10 Tempat Wisata Ini Juga Terkenal Sebagai Tempat Pesugihan


prita  June 5, 2021  0 Comment

Kehidupan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa memang tidak bisa lepas dari hal-hal mistis dan supranatural. Mulai dari hantu-hantuan hingga ragam ritual klenik yang terasa sangat kental. Salah satunya adalah ritual pesugihan. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali tempat yang dianggap keramat dan dipercaya sebagai tempat untuk mencari pesugihan atau ritual agar cepat kaya dengan bantuan setan.Nah, berikut ini adalah tempat wisata di Indonesia yang juga terkenal sebagai Tempat Pesugihan

1. Gunung Kawi

Gunung Kawi
dolandolen.com

Tempat wisata yang juga dikenal sebagai tempat pesugihan yang pertama adalah Gunung Kawi. Gunung Kawi ini berlokasi diantara Kota Batu dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Gunung Kawi ini sering kali dikunjungi untuk berziarah, pasalnya ada sederet makam yang sering dikunjungi, yakno makam Eyang Jugo Kyai Zakaria dan Eyang Raden Mas Iman Sujono. Setiap tanggal 1 dan 12 bulan Suro sering diadakan sederet ritual di tempat ini. Gunung Kawi memang terkenal sebagai tempat untuk melakukan ritual pesugihan dan seserahan tumbal. Biasanya pesugihan ini bagi mereka yang ingin kaya secara instan, namun syarat yang digunakan yaitu menggunakan tumbal dari anggota keluarganya sendiri.

Paket wisata murah

Pantai Amed Surga Snorklingnya Para Traveller

Hunting Sunset Di Pantai Parangtritis Yogyakarta, Istimewanya Bikin Rindu

2. Gunung Lawu

Gunung Lawu
kompasiana.com

Keindahan Gunung Lawu tentu tak perlu diragukan lagi. Mulai dari hamparan bunga Edelweiss hingga cantiknya matahari terbit diatas awan tentu menjadikan Gunung Lawu sebagai salah satu destinasi pendakian terfavorit.

Dibalik keindahannya, ternyata gunung yang berlokasi di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah ini sering dijadikan sebagai tempat pesugihan, lho. Menariknya lagi, ada sejumlah ritual yang harus dilakukan oleh pelaku pesugihan jika ingin mendapatkan sesuatu, yaitu dengan membawa sesajen berupa dupa, kembang tujuh rupa, ayam cemani dan persembahan berupa barang paling berharga milik pelaku pesugihan. Sesajen tersebut kemudian diletakkan dalam gua yang ada di kaki Gunung Lawu.

3. Gunung Wijil

Gunung Wijil
kupangsejahtera.wordpress.com

Gunung Wijil terkenal sebagai salah satu tempat wisata yang memiliki pemandangan indah di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Selain dikenal sebagai salah satu tempat wisata, Gunung Wijil ternyata juga dipercaya sebagai tempat pesugihan.

Konon, Gunung Wijil dipercaya sebagai tempat untuk melakukan pertemuan dengan makhluk halus penunggu kawasan tersebut, yaitu Buto Ijo. Buto Ijo memang dikenal sebagai makhluk mitologi Indonesia yang cukup populer. Konon, akan ada ganjaran saat menyerahkan diri pada Buto Ijo dengan memberikan tumbal nyawa untuknya.

4. Gunung Kemukus

Gunung Kemukus
jateng.suara.com

Masih di Jawa Tengah, selain Gunung Wijil ada sebuah gunung lainnya yang juga dipercaya sebagai tempat pesugihan, yaitu Gunung Kemukus. Gunung Kemukus sering dikunjungi bagi pelaku pesugihan namun sebelumnya mereka harus melakukan ritual terlebih dahulu.

Berbeda dengan ritual pesugihan lainnya yang mengharusnya pelakunya untuk bertapa, mengorbankan tumbal atau menaburkan sesajen, ritual pesugihan di Gunung Kemukus ini bisa dibilang tidak masuk akal karena pelaku pesugihan harus melakukan hubungan intim bersama lawan jenis yang belum pernah ditemui sebelumnya. Ritual tersebut memang sudah menjadi rahasia umum di kawasan Gunung Kemukus, namun ada juga yang berpendapat itu hanyalah sebuah prostitusi yang berkedok ritual pesugihan.

5. Gunung Gede

Gunung Gede
cianjurkab.go.id

Gunung memang menjadi salah satu tempat wisata yang juga kerap dijadikan sebagai tempat pesugihan, salah satunya adalah Gunung Gede ini. Gunung Gede yang berlokasi di Jawa Barat ini memang terkenal sebagai tempat untuk melakukan ritual pesugihan.

