12 Danau Terluas di Dunia, Ada Danau Tertua Juga loh!


Jehan  August 1, 2023  0 Comment

Danau Terluas di Dunia – Danau merupakan dataran cekung yang menjadi wadah menampung air. Pembentukan danau secara alami bisa terjadi karea aliran sungai hingga munculnya sumber mata air.

Namun tahukah kamu jika danau memiliki sifat hidup yang berbeda satu sama lain? sama halnya seperti manusia, danau memiliki kehidupannya. Ketika terbentuk, danau melalui fase ukuran dari kecil hingga menjadi besar.

Setelah itu, danau pun bisa tetap hidup atau mati dan mengering. Danau yang menjadi salah satu fenomena alam yang tersebar di penjuru dunia ini, tentu memiliki keunikannya masing-masing.

Kali ini GoTravelly akan membagikan ulasan mengenai deretan danau terluas di dunia untukmu. Yuk, cari tahu danau apa dan di mana saja yang memiliki luas terbesar di dunia bersama GoTravelly.

Menurut data yang di dapatkan dari Water Encyclopedia, ada dua pembagian karakter danau yang bisa dikategorikan, yakni danau dengan memiliki ukuran luas dan danau yang terukur dengan kedalaman. Berikut daftar danau dengan memiliki tingkat terluas di dunia.

Danau Terluas di Dunia

1. Laut Kaspia

laut kaspia danau terbesar di dunia
unsplash.com

Meski pun memiliki nama sebagai laut, namun tempat ini merupakan danau terbesar di dunia loh. Luas area Laut Kaspia mencapai 386,400 kilometer persegi dan memiliki volume 78,200 kilometer kubik.

Danau terbesar di dunia ini memiliki karakteristik yang mirip dengan laut. Kadar garam yang terkandung pada air Laut Kaspia hingga adanya cekungan samudra di bawah permukaannya mengarahkan danau ini mirip dengan sebuah laut.

Titik lokasi Laut Kaspia menyebar ke banyak penjuru negara, seperti Kazakhstan, Rusia, Iran, Turkmenistan, dan Azerbaijan. Apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke Laut Kaspia? Danau ini bisa kamu jadikan destinasi liburanmu loh.

Kamu bisa berkeliling di perairan Kaspia menggunakan sebuah kapal. Ada beberapa tur yang bisa kamu pilih jika ingin berkunjung ke Laut Kaspia. Apakah kamu tertarik untuk mengatur jadwal berlibur dengan mengunjungi danau terluas di dunia ini?

2. Danau Superior

danau superior terluas di dunia
unsplash.com

Selanjutnyaadalah perairan yang membentang di garis pantai Amerika Serikat dan Kanada. Danau terluas di dunai ini memiliki luas area sekitar 82,100 kilometer persegi. Sedangkan volumenya mencapai 12,230 kilometer kubik.

Perairan yang memiliki luas permukaan terbesar di dunia ini memiliki warna air yang cantik. Danau ini seringkali dijuluki sebagai laut air tawar atau The Freshwater Sea. Sekitar danau dikelilingi dengan tebing-tebing yang menjulang.

Oleh karena itu, tidak sedikit wisatawan datang ke Danau Superior untuk menangkap lanskap megahnya yang mempesona. Ketika kamu berkunjung ke danau tersebut, warna biru tua air akan menghipnotismu.

Baca juga :  10 Tempat Wisata Menarik di Singkawang, Dijamin Nggak Mau Pulang

Tentu saja perjalanan ke danau terluas di dunia ini akan sepadan dengan kepuasan yang akan kamu dapatkan. Pemandangan indah dengan udara segar adalah perpaduan momen yang sangat layak untuk di simpan, bukan?

3. Danau Victoria

danau victoria terluas di dunia
flickr.com

Berikutnya ada sebuah bentang alam di dataran Afrika yang menjadi danau terluas di dunia ketiga. Danau Victoria adalah perairan air tawar yang memiliki garis pantai di sekitar Uganda, Kenya, serta Tanzania.

Danau ini memiliki luas mencapai 69,485 kilometer persegi, dengan volumenya mencapai 2,700 kiometer kubik. Fakta menarik mengenai danau ini adalah penamannya yang diberikan untuk menghargai jasa dari Ratu Inggris Victoria yang memiliki jasa dalam pemeliharaan satwa liar di daerah tersebut.

Oleh karena itu, keberadaan Danau Victoria menjadi faktor penting untuk keberlangsungan hidup satwa liar di sana. Fakta menarik lainnya mengenai Danau ini adalah perairannya menjadi sumber untuk Sungai Nil.

