20 Wisata Alam di Inggris Dengan Pesona Paling Epic


prita  June 22, 2021  0 Comment

Wisata alam di Inggris merupakan salah satu Negara yang paling indah untuk dikunjungi dengan ragam wisatanya. Inggris memang sangat terkenal dengan bangunan bersejarahnya yang menarik serta kastil-kastil tua yang masih berdiri dengan megah sampai saatini. Inggris juga memiliki wilayah yang sebagaian besar terdiri dari perbukitan dan dataran rendah, sehingga kamu akan dengan mudah menemukan banyak sekali destinasi wisata alam. Kamu yang suka berwisata alam, pastinya akan merasa tertantang untuk berkunjung ke deretan wisata alam yang ada disana. Nah, apakah kamu sudah berencana berkunjung ke Inggris?

Berikut ini adalah deretan wisata alam terindah di Inggris yang wajib untuk kamu kunjungi

1. Seven Sisters Country Park

Seven Sisters Country Park
eve-dev-blog57.blogspot.com

Wisata alam di Inggris yang pertama wajib untuk kamu kunjungi adalah Seven Sisters Country Park. Wisata alam yang berada di South Downs National Park ini menjadi tempat yang sempurna untuk berjalan-jalan, mengamati burung, mendayung kano atau hanya sekedar bersantai.

Disebut sebagai Seven Sisters karena terdapat 7 tebing kapur yang membentu sehingga menjadi salah satu keajaiban di Inggris yang sangat indah. Untuk menikmati keindahannya, pengunjung diharuskan untuk berjalan sekitar 2 kilometer untuk menikmati keindahan pemandangan disana.

Gotravelly

Sate Kampret : Kuliner Legendaris Jombang Jujukan Food Vlogger!

Wisata Tani Betet, Ngronggot, Nganjuk

2. Winnats Pass

Winnats Pass
digitalcyclist.co.uk

Winnats Pass merupakan sebuah lembah batu kapur dengan tebing menjulang di semua sisinya. Winnats Pass ini berlokasi di jantung Peak District dan menjadi salah satu wisata alam di Inggris yang paling sering dikunjungi.

Sepanjang perjalanan menyusuri lembah ini kamu akan dimanjakan dengan tebing-tebing cantik yang bisa membuatmu terpesona. Tak hanya bisa menggunakan kendaraan, disini kamu juga bisa menemuka sebuah jalan setapak yang biasa digunakan oleh pengunjung yang ingin menikmati keindahan Winnats Pass ini dengan berjalan kaki.

3. Bluebells Hampshire Woods

Bluebells Hampshire Woods
greatbritishlife.co.uk

Bila kamu ingin menikmati keindahan bunga Bluebell yang sedang bermekaran di hutan, kamu wajib untuk berkunjung ke Bluebells Hampshire Woods. Bluebells Hamshire Woods ini bisa menjadi salah satu alternatif destinasi wisata alam di Inggris yang menjadi primadona dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Disini kamu bisa mengunjungi empat tempat berbeda di Hampshire yang berupa hutan liar dimana bunga-bunga Bluebell sedang bermekaran. Pertama adalah Micheldever, River Hamble Country Park, Exbury Gardens dan Hinton Ampner. Jika ingin melihat bunga-bunga cantik ini bermekaran, kamu bisa berkunjung pada pertengahan April hingga akhir Mei.

4. Botany Bay

Botany Bay
tripadvisor.com

Wisata alam di Inggris yang patut untuk kamu sambangi selanjutnya adalah Botany Pass yang berlokasi di Broadstairs, Kent. Botany Bay ini berajarak sekitar 50 menit berkendra dari Canterbury selama 1 jam dan 2 jam naik kereta dari London.

Botany Bay ini disebut-sebut sebagai permata tersembunyi di tenggara Inggris karena menawarkan pemandangan yang sangat indah. Pemandangan yang bisa kamu nikmati disini adalah pemandangan tebing putih serta tumpukan kapur yang indah di tepi laut. Menariknya, saat air laut sedang pasang justru menjadi terlihat sangat bagus dimana kamu bisa menjelajahi kolam batu. Kamu yang ingin menikmati pemandangan disini lebih lama juga bisa menginap di resort tepi pantai dengan fasilitas yang lengkap.

