Movie Lover, Nih 10 Museum Film Paling Menarik di Dunia


prita  January 9, 2021  0 Comment

Museum bukan hanya berfungsi sebagai wisata sejarah yang menyimpan lukisan atau benda-benda kuno. Kamu yang pecinta film bisa menemukan museum film yang menyimpan sejarah film dan efek dari film tersebut dalam kehidupan. Tak hanya itu, museum-museum sinema tersebut juga memiliki sejumlah kolaksi set film hingga kostum yang digunakan saat pertama kali pembuatan film. Nah, buat kamu yang suka nonton film, berikut ini sangat referensi menarik untuk dikunjungi

1. Museum Hollywood, Amerika Serikat

museum hollywood
thehollywoodmuseum.com

Rasanya kamu harus dating langsung ke Hollywood, Amerika Serikat. Hollywood memang dianggap sebagai kiblat perfilman dunia, maka tak heran jika disini kamu bisa menemukan museum bernama Museum Hollywood.

Museum Hollywood ini berlokasi di Max Factor Building 1660 Highland Avenue. Museum ini menyimpan banyak sekali koleksi memorabilia sinema Amerika sehingga menjadikannya sebagai tempat yang sempurna untuk mengetahui sejarah Hollywood. Disini kamu pun bisa melihat berbagai set film, kostum, barang-barang pribadi hingga mobil yang dipajang di empat lantai.

Review tempat wisata

Sehari Menjelajah Guangzhou, Aku Terinspirasi Akan Keberhasilan Pembangunannya

Wisata Kota Mungil, Wisata Baru Dari Ngancar, Kediri

2. Museum Media Nasional, Inggris

Museum Film di Dunia
en.wikipedia.org

Museum Media Nasional atau National Science and Media Museum. Museum yang berada di Bradford, Inggris ini sebelumnya dikenal sebagai Museum Nasional Fotografi, Film dan Televisi sebelum akhirny menjadi bagian dari kelompok Museum Sains Nasional.

Kota Bradford memang telah dinobatkan sebagai kota film pertama oleh UNESCO, maka tak heran jika kamu akan menemukan museum ini di Inggris. Museum ini didirikan pada tahun 1983 yang saat ini menampung sekitar 3,5 juta koleksi yang berkaitan dengan bioskop juga media lainnya, seperti foto negative pertama dan cuplikan TV pertama kali.

3. London Film Museum, Inggris

london film museum
thisisfunky.com

Masih di Inggris, yang satu ini didirikan pada tahun 2008 oleh Jonathan Sands. Dulunya dikenal sebagai Movieum of London dimana tempat ini menyimpan berbagai set film, kostum dan benda-benda lainnya yang berhubungan dengan film.

Museum yang berlokasi di Covent Garden ini juga memiliki bagian khusus yang didedikasikan untuk kemajuan pemahaman teknis tentang bioskop. Museum ini juga mengadakan pameran tematik dari waktu ke waktu dan yang terbaru adalah Bond in Motion, yaitu sebuah pameran yang didedikasikan untuk film James Bond.

4. German Film Museum, Jerman

german film museum
atelier-brueckner.com

Dari Inggris beralih ke Jerman, di Negara ini juga kamu akan menemukan museum yang dikenal dengan nama German Film Museum. Berlokasi di Frankfrut am Main ini merupakan pameran budaya film yang paling megah di Jerman.

German Film Museum ini menawarkan perjalanan kemajuan dan perkembangan teknis sinema. Tak hanya itu, museum ini juga kerap berkolaborasi dengan para pembuat film berbakat di dunia untuk membuat percobaan sinematik dan menghasilkan film baru.

Tempat ini sekarang telah bergabung dengan Institut Film Jerman dan di dalamnya terdapat banyak sekali koleksi yang berhubungan seputar film. Seperti bahan sinematografi hingga replica set film.

5. Deutsche Kinemathek, Jerman

Museum Film Paling Menarik di Dunia
deutsche-kinemathek.de

Deutsche Kinemathek  atau yang lebih dikenal sebagai Film and Television Museum. Dibuka pada tahun 2000 ini berada tak jauh dari tempat Festival Film Berlin yang cukup bergengsi. Museum ini bahkan disebut sebagai salah satu museum terkemuka di dunia. Bagaimana tidak, disini menampilkan momen penting dalam sejarah film Jerman, terutama selama rezim Nazi berkuasa.

