10 Tempat Wisata di Bulgaria ini Bikin Nggak Pingin Balik Pulang


Reni  July 20, 2019  0 Comment

Liburan di Eropa identik dengan biaya traveling yang mahal mulai tiket pesawat, sarana transportasi hingga biaya akomodasi selama wisata. Dana terbatas tak menjadi halangan untuk Anda yang ingin merasakan udara Eropa, kok. Anda bisa mencari destinasi wisata di negara yang mematok tarif hidup murah. Salah satu negara yang tidak menjadi anggota Schengen namun memiliki pesona luar biasa adalah Bulgaria. Berikut tempat wisata Bulgaria yang wajib Anda kunjungi.

Tempat Wisata di Bulgaria

1. Rila Monastery

Rila Monastery
takeusanywhere.com


Rila Monastery merupakan kompleks biara yang dibangun sejak abad ke-10 Masehi. Dibangun di atas lahan seluas 8800 meter persegi dengan bentuk segiempat. Ada menara batu yang sangat tinggi terletak di halaman tengah biara yang dibangun oleh Sebastocrator Hrelyu pada tahun 1334-1335. Anda bisa menikmati kemegahan bangunan gereja lima kubah termasuk dekorasi seni yang memperkuat keindahan interior obyek wisata Bulgaria ini.
Tak hanya bisa berwisata religi, Anda bisa belajar banyak sejarah di Rila Monastery yang terletak sekitar 117 kilometer dari ibukota Sofia. Anda juga bisa mengabadikan keindahan pemandangan di sekitar kompleks biara yang berada di ketinggian 1147 mdpl seperti Gunung Rila yang mempesona.

Gotravelly

Eiger Coffee MERR. Tempat Ngopi Seru Dengan Interior Estetik.

Mukbang Di Depot Pak Bas: Tempat Makan Murah Meriah Dengan Porsi Jumbo

2. Belogradchik Rocks

Belogradchik Rocks
zigzagbg.com


Obyek wisata Bulgaria yang paling populer adalah Belogradchick Rocks yang terletak di sebelah barat laut negara ini. Anda bisa menyaksikan tebing batu yang memiliki panjang 30 kilometer dengan lebar 200 meter. Di kelompok batu terbesar atau The Dinosaur, Anda akan terpukau dengan pemandangan indah berupa batu, tebing, padang rumput, sungai dan gunung.
Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan hewan yang hidup di sekitar tempat ini seperti elang, burung hantu, burung hering kecil, bangau hitam, dan lain-lain. Tak heran kalau Belogradchik Rocks merupakan tempat wisata alam yang paling banyak dikunjungi wisatawan di daerah Balkan.

Baca juga :  15 Tempat Wisata Menarik di Kroasia Indah Dipandang Mata

3. Gereja Alexander Nevski

Gereja Alexander Nevski
trover.com


Di ibukota Bulgaria, Anda wajib mengunjungi obyek wisata yang dikenal sebagai ikon kota Sofia yaitu Gereja Alexander Nevski. Nama Alexander Nevski sendiri merupakan tsar atau kaisar Rusia yang berhasil menyelamatkan Rusia dari serangan pasukan Swedia tahun 1240 lalu. Kini gereja katedral yang dibangun pada tahun 1904-1912 memiliki kemiripan dengan bangunan Haghia Sophia dan Blue Mosque yang ada di Turki.
Obyek wisata Bulgaria ini bisa Anda nikmati secara gratis sejak pukul 7 pagi sampai 6 sore saja. Namun, Anda harus tahu bahwa pengunjung tidak boleh mengambil foto atau video di dalam bangunan ruang gereja Ortodoks ini ya!

4. Gereja Boyana

Gereja Boyana

historymuseum.org


Kota Sofia memang identik dengan berbagai destinasi wisata sejarah yang berkelas. Salah satu obyek wisata di Bulgaria yang masuk dalam situs warisan dunia UNESCO adalah Gereja Boyana. Gereja ini dibangun pada abad ke-10 Masehi dan mengalami perluasan kompleks gereja pada abad ke-13. Sedangkan pembangunan kompleks gereja bagian selatan dilakukan pada abad ke-19 Masehi.
Gereja Boyana memiliki desain arsitektur menawan dengan lukisan dinding yang menggambarkan kultur Bulgaria. Lukisan dinding di Gereja Boyana merupakan daya pikat utama gereja tua ini. Kalau Anda berkunjung ke Sofia, jangan lupa mampir ke destinasi wisata bersejarah dan memiliki nilai seni tinggi ini ya!

