9 Tempat Wisata di Padang Indah dan Eksotis Rekomended


Reni  August 8, 2018  0 Comment

Kota Padang yang merupakan ibukota provinsi Sumatera Barat ini adalah salah satu surga wisata di Indonesia. Kota Padang yang berada di pesisir Samudra Hindia menyimpan banyak potensi wisata, baik wisata alam maupun budaya dengan pemandangan menakjubkan dan pesona alam yang tak terelakkan. Jika Anda berkesempatan untuk pergi ke sana, Beberapa tempat wisata di Padang ini sepertinya wajib untuk Anda kunjungi.

1. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis

kelanakecil.wordpress.com

Pantai Air Manis merupakan salah satu pantai paling terkenal di kota Padang. Selain karena ombaknya yang tenang dan memiliki pemandangan matahari terbenam yang indah, pantai ini terkenal pula karena sejarahnya. Pasti Anda pernah mendengar kisah Malin Kundang, bukan?

Legenda yang bercerita tentang anak yang durhaka pada ibunya dan dikutuk menjadi batu di pantai ini, yang kemudian dikenal sebagai batu Malin Kundang. Anda dapat mengunjungi pantai Air Manis ini untuk melihat batu yang legendanya sangat terkenal tersebut, sembari menikmati tenangnya suasana di tepi pantai. Terlepas dari legenda yang terkenal di pantai ini, pemandangan sunset di pantai Air Manis sayang untuk dilewatkan begitu saja.

review kuliner

Pesona Nirwana, Pantai Indah Di Kota Padang Yang Jarang Terjamah

Backpacker Ke Samosir, berikut tipsnya

2. Pantai Padang

Pantai Padang

wisatatempat.com

Pantai Padang adalah salah satu tempat wisata alam di Padang yang dapat dijangkau dengan mudah dan relatif dekat dari pusat kota. Orang minang biasa menyebut pantai ini Taplau (Tapi Lauik). Pantai Padang Taplau ini salah satu pantai yang tergolong cukup ramai, di mana Anda dapat dengan mudah menemukan pedagang makanan yang berjajar di tepi pantai.

Bagi wisatawan yang ingin berenang atau bermain di tepian pantai pun bisa, karena pantai ini memiliki ombak yang tenang dengan garis pantai yang panjang. Pada saat akhir pekan, pantai Padang biasa digunakan sebagai area olahraga paralayang.

Bila Anda ingin mencoba sensasi melayang di atas laut dengan paralayang, Anda dapat menemui beberapa instruktur paralayang yang ada di sana dan Anda dapat langsung diajak terbang, tentunya dengan membayar sejumlah uang.

3. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana

travel.kompas.com

Pantai Nirwana tentunya bisa menjadi tujuan wisata di Padang selanjutnya. Berbeda dengan beberapa pantai sebelumnya, pantai Nirwana memiliki pesona alam tersendiri dengan pasir putihnya yang menghampar luas di sepanjang garis pantai, dengan pohon-pohon kelapa berjajar di tepinya.

Pantai ini pun memiliki keindahan yang sama, baik saat sunrise maupun sunset, yang menjadikan pantai ini sebagai objek bidikan para fotografer. Bagi Anda yang berkunjung ke pantai Nirwana pada sore hari menjelang petang, Anda akan disuguhi dengan keindahan kerlap kerlip lampu di sekitar Teluk Bayur yang dekat dengan pantai ini. Sangat menyenangkan sekaligus menenangkan, bukan?

4. Pantai Caroline

Pantai Caroline

gosumatra.com

Ada satu lagi tempat wisata di Padang yang jangan sampai terlewat ketika Anda berwisata ke kota ini. Pantai ini dikenal dengan nama pantai Caroline atau biasa disebut dengan pantai Teluk Bungus. Pantai yang berjarak sekitar 25 kilometer di selatan kota Padang ini menawarkan suasana pantai yang menyenangkan dengan pasir putih di sepanjang tepiannya.

Pantai yang landai dan rindang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, terlebih ada banyak fasilitas yang menunjangnya seperti adanya restoran, cottage maupun penginapan yang berada di sekitar pantai Caroline ini.

Satu hal lagi keunikan yang dimiliki pantai ini, yaitu jika Anda amati dengan seksama, garis pantai yang dimiliki pantai Caroline menyerupai huruf gambar hati atau huruf W. Anda tentunya akan merasakan pengalaman baru yang menyenangkan ketika Anda menyempatkan mengunjungi pantai ini.

