11 Permen Jadul di Indonesia yang Masih Digemari Hingga Saat Ini


Reni  October 20, 2022  0 Comment

Dunia anak-anak kecil memang penuh dengan kenangan yang indah dan menyenangkan, yang sulit untuk dilupakan. Salah satunya adalah 10 permen jadul di Indonesia yang masih digemari hingga saat ini. Jajanan zaman dulu memang memang selalu menarik dan tidak membosankan.

Meski waktu telah berlalu, tapi jajanan zaman dulu masih saja terngiang di dalam pikiran. Yuk nostalgia dengan 11 permen jadul di Indonesia yang masih digemari hingga saat ini.

Masa anak-anak adalah masa yang paling indah karena dipenuhi dengan berbagai macam hal yang menyenangkan termasuk waktu dimana kita masih bisa tertawa dan menangis tanpa beban yang berarti.

Di era 90-an, jajanan yang tersedia dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni sekitar Rp. 500, kamu sudah bisa mendapatkan beraneka macam permen atau jajanan lain. Hampir semua permen dan jajanan era 90-an masih banyak digemari karena rasanya yang enak dengan kemasan yang menarik.

Walaupun sudah berlalu sangat lama, tapi kamu masih bisa menemukan  10 permen jadul di Indonesia yang masih digemari hingga saat ini, antara lain:

1. Hot Hot Pop

hot hot pop
blibli.com

Permen kaki yang berwarna merah ini dulu sangat mudah untuk ditemukan di kantin-kantin sekolah. Rasanya yang segar dan manis memang bisa membuat anak-anak ketagihan. Serunya lagi, lidah kamu akan berwarna merah setelah memakan permen ini.

Gotravelly

Berwisata Di Kampung Coklat

Nyobain Segernya Es Permen Karet Suroboyo Viral Di Jombang

2. Big Babol

big babol
tokopedia.com

Dulu, permen karet yang satu ini tergolong keren di kalangan anak-anak kecil karena memang harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan permen karet merek lainnya. Hal itu wajar mengingat tekstur permennya yang lebih tebal. Selain itu, rasa manis dari buah strawberry yang ada pada permen ini juga tergolong lama hilangnya. 

3. Mega Choco Eyeglasses

mega choco eyeglasses
tokopedia.com

Permen coklat dengan bentuk seperti kacamata ini juga tidak kalah populer. Bentuknya yang bulat pipih dengan kemasan seperti obat membuat banyak anak-anak yang pura-pura memakannya seperti memakan obat. Kira-kira kamu juga begitu juga tidak?

4. Permen Milkita

permen milkita
tokopedia.com

Permen susu ini dulu juga pernah populer dan memiliki beberapa pilihan rasa, mulai dari coklat, strawberry, dan juga melon. Dengan tagline yaitu “3 permen milkita setara dengan segelas susu”, banyak anak-anak yang mencampurkan permen ini ke segelas air dan berharap permen tersebut berubah menjadi susu. 

Tidak hanya dulu saja, permen milkita ini juga masih eksis sampai sekarang. Tak hanya anak-anak saja yang suka dengan permen ini, orang dewasa juga tidak sedikit yang bernostalgia dengan membeli permen ini.

5. Sugus

sugus
shopee.co.id

Permen empuk yang paling populer sebelum era permen Yupi adalah permen Sugus. Adapun yang menjadi ciri khas dari permen ini adalah bungkusnya yang berbentuk lembaran plastik warna-warni yang menggulung permennya. Kemudian masing-masing dari ujungnya dipelintir seperti sebuah ikatan.

Cara membuka permen ini cukup diputar ujung plastinya, karena memang tidak ada tali yang menjadi perekatnya. Produk permen yang satu mempunyai rasa manis yang beraroma buah-buahan. Ada pula permen sugus berbentuk stick dengan bungkus memanjang. Tekstur dan juga rasanya masih sama, hanya bentuknya saja yang berbeda.

6. Jagoan Neon

jagoan neon
tokopedia.com

Produk permen yang satu ini identik dengan warna biru, baik itu pembungkusnya ataupun isinya. Permen ini berbentuk lolipop dan biasanya bila diemut akan membuat lidah ikut berwarna biru seperti warna permennya. 

