10 Wisata Budaya di Sumatera, Bikin Lebih Cinta Indonesia


sisil angelin  December 12, 2020  0 Comment

Indonesia memang terkenal sekali dengan wisatanya yang indah, kulinernya yang lezat, dan keragaman budaya yang ada di Indonesia ini memang menarik untuk dibahas. Nah kalian tau gak sih di Sumatera itu banyak banget wisata budaya yang rekommended banget untuk kamu kunjungi, jelajahi, dan pastinya menambah ilmu pengetahuan kalian tentang budaya yang ada di Sumatera. Dari pada kalian penasaran simak artikel dibawah ini kita bakal bahas 10 Wisata Budaya di Sumatera yang wajib kamu kunjungi!

Wisata Budaya di Sumatera

1. Istana Pagaruyung Batusangkar – Sumatera Barat

istana pagaruyung batusangkar
nativeindonesia.co

Istana Pagaruyung Batusangkar yang pertama kita bahas ini memang menjadi destinasi yang wajib banget kamu kunjungi saat berada di Sumatera Barat. dibangun pada abad ke-17 ini memiliki bentuk seperti Rumah Gadang, dan Istana Pagaruyung Batusangkar dulunya menjadi tempat tingal Raja yang ada di Pulau Sumatera loh.

Istana Pagaruyung Batusangkar ini juga sangat populer dikalangan anak muda Sumatera, dan traveler Indonesia. Karena Istana Pagaruyung Batusangkar ini memiliki spot yang keren banget. Saat berfoto didepan Istana Pagaruyung Batusangkar hasil foto kalian itu pastinya memberi makna budaya yang melekat. Nah jadi saat berkunjung ke Sumatera Barat pastikan kalian berkunjung ke Istana Pagaruyung Batusangkar.

Baca juga :  20 Wisata di Berlin Mulai Istana Megah Hingga Wisata Alam Indah
Gotravelly

Touring Brastagi

Danau Siombak Salah Satu Ikon Wisata Kota Medan

2. Nagari 1000 Rumah Gadang – Sumatera Barat

nagari 1000 rumah gadang
independensi.com

Selain Istana Pagaruyung Batusangkar ternyata di Sumatera Barat ini ada Nagari 1000 Rumah Gadang yang memiliki 1000 rumah gadang yang luas. bahkan dikawasan Nagari 1000 Rumah Gadang kalian bisa menginap 1 malam loh, dan biasanya saat siang hari ada pertunjukan tari-tarian tradisional yang menghibur traveler saat berada di Nagari 1000 Rumah Gadang. dikawasan Nagari 1000 Rumah Gadang ada sekitar 174 rumah, dan dengan menginap disini kalian akan merasakan pengalaman berbeda loh. Tentunya menjadi traveling yang berkesan, dan tidak terlupakan di Sumatera.

3. Jembatan Siti Nurbaya – Sumatera Barat

 Jembatan Siti Nurbaya
rentalmobilpadang.co.id

Jembatan Siti Nurbaya ini memang memiliki pemandangan indah, dan cantiknya view Sungai Batang Arau ini. Wisatawan yang ada di Jembatan Siti Nurbaya biasanya menunggu sunset, dan view di Jembatan Siti Nurbaya semakin indah karena terdapat rumah-rumah penduduk yang menambah kecantikan pemandangan Jembatan Siti Nurbaya. Kenapa diberi nama Jembatan Siti Nurbaya? karena ada kisah cinta yang sudah terkenal sekali di Indonesia dengan kisah siti nurbaya. Nah wisata budaya yang ada diurutan ketiga ini wajib banget kamu kunjungi. View cantik dijempatan ini juga menjadi spot kece untuk kalian yang suka foto.

4. Desa Tertua Nagari Pariang – Sumatera Barat

desa tertua nagari pariangan
travel.detik.com

Desa Tertua Nagari Pariang yang satu ini memang menatik wisatawan lokal, dan mancanegara. Karena keidnangan desa ini tang memiliki persawahan hijau, dan masuk dalam daftar desa tercantik di Dunia loh. Desa Tertua Nagari Pariang sempat masuk kedalam majalah World’s 16 Most Picturesque Villages. Selain menjadi Desa Tertua Nagari Pariang, dan desa tercantik. Desa Nagasari Pariang ini juga memiliki sejarah yang melekat, dan nenek moyang dari Desa Nagasari Pariang ini berasal dari puncak gunung yang ada di Sumatera. Nah untuk melihat keindahan pemandangan Desa Nagasari Pariang, kalian langsung ada mampir ke Desa Nagasari Pariang yang berjarak sekitar 95 km dari kota Padang.

