Sejuta Pesona Pemikat Wisatawan Dunia, Inilah 10 Lokasi Wisata Sekitar Kawasan Gunung Bromo


Reni  January 23, 2020  0 Comment

Gunung Bromo memang memiliki sejuta keindahan yang memikat para wistawan, tak hanya wisatawan domestik melainkan juga wisatawan mancanegara. Gunung berapi yang berada di empat kabupaten yaitu : Malang, Pasuruan, Lumajang, dan Probolinggo ini memiliki ketinggian 2.392 mdpl. Banyak tempat wisata di Gunung Bromo yang menjadi favorit para wisatawan. Apa sajakah itu ?

Berikut Tempat Wisata Di Gunung Bromo Yang Sayang Untuk Dilewatkan

1. Penanjakan 1

wisata gunung bromo
agentwisatabromo.com

Penanjakan 1 merupakan tempat tertinggi di kawasan Gunung Bromo, dan merupakan tempat untuk melihat terbitnya matahari yang menakjubkan. Untuk menuju penanjakan 1 ini para wisatawan harus menggunakan mobil jeep Karen aksesnya yang banyak tikungan tajam. Untuk menikmati view sunrise terbaik sebaiknya datang lebih awal yaitu jam 3 dini hari.

Gotravelly

Bukit Teletubbies Savana Bromo

Keindahan Savana Di Kawah Wurung Yang Seperti Karpet Raksasa

2. Penanjakan 2

wisata gunung bromo
wisatabromo.my.id

Penanjakan 2 merupakan tempat pilihan kedua untuk melihat view sunrise di Bromo, apabila Anda melalui rute Kota Probolinggo. Penanjakkan 2 tidak setinggi Penanjakan 1, namun view sunset yang ditawarkan tak kalah menariknya. Jalan untuk menuju Penanjakan 2 cukup mudah diakses oleh roda 2 maupun kendaraan roda 4 biasa.

Di saat  musim hujan (September-Mei), Penanjakan 2 ini memiliki panorama yang sangat menakjubkan. Matahari terbit persisi di arah timur pengunjung di Penanjakan 2. Jika sudah musim kemarau, matahari terbit agak lambat, maka Anda lebih baik beralih ke Penanjakan 1 untuk melihat view sunrise yang maksimal.

3. Padang Rumput Savana

tempat wisata gunung bromo
sewajeepbromo.co.id

Padang Rumput Savana yang berada di kawasan Gunung Bromo merupakan padang rumput di sebuah lembah yang asri dan hijau. Selain itu, lembah tersebut dikelilingi tebing-tebing tinggi, dan pegunungan kecil di sekitarnya. Padang Rumput Savana ini terbilang sangat luas, sehingga ketika Anda berkunjung, Anda seolah tidak terasa sedang berada di Gunung Bromo.

Jalur yang harus Anda lalui untuk menuju Padang Rumput Savana berupa hamparan pasir yang gersang. Namun saat memasuki Padang Rumput Savana ini, Anda akan melihat panorama alam indah yang menghijau dikeliling perbukitan. Untuk menuju padang rumput ini, akses yang mudah adalah melalui Kota Malang atau Lumajang.

4. Bukit Mentigen

destinasi wisata gunung bromo
travel.kompas.com

Terdapat pilihan ketiga untuk melihat view sunrise di kawasan Gunung Bromo. Selain Penanjakan 1 dan Penanjakan 2, Anda bisa melihat view sunrise dari Bukit Mentigen. Jika Anda menginap di Cemara Lawang, Probolinggo, Anda cukup berjalan kaki untuk menuju bukit ini.

Bukit Mentigen merupakan bukit yang tidak terlalu tinggi, tempat ini cocok untuk dikunjungi apabila liburan ke Gunung Bromo dengan backpacker. Tanpa harus menggunakan kendaraan roda 2 atau roda 4, bukit ini cukup mudah dituju jika Anda berangkat dari timur hotel Lava View Bromo di Cemara Lawang.

5. Bukit Teletubies

wisata di sekitar gunung bromo
pesona.travel

Berlibur ke Gunung Bromo terasa kurang lengkap jika tidak mengunjung bukit yang satu ini. Bukit Teletubies terletak di sebelah selatan Gunung Bromo. Bukit Teletubies berada satu jalur menuju Padang Rumput Savana.

Bukit Teletubies merupakan pegunungan kecil yang ditumbuhi rerumputan hijau yang indah. Tempat ini benar-benar membawa Anda kembali ke masa kecil, karena akan mengingatkan nda pada bukit di film Teletubies.

