10 Wisata Dekat Stasiun Wonogiri, dari Wisata Alam hingga Kuliner


Rio Handika  October 29, 2023  0 Comment

Masyarakat di Pulau Jawa pasti tidak asing lagi dengan Stasiun Wonogiri yang di sekitarnya banyak tempat wisata. Pilihan wisata dekat Stasiun Wonogiri wajib kamu kunjungi jika memutuskan transit di kota tersebut. Berikut ini pilihan wisata di area stasiun Wonogiri terbaik:

Wisata Dekat Stasiun Wonogiri :

1. Watu Cenik

watu cenik
travel.kompas.com

Pertama kamu bisa ke Watu Cenik dengan mengendari motor karena jalanannya sangat terjal. Dari Watu Cenik kamu bisa melihat keindahan Waduk Gajah Mungkur dari atas. Kekurangannya hanya akses menuju ke Watu Cenik yang sulit karena naik ke atas.

Sejumlah spot foto di Watu Cenik juga sangat bagus bahkan kamu bisa melihat sunset meski tidak sempurna. Tiket masuknya juga terjangkau hanya Rp5.000 saja. Harga yang kamu bayar tersebut sudah termasuk dua tempat lain yakni Puncak Joglo dan Menara Pandang Sukogunung.

Lokasi Watu Cenik berada di Sendang, Kec.Wonogiri, Kab.Wonogiri, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-18.00 WIB

2. Gunung Gandul – Wisata Dekat Stasiun Wonogiri

gunung gandul
travel.kompas.com

Wisata dekat Stasiun Wonogiri kedua ada Gunung Gandul yang cara aksesnya juga cukup sulit. Tinggi gunung kisaran 660 meter di atas permukaan laut dan bisa didaki sampai ke puncak. Jalur ke puncaknya cukup terjal sehingga pendaki harus memanjat cukup sulit.

Pemandangan di puncaknya sangat indah dari segala arah. Seluruh waduk bisa dilihat dengan mata telanjang begitu juga keindahan Wonogiri lainnya. Harga tiket masuk unntuk mendakinya Rp5.000 ditambah Rp2.000 parkir motor.

Baca juga :  Yuk Liburan Ke 7 Desa Wisata di Jawa Timur

Lokasi Gunung Gandul berada di Area Hutan Giriwono, Kec.Wonogiri, Kab.Puncak Gunung

Jam operasional: setiap hari pukul 05.00-21.00 WIB jika akhir pekan bukan 24 jam

3. Waduk Gajah Mungkur

waduk gajah mungkur
id.wikipedia.org

Ketiga ada Waduk Gajah Mungkur yang selalu ramai pengunjung. Peresmian Waduk Gajah Mungkur berlangsung di era Presiden Soeharto pada tahun 1981. Tujuan pembangunan waduk adalah untuk pengendalian banjir dari Sungai Bengawan Solo.

Usia waduk sudah sangat tua bahkan mencapai 100 tahun. Daya tarik waduk sangat bagus dengan tarif Rp10.000 saja pengunjung bisa memancing ikan di sini. Terdapat waterboom juga yang bisa dijadikan tempat bermain anak dengan tiket Rp15.000.

Waduk Gajah Mungkur berada di Desa Sendang, Kec.Wonogiri, Prov.Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB

4. Plasa Wonogiri – Wisata Dekat Stasiun Wonogiri

plasa wonogiri
soloraya.solopos.com

Keempat ada Plasa Wonogiri sebagai wisata dekat Stasiun Wonogiri. Dari namanya sekilas seperti tempat belanja padahal Plasa Wonogiri adalah sebutan hutan. Terdapat dua bagian dari hutan mulai dari hutan kota sejuk dan bendungan

Jalanan menuju ke Plasa Wonogiri menanjak meski sudah sebagian diaspal tapi ada yang rusak. Dari Plasa Wonogiri kamu bisa melihat keindahan waduk dan keindahan alam lainnya. Sulit untuk menemukan lokasi tepat Plasa Wonogiri tapi masyarakat setempat pasti tahu.

5. Waduk Tandon – Wisata Dekat Stasiun Wonogiri

waduk tandon
travel.kompas.com

Kelima ada Waduk Tandon Wonogiri yang lokasinya sangat cantik dan indah dipandang mata. Satu hal spesial dari Waduk Tandon adalah kehadiran padang rumput hijau yang menjadi daya tarik. Kamu bisa melihat gambaran keindahan Waduk Tandon dari media sosialnya.

Padang rumput yang ada di Waduk Tandon sangat spesial. Latar belakang bukit juga menjadi keindahan tiada tara. Disarankan untuk datang pada pagi dan sore hari ketika matahari belum begitu panas. Kamu bahkan bisa datang ke Waduk Tandon setelah sholat subuh.

