10 Pedesaan Tercantik di Korea, Pesonanya Bak Negeri Dongeng


prita  November 21, 2020  0 Comment

Jika mendengar soal Korea Selatan, pastinya yang ada dibenak kalian adalah gemerlapnya kota Seoul dan Busan atau romantisnya Nami Island dan Jeju. Namun, selain wisata-wisata tersebut, Korea Selatan juga memiliki sejumlah pedesaan yang terkenal memiliki pemandangan yang sangat indah. Tak hanya itu, pedesaan-pedesaan di Korea Selatan juga dikenal sangat kental akan kebudayaan Korea Selatan yang masih terjaga hingga saat ini. Nah, untuk kamu yang ingin berlibur ke Korea Selatan, berikut ini adalah 10 pedesaan tercantik di Korea Selatan yang tak boleh kamu lewatkan.

10 Pedesaan Tercantik di Korea

1. Bukchon Hanok Village

bukchon hanok village
nowjakarta.co.id

Pedesaan tercantik di Korea Selatan yang pertama adalah Bukchon Hanok Village. Bisa dibilang kawasan pedesaan ini adalah yang paling populer di Korea Selatan karena lokasinya yang berada di kawasan perkotaan, tepatnya diantara Istana Gyeongbokgung dan kuil Jongmyo Royal Shrine yang dulunya merupakan kawasan perkotaan pada Dinasti Joseon.

Bukchon Hanok Village menawarkan pemandangan khas pedesaan kuno Korea yang berpadu dengan modernnya kawasan perkotaan. Kamu bisa menyusuri bangunan-bangunan tradisional Korea yang dulunya merupakan tempat tinggal bangsawan dan para pejabat era Dinasti Joseon.

Gotravelly

Massita! Anak KPop Wajib Datang Ke Cafe Korea

Chingu Korean Fan Cafe : Kafe Dengan Miniatur Kota Seoul Di Jogja

2. Jeonju Hanok Village

jeonju hanok village
ivisitkorea.com

Selain Bukchon Hanok Village, pedesaan tercantik di Korea Selatan selanjutnya adalah Jeonju Hanok Village. Jeonju Hanok Village merupakan desa tradisional Korea yang berada di pusat kota Jeonju, provinsi Jeollabuk-do.

Jeonju Hanok Village dikenal memiliki pemandangan yang cukup unik dan kelestariannya masih terjaga. Karena berada cukup dekat dengan pusat bisnis kota Jeonju, maka pedesaan ini di desain seperti kota lama di tengah kota namun masih tradisional.

Di kawasan pedesaan ini kamu akan melihat ratusan tumah hanok yang dibangun pada era Dinasti Joseon. Meskipun dibangun pada jaman dahulu, namun rumah-rumah tersebut masih kokoh hingga saat ini dan masih terawat kebersihannya. Disini kamu tak hanya bisa berjalan-jalan menikmati keindahan rumah-rumah hanok ini, namun kamu juga bisa merasakan langsung kebudayaan tradisional Korea Selatan dengan menginap di hanok stay hingga mencicipi kuliner khas Korea Selatan disini.

3. Hahoe Folk Village

Pedesaan Tercantik di Korea
bohemiantraveler.com

Pedesaan tercantik di Korea Selatan selanjutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Hahoe Folk Village. Desa tradisional Korea yang berada di Andong, provinsi Gyeongsangbuk-do ini masuk dalam salah satu warisan budaya yang ditetapkan oleh UNESCO.

Desa ini masih mempertahannya bangunan-bangunannya yang bergaya arsitektur tradisional, tradisi rakyat hingga buku-buku berharga peninggalan Era Dinasti Joseon serta tradisi kuno dari desa berbasis klan. Sampai saat ini, Hahoe Folk Village ditempati oleh 2 cabang dari keturunan Klan Pungsan Yu, yang menempati desa utara dan Seoaepa yang menempati desa bagian selatan.

4. Minsok Village

Pedesaan cantik di Korea
ozoutback.com.au

Minsok Village yang berada di Kota Yongin, Provinsi Gyeonggi ini juga menjadi salah satu pedesaan tercantik di Korea Selatan yang wajib untuk kamu kunjungi. Minsok Village sangat terkenal di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara karena lokasinya mirip dengan taman budaya dan lokasinya yang berada dekat dengan Everland.

Mindok Folk Village merupakan taman budaya dengan banyak replika rumah tradisional Korea dari berbagai kelas sosial yang berasal dari berbagai wilayah di Korea Selatan. Desa ini memiliki restoran, pasar tradisional, pertunjukan tari tradisional, upacara pernikahan dan berbagai kegiatan lainnya yang bersifat wisata. Tak hanya itu, kamu pun akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas seperti wahana permainan, taman patung dan museum rakyat Korea.

