11 Film Hollywood Shooting di Indonesia


prita  October 1, 2022  0 Comment

Sejumlah film Hollywood pernah shooting di Indonesia, hal ini tentunya membuat banyak sekali wisatawan mancanegara semakin tertarik untuk menyusuri keindahan alamnya. Keindahan alam Indonesia memang tak perlu diragukan lagi ya. Hal ini pastinya membuat banyak sekali film maker dari Hollywood yang tertarik untuk memilih Indonesia sebagai latar pengambilan gambar. Bahkan, deretak film tersebut juga diramaikan oleh para bintang ternama Hollywood yang kadang berhasil memenangkan berbagai penghargaan bergengsi.

Tak sedikit beberapa film Hollywood yang memilih Indonesia sebagai lokasi syutingnya pun turut melibatkan aktor Tanah Air sebagai salah satu pemerannya. Nah, untuk kamu movie lovers, berikut ini adalah daftar film Hollywood yang lokasi syutingnya di Indonesia.

1. Eat, Pray, Love

 Eat, Pray, Love
republika.co.id

Film Hollywood yang shooting di Indonesia pertama adalah Eat, Pray, Love. Film ini menceritakan kisah seorang wanita bernama Liz Gilbert yang berlibur ke Roma, India dan Bali setelah bercerai dari suaminya.

Proses pengambilan gambar untuk film ini dilakukan di Pulau Bali dan saat itu sampai membuat masyarakat Indonesia heboh. Bagaimana tidak, film bertema romansa yang diangkat dari buku karya Elizabeth Gilbert ini dibintangi oleh seorang aktrik Hollywood yang cukup terkenal, yaitu Julia Roberts. Selain itu, film ini juga turut menghadirkan aktris senior Indonesia, yaitu Christine Hakim.

Gotravelly

Pantai Kuta, Destinasi Pantai Legendaris Yang Populer Di Bali

La Chill Bar : Bar Dan Tempat Berburu Sunset Terbaik Di Lombok

2. Anacondas: The Hunt of Blood Orchid

Anaconda: The Hunt of Blood Orchid
rogerebert.com

Kamu yang suka menonton film dengan tema thriller yang melibatkan hewan buas, pasti sudah tidak asing lagi dengan film yang satu ini. Yap, Anaconda: The Hunt of Blood Orchid ini juga menjadi salah satu film Hollywood yang shooting di Indonesia.

Berbeda dengan film pertamanya yang mengambil Hutan Amazon sebagai latarnya, sekuel lanjutannya ini mengambil latar hutan Kalimantan, Indonesia. Film ini berkisah tentang ancaman ular terbesar di dunia yang dialami oleh sekelompok ahli yang mencari bunga untuk memperpanjang hidup manusia yang diyakini berada di wilayah Kalimantan. Saat menonton film ini, kamu akan melihat salah satu pemain utamanya berbicara Bahasa Indonesia.

3. King Kong

King Kong
republika.co.id

Film Hollywood shooting di Indonesia berikutnya adalah King Kong. Film yang merupakan remake dari film Hollywood dengan judul sama ini mengambil Pulau Mursala di Sumatera Utara sebagai lokasi pengambilan gambarnya yang diubah namanya menjadi Skull Island.

Pulau ini diceritakan sebagai tempat pertama kali Kong, sang raja gorila raksasa legendaris ditemukan. Film garapan Peter Jackson ini meraih tiga penghargaan sekaligus di Oscar 2006, salah satunya adalah kategori Efek Visual Terbaik.

4. Java Heat

Java Heat
deadline.com

Java Heat merupakan salah satu film hasil kerjasama antara Hollywood dengan Indonesia dengan total biaya produksi hingga USD 15 Juta. Film yang rilis di tahun 2013 ini diperankan oleh sejumlah aktor papan atas Indonesia, seperti Tyo Pakusadewo, Rio Dewanto, Ario Bayu hingga Atiqah Hasiholan. Tak hanya itu, film ini juga dibintangi oleh salah satu aktor Hollywood ternama, yaitu Kellan Lutz yang pernah membintangi film Twilight Saga.

Java Heat memilih Tanah Jawa sebagai lokasi pengambilan gambarnya, tepatnya di Yogyakarta. Film ini mengusung cerita aksi terorisme di Keraton Yogya hingga menewaskan Putri Sultana. Meskipun Java Heat menuai banyak kritikan, namun keindahan Yogyakarta dan Candi Borobudur sangat terlihat jelas.

