10 Destinasi Wisata Melihat Lumba lumba di Laut Lepas


prita  June 5, 2020  0 Comment

Lumba-lumba atau dolphin dikenal sebagai salah satu hewan yang cerdas. Tak hanya sebagai perenang aktif, dolphin juga sangat senang berkomunikasi dengan manusia degan cara bermain ataupun berenang bersama. Wisata Melihat Lumba lumba berenang di laut lepas memang menjadi pengalaman yang mengesankan, terlebih lagi jika Anda bisa bermain dan berenang bersama. Nah, jika Anda sudah lama berangan untuk bisa liburan sambil melihat dan bermain dengan dolphin di laut lepas, berikut ini adalah tempat melihat dolphin di laut lepas yang bisa Anda kunjungi.

Wisata Melihat Lumba-Lumba

1. Perairan Misool, Papua

Perairan Misool
pegipegi.com

Tempat melihat dolphin di laut lepas yang pertama adalah di Perairan Misool, Raja Ampat. Perairan ini memang terkenal sangat indah, lautnya masih jernih berpadu dengan pulau-pulau yang masih asri sehingga perairan ini bagaikan surga di dunia.

Perairan Misool memang terkenal dengan keindahan bawah laut dan kekayaan biota lautnya. Salah satunya adalah lumba-lumba. Di kawasan ini terdapat 3 spesies lumba-lumba yang terkenal ramah. Biasanya mereka akan keluar dan mengikuti kapal-kapal wisatawan yang melintas di perairan ini.

Gotravelly

Ngadem Di Kebun Teh Jamus. Pemandangan Dan Udaranya Bikin Males Pulang!

Patung Buddha Empat Wajah: Berlapis Emas Murni Dan Tertinggi Di Indonesia

2. Pantai Lovina, Bali

pantai lovina
blog.airpaz.com

Sejak lama Pantai Lovina di Bali ini memang menjadi tempat melihat dolphin di laut lepas, pasalnya kawasan pantai ini memang menjadi habitat lumba-lumba. Berkunjung ke Pantai Lovina tentunya akan membuat Anda dengan mudah bertemu dan menyaksikan secara langsung mereka berenang di laut lepas.

Baca juga :  Cari Hotel Dekat Gedung Sate? Berikut 9 Rekomendasi Hotel Terbaiknya

Untuk bisa melihat lumba-lumba lebih dekat, Anda bisa menyewa perahu yang banyak ditawarkan di sekitar pantai. Jumlah lumba-lumba yang hidup di kawasan pantai ini ada ratusan dan mereka terkenal sangat agresif karena mereka biasanya akan melompat-lompat di dekat perahu yang sedang melintas.

3. Perairan Taman Nasional Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

perairan taman nasional pulau komodo
tripadvisor.co.id

Tempat melihat dolphin di laut lepas selanjutnya ada di kawasan perairan Taman Nasional Pulau Komodo. Lumba-lumba di kawasan ini biasanya muncul saat pagi hari dimana ketika matahari baru akan muncul di ufuk timur.

Biasanya saat itu lumba-lumba akan melompat-lompat di udara untuk menuju ke Pulau Padar dan Pulau Kalong. Pulau Padar memang terkenal memiliki pemandangan yang sangat indah, tak heran jika pulau ini menjadi situs warisan budaya UNESCO sejak tahun 1991. Di pulau inilah Anda juga bisa melihat lumba-lumba secara langsung berenang bebas di lautan.

4. Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur

Laut Sawu
goodnewsfromindonesia.id

Masih di kawasan Nusa Tenggara Timur, tempat melihat dolphin di laut lepas ada di Laut Sawu. Laut Sawu merupakan sebuah laut yang menjadi tempat pertemuan antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Laut ini memang masih asing ditelinga kita, namun disinilah Anda bisa menikmati atraksi lumba-lumba secara leluasa.

Di Laut Sawu ini banyak sekali lumba-lumba yang terlihat pada waktu-waktu tertentu sehingga menjadikannya sebuat atraksi yang menarik untuk dinikmati. Tak hanya lumba-lumba, Laut Sawu juga menjadi habitat berbagai jenis hewan laut lainnya, salah satunya adalah paus biru.

5. Teluk Kilauan, Lampung

teluk kiluan
korinatour.co.id

Teluk Kilauan di Lampung juga bisa menjadi destinasi tempat melihat dolphin di laut lepas. Teluk Kilauan adalah sebuah perairan yang berada di Desa Kilauan, Kecamatan Kalumbayan, Kabupaten Tenggamus, Lampung Selatan.

