11 Makanan Bikin Awet Muda Dan Glowing Paripurna


Fida  September 10, 2021  0 Comment

Pingin tahu Makanan bikin awet muda? Setiap manusia pasti akan mengalami penuaan yang merupakan bagian alami dari kehidupan. Proses penuaan tentu tidak dapat dihindari oleh siapapun. Namun siapa sangka, terdapat beberapa makanan yang dipercaya dapat menghambat proses penuaan lho. Anda dapat mengkonsumsi makanan berikut ini dengan segudang manfaat salah satunya adalah membuat awet muda. Berikut adalah daftar makanan bikin awet muda yang wajib Anda coba

1. Alpukat

 Alpukat
klikdokter.com

Salah satu makanan bikin awet muda yang cukup mudah dijumpai adalah buah alpukat. Makanan yang satu ini dikenal kaya akan lemak sehat, serat, serta berbagai vitamin lainnya.

Buah alpukat juga dikenal mengandung senyawa alkohol lemak polihidroksilasi. Senyawa yang satu ini memiliki manfaat dapat melindungi kulit dari sinar matahari, melawan peradangan, hingga memperbaiki DNA yang rusak.

paket wisata murah

Kaya Serat, Asyiknya Ngunyah Salad Sayur Sehat Dan Segar

Cobain Jajan Pentol Maido, Jajanan Pentol Dengan Porsi Timbangan

2. Tomat

 Tomat
alodokter.com

Selain alpukat, tomat juga menjadi makanan bikin awet muda yang banyak diminati. Selain mudah dijumpai, tomat juga memiliki cita rasa yang unik dan disukai oleh kebanyakan orang.

Tomat memiliki salah satu kandungan yakni likopen yang dikenal kaya akan manfaat. Beberapa manfaat likopen diantaranya mengurangi resiko penyakit jantung, stroke, serta kanker prostat. Tidak hanya itu, likopen juga manfaat melindungi kulit dari sinar matahari yang merusak. Perbanyak konsumsi tomat jika ingin mendapat banyak manfaat, salah satunya adalah awet muda.

3. Buah Delima

Buah Delima
alodokter.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing bahwa buah delima dikenal sebagai salah satu makanan bikin awet muda. Buah yang satu ini dikenal memiliki banyak kandungan nutrisi yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh diantaranya mengurangi peradangan hingga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Beberapa peneliti juga menyarankan bahwa berbagai bagian buah delima memiliki banyak manfaat untuk memperbaiki kulit yang rusak serta meningkatkan kolagen. Bagi Anda yang ingin awet muda, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi buah delima.

4. Sayuran

Sayuran
lifestyle.bisnis.com

Siapa sangka jika beberapa sayuran memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mengurangi proses penuaan. Beberapa sayuran yang tinggi akan karotenoid seperti beta karoten mampu melindungi kulit dari radiasi matahari dan radikal bebas. Radiasi matahari dan radikal bebas tentu dikenal dapat menyebabkan penuaan kulit.

Terdapat beberapa rekomendasi sayuran yang baik untuk dikonsumsi dan mengandung sumber betakaroten yakni wortel, ubi jalar, dan labu. Selain itu, anda juga dapat mengkonsumsi sayuran yang mengandung vitamin C untuk produksi kolagen dan memiliki efek antioksidan. Beberapa sayuran tersebut diantaranya paprika, tomat, brokoli, dan sayuran berdaun hijau.

5. Coklat Hitam atau Kakao

Coklat Hitam atau Kakao
radartanggamus.co.id

Saat ingin mengkonsumsi salah satu makanan bikin awet muda, coklat hitam atau kakao dapat menjadi rekomendasi yang bisa Anda coba. Makanan yang satu ini memiliki kandungan antioksidan yang dikenal lebih kuat dari buah berry. Terdapat banyak sekali manfaat antioksidan bagi tubuh diantaranya mengurangi tekanan darah, meningkatkan sensitifitas insulin, serta meningkatkan fungsi arteri.

Salah satu penelitian, coklat hitam flavanol tinggi lebih baik dikonsumsi dibanding coklat hitam dengan flavanol rendah. Coklat hitam dengan flavonol tinggi dipercaya lebih lama membuat orang bertahan di bawah sinar matahari sebelum kulitnya berubah menjadi merah. Saat ingin mengkonsumsi coklat hitam, pastikan setidaknya memiliki 70% padatan kakao.