5. Cheddar Gorge

 Cheddar Gorge
nz.news.yahoo.com

Cheddar Gorge juga masuk dalam daftar wisata alam di Inggris yang keindahannya sangat memanjakan mata. Cheddar Gorge ini berada di kawasan Somerset dan menjadi salah satu destinasi menarik untuk di kunjungi.

Cheddar Gorge menawarkan pemandangan tebing dramatis dengan ketinggian 450 kaki dan disebut sebagai ngarai terbesar di Inggris. Kamu bisa mendaki ke puncak Cheddar Gorge ini untuk menikmati pemandangan di sekitarnya yang sangat mengagumkan. Selain itu, kamu juga bisa menjelajah dereta gua yang berada di bawah ngarai ini dan salah satu gua yang paling terkenal adalah Gough’s Cave.

6. High Force Waterfall

High Force Waterfall
teesdalemercury.co.uk

Jika kamu suka berkunjung ke air terjun, maka destinasi wisata alam di Inggris yang satu ini wajib untuk masuk dalam daftar rencana perjalanan kamu. High Force Waterfall ini merupakan salah satu air terjun paling spektakuler yang dimiliki oleh Inggris.

Kamu bisa berjalan-jalan di sepanjang sungai yang mana airnya mengalir dari air terjun ini. Meskipun lokasi dari air terjun ini berada dalam hutan yang mengharuskan pengunjung untuk trekking, namun semua rasa lelah selama perjalanan akan seketika hilang setelah melihat keindahannya.

7. Flamborough Head

Flamborough Head
yorkshire.com

Destinasi wisata alam populer di Inggris selanjutnya adalah Flamborough Head. Flamborough Head ini merupakan sebuah destinasi wisata alam yang berupa tanjung berbatu dengan pemandangan yang sangat indah.

Flamborough Head ini berada di sebuah desa yang sangat indah dan bisa ditempuh sekitar 1,5 jam dengan mobil dari kota York. Disini kamu bisa melakukan pengamatan burung, bermain kano di laut dan melihat dua mercusuar tua. Flamborough Head seolah menjadi tempat yang sempurna untuk kamu yang menyukai alam dan ingin menghabiskan waktu berlibur di suasana yang tenang.

8. Malham Cove

Malham Cove
myyorkshiredales.co.uk

Bagi kamu yang penggemar film Harry Potter, pastinya sudah tidak asing lagi dengan wisata alam di Inggris yang satu ini. Malham Cove merupakan sebuah destinasi wisata yang berupa formasi batu kapur yang terbentuk akibat air tejun pada akhir Zaman Es. Pemandangan ini terlihat semakin indah karena dikelilingi oleh pedesaan yang menawan. Karena keindahan tersebut, tak heran jika Malham Cove menjadi salah satu tempat untuk pengambilan gambar film Harry Potter and the Deathly Hallows Part 1.

9. The Needles

The Needles
availablelight.cc

Wisata alam di Inggris yang saying sekali untuk dilewatkan selanjutnya adalah The Needles. The Needles ini berada di ujung barat Pulau Wight, yang dikenal sebagai pulau terindah di Inggris.

Disini, air laut telah mengikis pantai kapur sehingga meninggalkan tiga menara kapur yang berbeda dan menjulang 30 meter dari laut. The Needles ini disebut sebagai salah satu keajaiban alam di Inggris yang mampu menghipnotis siapapun yang datang kesana. Untuk bisa menikmati keindahannya, kamu bisa menikmatinya dari laut atau menaiki kereta gantung untuk menikmatinya dari atas.

10. Lake District National Park

 Lake District National Park
id.parakito.com

Jika berbicara soal wisata alam di Inggris, pastinya kamu tidak boleh melewatkan Lake District National Park. Taman nasional ini memiliki luas hingga 1.343 yang mencakup beberapa danau terbesar di Inggris, puncak tertinggi dan ragam pemandangan indah lainnya.

Keindahan Lake District National Park ini tak perlu diragukan lagi, pasalnya pemandangan alam di taman nasional ini banyak menginspirasi penyair, penulis dan seniman Inggris hingga beberapa diantaranya membangun rumah mereka disini.

