10 Tradisi Penutup Kepala yang Unik dari Berbagai Negara


Fida  March 24, 2021  0 Comment

Berbagai negara di dunia tentu memiliki ciri khas masing-masing seperti Tradisi penutup kepala Unik. Hal-hal yang membedakan tradisi di setiap negara diantaranya bahasa, pakaian tradisional, hingga penutup kepala. Ada banyak sekali jenis dan bentuk penutup kepala dari berbagai negara. Tidak hanya bentuknya yang berbeda, makna dan filosofinya juga berbeda-beda pula. Berikut Tradisi penutup kepala dari berbagai negara di dunia

1. Akubra, Australia

Akubra
dictio.id

Ada cukup banyak tradisi penutup kepala dari berbagai negara di dunia salah satunya adalah penutup kepala akubra yang berasal dari Australia. Penutup kepala yang satu ini mirip dengan topi koboi. Bentuknya yang cukup unik dan menarik menjadikan penutup kepala akubra cocok digunakan dan masih banyak dicari hingga saat ini.

Topi yang satu ini memiliki keunikan yakni anti air dan tahan sinar matahari. Bentuknya yang keren juga menjadikan topi ini cocok dipadupadankan dengan beragam jenis dan bentuk pakaian. Pernah mencoba menggunakan topi yang satu ini?

Review wisata

TGC Coffee: Coffee Shop Cozy Di Tengah Kota Surabaya

Kunjungan Ke Saung Angklung Udjo

2. Fez, Turki

fez
travel.detik.com

Berbicara tentang tradisi penutup kepala dari berbagai negara di dunia, Turki memiliki penutup kepala khas yang sering disebut dengan Fez. Penutup kepala yang satu ini memiliki bentuk sangat unik yakni berbentuk seperti tabung. Di bagian atas Fez terdapat rumbai yang menjuntai.

Tampilan penutup kepala Fez mirip dengan topi Aladin. Saat berada di Turki, Anda akan dengan mudah menjumpai penjual penutup kepala yang satu ini. Fez telah digunakan sejak sekitar tahun 1800-an di Turki. Tertarik untuk mencoba fez?

3. Baret, Prancis

Baret
shopee.co.id

Baret menjadi salah satu penutup kepala yang sudah melekat dengan kebudayaan Prancis. Salah satu tradisi penutup kepala unik dari berbagai negara ini sangat mudah dijumpai dan tidak asing dilihat. Dulunya, baret hanya digunakan oleh tentara Prancis. Hal itu tentu menjadikan penampilan tentara semakin gagah.

Namun tidak sedikit juga masyarakat biasa yang memilih untuk menggunakan baret. Biasanya penutup kepala yang satu ini dipakai oleh aktor komedian Prancis dan menjadikannya semakin terlihat lucu saat memainkan perannya. Cara pemakaian baret memang agak sedikit miring, hal itu menjadi ciri khas dan keunikan penutup kepala yang satu ini.

4. Tam, Skotlandia

tam
indonesian.alibaba.com

Pernah memperhatikan penutup kepala yang digunakan oleh musisi Bob Marley? Penutup kepala tersebut memiliki sebutan tam yang memiliki akar budaya Skotlandia. Namun tam kini lebih sering dijumpai di kawasan Jamaika. Biasanya tam digunakan untuk menutupi rambut gimbal di Jamaika. Tam menjadi salah satu tradisi penutup kepala dari berbagai negara yang wajib Anda tahu.

Penutup kepala yang satu ini biasanya dibuat berwarna-warni. Bentuknya sengaja dibuat besar, mengingat fungsinya yang dominan untuk menahan rambut gimbal. Anda akan dengan mudah menjumpai penutup kepala yang satu ini saat berkunjung ke berbagai negara salah satunya Jamaika. Tertarik untuk mencoba topi unik dan khas ini?

5. Turban, India

Turban India
in.pinterest.com

Berbicara tentang tradisi penutup kepala dari berbagai negara, india juga memiliki penutup kepala yang disebut dengan turban. Anda tentu sudah tidak asing dengan penutup kepala yang satu ini. Turban biasa digunakan oleh pria maupun wanita. Namun di India, penutup kepala yang satu ini sudah tidak bisa lepas dan merupakan salah satu aksesori yang digunakan oleh pria.

