sosis panggang. Makanan ini menjadi salah satu sajian yang sangat lezat dan menarik untuk dicoba.

10. Toast Skagen

toast skagen makanan swedia
flickr.com

Toast Skagen adalah sajian roti lapis Swedia yang menggoda. Makanan khas Swedia ini adalah sajian klasik yang dibuat dengan cara elegan. Roti akan dipanggang hingga kering dan berwarna cokelat keemasan.

Baca Juga :

Menyusuri Wisata Kampung Pecinan, Destinasi Wisata Heritage Surabaya

Selanjutnya, roti panggang tersebut akan ditambahkan mayones, mustard dijon, telor ikan, daging udang cincang, dan mentega di atasnya. Saat menyajikan Toast Skagen, biasanya akan dihiasi dengan irisan lemon agar membuat tampilan dari roti tersebut semakin cantik.

11. Semla

semla kuliner khas swedia
flickr.com

Semla adalah sajian roti krim yang sangat terkenal di Swedia. Hidangan yang satu ini menjadi salah satu menu yang sering disajikan sebagai makanan penutup. Jika kamu berkunjung ke Swedia cobalah kue popular ini.Semla terbuat dari roti gandum yang dibumbui dengan kapulaga yang diiris menjadi dua bagian.

Baca Juga :

10 Negara Tujuan Ekowisata Paling Populer di Dunia

Di antara irisan roti tersebut, diisi dengan pasta almond dan dipenuhi dengan krim kocok rasa vanilla. Kue yang satu ini seringkali disuguhkan saat hari Natal sepanjang Prapaskah. Jika ingin mencicipi makanan khas Swedia ini, cobalah untuk datang ke toko roti yang ada di sana.

12. Kanelbulle

kanelbulle kuliner khas swedia
flickr.com

Apa kamu pernah mendengar kue Cinnamon Roll? Kanelbulle adalah sebutan lain untuk kue yang satu ini. Kue yang sangat terkenal ini menjadi salah satu makanan khas Swedia yang seringkali diburu para turis.

Kanelbulle memiliki rasa manis dan aroma kayu manis yang cukup kuat. Biasanya Kanelbulle menjadi kue yang disajikan saat sarapan. Kanelbulle juga seringkali dinikmati dengan secangkir kopi.



Leave a Reply