Disini kamu bisa berjalan-jalan atau hiking sambil menikmati pemandangan indah di depan mata. Kamu bisa menjelajah kawasan taman nasional ini dengan menggunakan mobil, bus, atau sepeda. Banyak spot yang menjadi daya Tarik disini, seperti Newlands Valley, Sphinx Rock dan Kirkstone Pass yang sangat indah.

11. Lake Windermere

Lake Windermere
englishlakes.co.uk

Wisata alam paling indah di Inggris berikutnya berada di kawasan Lake District National Park dan menjadi salah satu destinasi wisata populer disana, yaitu Lake Windermere. Danau Windermere ini meruapakan danau paling terkenal dan paling sibuk di kawasan Lake District karena sering dikunjungi oleh wisatawan.

Danau sepanjang 16 kilometer ini bisa kamu jelajahi dengan menggunakan Windermere Lake Cruises yang memang berfungsi sebagai transportasi antar titik. Kamu bisa berkunjung ke Lembah Leven atau Lakes Aquarium dimana kamu bisa melihat atraksi menarik dari ragam koleksi ikan air tawar terbesar di Inggris.

12. Coniston Water

 Coniston Water
flickr.com

Masih di kawasan Lake District National Park, wisata alam di Inggris yang satu ini tentu tak boleh luput dari kunjungan kamu, yaitu Coniston Water. Coniston Water ini merupakan danau dengan panjang sekitar delapan kilometer dan lebar kurang dari satu kilometer yang berlokasi di bawah lereng gunung yang dikenal sebagai Old Man of Coniston. Gunung ini menjulang diatas danau dan desa Coniston.

Kamu bisa menjelajah indahnya danau ini dengan menggunakan kapan pesiar uap Gondola 1895 atau Coniston Launch yang menggunakan tenaga surya. Perahu ini akan berhenti di spot-spot wisata yang menarik seperti Rumah John Ruskin, yaitu seorang yang berpengaruh di era Victoria. Kamu juga bisa berkunjung ke Museum Ruskin yang bercerita tentang Coniston dari awal zaman batu.

13. Ullswater

Ullswater
crowdfunder.co.uk

Wisata alam di Inggris yang satu ini juga berada di kawasan Lake District yang sangat indah, yaitu Ullswater. Ullswater ini merupakan danau terbesar kedua di Lake District dengan panjang hingga 14 kilometer dan lebar kurang dari 2 kilometer.

Danau ini memiliki latar yang sangat indah, yaitu di bawah Gunung Helvellyn. Untuk menjelajah danau ini, kamu bisa naik kapal Lady of the Lake 1887 atau Raven 1889 yang mana keduanya sama-sama berangkat dari Jembatan Pooley yang indah.

Kamu juga bisa trekking di Ullswater Way sepanjang 32 kilometer di sekitar danau atau kamu juga bisa menggabungkan naik perahu kemudian dilanjutkan dengan mendaki sejauh 12 kilometer menuju Maiden Castle, yaitu bekas bukit dengan pemandangan Ullswater Valley yang spektakuler.

14. Helvellyn

Helvellyn
theoutdooradventureblog.com

Jika kamu adalah pecinta hiking, maka Helvellyn juga menjadi salah satu tempat wisata alam terindah di Inggris yang wajib untuk kamu kunjungi. Helvellyn ini merupakan salah satu puncak tertinggi di kawasan Lake District National Park serta menjadi jalur pendakian palig populer disana, baik bagi pendaki pemula maupun pendaki yang telah berpengalaman.

Menariknya, Helvellyn Horseshoe merupakan hasil dari gua era geologi, yang pertama adalah gunung berapi yang meninggalkan kaldera berbentuk mangkok, kemudian geltser yang mengelilinginya yang disebut sebagai Striding Edge.

Helvellyn terlihat sangat indah dari sisi manapun, terutama dari puncak dimana kamu bisa melihat ke danau Gunung Red Tarn yang tinggi. Di sisi lain, terdapat jalur yang sebagian besar digunakan oleh pendaki berjalan di sepanjang puncak bukit berumput dengan pemandangan ke danau yang indah.

15. Derwentwater

Derwentwater
where2walk.co.uk

Derentwater merupakan salah satu danau paling indah yang juga menjadi bagian dari Lake District National Park. Danau ini berada cukup dekat dari pusat kota Keswick, yaitu bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 10 menit.

