Jalan jalan ke Myanmar? Nih 10 Tempat Wisata di Yangon


prita  June 3, 2021  0 Comment

Yangon dikenal sebagai ibukota di Myanmar dan menjadi kota terbesar di Negara tersebut. Sebagai ibukota tentunya Yangon menjadi pusat perekonomian dan pemerintahan di negera yang mendapat julukan sebagai Golden Land tersebut. Meskipun begitu, ternyata Yangon memiliki sederet tempat wisata yang layak untuk kamu kunjungi. Berikut ini adalah tempat wisata di Yangon yang wajib masuk dalam itinerary kamu.

1. Sule Pagoda

Sule Pagoda
hotels-myanmar.com

Tempat wisata di Yangon pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Sule Pagoda. Sudah bukan rahasia lagi jika Yangon terkenal memiliki banyak kuil atau candi dan salah satunya adalah Sule Pagoda ini.

Sule Pagoda berada di persimpangan Sule Pagoda Road dan Maha Bandoola Road. Pagoda ini terkenal memiliki bentuk stupa octagonal yang dikelilingi oleh 4 pyatthat atau struktur atap berundak khas Burma. Pagoda ini memiliki bentuk yang sangat cantik dan bisa dilihat dari empat sudut kota, bahkan pagoda ini akan selalu tampak indah jika dinikmati pada pagi, siang atau malam hari.

Review kuliner

Phnom Penh Terbuat Dari Kenangan Makprang Dan Pulang

Mengenal Suku Karen Di Desa Wisata Baan Tong Luang Chiang Mai

2. Shwedagon Pagoda

Shwedagon Pagoda
cgtn.com

Tempat wisata di Yangon selanjutnya juga masih berupa pagoda, yaitu Shwedagon Pagoda. Pagoda ini memilikibentuk yang mirip dengan pagoda-pagoda yang ada di Tiongkok karena ukurannya yang tinggi.

Shwedagon Pagoda menjadi landmark kota Yangon karena lokasinya yang berada tepat di tengah kota Yangon. Pagoda ini dikenal sebagai pagoda Buddha tertua di Myanmar yang telah dibangun sejak 2600 tahun lalu.

Shwedon Pagoda ini masih digunakan sebagai tempat beribadah sampai saat ini, untuk itu jika kamu ingin berkunjung kesini diharapkan kamu mengenakan pakaian yang sopan dan tidak mengganggu orang yang sedang beribadah ya.

3. Botahtaung Pagoda

Botahtaung Pagoda
yangonstreetfoodstour.com

Botahtaung Pagoda juga menjadi salah satu tempat wisata di Yangon yang sayang sekali untuk dilewatkan. Pagoda ini juga masih berada di sekitar pusat kota sehingga tidak susah untuk mencapainya.

Botahtaung Pagoda menjadi tepat disimpannya rambut Sang Buddha yang dianggap keramat. Wisatawan diperbolehkan untuk masuk ke dalam pagoda ini meskipun ukurannya tidak terlalu besar, bahkan cenderung sempit. Namun, seluruh ruangannya dilapisi dengan lempengan bernuansa emas.

Selayaknya pagoda lainnya di kota Yangon, pagoda ini juga masih digunakan sebagai tempat ibadah. Kamu bisa melihat masyarakat lokal datang kesini untuk berdoa. Untuk itu, pengunjung diharapkan untuk melepas alas kaki dan mengenakan pakaian yang sopan saat berkunjung kesini.

4. Inya Lake

Inya Lake
bestpricetravel.com

Tempat wisata di Yangon yang satu ini juga cukup terkenal, lho. Inya Lake atau Danau Inya merupakan salah satu landmark yang cukup terkenal di Yangon yang sekaligus menjadi tempat wisata.

Inya Lake ini merupakan sebuah danau buatan yang dibangun pada masa pemerintahan Inggris. Dulunya danau ini dimanfaatkan sebagai penampungan air, sekarang danau ini menjadi tempat rekreasi dan olahraga air. Banyak sekali wisatan lokal dan asing yang menghabiskan waktu di sekitar danau ini untuk bersantai di danau ini karena pemandangannya yang indah, terutama saat matahari terbit dan matahari terbenam.

5. Kandawgyi Nature Park

Tempat Wisata di Yangon
medium.com

Selain Inya Lake, Kandawgyi Nature Park juga menjadi salah satu tempat wisata di Yangon yang tak boleh dilewatkan. Wisata yang berupa taman ini lokasinya berada di jantung kota Yangon, tepatnya tak jauh dari Shwedagon Pagoda.

