10 Makanan Khas Pati Rasanya Menggetarkan Hati


sisil angelin  June 3, 2021  0 Comments

Makanan Khas Pati adalah Kabupaten yang berada di Jawa Tengah, dan Pati ini memiliki banyak sekali destinasi wisata yang indah. Selain wisata Kabupaten Pati juga memiliki beraneka kuliner yang unik, lezat, dan pastinya wajib banget kalian cicipi saat berada di Kabupaten Pati. Nah untuk kamu yang lagi bingung cari makanan khas Pati langsung aja yuk simak artikel dibawah ini, karena kali ini GoTravelly bakal kasih tau kalian makanan khas Kabupaten Pati yang wajib banget kalian coba saat berada di Kabupaten Pati.Berikut daftar Makanan Khas Pati yang bisa kamu coba

1. Nasi Gandul

Nasi Gandul
kumparan.com

Kuliner khas Pati yang akan kita bahas pertama ini memang sangat populer di Kabupaten Pati, dan menjadi kuliner khas Pati yang wajib banget kalian cicipi. Jadi Nasi Gandul ini terdiri dari nasi putih, daging sapi, jeroan, lidah sapi, telur, bawang goreng, tempe, dan guyuran kuah yang santan yang memiliki rasa manis serta gurih. Sekilas rasa dari Nasi Gandul memang sering disebut manis, dan gurihnya mirip dengan gudeg. Namun memang Nasi Gandul ini cendrung kerasa gurih, dan tekstur dari daging sapi yang ada di Nasi Gandul ini juga lembut. Ohya bagi kalian yang tidak suka jeroan atau lidah bisa meminta sama penjual agar diberi lauk daging sapi saja. Jadi bisa sesuaikan sama lidah kalian ya guys!

Review kuliner

Nostalgia Kuliner Tradisional Jawa Yang Lezat Di Sar Londho, Milenial Wajib Coba!

Sop Ayam Khas Klaten : Gurih Segarnya Kebawa Terus

2. Kelo Mrico

Kelo Mrico
cookpad.com

Kelo Mrico ini adalah sup asam yang sangat disukai warga Pati, dan Kelo Mrico saking populernya Kelo Mrico ini bisa kalian temukan diberbagai titik kawasan yang ada di Pati. Jadi rasa asam dari Kelo Mrico terdiri dari tomat segar, dan ikan yang digunakan untuk memasak Kelo Mrico adalah ikan patin. Jadi untuk rasa Kelo Mrico ini ada asam, manis, dan pedas. dengan menambahkan potongan tomat pada sajian Kelo Mrico ialah untuk menghilangkan aroma amis, dan lendir dari ikan patin guys! Nah Kelo Mrico ini sangat lezat dimakan bersama nasi hangat.

Baca juga :  9 Spot Kuliner Enak dan Legendaris di Kota Tua Jakarta

3. Jangan Tewel

 Jangan Tewel
ikajuliesyani.blogspot.com

Jika kalian tinggal di Pulau Jawa memang sudah tidak asing dengan namanya Jangan Tewel. Jadi untuk kamu yang belum pernah mencoba Jangan Tewel wajib simak artikel ini. Jadi Jangan Tewel terdiri dari nangka muda yang dimasak dengan bumbu, santan, dan akan direbus. Setelah matang Jangan Tewel akan disantap didengan nasi hangat, dan lauk. Lauk yang bisa kalian pilih saat beli Jangan Tewel adalah lauk telur dadar, keripik udang, ayam, ampela ati, dan masih banyak lagi lauk yang bisa menemani sajian Jangan Tewel. Hidangan ini memang bikin nagih manis, asin, gurih, dan lembutnya tekstur Jangan Tewel memang bikin siapa aja ketagihan.

4. Petis Kambing Runting

Petis Kambing Runting
jateng.tribunnews.com

Petis Kambing Runting ini adalah kuliner khas Pati yang wajib kalian cicipi saat berada di Kabupaten Pati. Jadi Petis Kambing Runting ini tediri dari sumsum tulang kambing (balungan), jeroan, iga kambing, dan semua itu akan dimasak sehingga memiliki kuah yang hitam. Namun untuk kalian yang bingung Petis Kambing Runting ini dimasak dengan petis kah? sebenarnya Petis Kambing Runting tidak dimasak dengan petis, tetapi diberi nama petis karena kuahnya yang gelap, dan nama Ruting sendiri diambil dari Desa Ruting yang berada di Bagian utara Kabupaten Pati. Petis Kambing Runting ini hanya bisa kalian temukan di Desa Runting. Nah gimana tertarik mencoba Petis Kambing Runting?