Di wilayah Uganda, air dari danau ini mengalir ke salah satu sungai terpanjang dan terpenting di dunia hingga lepas ke Laut Mediterania. Apakah kamu tahu fakta menarik lainnya dari Danau Victoria ini?

4. Danau Huron

danau huron
unsplash.com

Danau terluas di dunia berikutnya adalah sebuah cekungan yang berada di Amerika Serikat, Kanada. Huron menjadi salah satu danau yang memiliki luas area sekitar 59,600 kilometer persegi.

Volume danau ini mencapai 3,537 kilometer kubik. Sebagai danau yang masuk ke dalam deretan danau terluas di dunia, Huron tidak bisa terlepas dari berbagai macam fakta menarik.

Ada sebuah legenda yang melekat dari danau ini, tentang kisah dari monster air bernama Mishebebshu. Konon mahluk air ini membangun sarang di bawah air yang dekat dengan muara Sungai Serpent yang alirannya mengarah ke Danau Huron.

Fakta menarik dari danau ini adalah lokasinya yang menjadi rumah bangkai kapal. Ada lebih dari seribu bangkai kapal tenggelam di danau ini. Beberapa di antara bangkai tersebut hingga saat ini masih ada dan dilestarikan sebagai sebuah artefak. Apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke Danau Huron sobat GoTravelly?

5. Danau Michigan

danau michigan
unsplash.com

Hal unik yang harus kamu ketahui dari danau terluas di dunia berikut ini adalah keberadaanya yang terletak di satu wilayah saja. Ya, Danau Michigan adalah danau terbesar yang berlokasi di satu negara Amerika Serikat.

Meski luasnya sedikit lebih kecil dari Danau Huron sekitar 57,800 kilometer persegi. Namun, volume dari Danau Michigan lebih besar dari Danau Huron loh. Volume danau ini mencapai 4,920 kilometer kubik.

Ada banyak sudut menarik yang bisa kamu jangkau untuk menikmati panorama dari fenomena alam di Amerika ini. Keindahan dari bentang alam dari Danau Michigan sangat layak untuk dikunjungi dan disimpan sebagai memori manis.

Baca juga :  Mengenal 8 Danau di Amerika, Ada yang Terbesar Juga loh!

6. Danau Tanganyika

danau tanganyika
unsplash.com

Danau cantik ini berada di Afrika dengan memiliki luas sekitar 32,900 kilometer persegi. Volumenya sekitar 18,900 kilometer kubik. Danau Tanganyika berada di garis wilayah Burundi, Tanzania, Zaire, dan Zambia.

Perairan ini juga dikenal sebagai destinasi wisata Afrika yang cukup banyak diminati oleh para wisatawan. Danau Tanganyika menyuguhkan pemandangan penuh pesonanya setiap saat di sepanjang tahun.

Danau yang menjadi destinasi wisata ini banyak disenangi karena menyimpan ketenangan dan keramahan dari penduduk setempat. Jika kamu tertarik untuk mendatangi danau terluas di dunia ini, kamu bisa memilih kunjungan pada perantaraan bulan Juni hingga September.

Pada bulan tersebut suasana dari Danau Tanganyika dikenal sebagai waktu yang paling sempurna untuk dinikmati. Udara yang sejuk akan sangat cocok untuk melakukan petualangan.

Kamu bisa melakukan banyak hal yang penuh keseruan di sekitar Danau Tanganyika, mulai dari trekking, pantai, hingga menikmati atraksi satwa lokal simpanse yang ada di sana. Di sana kamu bisa bertemu dengan simpanse yang tinggal di lereng. Bagaimana, apakah menurutmu Danau Tanganyika menarik untuk dijadikan sebagai sebuah destinasi?

7. Danau Baikal

danau baikal tertua di dunia
unsplash.com

Selanjutnya ada sebuah danau bernama Baikal. Selain dikenal sebagai danau terluas, danau ini juga dikenal sebagai danau terdalam dan tertua di dunia loh. Danau Baikal memiliki luas mencapai 31,500 kilometer persegi dan volume danau ini mencapai 22,995 kilometer kubik.

Danau yang terletak di sisi tenggara Siberia ini menyimpan 20% dari total cadangan air tawar dunia yang tidak membeku. Julukan yang diberikan oleh Danau Baikal adalah Galapagos Rusia.

Ada banyak fakta menarik dari Danau Baikal ini, salah satunya adalah usia tuanya yang telah mencapai lebih dari 25 juta tahun tersebut menjadikannya rumah terkaya dari fauna air tawar.