Danau ini bersebalahan dengan bukit Catbells di sisi barat dan memanjang hingga arah timur yang berbatasan dengan Friar’s Crag. Kamu bisa menikmati keindahan danau ini dengan menggunakan perahu kecil. Atau kamu juga bisa mengelilingi danau ini dengan berjalan kaki di tepian danau sejauh 12 kilometer dan semuanya tentu menyajikan pemandangan yang sangat indah.

16. Jurassic Coast

Jurassic Coast
jurassiccoast.org

Wisata alam di Inggris yang wajib untuk kamu kunjungi berikutnya adalah Jurassic Coast. Jurassic Coast ini merupakan sebuah pantai menawan yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Disini biasanya wisatawan akan diajak untuk berjalan menjelajahi keindahan pantai yang membentang sejauh 95 mil sepanjang Devon Timur hingga ke Dorset. Pantai ini memiliki tebing yang sangat indah dan telah ada sejak periode Triassic, Jurassic dan Cretaceous. Kamu bisa berjalan di sepanjang jalur tebing untuk melihat beberapa geologi paling spektakuler di Inggris lainnya, salah satunya adalah Durdle Door.

17. Durdle Door

Durdle Door
thebeachguide.co.uk

Masih di sekitar Jurassic Coast, kamu bisa menemukan sebuah tempat menarik yang juga menjadi salah satu wisata alam paling populer di Inggris, yaitu Durdle Door. Durdle Door ini merupakan sebuah keajaiban geologis yang keindahannya sangat terkenal di dunia.

Durdle Door ini merupakan sebuah batu kapur raksasa yang melengkung membentuk bagaikan pintu. Maka tak heran jika tempat ini dijuluki sebagai Durdle Door. Tak hanya itu, Durdle Door juga memiliki pantai yang indah dan menjadi tempat yang sempurna untuk berlibur.

18. Kensington Garden

Kensington Garden
housebeautiful.com

Jika kamu ingin menikmati wisata alam di Inggris namun tak ingin pergi jauh ke luar kota London, maka kamu bisa berkunjung ke Kensington Garden. Taman cantik ini berada di kawasan Istana Kensington yang kini menjadi tempat tinggal Pangeran William dan keluarganya.

Taman yang berbatasan langsung dengan Hyde Park ini dihiasi dengan warna-warni bunga, pepohonan, kolam dan bangunan yang indah. Disini pengunjung juga bisa melakukan berbagai kegiatan, seperti jogging, bersepeda, piknik atau sekedar jalan-jalan.

19. Hyde Park

Hyde Park
minube.net

Dari Kensington Garden, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Hyde Park jika ingin mengunjungi salah satu wisata alam di Inggris yang lokasinya berada di sekitar London. Hyde Park juga menjadi salah satu tempat wisata favorit tak hanya bagi masyarakat setempat, tapi juga wisatawan asing.

Hyde Park merupakan sebuah taman kota yang sangat asri dengan ragam pepohonan yang tumbuh disana. Tak hanya itu, disini kamu juga bisa menemukan tempat olahraga, seperti bermain tenis, berkuda, golf, berenang dan olahraga lainnya. Selain itu, Hyde Park juga kerap dijadikan sebagai tempat untuk menggelar konser, festival serta pasar malam.

20. Royal Botanic Garden

Royal Botanic Garden
themontcalm.com

Wisata alam di Inggris yang terakhir adalah Royal Botanic Garden. Royal Botanic Garden ini dikelola oleh Kew dan disponsori oleh Department of Environment, Food and Rural Affairs Inggris.

Kebun botani seluas 121 hektar ini menjadi tempat koleksi tumbuhan hidup terbesar di dunia karena memiliki koleksi tanaman lebih dari 30.000 jenis dan 7 juta lebih specimen yang telah diawetkan. Disini, pengunjung bisa berkeliling dan mengunjung berbagai bangunan rumah kaca, seperti Rose Garden, Waterlily House, Palm House, Rock Garden, Aquatic Garden, Davies Alpine House, Orangery, Temperate House, Grass Garden Herbaceous Ground dan Princess of Wales Conservatory.

Tak hanya berfungsi sebagai tempat wisata, Royal Botanic Garden ini juga menjadi tempat penting secara internasional bagi lembaga pemdidikan dan untuk riset tanaman.



Leave a Reply