Baca juga :  8 Wisata Malam dan Tempat Nongkrong Asyik di Lembang

5. Belajar Menenun di Desa Pandai Sikek – Sumatera Barat

 Belajar Menenun di Desa Pandai Sikek
raunraunyuk.blogspot.com

Untuk kamu yang ingin belajar menenun bisa mampir ke Desa Pandai Sikek. Karena desa yang satu ini terkenal sekali dengan kerajinan tenunya yang sempurna, dan saat berada disini pengunjung bisa mengetahui sejarah kerajinan tenun yang sudah ada sejak abad ke-14 di Desa Pandai Sikek.

6. Suku Mentawai Pulau Siberut – Sumatera Barat

Suku Mentawai Pulau Siberut
m.kaskus.co.id

Destinasi yang ada diurutan keenam ini memang sangat menarik untuk dikunjungi, dan pastinya menambah wawasanmu tentang budaya Indonesia. Jika kamu berada di Pulau Siberut yang ditinggali suku Mentawai. Kalian bisa belajar bagaimana kehidupan suku pedalaman yang berburu, membuat senjata panah beracun, dan saat berada disini kalian juga bisa melihat pertunjukan tari-tarian suku Mentawai. Untuk pemandangan alam yang ada disini memang tidak perlu diragukan lagi, karena indah banget guys, dan pastinya liburan kalian di Pulau Siberut ini menjadi liburan tak terlupakan di Sumatera Barat.

7. Pulau Kemaro – Sumatera Selatan

 Pulau Kemaro
kumparan.com

Jika kamu berada di Sumatera Selatan maka jangan lewatkan untuk menjelajahi indahnya Pulau Kemaro yang memiliki bangunan Vihara 9 lantai, dan vihara tersebut bernama Vihara Hok Tjiang Rio. Selain bisa melihat bangunan Vihara Hok Tjiang Rio yang megah, kalian bisa melihat Sungai Musi yang indah. Destinasi yang satu ini memang sangat rekommended untuk kamu kunjungi di Sumatera Selatan.

8. Benteng Kuto Besak – Sumatera Selatan

benteng kuto besak
genpi.co

Benteng Kuto Besak yang dekat dengan Jembatan Amprea ini memang menjadi saksi peninggalan dari Kesultanan Palembang pada abad ke-18. Benteng Kuto Besak kini menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Sumatera Selatan, dan wisatawan yang ada di Benteng Kuto Besak biasanya mencari spot untuk berfoto dengan Benteng Kuto Besak. Gimana lagi cari spot kece di Sumatera? Benteng Kuto Besak adalah tempat yang bisa jadi pilihanmu loh.

Baca juga :  10 Wisata Budaya di Jawa Barat Yang Menyenangkan Untuk Dijelajahi

9. Desa Adat Ragi Hotang – Sumatera Utara

desa adat ragi hotang
pariwisatasumut.net

Desa Adat Ragi Hotang yang beada di Kabupaten Toba Samosi, dan berada di Desa Meat ini memang memiliki rumah adat Batak Toba yang keren. Saat berada di Desa Adat Ragi Hotang kalian bisa mengetahui sejarah, dan banguna rumah adar Batak Toba yang indah. Jadi saat kalian berkunjung ke Danau Toba pastikan mampir ke Desa Adat Ragi Hotang untuk berfoto dirumah adat, dan mengetahui budaya yang ada di Desa Adat Ragi Hotang.

10. Desa Budaya Dokan – Sumatera Utara

desa budaya dokan
pariwisatasumut.net

Desa budaya yang terakhir kita bahas ini berada di Kabupaten Karo, dan tempat ini merupakan peninggalan sejarah budaya masyarakat Karo loh. Yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Desa Budaya Dokan adalah rumah-rumah adat masyarakat Batak Karo yang sudah ada 100 tahun lamanya masih kokoh loh, dan rumah-rumah adat tersebut masih dihuni oleh masyarakat. Untuk kalian yang berada di Sumatera Utara wajib banget datang ke Desa Budaya Dokan.

Itulah 10 Wisata Budaya di Sumatera yang menarik, dan rekommended banget untuk kamu kunjungi bersama teman, keluarga, ataupun orang tersayang. Nah tertarik menjelajahi 10 Wisata Budaya di Sumatera? Yuk langsung saja explore keindahan Sumatera yang kaya akan budaya.



Leave a Reply