6. Air Terjun Madakaripura

wisata gunung bromo
lifestyle.okezone.com

Air Terjun Madakaripura terletak di Kabupaten Probolinggo, tepatnya di Kecamatan Lumbang. Air terjun ini merupakan salah satu objek wisata di kawasan Gunung Bromo. Akses untuk menuju ke air terjun ini cukup mudah, bisa dengan kendaraan roda 4 maupun roda 2, harga tiket yang ditawarkan pun cukup murah dengan pemandangan yang memanjakan mata.

Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 200 meter, dan berada tepat di bawah kaki Gunung Bromo. Pengunjung yang datang pun tidak hanya wisatawan lokal, melainkan dari mancanegara yang ingin menikmati keeksotisan air terjun ini.

7. B 29 Argosari

wisata gunung bromo
wisataindonesia.co.id

B 29 Argosari merupakan salah satu objek wisata di Gunung Bromo yang terfavorit. Tujuan wisata yang satu ini memang belum terlalu terkenal bagi pelancong Gunung Bromo. B 29 Argosari adalah puncak dari wisata Gunung Bromo, bahkan lebih tinggi dari Penanjakan 1, udara dingin dan pemandangan indah pun begitu terasa.

Objek wisata ini terletak di Desa Argosari, kurang lebih 40 Km dari Kota Lumajang. Akses termudah menuju B 29 Argosari adalah dengan memilih jalur Senduro Lumajang di bagian Selatan. Anda bisa menyewa sebuah hartop untuk melewati pegunungan sampai menuju tempat ini.

Bagi pencinta motor cross, tempat ini sangat cocok untuk petualangan dan tantangan yang menakjubkan. Jalur ini merupakan medan yang menantang, berupa pegunungan. Namun, sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang luar biasa.

8. Bromo Milky Way

wisata gunung bromo
bromoeastjava.com

Anda bisa menikmati Bromo Milky Way hanya di malam hari, pergi ke spot-spot tertentu di Bromo, Anda akan menemukan tempat yang pas untuk koleksi fotografi Anda. Siapkan kamera terbaik Anda untuk melihat fenomena Bromo Milky Way ini. Bromo Milky Way merupakan fenomena alam yang sempurna memanjakan mata.

Untuk melihat Bromo Milky Way dengan sempurna, sebaiknya dengan kondisi jauh dari sorot cahaya lampu kota (keadaan gelap). Selain itu, juga dengan kondisi awan cerah tanpa mendung dan dengan perhitungan tepat untuk melihat Bromo Milky Way, biasanya menggunakan bantuan software stellarium.

Tren melihat Bromo Milky Way baru muncul sekitar tahun 2013. Diawali oleh seorang wisatawan asing yang membuat konten di Youtube mengenai keindahan fenomena milky way di Gunung Bromo. Sejak saat itula Bromo Milky Way menjadi tren, dan banyak dikunjungi oleh wisatawan  dan pencinta fotografi dari berbagai daerah hingga  mancanegara.

Ada waktu tertentu untuk dapat menikmati pemandangan Bromo Milky Way secara maksimal. Yaitu pada saat musim kemarau, yang dimulai pada bulan Mei sampai bulan September. Kondisi langit saat itu sangat cerah karena musim kemarau.

9. Pasir Berbisik

wisata di sekitar gunung bromo
landscaper.id

Pasir Berbisik merupakan salah satu objek wisata di Gunung Bromo yang terletak di lautan pasir Bromo. Pasir Berbisik merupakan tempat dimana terdapat hamparan pasir dengan suara desisan angin yang khas. Karena suara khas tersebutlah objek wisata ini disebut dengan Pasir Berbisik.

Yang membuat objek wisata ini special adalah, Pasir berbisik dengan suara khasnya ini hanya dimiliki oleh gunung berapi Bromo. Pemandangan Pasir Berisik sangat menakjubkan, dibalik hamparan lautan pasirnya, terselip pemandangan lereng-lereng sebagai pembatas hamparan pasir dengan hutan dan Gunung Bromo.

10. Bukit Kingkong

wisata gunung bromo
ngalam.co

Ada alternatif lain untuk melihat view sunrise selain yang telah disebutkan di atas. Bukit Kingkong merupakan tempat melihat sunrise, jaraknya dengan Penanjakan 1 kurang lebih sekitar 2,5 Km. Anda bisa memilih alternatif ini jika Penanjakan 1 sudah ramai dan sesak oleh wisatawan lain.

Keindahan tempat wisata di Gunung Bromo memang tidak perlu diragukan. Destinasi wisata ke tempat ini sudah menjadi wish list banyak orang. Pemandangan alam yang menakjubkan dan eksotis benar-benar membuat Anda segar kembali dari rutinitas yang padat!



Leave a Reply