7. Milton Pastilles

milton pastilles
tokopedia.com

Salah satu permen rasa mint yang cukup populer pada zaman dulu adalah Milton Pastilles. Permen ini berbentuk segitiga dan mempunyai tekstur yang aman untuk dikunyah. Kemasannya sendiri biasanya berbahan seng atau kaleng dengan tutup yang bisa dibuka atau tutup dan ada juga yang dijual dengan kemasan sachetan.

8. Nano Nano

nano nano
k24klik.com

Produk permen yang satu ini paling gencar iklannya sejauh ini. Bahkan hingga saat ini juga masih ada. Selain mempunyai rasa buah yang menyegarkan, permen yang satu ini juga mengkombinasikan 3 rasa, yakni manis, asam, dan asin. 

9. Pindy Mint

pindy mint
shopee.co.id

Produk permen jadul yang memiliki jargon “Pindy Mint, dingin-dingin empuk” ini mempunyai rasa mint yang menyegarkan seperti namanya. Selain itu, teksturnya juga empuk dan mudah dikunyah. Satu pack permen Mint ini berisi 50 permen dengan pembungkus yang identik dengan warna hijau dan biru. Ada juga produk permen ini yang rasa susu, namanya adalah pindy susu. 

10. Yosan

Permen Jadul di Indonesia
tokopedia.com

Masih ingat dengan permen karet Yosan ini? Produk permen yang satu ini pernah berjaya pada tahun 90-an hingga 2000-an. Permen yang memiliki tekstur lentur ini biasanya bisa ditiup dan melembung di mulut.

Adapun hal yang paling diingat mengenai produk permen ini adalah ketika mengumpulkan huruf Y-O-S-A-N yang ada di dalam bungkusnya. Ketika huruf yang dikumpulkan sudah lengkap, maka bisa ditukarkan dengan hadiah.

Namun, sayangnya huruf N pada kemasan Yosan sangat sulit untuk ditemukan. Jadi, banyak anak-anak yang menantikan huruf N agar koleksi huruf Yosan mereka lengkap.

11. Gulali

gulali
liputan6.com

Gulali adalah salah satu jenis permen yang cukup legendaris yang keberadaannya mulai sulit untuk ditemukan. Bahan dasarnya sendiri terbuat dari gula yang diolah menjadi beberapa bentuk, seperti hewan, bunga, dan lainnya.

Selain rasanya yang manis dan enak, bentuk dan proses pembuatannya menjadikan gulali ini menarik untuk anak-anak. Biasanya anak-anak akan lebih cenderung suka dengan hal-hal yang dianggap unik.

Dari 10 permen jadul di Indonesia yang masih digemari hingga saat ini, manakah yang menurut kamu paling berkesan?

Berbagai macam produk jajanan yang sempat populer di kalangan anak-anak yang besar pada tahun 90-an memang meninggalkan banyak kenangan. Tak heran bila jajanan tersebut masih ramai dicari karena mereka ingin bernostalgia dengan rasa-rasa yang pernah dicoba pada saat masih kecil.

Mungkin dari sekian banyak brand, ada beberapa yang masih diproduksi sampai saat ini. Misalnya saja daftar permen jadul yang sudah disebutkan di atas. Semua permen tersebut masih bisa ditemukan dipasaran, bahkan supermarket.

Permen sendiri memang menjadi primadona yang sangat disukai oleh anak-anak, baik pada zaman dulu atau saat ini. Rasa manis dan warna kemasan yang menarik seringkali menjadi daya tarik tersendiri dari produk jajanan tersebut.

Demikian penjelasan mengenai  10 permen jadul di Indonesia yang masih digemari hingga saat ini.

Bukan hanya rasa manis atau enaknya dari permen yang dulu sempat populer, tapi juga kenangannya yang bisa membawa kita untuk bernostalgia masa anak-anak. Dengan memakan salah satu dari permen jadul tersebut, rasanya kita dibawa kembali ke masa-masa yang sangat menyenangkan dan penuh kenangan.

Dari beberapa permen jadul di Indonesia yang sudah disebutkan di atas, manakah yang paling kamu suka?



Leave a Reply