10 Waduk Paling Indah di Dunia Dikelilingi Perbukitan Kece!


prita  August 29, 2021  0 Comment

Waduk atau bendungan yang juga dikenal sebagai Dam ini merupakan sebuah kontruksi yang dibangun untuk menahan laju air sehingga bisa berfungsi sebagai sarana irigasi dan pembangkit listrik. Tak hanya itu, bendungan juga bisa berfungsi sebagai sarana rekreasi yang indah karena memiliki kontruksi yang kokoh serta indah ditambah dengan pemandangan di sekitarnya yang menawan. Bahkan kamu bisa menemukan waduk/bendungan paling indah di dunia.
Di dunia ini terdapat banyak sekali danau buatan atau dam yang dibangun. Namun, ada beberapa bendungan atau waduk yang tercatat sebagai bendungan paling indah karena bentuknya dan pemandangan alam sekitarnya yang luar biasa. Nah, berikut ini adalah 10 daftar waduk/bendungan paling indah di dunia.

1. Khlong The Dan Dam, Thailand

Khlong The Dan Dam
egat.co.th

Waduk paling indah di dunia yang pertama wajib untuk kamu kunjungi adalah Khlong The Dan Dam. Bendungan indah ini berada di Thailand dan merupakan salah satu waduk paling spektakuler di dunia.

Bendungan ini baru selesai pada tahun 2005 dan memiliki tinggi 93 meter dengan panjang 2.720 meter. Bendungan ini dirancang untuk irigasi di kawasan Sungai Nakon Nayok. Menariknya, di belakang bendungan ada sebuah taman kecil dimana kamu bisa menikmati pemandangan indah di sekitarnya.

Gotravelly

Miniatur Raja Ampatnya Jawa Timur Waduk Bajulmati Yang Mempesona

Waduk Ngreco, Tempat Memaning Asyik Di Selatan Kediri

2. Monticello Dam, Amerika Serikat

Monticello Dam
rove.me

Bendungan paling indah di dunia selanjutnya adalah Monticello Dam. Monticello Dam ini berada di Napa County, California, Amerika Serikat dan terkenal memiliki pemandangan yang menakjubkan.

Bendungan yang dibangun Antara tahun 1953 hingga 1957 ini merupakan bendungan kubah beton yang memiliki ketinggian kontruksi mencapai 93 meter. Bendungan ini berada di Sungai Putah dan air dari bendungan ini memasok pertanian di wilayah sekitarnya. Meskipun begitu, bendungan Monticello ini terkenal karena jatuhnya corongnya yang tak terkendali dan penduduk sekitar menyebutnya sebagai The Glory Hole. Selain untuk perairan, bendungan ini juga memasok listrik ke San Fransisco.

3. Seli’s Ksanka Qlipse, Amerika Serikat

Seli's Ksanka Qlipse
fineartamerica.com

Masih di Amerika Serikat, kamu akan menemukan waduk paling indah di dunia selanjutnya yang bernama Seli’s Ksanka Qlipse dan berlokasi di Montana. Bendungan ini juga dikenal sebagai Kerr Dam oleh presiden pembangkit listrik yang membangunnya. Namun karena berdiri di reservasi Indian dan salah satu sukunya membeli seluruh pembangkit listrik kemudian mengganti nama bendungan tersebut menjadi lebih unik, yaitu Ksanka Qlipse.

Bendungan yang berada di Sungi Flathead ini dibangun Antara tahun 1930 hingga 1938. Waduk ini berfungsi tak hanya untuk menghasilkan energi hidroelektrik, namun juga menjadi irigasi dan sarana rekreasi.

4. Hoover Dam, Amerika Serikat

Hoover Dam
motherjones.com

Waduk paling indah di dunia berikutnya adalah Hoover Dam yang juga berada di Amerika Serikat. Tampaknya Negeri Paman Sam ini menjadi salah satu Negara yang memiliki banyak dam terindah.

Hoover Dam ini berbentuk lengkungan beton Sungai Colorado yang berada di perbatasan Arizona dan Nevada. Bendungan setinggi 220 meter ini merupakan bendungan tertinggi kedua di Amerika Serikat dan memiliki panjang hingga 379 meter. Danau yang berada di bendungan ini memiliki panjang 185 kilometer dan kedalaman mencapai 180 meter. Bendungan yang diberi nama dari Presiden Hoover ini berfungsi untuk menghasilkan aliran listrik serta membendung aliran air dari Sungai Colorado agar tidak meluap.