Selain India, turban juga digunakan oleh negara-negara lainnya di Timur Tengah. Yang biasa membedakan turban dari berbagai negara adalah bentuk, ukuran, dan juga warna. Sudah pernah mencoba sensasi menggunakan penutup kepala yang satu ini?

6. Topi Kerucut, Indonesia Thailand Vietnam

topi kerucut
tokopedia.com

Topi kerucut menjadi salah satu tradisi penutup kepala dari berbagai negara, tepatnya berasal dari negara Asia seperti Indonesia, Thailand, dan juga Vietnam. Di Indonesia sendiri topi kerucut biasa disebut dengan caping. Topi yang satu ini biasa digunakan oleh petani ketika bekerja di sawah. Sesuai dengan namanya, penutup kepala ini memiliki bentuk kerucut dan memiliki sisi yang lebar.

Topi kerucut dibuat dengan bahan utama bambu. Topi yang satu ini memiliki kegunaan atau manfaat untuk melindungi kepala dari paparan sinar matahari langsung. Di negara selain Indonesia, topi kerucut juga memiliki kegunaan dan fungsi yang sama.

7. Bowler, Inggris

Bowler
id.aliexpress.com

Ada cukup banyak tradisi penutup kepala dari berbagai negara salah satunya adalah dari negara Inggris yakni penutup kepala yang disebut dengan bowler. Anda akan bisa dengan mudah menjumpai penutup kepala bowler saat traveling khususnya di Inggris. Bowler memiliki ciri khas bentuk yang bulat sempurna.

Bowler juga merupakan penutup kepala yang selalu digunakan oleh Charlie Chaplin di setiap pertunjukannya. Pernah mencoba sensasi menggunakan penutup kepala yang satu ini?

8. Ushanka, Rusia

ushanka
indonesian.alibaba.com

Berbicara tentang Tradisi penutup kepala Unik dari berbagai negara di dunia, Ushanka juga menjadi salah satu penutup kepala unik yang berasal dari Rusia. Penutup kepala yang satu ini biasa digunakan oleh masyarakat pada saat musim dingin.

Sesuai dengan penggunaannya, bahan yang digunakan dalam pembuatan penutup kepala ini adalah bahan tebal. Karena digunakan saat musim dingin, ushanka dibuat dengan bentuk menutup kepala dan telinga. Penutup kepala yang satu ini dapat dikatakan fashionable karena keren dan cocok digunakan bersama dengan berbagai bentuk pakaian. Salah satu topi yang wajib Anda punya untuk menyambut musim dingin.

9. Topi Koboi, Texas

 Topi Koboi
tokopedia.com

Salah satu Tradisi penutup kepala Unik dari berbagai negara di dunia adalah topi koboi yang berasal dari Texas. Sesuai dengan namanya, penutup kepala yang satu ini banyak digunakan oleh pria berkuda di Texas. Penampilan koboi akan terlihat semakin menarik dan khas jika menggunakan penutup kepala yang satu ini.

Saat ini, topi koboi tidak hanya mudah dijumpai di Texas saja melainkan di berbagai belahan negara di dunia. Di Indonesia sendiri topi koboi cukup mudah didapatkan. Pernah mencoba sensasi menggunakan topi koboi?

10. Sombrero, Meksiko

Sombrero Mexico
indonesian.alibaba.com

Sombrero menjadi salah satu tradisi penutup kepala dari berbagai negara yang berasal dari Meksiko. Bukan hanya namanya saja yang unik, penutup kepala yang satu ini juga memiliki bentuk yang unik. Sombrero memiliki bentuk yang lebar. Salah satu fungsi dari penutup kepala yang satu ini adalah untuk menghindari paparan sinar matahari langsung. Anda akan dengan mudah menjumpai penutup kepala sombrero saat datang ke Meksiko.

Nah itulah 10 tradisi penutup kepala dari berbagai negara di dunia. Penutup kepala tersebut tentu memiliki bentuk dan ciri khas masing-masing serta manfaat yang berbeda-beda. Penutup kepala manakah yang paling unik dan paling ingin Anda gunakan?



Leave a Reply