Memiliki arsip film serta perpustakaan film yang luar biasa. Bahkan di sini juga terdapat pameran permanen yang jumlahnya lebih dari seribu, termasuk kostum, foto-foto langka hingga alat peraga film asli. Deutsche Kinemathek ini juga kerap mengadakan pameran tematik sesekali.

6. Australian Center for Moving Image, Australia

Museum Film Paling Menarik di Dunia
specialtycinema.com

Australia juga memiliki sebuah museum yang cukup terkenal dan kerap dikunjungi oleh banyak wisatawan dari beberapa Negara, yatu Australian Center for Moving Image. Museum yang berada di kota Melbourne ini menjadi salah satu museum yang paling banyak dikunjungi.

Saat ini, tempat ini menjadi lembaga utama dalam sinema Autralia yang juga untuk melestarikan artefak sinema sejarah dan juga menyelenggarakan pameran. Museum ini memiliki dua gedung teater yang menjadi tempat untuk festival film.

7. China National Film Museum, Tiongkok

china national film museum
justgola.com

China National Film Museum juga menjadi salah satu museum yang paling menarik di dunia untuk dikunjungi. Mesum ini dikenal sebagai museum sinema professional terbesar di dunia yang berlokasi di kota Beijing.

China National Film Museum ini dibuka pertama kali pada tahun 2005 untuk merayakan 100 tahun sinema Tiongkok. Di dalamya menawarkan pandangan yang sangat kaya seputar sejarah film di Tiongkok, seperti adanya sekitar 1500 cetakan film dan ribuan foto juga bahan lain yang berhubungan dengan film.

Museum ini memiliki 20 ruang pameran permanen, termasuk enam teater video dan teater iMax. Tak heran jika China National Film Museum ini mampu menarik hamper satu juta pengunjung setiap tahunnya.

8. National Cinema Museum, Italia

national cinema museum
inexhibit.com

National Cinema Museum juga menjadi salah satu yang wajib kamu kunjungi. Museum sinema ini berada di Menara Mole Antonelliana, kota Turin, Italia dan didirikan oleh seorang penggemar film bernama Maria Adriana Prolo pada tahun 2008.

Menyimpan berbagai objek film seperti poster, kostum hingga gulungan film yang berasal dari bioskop di Italia. Museum ini juga kerap menyelenggarakan beberapa festival film bergengsi setiap tahunnya seperti Torino Film Festival.

9. Musee de la Cinematheque, Perancis

Museum Film Paling Menarik di Dunia
cinematheque.fr

Musee de la Cinematheque yang berada di kota Paris, Perancis. Perancis memang punya budaya film yang cukup kaya di dunia, maka tak heran jika kamu bisa menemukan museum sinema yang menyoroti seputar sejarah sinema di Perancis.

Dibuka pada tahun 1936 ini menyimpan salam satu arsip film dan objek seputar dunia perfilman di dunia. Lalu juga terdapat perpustakaan dengan koleksi yang sangat lengkap serta program film yang luar biasa tentunya menambah daya Tariknya. Tak heran jika museum ini cukup menarik perhatian tak hanya wisatawan namun juga pembuat film hebat seperti Francois Truffaut, Jean Luc Godard dan Robert Bresson untuk berkunjung ke sini.

10. Museum of The Cinema, Ukraina

museum of the cinema
shutterstock.com

Terakhir yang wajib kamu kunjungi adalah Museum of The Cinema yang berada di Ukraina. Berada di Studio Film Odessa ini berfokus pada pertumbuhan bioskop di kawasan Eropa Timur.

Museum ini menyimpan koleksi ribuan artefak. Daya Tarik yang cukup menonjol adalah ruangan yang khusus didedikasikan untuk penemuan bioskop, bahkan sebelum Lumiere bersaudara. Disana pun terdapat video langka yang tentunya sangat menggoda setiap pecinta film, pembuat film hingga mahasiswa film untuk melihatnya.



Leave a Reply