5. Gordon Dam, Australia

Gordon Dam
exploroz.com

Tak hanya Amerika Serikat dan Thailand yang memiliki waduk paling indah di dunia, Australia pun memilikinya dan diberi nama Gordon Dam. Gordon Dam ini berada di Sungai Gordon, di barat daya Tasmania, Australia.

Bendungan yang dibangun Antara tahun 1974 dan 1978 ini memiliki bentuk lengkungan besar dengan kelengkungan ganda sehingga mampu mengontrol luapan. Selain itu, Gordon Dam ini juga menjadi bendungan tertinggi di Tasmania dan menempati urutan kelima sebagai bendungan tertinggi di dunia. Gordon Dam ini melayani tenaga air yang diproduksi oleh pembangkit listrik yang berada di bawah bendungan. Dengan kapasitas air yang 100% dipertahankan, waduk ini menciptakan sebuah danau yang dikenal sebagai danau terbesar di Australia, yaitu Danau Gordon.

6. Roselend Dam, Perancis

Roselend Dam
structurae.net

Bendungan paling indah di dunia yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Roselend Dam. Waduk ini menawarkan pemandangan yang indah karena dikelilingi oleh pegunungan yang menawan di kawasan sebelah timur Beaufort Chamber di Lembah Savoie di wilayah Rhone-Alpes, Perancis Tenggara.

Bendungan yang dibangun sekitar tahun 1955 ini diisi pada tahun 1960 dan telah beroperasi sejak tahun 1961. Tujuan dari pembangunan bendungan ini adalah untuk menghasilkan tenaga air. Meskipun begitu, Bendungan Roseland ini juga bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik saat kamu berkunjung ke Perancis karena pemandangan alam di sekitarnya sangat indah

7. Contra Dam, Swiss

Contra Dam
wowabouts.com

Tak hanya di Perancis, kamu juga bisa menemukan waduk paling indah di dunia di Swiss. Bendungan ini dikenal dengan nama Contra Dam kdan berada di Sungai Verzasca, Ticino.

Bendungan ini membentuk Danau Vagorno untuk mendukung pembangkit listrik tenaga air Verzasca. Contra Dam ini dibangun Antara tahun 1961 hingga 1965 dan menduduki peringkat keempat sebagai bendungan terbesar keempat di Swiss. Bendungan ini tak hanya berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik, namun juga menjadi tempat wisata yang indah. Contra Dam sangat dikenal sebagai tempat untuk melakukan bungee jumping. Tertarik untuk mencobanya?

8. Vidraru Dam, Romania

Vidraru Dam
pinterest.com

Romania juga memiliki sebuah waduk atau bendungan paling indah di dunia yang dikenal dengan nama Vidraru Dam. Bendungan yang pembangunannya selesai di tahun 1966 ini berada di Sungai Arges dan menciptakan danau dengan nama yang sama.

Tanggul ini memiliki bentuk yang melengkung dengan tujuan untuk memproduksi listrik. Bendungan ini memiliki tinggi hingga 166 meter dengan panjang 305 meter dan lingkarnya hingga 28 kilometer. Vidradu Dam ini tak hanya berfungsi sebagai pembangkit listrik, namun juga sebagai destinasi wisata di Romania karena pemandangan pedesaan di sekitarnya yang sangat indah.

9. Mooserboden Dam, Austria

Mooserboden Dam
funalive.com

Mooserboden Dam merupakan salah satu bendungan paling indah di dunia yang berada di Kota Kaprun, Austria. Bendungan ini berada sekitar 2.036 meter di atas permukaan laut dengan dua dinding bendungan besar yang membagi Pegunungan Hohenburg. Bendungan yang dibangun Antara tahun 1947 dan 1955 ini berfungsi untuk menghasilkan tenaga listrik. Meskipun begitu, Mooserboden Dam ini juga menjadi salah satu destinasi wisata populer di Austria karena berada di Lembah Kapruner Tal dengan pemandangan Pegunungan Alpen di sekitarnya sehingga terlihat sangat indah.

10. Ataturk Dam, Turki

Ataturk Dam
engineering-channel.com

Bendungan paling indah di dunia yang terakhir adalah Ataturk Dam yang berada di wilayah Anatolia Tenggara, Turki. Bendungan yang berasal dari Sungai Efrat ini awalnya dikenal sebagai Karababa, kemudian diubah namanya menjadi Ataturk Dam.

Ataturk Dam ini dibangun dengan tujuan untuk menghasilkan listrik dan mengairi area di dekitarnya. Bendungan indah ini dibangun Antara tahun 1983 dan 1990 dan menempati peringkat ketiga sebagai bendungan terbesar di dunia dan terkenal memiliki pemandangan serta kontruksi yang indah.



Leave a Reply