Konon, ritual pesugihan yang harus dilakukan adalah Munding Seuri, yaitu pesugihan yang mengharuskan anak dari pelaku ritual yang dijadikan tumbal sebagai ganjarannya. Jadi, pelaku pesugihan harus menerima jika kelak wajah anaknya akan menjadi cacat. Menurut mitos, tempat untuk melakukan ritual ini sangat tersembunyi di balik gunung dan harus melakukan perjalanan selama sehari penuh jika akan menuju kesana. Agar ritual pesugihan berhasil, konon pelaku harus melakukannya pada bulan purnama.

6. Gunung Tilu

Gunung Tilu
youtube.com

Masih di Jawa Barat, ada gunung lainnya yang dikenal menjadi tempat pesugihan yaitu Gunung Tilu. Gunung Tilu ini berada di Desa Jabranti dan Desa Cemara di Kabupaten Kuningan.

Gunung Tilu memang dikenal memiliki pemandangan alam yang sangat indah dengan medan yang tidak mudah untuk ditaklukan. Gunung ini juga sangat terkenal dengan berbagai jenis hantu, mulai dari kuntilanak, genderuwo dan tuyul ada disni. Meskipun terkenal sangat angkel, Gunung Tilu ini menjadi tempat yang sering dikunjungi untuk melakukan ritual pesugihan.

7. Gunung Lalakon

Gunung Lalakon
www.facebook.com

Gunung Lalakon yang ada di Bandung, Jawa Barat juga dikenal sebagai salah satu tempat pesugihan yang cukup sering dikunjungi. Menurut warga setempat, Gunung Lalakon ini terkenal sangat angker. Para pendaki yang datang juga sering mengalami kejadian kesurupan.

Konon, ada tiga makam yang sering dikunjungi oleh peziarah. Selain itu, ada juga batu yang sering dijadikan sebagai tempat untuk meminta. Misalnya, batu kandang yang biasa digunakan untuk meminta agar ternaknya terhindar dari penyakit.

8. Alas Purwo

Alas Purwo
blog.misteraladin.com

Alas Purwo memang menjadi salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang menawarkan banyak wisata keren. Mulai dari pantai sampai hutan belantara yang masih terjaga keasriannya.

Alas Purwo ini merupakan salah satu taman nasional terbesar di Indonesia yang cukup menarik untuk dikunjungi. Banyak sekali flora dan fauna yang bisa kamu temukan disini. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa berkunjung ke Goa Istana dan Makam Mbah Dowo, yaitu makam sebuah senjata milik Mpu Barada yang panjangnya sampai 7 meter. Alas Purwo memang dikenal sebagai hutan paling angker di Pulau Jawa, bahkan banyak yang percaya jika kawasan ini merupakan tempat berkumpulnya jin di seluruh Indonesia. Meskipun dikenal angker dan menyeramkan, namun tak menyurutkan niat pelaku pesugihan untuk mencari pesugihan

9. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
gotravelly.com

Pantai Parangtritis memang cukup akrab di telinga kita, apalagi jika kamu adalah warga Jogja. Pantai Parangtritis memang dikenal sebagai destinasi wisata pantai terbaik di Jogja karena pemandangannya yang indah.

Tak hanya itu, pantai ini juga dikenal sebagai tempat mistis karena dipercaya sebagai gerbang penghubung Antara Kerajaan Jogja dan Kerajaan Nyai Roro Kidul. Konon, Nyai Roro Kidul bisa memberikan kekayaan, asalkan peminta mau melakukan ritual dan memberikan tumbal yang menjadi syaratnya.

10. Sendang Kemilon

tempat Pesugihan
ksmtour.com

Sendang Kemilon menjadi tempat wisata yang juga dikenal sebagai tempat pesugihan terakhir yang bisa kamu kunjungi. Sendang Kemilon ini merupakan sebuah wisata air terjun dengan ada waduk kecil atau yang biasa disebut dengan sendang, di Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Sendang Kemilon ini lokasinya berada di tengah hutan dan menariknya, mata air ini terus mengeluarkan air meskipun sedang dalam musim kemarau. Konon, Sendang Kemilon ini identic sebagai tempat pemujaan terhadap Nyi Blorong. Untuk mendapatkan pesugihan di Sendang Kemilon ini, para pria harus berhubungan seksual dengan Nyi Blorong terlebih dahulu sebagai ritualnya, kemudian Nyi Blorong akan memberinya permata yang dilepaskan dari sisiknya.



Leave a Reply