Hal tersebutlah yang menjadikan Danau Baikal sebuah habitat cukup popular untuk sebuah evolusi dari ilmu pengetahuan. Beragam hewan serta tumbuhan yang hidup di area sekitar danau tersebut adalah spesies yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. wow, apa kamu bisa membayangkan betapa luar biasanya Danau tertua di dunia ini?

8. Danau Great Bear

danau great bear
unsplash.com

Selanjutnya adalah sebuah danau terluas di dunia yang lokasinya ada di kawasan Amerika Utara, Kanada. Danau ini memiliki luas 31, 153 kilometer persegi dengan volume 2,381 kilometer kubik.

Sifat perairan di danau ini cukup jernih dan dingin. Danau Great Bear menjadi rumah bagi banyak ikan, terutama jenis ikan trout berbintik yang melimpah. Banyak para wisatawan datang berkunjung ke danau ini untuk memancing.

Selain itu, kegiatan yang tidak kalah seru lainnya adalah berpartisipasi dengan tur untuk berkeliling di sekitar danau. Ada banyak lanskap dari danau yang layak untuk dinikmati. Apakah kamu tertarik dengan Danau Great Bear?

Baca juga :  Berikut 9 Tempat Wisata di Peru Bikin Makin Seru

9. Danau Malawi

danau malawi
unsplash.com

Jika ingin berlibur di sebuah danau cantik, cobalah membuat sebuah rencana kunjungan ke Danau Malawi yang ada di Afrika. Danau ini memiliki luas sekitar 29,604 kilometer persegi, dengan volume 6,141 kilometer kubik.

Petualangan khas yang banyak dinantikan dari Danau Malawi adalah jelajah rumah bagi ratusan spesies ikan endemik. Ada banyak satwa liar yang dapat kamu temui di Danau Malawi, seperti kuda nil, babi hutan, spesies burung, babon, hingga gajah. Sebagai rumah dari banyak biota, Danau Malawi adalah situs Warisan Dunia UNESCO.

Danau Malawi yang mempesona ini sangat cocok untuk dikunjungi. Kamu para pecinta snorkeling atau scuba diving bisa melakukannya di sana. Ada banyak penginapan di sekitar danau yang tentu saja sangat nyaman untuk disinggahi.

10. Danau Great Slave

great slave lake
flickr.com

Urutan ke sepuluh danau terluas di dunia adalah sebuah danau bernama Great Slave yang juga dikenal sebagai danau terdalam di Amerika Utara. Danau ini memiliki luas sekitar 27,000 kilometer persegi.

Ketika berkunjung ke Danau Great Slave ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan, tentunya kegiatan tersebut dilakukan saat air tenang. Kamu bisa memilih kayak, kano, atau papan dayung.

Panorama menakjubkan bisa kamu nikmati di danau tersebut. Bayangan dari pulau-pulau yang mengitari danau menjadi pemandangan indah yang mempesona. Lanskap yang tidak kalah menarik lainnya dari Great Slave Lake adalah tebing tinggi yang menjulang.

11. Danau Erie

danau erie terluas di dunia
unsplash.com

Sebuah danau yang memiliki luas 25,700 kilometer persegi dengan volume 489 kilometer kubik ini merupakan salah satu danau yang memiliki peran penting. Danau Erie adalah salah satu danau produktif secara biologis.

Danau ini menjadi rumah dari berbagai macam kehidupan biota. Perairannya yang dangkal dengan suhu hangat adalah rumah baik bagi aneka hayati. Disamping itu, Danau Erie juga menjadi sumber air minum untuk jutaan penduduk sekitar. Ada banyak area menarik untuk dijelajahi yang bisa kamu temui di sekitar Danau Erie.

12. Danau Winnipeg

danau winnipeg
unsplash.com

Danau terakhir yang masuk ke dalam deretan danau terluas di dunia selanjutnya adalah Winnipeg. Luas dari danau ini mencapai 24,514 kilometer persegi dengan volume 283 kilometer kubik.

Winnipeg dikenal sebagai salah satu danau air tawar terbesar di dunia loh. Keberadaan ini cukup popular dijadikan sebagai objek wisata. Ada banyak panorama cantik yang mengesankan dari Danau Winnipeg.

Sobat GoTravelly, itulah deretan danau terluas di dunia yang mempesona. Ada banyak hal menarik yang layak untuk dicoba ketika berkunjung ke bentang alam tersebut. Apakah kamu termasuk traveler yang tertarik memilih danau sebagai destinasi wisatamu?

Buat kamu yang penasaran dengan berbagai macam informasi menarik lain yang ada di dunia ini, yuk cari tahu bersama GoTravelly. Ada banyak sudut menarik untuk dijelajahi, selain itu kamu juga bisa membagikan petualanganmu di sini.



Leave a Reply