6. Ikan Berlemak

Ikan Berlemak
halodoc.com

Ada cukup banyak olahan ikan yang dikenal memiliki cita rasa lezat dan menggugah selera. Namun tahukah Anda, jadi salah satu makanan bikin awet muda yang cocok untuk dikonsumsi. Ikan berlemak dipercaya sebagai makanan anti penuaan.

Salah satu contoh ikan berlemak yang cukup populer adalah salmon. Salmon memiliki komponen tambahan yang dipercaya dapat membuat kulit tampak lebih muda. Yang satu ini juga dikenal mengandung antioksidan karotenoid dengan sebutan astaxanthin. Kandungan ini bertanggung jawab atas warna merah muda salmon. Menurut penelitian, orang dengan kulit rusak akibat sinar matahari mampu mengalami peningkatan selama 12 minggu dalam elastisitas dan hidrasi kulit. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan astaxanthin dan kolagen.

7. Teh Hijau

Teh Hijau
health.detik.com

Selain dikenal cocok dikonsumsi untuk menurunkan berat badan, teh hijau juga dikenal sebagai salah satu minuman yang memiliki manfaat anti penuaan. Teh yang satu ini dikenal kaya akan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas.

Hijau mengandung antioksidan yang disebut dengan polifenol. Polifenol bermanfaat untuk melawan diabetes, resistensi insulin, peradangan, dan jantung. Manfaat dari polifenol lainnya adalah untuk melindungi collagen, protein utama kulit. Hal itu tentu dapat mengurangi beberapa tanda-tanda penuaan. Menurut penelitian wanita yang memiliki kulit rusak akibat sinar matahari dan melakukan perawatan menggunakan teh hijau mengalami peningkatan elastisitas kulit.

8. Biji Rami

 Biji Rami
lifestyle.kompas.com

Salah satu makanan bikin awet muda yang dapat dikonsumsi adalah biji rami. Biji bijian yang satu ini dikenal mengandung lignan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh diantaranya menurunkan kolesterol hingga menurunkan resiko kanker payudara dan prostat.

Biji rami juga dikenal sebagai sumber asam lemak omega 3 yang disebut ALA. Ada banyak manfaat yang diperoleh dari asam lemak tersebut diantaranya melindungi kulit dari radiasi matahari mengurangi kerusakan kulit. Menurut penelitian, wanita yang mengkonsumsi biji rami atau minyak rami mengalami peningkatan hidrasi kulit dan lebih halus dalam 12 minggu.

9. Rempah-rempah

 Rempah-rempah
merdeka.com

Sudah tidak asing lagi bahwa rempah-rempah dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Anda dapat mengkonsumsinya sebagai makanan bikin awet muda.

Kayu manis dikenal sebagai salah satu rempah yang dapat meningkatkan produksi kolagen. Hal tersebut tentu membuat kulit lebih kencang dan meningkatkan elastisitas. Kayu manis juga dikenal dapat mengurangi kerusakan kulit. Selain kayu manis, rempah lain yang memiliki manfaat anti penuaan adalah cabai dan jahe.

10. Kaldu Tulang

Makanan bikin awet muda
m.mediaindonesia.com

Siapa sangka jika kaldu tulang dipercaya sebagai salah satu makanan bikin awet muda. Kaldu tulang dibuat dengan memasak tulang dari ikan, daging, atau unggas, dengan waktu yang lama. Proses memasak yang lama menjadikan beberapa komponen bermanfaat akan lepas dari bahan yang digunakan.

Salah satu komponen yang sangat bermanfaat adalah kolagen. Kolagen yang ada pada kaldu tulang dipercaya mampu mengurangi tanda-tanda penuaan. Kolagen akan terurai menjadi gelatin yang kaya akan asam amino. Asam amino dapat diserap oleh tubuh manusia dan membentuk kolagen baru di kulit.

11. Minyak Zaitun

minyak zaitu Bikin Awet Muda
alodokter.com

Berbicara tentang makanan bikin awet muda, minyak zaitun juga menjadi salah satu yang cukup populer dan bisa Anda coba. Minyak zaitun extra virgin menjadi salah satu sumber lemak tersehat di dunia.

Terdapat banyak manfaat yang diperoleh dari minyak zaitun bagi tubuh diantaranya menurunkan tekanan darah, mengurangi resiko penyakit jantung, hingga membantu kulit terlihat lebih muda. Minyak zaitun memiliki efek anti inflamasi yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.



Leave a Reply