5. Danau Maninjau

Danau Maninjau

agungprawira.wordpress.com

Ini adalah salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi saat Anda berada di Padang. Danau Maninjau terletak di Bukittinggi, sekitar tiga jam perjalanan dari kota Padang. Danau ini memiliki panjang 16 kilometer dan lebar 7 kilometer.

Banyak orang yang datang ke sini dengan tujuan memancing, menikmati matahari terbenam yang indah, atau sekedar menikmati suasana yang romantis dengan udara yang sejuk. Air danau yang bening membuat Anda seperti bercermin ketika Anda melihatnya. Pemandangan di sekitar danau ini sangat asri hingga tidak akan membuat Anda bosan.

6. Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya

pesona-minangkabau.blogspot.com

Jembatan SIti Nurbaya menjadi tempat wisata di Padang selanjutnya yang bisa Anda kunjungi. Jembatan ini merupakan jembatan yang berdiri megah sepanjang 260 meter yang menghubungkan Taman Siti Nurbaya dan kota tua Padang. Jembatan Siti Nurbaya juga merupakan salah satu ikon kota Padang, yang mulai ramai setiap sore dan bertambah ramai ketika malam hari.

Keindahan jembatan Siti Nurbaya semakin terlihat pada malam hari saat lampu-lampu kota mulai menyala. Anda dapat menikmati suasana kota Padang pada malam hari di tepi jembatan ini dan melihat kapal yang lalu lalang di sungai di bawahnya sembari menikmati jajanan yang banyak dijual oleh pedagang di sekitar jembatan Siti Nurbaya.

7. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman

triptrus.com

Selain wisata alam yang kaya, kota Padang juga memiliki wisata budaya yang tak kalah menarik. Museum Adityawarman ini salah satunya. Jika Anda tertarik untuk mengenal dan mempelajari tentang budaya minang, museum ini adalah tempat yang tepat.

Bangunan museum yang diresmikan sejak tahun 1977 ini berupa rumah Gadang, yaitu rumah tradisional dari masyarakat Minangkabau. Museum Adityawarman merupakan museum budaya yang terkenal di Sumatera Barat, di mana di dalamnya menyimpan segala hal yang berhubungan dengan kebudayaan khas Minang, mulai dari baju adat hingga alat musik tradisional masyarakat Minang. Asal-usul penamaan museum ini diambil dari nama Raja besar yang pernah berkuasa di daerah Minangkabau, yaitu Raja Adityawarman.

8. Jam Gadang

Jam Gadang

satupedang.blogspot.com

Belum lengkap rasanya bila berkunjung di berbagai tempat wisata di Padang tanpa mengunjungi tempat yang menjadi ikon kota ini. Jam Gadang merupakan menara jam yang berada di Bukittinggi. Jam gadang menjadi spesial karena jam tersebut didatangkan langsung dari Belanda.

Hal lain yang menjadikan Jam Gadang begitu istimewa adalah mesin penggerak jam yang hanya ada 2 buah di Dunia, yaitu di Jam Gadang tersebut dan Big Ben di Inggris. Tentunya Anda tidak akan ingin melewatkan kesempatan untuk melihat secara langsung megahnya jam Gadang dan berfoto di depan bangunan ikonik kota Padang satu ini.

9. Air terjun lembah Anai

Air terjun lembah Anai

deskgram.org

Lembah Anai merupakan salah satu tempat wisata di Padang yang cukup terkenal. Anda akan dengan mudah menemukan lembah Anai ini ketika Anda berkendara melewati jalan raya Padang – Bukittinggi, karena letaknya yang berada di tepi jalan trans Sumatera.

Bagi Anda yang sekedar lewat, lembah Anai menyuguhkan pemandangan hutan tropis yang lebat lengkap dengan tiga air terjun di sekitarnya. Anda pun bisa berhenti dan merasakan kesegaran air di lembah Anai tersebut dengan mencelupkan kaki dan bersantai di tepi air terjun. Dari tepi air terjun lembah Anai ini Anda pun bisa melihat pemandangan kereta api yang melintas di atas lembah ini.

Nah, setelah Anda mengetahui banyak referensi tempat wisata di Padang tentunya Anda tidak perlu lagi ragu untuk pergi dan menghabiskan waktu untuk berlibur di kota ini.



Leave a Reply