Di taman ini kamu bisa menikmati indahnya pemandangannya. Taman ini memiliki danau cantik dengan air berwarna kehijauan bernama Danau Kandwgyi. Kawasan taman ini biasanya dijadikan sebagai tempat rekreasi dan tempat olahraga oleh masyarakat setempat. Untuk itu, jika kamu berkunjung sebelum jam 8 pagi, maka kamu tidak akan dikenakan biaya. Namun, setelah jam 8 pagi pengunjung akan dikenakan biaya tiket sebesar 2000 kyats per orang.

6. Yangon River

yangon river
gomadnomad.com

Tempat wisata di Yangon yang satu ini juga sangat tekenal tak hanya di kalangan wisatawan lokal, namun juga di kalangan wisatawan mancanegara. Tempat ini juga menjadi tempat terbaik buat kamu jika ingin berinteraksi dengan warga lokal.

Yangon River atau Sungai Yangon memang dikenal memiliki pemandangan yang indah, terutama saat sunset atau matahari terbenam. Kamu bisa menuju ke pinggir dermaga sungai dan dari situ kamu bisa menikmati pemandangan yang sangat indah. Kamu bisa melihat aktivitas penduduk setempat hingga ribuan burung serta kapal-kapal yang sedang menepi di pinggir dermaga. Sungai Yangon ini tentu bisa menjadi spot foto yang keren.

7. Maha Bandoola Park

Maha Bandoola Park
vltravels.com

Maha Bandoola Park juga bisa menjadi alternative tempat wisata di Yangon yang terjangkau. Taman ini juga berada di pusat kota dan sering dijadikan sebagai tujuan wisata warga setempat ataupun wisatawan asing.

Maha Bandoola Park memiliki pemandangan langsung menuju Sule Pagoda, sehingga kamu bisa menikmati keindahan pagoda ini tanpa harus membeli tiket masuk. Di area taman ini kamu tak hanya bisa menikmati puncak Sule Pagoda, namun juga ada monument kemerdekaan Myanmar, gedung bersejarah City Hall dan High Court, yaitu gedung tua yang memiliki ciri khas khusus. Sayangnya, taman kota ini tidak dibuka selama 24 jam, sehingga jika kamu ingin berkunjung harus sebelum sore.

8. Yangon City Hall

Yangon City Hall
yangongui.de

Tempat wisata di Yangon yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Yangon City Hall atau Balai Kota Yangon. City Hall ini memiliki bangunan dengan gaya perpaduan dari arsitektur Eropa dan Burma.

Bangunan City Hall ini dibuat oleh arsitek Myanmar bernama U Tin dan baru selesai pada tahun 1936. City Hall ini didominasi oleh warna putih dengan atap berundak pyatthat yang menjadi mahkotaya. Megahnya bangunan ini tentu membuat Yangon City Hall menjadi salah satu bangunan yang indah sekaligus instagramable di kota Yangon. Tak sedikit juga wisatawan yang berlibur di kota ini memilih untuk berfoto di depan bangunan City hall ini.

9. Bogyoke Market

Bogyoke Market
bestpricetravel.com

Belum lengkap rasanya jika berlibur ke Yangon namun tidak membeli oleh-oleh. Bogyoke Market ini tak hanya menjadi salah satu tempat untuk berbelanja oleh-oleh, namun juga menjadi salah satu tempat wisata di Yangon, pasalnya pasar ini selalu menjadi tujuan wisatawan untuk berbelanja.

Bogyoke Market menawarkan deretan toko yang menjual beragam cinderamata khas Myanmar. Mulai dari kaos, batu jade hingga gantungan kunci khas Myanmar bisa kamu temukan disini. Tak hanya itu, pasar ini juga terkenal menjual barang dengan harga yang terjangkau. Namun, sebelum berkunjung kesini kamu harus cek kalender dahulu ya, pasalnya Bogyoke Market ini tutup di hari Senin.

10. Pazundaung Street

Tempat Wisata di Yangon
en.wikipedia.org

Tempat wisata di Yangon yang terakhir adalah Pazundaung Street. Pazundaung Street merupakan sebuah jalan yang dipenuhi banyak gedung-gedung tua peninggalan Kolonial Inggris.

Beberapa bangunan di jalan ini pun masih digunakan sampai saat ini. Misalnya seperti Imigrasi, Kantor Pos dan sejumah gedung pemerintahan lainnya. Bangunan-bangunan tua tersebut masih berdiri kokoh sampai saat ini dan cocok sekali untuk dijadikan sebagai spot foto. Jika kamu pecinta fotografi dan ingin hunting disini, pastikan untuk datang di pagi hari karena belum banyak kendaraan yang lalu lalang.



Leave a Reply