5. Seongeup Folklore Village

seongeup folklore village
jusgola.com

Pulau Jeju juga memiliki sebuah pedesaan tercantik di Korea Selatan yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Desa ini bernama Seongeup Folklore Village yang akan menawarkan suasana kehidupan masyarakat Korea Selatan di masa lalu.

Desa ini memiliki 3000 rumah tradisional dengan atap jerami dan dinding yang terbuat dari batu juga tanah liat. Tampilan rumah tradisional ini memang masih dipertahankan oleh masyarakat dan pemerintah setempat. Saat berkunjung ke Seongeup Folk Village, kamu akan menemukan kantor pemerintah dengan bangunan tua bernama Hangkyo dan kompleks pemakaman bernama Tolharubang. Tak hanya bisa menikmati bangunan tradisional saja, kamu pun akan disuguhkan dengan bagaimana cara hidup dan cara kerja masyarakat sekitar yang juga masih tradisional.

6. Namsangol Hanok Village

namsangol hanok village
pinterest.com

Pedesaan tercantik di Korea Selatan selanjutnya adalah Namsangol Hanok Village. Desa ini juga dikenal sebagai “A Village of Tradition in the Namsan Valley” artinya adalah Desa dengan Rumah Tradisional di Lembah Namsan.

Sesuai dengan namanya, desa ini berada tak jauh dari Menara Namsan, tepatnya di Pil-dong, Jung-gu, Seoul. Pada era Dinasti Joseon, desa ini merupakan area resort musim panas dan terkenal memiliki pemandangan yang sangat indah bagaikan negeri dongeng.

Pedesaan ini memiliki luas mencapai 7.934 meter persegi yang terdiri dari rumah-rumah tradisional serta beberapa mansion yang dulunya menjadi tempat tinggal pejabat. Tak hanya itu, desa ini memiliki sebuah paviliun yang dibangun di sebuah taman tradisional klasik dengan sungai yang mengalir.

7. Yangdong Village

yangdong village
alowisata.com

Yangdong Village juga menjadi salah satu pedesaan tercantik di Korea Selatan yang cukup populer di kalangan wisatawan. Desa ini merupakan desa tradisional terbesar di Korea yang berada di Yangdongmaeul-gil, Gyeongu-si, Gyeongsangbuk-do.

Yangdong Village ini menawarkan keindahan budaya tradisional dari era Dinasti Joseon yang berpadu dengan keindahan alam yang menawan. Desa ini juga memiliki banyak warisan budaya, mulai dari harta benda, harta karun hingga cerita rakyat, maka tak heran jika desa ini masuk dalam warisan budaya UNESCO pada tahun 2010.

8. Samjinae Village

Desa Tercantik di Korea
en.trippose.com

Damsyang Changpyeong Samjinae Village atau yang biasa dikenal sebagai Samjinae Village ini merupakan salah satu pedesaan tercantik di Korea Selatan. Desa ini juga mendapat julukan sebagai “slow city” atau kota lambat, hal tersebut karena sebagai upaya untuk melestarikan kehidupan tradisional Korea yang melaju lambat, berbeda dengan kehidupan di kota yang serba cepat dan canggih.

Disini kamu tidak hanya bisa menikmati lingkungannya yang asri beserta rumah-rumah penduduk yang masih tradisional, namun kamu juga bisa menemukan banyak permainan tradisional dan makanan lokal yang khas.

9. Icheon Ceramics Village

icheon ceramics village
rye0808.cafe24.com

Pedesaan tercantik di Korea Selatan yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Icheon Ceramics Village. Sesuai dengan namanya, desa ini merupakan desa pengrajin tradisional dan pusat keramik termuka di Korea Selatan.

Berlokasi di Provinsi Gyeonggi-do, desa ini dulunya menjadi pusat tembikar tradisional saat era Dinasti Jeseon. Menariknya, tak hanya menemukan kerajinan keramik, saat berkunjung ke desa ini kamu akan menemukan banyak festival seperti Seolbong Cultural Festival, World CeraMix Biennale, Icheon Rice Cultural Festival, Peach Festival dan masih banyak lagi lainnya.

10. Dongpirang Mural Village

Pedesaan Tercantik di Korea
expedia.co.nz

Pedesaan tercantik di Korea Selatan yang terakhir adalah Dongpirang Mural Village. Dongpirang Mural Village yang berada di Tongyeong-si, Gyeongsangnam-do ini menawarkan keindahan seni di sepanjang jalan yang instagramable.

Kawasan pedesaan ini sebelumnya pernah akan dihancurkan untuk dijadikan komplek apartemen. Namun banyak seniman jalanan bersatu untuk membuat mural-mural cantik sehingga desa ini gagal dihancurkan, justru menjadi desa wisata yang mampu menarik wisatawan.



Leave a Reply