5. Swike Kerang

Swike Kerang
cookpad.com

Jika kalian mendengar Swike pasti langsung berpikir jika makanan ini berbahan dasar katak, namun jika berada di Pati Swikenya menggunakan Kerang Dara. Jadi Swike Kerang ini akan dibumbui khas, dan akan direbus sehingga mengeluarkan aroma yang sedap! Untuk menemukan Swike Kerang kalian bisa mampir ke penjual seafood yang ada di Kabupaten Pati, dan harga dari Swike Kerang masih ramah dikantong . Swike Kerang sangat lezat disajikan bersama dengan nasi hangat. Jadi bagi kamu pencinta seafood jangan lewatkan mencicipi Swike Kerang di Pati.

Baca juga :  10 Negara ini Memiliki Makanan tradisional Paling Sehat Sedunia

6. Sarang Madu

 Sarang Madu
patinews.com

Sarang Madu ini adalah camilan khas Pati yang sangat populer, dan tentunya wajib kalian coba saat berada di Pati. Sarang Madu ini terdiri dari tepung beras yang diolah dengan beras ketan, dan adonan yang sudah jadi itu akan digoreng. Setelah matang adonan itu akan diberi larutan gula jawa sehingga sekilas mirip dengan Sarang Madu. Karena bentuk, dan gula cairlah membuat camilan ini diberi nama Sarang Madu. Nah untuk rasa memang tidak perlu diragukan lagi Sarang Madu sangat crunchy, manis, dan bikin nagih. ini juga bisa kalian beli untuk oleh-oleh, dan harga dari Sarang Madu ini sangat ramah dikantong loh, jadi nunggu apalagi yuk borong Sarang Madu.

7. Opor Saudah

Opor Saudah
budaya-indonesia.org/

Opor Saudah ini memang terbilang unik, dan berbeda dari opor ayam lainnya. Jadi Opor Saudah ini memiliki potongan ayam yang besar, dan tidak sama dengan potongan ayam pada umumnya. Selain itu Opor Saudah ini biasanya sama orang Pati dimakan dengan tahu, tempe, atau jangan tewel. Untk rasa Opor Saudah memang manis, gurih, asin, dan bumbu yang ada di Opor Saudah memang sangat nendang! Opor Saudah ini sangat lezat dimaka bersama nasi hangat, dan Opor Saudah juga menu nusantara di Indonesia yang wajib banget kalian coba. Karena memang tidak banyak orang tau dengan rasa dari Opor Saudah. nah dari pada kalian penasaran seenak apa sih rasa dari Opor Saudah, langsung aja yuk cari Opor Saudah di Pati.

8. Soto Kemiri

 Soto Kemiri
cookpad.com

Kuliner khas Pati yang akan kita bahas diurutan kedelapan ini adalah Soto Kemiri. KJadi Soto Kemiri ini terdiri dari kuah kaldu, potongan ayam, cambah, bawang goreng, kemiri, dan memang rasa rempah dari semangkuk Soto Kemiri sangat nendang. Jadi Soto Kemiri ini memang terbilang unik karena cara menyajikan Soto Kemiri ini biasanya menggunakan mangkuk kecil, dan rasanya memang bikin nagih. Apalagi dinikmati bersama nasi hangat Soto Kemiri memang tebaik!

Baca juga :  10 Makanan Khas Purworejo Yang Unik Dan menggugah Selera

9. Jangan Tempe Pedes

 Jangan Tempe Pedes
yummy.co.id

Jangan Tempe Pedes ini cocok banget untuk kamu yang suka dengan kuliner pedas, dan Jangan Tempe Pedes memiliki rasa yang gurih pada campuran santan yang digunakan untuk memasak Jangan Tempe Pedes. Namun kalian jangan terkejut Jangan Tempe Pedes ini menggunakan bahan yaitu tempe busuk, namun jangan khawarir aroma busuk pada tempe ini akan hilang, dan sangat lezat. Karena tempe busuk itu akan dicampur dengan banyak bumbu yang terdiri dari ketumbar, jahe, cabe, merica, kunir, dan santan. Nah penasaran sama rasanya? Langsung aja yuk cari Jangan Tempe Pedes di Pati.

10. Getuk Lupis

Makanan Khas Pati
kaskus.co.id

Kuliner khas Pati yang akan kita bahas terakhir ini termasuk kuliner tradisional. Jadi Getuk Lupis terdiri dari dingkong yang sudah dihaluskan, parutan kelapa, gula merah, dan Getuk Lupis memang sangat nikmat! Camilan tradisional ini bisa kalian temukan dipasar tradisional yang ada di Kabupaten Pati. Getuk Lupis rasanya manis, gurih, dan getuknya memiliki tektur yang legit. Jadi saat kalian bingun cari camilan apa yang cocok Getuk Lupis bisa kalian jadikan pilihan.



Leave a Reply

One Response
  1. Agustina Purwantini says:

    Saya orang Pati. Namun, untuk nomor 9-10 tidak nemuin yang kayak gitu deh. No 10 di Pati sejauh pengalaman saya tanpa dikasih juruh. Yang no 9 gak pakai tempe busuk. Saya tahu tempe busuk yg disebut semangit, malah pas sudah tinggal di Jogja.