Baca juga :  14 Tempat Wisata di Gowa Terfavorit dan Terpopuler

Berwisata ke Teluk Kilauan sangatlah cocok jika Anda penggemar wisata pantai. Disini Anda bisa menyewa perahu untuk berlayar sambil menikmati indahnya pemandangan pantai dan bertemu lumba-lumba yang berenang bebas di perairan ini. Jenis lumba-lumba yang biasa ditemui adalah jenis lumba-lumba hidung botol atau lumba-lumba paruh panjang. Lumba-lumba tersebut biasanya akan berenang dan berlompatan mengiringi perahu yang Anda gunakan.

6. Pulau Siladen, Sulawesi Utara

Pulau Siladen
sehat-jr.blogspot.com

Pulau Siladen juga menjadi salah satu tempat melihat dolphin di laut lepas yang tak boleh Anda lewatkan. Lain halnya dengan pantai-pantai lainnya, mungkin pulau ini belum terlalu terdengar di telinga. Pulau Siladen adalah salah satu pulau yang masuk dalam bagian Taman Nasional Bunaken yang sangat terkenal karena keindahan lautnya.

Untuk melihat lumba-lumba di perairan ini memang butuh sedikit kesabaran karena tidak selalu hewan ini muncul ke permukaan. Biasanya, ketika Anda melintasi perairan Pulau Siladen menggunakan perahu, terkadang Anda bisa melihat lumba-lumba yang berenang di pinggiran perahu Anda.

7. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

kepulauan derawan
travelerien.com

Kepulauan Derawan yang berada di Berau, Kalimantan Timur yang sejak dulu terkenal dengan keindahan lautnya. Tak hanya itu, keindahan perairan Derawan juga semakin menarik dengan adanya beragam biota laut yang unik, salah satunya adalah lumba-lumba.

Kepulauan Derawan juga kerap dijadikan pilihan sebagai tempat Wisata Melihat Lumba lumba di laut lepas karena memang perairan ini menjadi habitat asli lumba-lumba. Namun, butuh sedikit keberuntungan untuk bisa bertemu lumba-lumba di kawasan ini karena lumba-lumba hanya bisa dilihat di beberapa titik saja. Biasanya, lumba-lumba akan terlihat saat Anda melakukan perjalanan menuju Pulau Marataua.

8. Pulau Peucang, Banten

pulau peucang
ksmtour.com

Pulau Peucang mungkin masih sedikit asing di telinga kita, namun pulau ini merupakan salah satu tempat Wisata Melihat Lumba lumba di laut lepas terbaik. Berlokasi di Banten, tentunya keindahan alam Pulau Peucang akan semakin menambah pengalaman berlibur yang luar biasa.

Baca juga :  Rekomendasi 10 Tempat Romantis di Bali Pinggir Pantai Indah Banget

Anda bisa melihat lumba-lumba berenang di kawasan perairan Pulau Peucang ini bahkan bisa bermain atau berenang secara langsung dengan lumba-lumba. Karena keindahannya, Pulau Peucang ini kerap disamakan dengan salah satu pantai di Florida, Amerika Serikat, Tak heran jika pulau ini kerap dikunjungi oleh banyak wisatawan lokal hingga mancanegara.

9. Pulau Tunda, Banten

Pulau Tunda
review.bukalapak.com

Tak jauh dari Pulau Peucang, terdapat sebuah pulau yang tak kalah cantiknya bernama Pulau Tunda. Pulau ini juga masih masuk dalam wilayah Banten dan juga menjadi habitat asli lumba-lumba, jadi tak heran jika pulau ini juga menjadi salah satu tempat melihat dolphin di laut lepas terbaik.

Karena lokasinya yang berdekatan dengan Pulau Peucang, diperkirakan lumba-lumba yang terdapat di perairan pulau ini pun sama. Jika Anda ingin bertemu langsung dengan mamalia laut tersebut, Anda bisa melewati Karang Hantu untuk menuju teluk bagian utara Banten ini. Pastikan Anda berangkat di pagi hari karena lumba-lumba lebih sering muncul ke permukaan saat matahari belum terlalu terik.

10. Pulau Morotai, Maluku Utara

pulau morotai
jababekamorotai.com

Wisata Melihat Lumba lumba di laut lepas yang terakhir adalah Pulau Morotai. Pulau yang berada di gugusan kepulauan Halmahera Timur, Maluku Utara ini sangatlah indah alamnya. Keindahan alam di pulau ini pun tentu mampu disejajarkan dengan pulau-pulau di negara lain.

Tak hanya itu, perairan Pulau Morotai ini juga menjadi habitat lumba-lumba yang ramah terhadap manusia. Sayangnya, tidak setiap waktu Anda bisa menikmati atraksi lumba-lumba di perairan ini karena mereka hanya akan muncul pada jam-jam tertentu saja.

Demikianlah 10 tempat melihat dolphin di laut lepas yang bisa Anda kunjungi di Indonesia. Tertarik untuk menghabiskan liburan dengan melihat lumba-lumba secara langsung di lokasi-lokasi tersebut?



Leave a Reply