Rekomendasi 10 Tempat Makan Enak di Johor Bahru


Reni  November 20, 2019  0 Comment

Bicara soal daerah yang paling banyak didatangi wisatawan mancanegara di Malaysia, maka Johor Bahru merupakan jawaban yang tepat. Salah satu daya tarik yang dimiliki adalah banyaknya tempat makan enak di Johor Bahru. Hal ini tentu sangat menyenangkan bagi para pelancong karena dapat berwisata kuliner tanpa perlu dilanda kebingungan.

Di Johor Bahru, banyak sekali penjaja kuliner mulai dari warung kaki lima alias street food sampai rumah makan bintang lima. Lantas, apa saja nama tempat makan yang paling direkomendasikan di daerah ini?

Kuliner Enak di Johor Bahru

1. Restoran Kin Hua

Restoran Kin Hua
instagram/ivanachandravoo

Sudah bukan rahasia kalau banyak sekali penduduk Malaysia yang merupakan etnis Tionghoa. Jadi, tidak mengejutkan kalau kuliner yang hadir di negara ini pun telah tercampur baur dengan berbagai etnis. Hal tersebut dibuktikan dari keberadaan tempat makan yang satu ini, yaitu Restoran Kin Hua yang berada di Jalan Tan Hiok Nee.

Restoran ini menyajikan berbagai menu masakan khas Tiongkok yang telah disesuaikan dengan cita rasa Melayu. Bakmi dari rumah makan ini merupakan menu andalan sekaligus paling favorit para pelancong. Soal kehalalan sudah pasti terjamin, sehingga tidak perlu khawatir bagi wisatawan muslim. Restoran Kin Hua buka mulai pukul 07.00 pagi – 23.00 malam.

Gotravelly

Trip Dadakan: Dataran Merdeka, Masjid Jamek, River Of Life

Ke Malaysia, Wajib Nyobain Nasi Kerabu Berwarna Biru Ini

Baca juga :  Diyakini Bisa Cegah Corona, Berikut 10 Kuliner Indonesia Kaya Rempah

2. Medan Selera Meldrum Walk

Medan Selera Meldrum Walk
instagram.com/zeonography

Membutuhkan tempat makan enak di Johor Bahru yang menawarkan banyak menu dari berbagai negara dengan harga terjangkau? Datang saja ke Medan Selera Meldrum Walk di Jalan Medrum Johor Barudan. Konsep dari tempat makan ini adalah street food di mana terdapat lebih dari 90 kios pedagang kaki lima.

Mereka menjajakan menu-menu olahan dari berbagai negara tetangga seperti masakan Thailand, Cina, India, hingga makanan khas Malaysia sendiri. Jangan ragu untuk mencoba sebanyak mungkin makanan yang dijual di sini. Sebab, cita rasanya sudah terkenal dan terjamin lezat. Soal harga dijamin aman untuk kantong.

3. It Roo Café

 It Roo Café
instagram/iamnelsonn

Dilabeli sebagai ‘The Best Chiken Cop in Town’, kafe yang berada di Jalan Dhoby ini menjadikan Chiken Cop sebagai menu andalan. Olahan berbahan dasar utama daging ayam tersebut disajikan dengan dua pilihan saus ; blackpepper dan mushroom. Selain saus, seporsinya juga sudah lengkap dengan salad kubis yang diberi mayonaise.

4. Restoran Kacang Pool Haji

Restoran Kacang Pool Haji
instagram/foodiesabah

Kalau yang satu ini, dari nama tempat makannya saja sudah jelas menyajikan kuliner asli Malaysia. Kacang Pool adalah olahan yang berupa roti pipih yang dinikmati bersama irisan daging sapi empuk, telur mata sapi, dan kuah kental. Rasanya yang gurih membuatnya sebagai menu sarapan yang pas.

Selain Kacang Pool sebagai menu andalan, ada juga menu lain seperti nasi lemak. Bila ingin sarapan dengan lemak yang lebih rendah, bisa memilih roti bakar. Harga menu olahan di sini terjangkau dan tempatnya nyaman. Lokasinya berada di Jalan Sabar, area Taman Dato Omn. Buka pukul 07.00 pagi sampai 23.00 malam.