5. The Fall

The Fall
kincir.com

Film Hollywood yang shooting di Indonesia selanjutnya adalah The Fall. The Fall merupakan salah satu film Hollywood yang proses syutingnya memakan waktu cukup lama, yaitu empat tahun. Hal tersebut karena pengambilan gambar film ini dilakukan di 20 negara, termasuk Indonesia.

Menariknya, salah satu adegan dalam film ini yang berlatar di Indonesia juga turut menampilkan budaya dari Bali, yaitu Tari Kecak. Film The Fall ini bertema cinta dan aksi balas dendam yang dibintangi oleh Lee Pace yang sekarang dikenal sebagai Ronan the Accuser di film Guardian of the Galaxy.

6. After the Dark

Film Hollywood Shooting di Indonesia
en.tempo.co

Kalau kamu adalah pecinta film dengan genre psychological-thriller, maka kamu pasti sudah tidak asing dengan film After the Dark. Film yang dibintangi oleh James D’Arcy dan Bonnie Wright yang sebelumnya berperan sebagai Ginny Weasley di waralaba Harry Potter ini merupakan salah satu film Hollywood yang shooting di Indonesia.

Lokasi pengambilan gambar film After the Dark ini ada di beberapa tempat indah di Indonesia, yaitu Gunung Bromo, Candi Prfambanan, Pulau Belitung hingga Jakarta. Tak hanya itu sang sutradara, John  Huddles, juga menggaet aktris lokal, Cinta Laura juga turut berperan dalam film ini.

7. Savages

Savages
nytimes.com

Film Hollywood yang shooting di Indonesia selanjutnya adalah Savages. Tak kalah dari Eat, Pray, Love, film ini juga dibintangi oleh sejumlah aktor ternama Hollywood. Mulai dari Blake Lively, Salma Hayek, John Travolta hingga Aaron Taylor-Johnson yang berperan sebagai Quicksilver di Marvel Cinematic Universe. Deretan aktor terkenal tersebut menjalani proses syuting selama beberapa hari di Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat untuk produksi film dengan genre crime-thriller tersebut.

8. Dead Mine

Dead Mine
blu-ray.com

Pernahkah kamu menonton film Dead Mine? Film ini juga menjadi salah satu film Hollywood yang shooting di Indonesia karena film ini lokasi Syutingnya berada di Pulau Sumatera, Indonesia ini berkisah tentang sekelompok tentara bayaran yang disewa untuk mencari harta karun Yamashita.

Pencarian harta karun tersebut kemudian berubah menjadi perburuan hidup dan mati. Saat melakukan pencarian, mereka mendapat serangan dari bajak laut dan mereka terperangkap dalam sebuah tambang yang dijadikan bunker militer oleh tentara Jepang pada Perang Dunia II.

9. Blackhat

Blackhat
wired.com

Film Hollywood yang shooting di Indonesia selanjutnya adalah Blackhat. Film yang rilis di tahun 2015 ini dibintangi oleh Chris Hemsworth, yang mana adalah sosok aktor pemeran Thor di Marvel Cinematic Universe.

Kota Jakarta dipilih sebagai salah satu tempat pengambilan gambar film yang berkisah tentang pengungkapan jaringan hacker yang bermukim di Indonesia, menariknya lagi nih, dalam salah satu adegannya, kamu bisa mendengar dialog berbahasa Indonesia, lho.

10. Beyond Skyline

Beyond Skyline
tabloidbintang.com

Beyond Skyline juga menjadi salah satu film Hollywood shooting di Indonesia yang wajib untuk kamu tonton. Film bergenre science-fiction ini dibintangi oleh Frank Grillo yang beradu akting bersama dua aktor papan atas Indonesia, yaitu Yayan Ruhian dan Iko Uwais.

Film ini melakukan pengambilan gambar di beberapa tempat di Indonesia, seperti Batam dan Yogyakarta, tepatnya di Candi Prambanan yang dijadikan sebagai tempat pertarungan terakhir dilmnya.

11. Alex Cross

 Alex Cross
suara.com

Film Hollywood shooting di Indonesia yang terakhir adalah Alex Cross. Film garapan Rob Cohen ini melakukan proses pengambilan gambar di Bali. Film ini berkisah tentang seorang detektif bernama Alex Cross yang melakukan penyelidikan atas kasus pembunuhan terhadap seorang wanita yang dilakukan oleh pengawalnya.



Leave a Reply