Baca juga :  9 Tempat Wisata Pantai di Bali yang Tersembunyi

Lokasi Waduk Tandon di Tlogorejo, Pare, Kec.Selogiri, Kab.Wonogiri, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari pukul 05.00-18.00 WIB

6. Toserba Baru 

baru toserba
foursquare.com

Nah bagi kamu yang mencari wisata dekat Stasiun Wonogiri untuk belanja, silahkan mendatangi Toserba Baru. Lokasinya sangat dekat dengan alun-alun Kota Wonogiri sehingga kamu bisa sekalian mampir ke sana. Tempat belanjanya cukup luas terdiri dari tiga lantai.

Karena harganya yang murah maka banyak orang datang sekaligus mencari baju untuk satu keluarga. Apabila perut sudah mulai terasa lapar kamu bisa mencoba beberapa kuliner yang ada di dekat toserba. Ada es sampai makanan berat yang punya rasa lezat.

Lokasi Toserba Baru ada di Jl.Jend Sudriman No.11, Gerdu, Giripurwo, Kec.Wonogiri, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari pukul 10.00-20.00 WIB

7. Pasar Wonogiri

pasar wonogiri
wonogirikab.go.id

Berikutnya adalah Pasar Wonogiri yang letaknya di pusat kota dengan konsep pasar semi tradisional. Lahan parkirnya luas dan di sana terdapat banyak tempat belanja. Apabila kamu naik kereta pada malam hari jangan ragu untuk datang ke pasar ini.

Ada beberapa penjual yang berdagang sampai malam hari dengan harga makanan dan minuman terjangkau. Kebutuhan pokok juga tersedia di sini berikut dengan berbagai macam oleh-oleh lainnya. Pasarnya sendiri bersih sehingga tidak seperti pasar kebanyakan.

Lokasi Pasar Wonogiri ada di Jl.Jend Sudriman No.25, Sukorejo, Giritirto, Kec.Wonogiri, Kab.Wonogiri

Jam operasional: setiap haru 24 jam

8. Alun-alun Giri Krida Bakti

alun alun giri krida bakti
soloraya.solopos.com

Wisata dekat Stasiun Wonogiri lainnya adalah Alun-alun Giri Krida Bakti. Tempatnya asyik dan menyenangkan karena ada banyak tempat nongkrong di sini. Bagi pecinta kuliner bisa sekaligus jajan atau bisa juga bawa bekal dari stasiun.

Bagi kaum muslim datang ke Alun-alun Giri Krida Bakti sangat direkomendasikan. Pasalnya di dekat stasiun terdapat Masjid Taqwa yang bersih dan di sekitarnya banyak pepohonan. Kamu bisa melepas lelah sambil duduk di sekitar pohon tersebut.

Baca juga :  Tempat Wisata Dekat Stasiun Mojokerto yang Dijamin Aesthetic

Lokasi Alun-alun Giri Krida Bakti ada di Jl.KH Ahmad Dahlan, Sabggraham, Giripurwo, Kec.Wonogiri, Kab.Wonogiri

Jam operasional: setiap hari 24 jam

9. Bakso Titoti

bakso titoti
tripadvisor.co.id

Beralih ke wisata kuliner yang ada di sekitar stasiun tentu wajib dicoba juga. Banyak orang setelah melewati perjalanan jauh yang dicari adalah wisata kulinernya termasuk Bakso Titoti. Menu bakso sangat cocok di lidah hampir semua orang Indonesia.

Pelayanan Bakso Titoti sangat ramah dan sigap sehingga pengunjung senang. Menunya juga beragam termasuk ada es campur yang selalu jadi favorit. Untuk harganya sendiri masih tergolong ramah di kantong serta memiliki cita rasa khas Wonogiri.

Lokasi Bakso Titoti ada di Jl.P Sudriman, Sukorejo, Giritirto, Kec.Wonogiri, Kab. Wonogiri

Jam operasional: setiap hari pukul 09.00-20.00 WIB

10. Angkringan Sopo Ngiro Wonogiri

angkringan sopo ngiro
tripadvisor.co.id

Rasanya tidak lengkap jika ke Jawa namun tidak duduk di angkringan. Wisata dekat Stasiun Wonogiri selanjutnya adalah Angkringan Sopo Ngiro Wonogiri yang konsepnya sangaj Jawa. Suasana di dalamnya sangat tenang dengan makanan yang cukup enak.

Seperti angkringan pada umumnya di Angkringan Sopo Ngiro Wonogiri menyediakan harga terjangkau. Anak-anak juga bisa bermain di area taman yang luas. Nuansa angkringannya juga sangat bersih, tenang dan tidak penuh asap rokok.

Lokasi Angkringan Sopo Ngiro Wonogiri ada di Jl.Srigunting III, No.7, Sukorejo, Giritirto, Kec.Wonogiri

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-22.00 WIB

source : https://www.youtube.com/@bottv6563

Nah itu dia deretan pilihan wisata dekat Stasiun Wonogiri yang bisa kamu kunjungi. Nikmati sensasi suasana wisata di Wonogiri mulai dari keindahan alam sampai dengan kulinernya. Jangan lupa juga membeli buah tangan dengan mampir ke Toserba atau Pasar Wonogiri.



Leave a Reply