5. Banya Bashi Mosque

 Banya Bashi Mosque
inyourpocket.com


Obyek wisata Bulgaria yang terletak di kota Sofia adalah Banyak bashi Mosque. Peninggalan masa Ottoman Turki ini merupakan satu-satunya masjid yang digunakan sebagai tempat ibadah di Sofia. Arsitektur salah satu masjid tertua di Eropa ini adalah Mimar Sinan yang merupakan arsitektur Blue Mosque di Istanbul. Anda bisa berkunjung ke masjid sekaligus menikmati waktu santai di halaman masjid yang dilengkapi air mancur dan taman. Jangan lupa untuk mampir ke Centralni Sofijski Chali atau pasar tradisional yang rapi dan bersih di depan Banya Bashi Mosque.

Baca juga :  Jalan Jalan Ke Eropa? Cicipi 10 Menu Sarapan Khas Negara Eropa

6. Tsarevets

Tsarevets

Lonely Planet


Obyek wisata Bulgaria yang wajib Anda kunjungi selanjutnya adalah Tsarevets. Bagi pecinta sejarah, Tsarevets merupakan salah satu objek sejarah paling penting di kota kedua Bulgaria, Vekilo Turnevo. Anda bisa menyaksikan keindahan dan kekokohan bangunan abad pertengahan mulai benteng, kompleks kerajaan dan istana di atas lahan seluas 4872 meter persegi.

7. Seven Rila Lakes

Seven Rila Lakes
happytovisit.com


Kalau Anda ingin mencari destinasi wisata alam yang tak kalah indah dengan Belogradchik Rocks, wajib mengunjungi obyek wisata Bulgaria di sekitar Rila Mountains. Ya, Seven Rila Lakes merupakan sekelompok danau yang memiliki nama sesuai dengan bentuk masing-masing.
The Salzata atau The Tear merupakan danau pertama yang memiliki perairan bening, Okoto atau The Eye merupakan danau yang memiliki bentuk oval mirip mata dan salah satu danau terdalam di Bulgaria (37,5 meter) dan masih ada Danau Babreka, Liznaka, Ribnoto Ezero serta Dolnoto Ezero. Wilayah danau yang cukup luas dan masuk dalam batas kawasan Rila National Park mewajibkan Anda berkonsultasi dengan agen travel profesional sebelum berkunjung ke sini ya!

8. Nessebar

Nessebar

visitmybulgaria.com


Obyek wisata Bulgaria yang terletak di pantai Laut Hitam selatan ini merupakan tempat wisata terpopuler dikalangan wisatawan. Anda bisa menikmati waktu bersantai di resort Nessebar. Selain itu, kota menawan ini memiliki destinasi wisata sejarah paling terkenal yaitu Basilika yang dibangun pada abad ke 5 Masehi. Ada pula Gereja St Ivan yang dibangun pada abad ke 11 Masehi, Gereja St Stefan yang dibangun abad ke 10 Masehi dan masih banyak pilihan wisata lain. Datang saja ke Nessebar saat liburan ke Bulgaria bersama orang terkasih Anda.

9. Perperikon

Perperikon

Wikipedia


Dari ibukota Sofia, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Rhodope Timur atau sekitar 10 kilometer dari kota Kurdzhali. Kota Thracian kuno yang indah bakal membuat mata Anda terpukau. Ya, Perperikon merupakan kota yang berdiri di atas bukit yang dianggap sebagai tempat suci dewa. Selain kompleks arkeologi, kota tua yang berada di atas ketinggian ini menawarkan pemandangan alam yang memukau. Bagi Anda yang suka dengan pemandangan alam dan bukit berbatu, wajib datang ke tempat wisata Bulgaria satu ini.

Baca juga :  Menguak Eksotisme 10 Tempat Wisata di Sambas

10. Etara

Etara
bnr.bg


Setelah puas berlibur di tempat wisata Bulgaria, sebaiknya Anda menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Etara. Etara merupakan destinasi wisata paling favorit untuk para wisatawan baik lokal atau mancanegara. Pasalnya, Anda bisa menyaksikan museum terbuka yang menampilkan arsitektur tradisional Bulgaria, kerajinan kuno, hidangan tradisional khas Bulgaria dan masih banyak pertunjukan jaman Renaissance lain.
Anda juga bisa belajar membuat kerajinan tradisional di museum ini atau membeli oleh-oleh unik di pasar Craftsman. Etara sendiri merupakan obyek wisata Bulgaria yang berada di kota Gabrovo. Anda bisa mengajak orang terkasih menikmati wisata di Etara termasuk menikmati kuliner khas Bulgaria yang istimewa.
Nah, apakah Anda tertarik menikmati liburan menyenangkan di negara yang terletak di Eropa Timur ini? Jangan lupa mengunjungi berbagai obyek wisata Bulgaria bersama keluarga atau pasangan tercinta. Liburan ke Eropa dengan biaya terbatas, siapa takut?



Leave a Reply