5. Roti Canai Bukit Cagar

Roti Canai Bukit Cagar
instagram/wilzwily

Tempat makan enak di Johor Bahru selanjutnya adalah Roti Canai Bukit Cagar. Sesuai dengan namanya, menu andalan warung ini adalah kuliner khas Timur Tengah, yaitu roti canai. Hal yang membuat berbeda dari roti canai di sini adalah adonannya tidak menggunakan produk frozen atau olahan pabrik besar, melainkan racikan sendiri.

Baca juga :  7 Rekomendasi Batagor Paling Enak di Bandung, Kamu Sudah Cobain?

Jadi, rasa roti canai di sini sangat otentik, tidak membuat eneg. Sajian pendampingnya adalah kuah kari dan sambal teri. Anda bisa meminta tambah lauk sesuai selera. Ada banyak pilihan lauk yang bisa dipilih. Lokasinya rumah makan ini berada di Jalan Tengku Azizah, Bukit Cagar. Soal harga dijamin murah meriah.

6. Ambang Pesona D’Cherry

 Ambang Pesona D’Cherry
oneappsgroup/johor-ambang-pesona-dcherry

Rumah makan ini berlokasi di Jalan Inche Besar Zubaidah, tepat di pusat kota Johor Bahru. Di sini, disajikan berbagai olahan khas Melayu dengan rasa yang lezat dan harga murah. Ayam laksa, nasi lemak, dan rendang merupakan menu andalannya. Jam buka Ambang Pesona D’Cherry mulai pukul 11.00 siang hingga 23.00 malam.

7. Kedai Masakan Itik Taika Huat

 Kedai Masakan Itik Taika Huat
instagram/angwman

Bagi Anda penggemar olahan bebek, kedai makan yang berlokasi di Jalan Kilang Nenas ini wajib untuk didatangi. Beragam olahan bebek tersedia di sini, baik diolah menjadi masakan Melayu maupun fushion. Menu andalan yang diklaim paling lezat sekaligus menjadi favorit di tempat makan enak di Johor Baru ini adalah kwetiau bebek.

Bisa membayangkan bukan uniknya kwetiau yang merupakan olahan asli Tiongkok dengan irisan daging bebek yang diolah sedemikian rupa sehingga tasty dan empuk? Anda bisa datang kemari pukul 10.00 – 22.00 malam untuk mencicipinya. Harga masakan di sini agak sedikit mahal, tetapi sesuai dengan kelezatan yang ditawarkan.

8. Hua Mui Kopitiam

Hua Mui Kopitiam
instagram.com/etencoemi

Kedai yang satu ini bisa dikategorikan sebagai warung legendaris. Lokasinya ada di Jalan Turus 131, Bandar Johor Bahru. Buka mulai pukul 08.30 pagi sampai 18.00 malam, menu andalannya tentu saja Kopitiam yang sudah disajikan sejak 1948 silam. Warung dua lantai ini nyaman untuk tempat nongkrong dengan desain Tiongkok yang kental. 

Baca juga :  10 Restoran Vegetarian Terbaik di Bali Sajikan Menu Sehat dan Juga Lezat

Bukan hanya menyediakan kopi, tetapi di sini juga banyak pilihan menu lain. Baik penganan ringan berupa kudapan hingga makanan berat. Dua menu yang paling populer sebagai pendamping menikmati Kopitiam adalah roti bakar arang dan ayam cincang Hainan. Meskipun legendaris, tetapi harga penganan di sini sangat terjangkau.

9. 7 Spice

 7 Spice
instagram/siokmakan

Ingin mencicipi menu khas India dengan bumbu rempahnya yang kuat? Jangan lupa mampir ke tempat makan enak di Johor Bahru yang satu ini. Lokasinya di Jalan Bertingkat Skudai, Danga Bay. Hidangan utama dari 7 Spice adalah nasi biryani daging domba. Bumbunya benar-benar meresap sempurna, baik untuk nasi maupun dagingnya.

 10. Toko Roti Hiap Joo

 Toko Roti Hiap Joo
id.carousell.com

Di toko yang telah buka sejak seabad lalu ini, ada hidangan roti yang unik, yaitu roti panggang pisang. Rotinya benar-benar lembut dengan rasa manis alami dari pisang dan tanpa pemanis ataupun pengawet buatan. Jika ingin mencicipinya silakan mampir ke Jalan Tan Hiok Nee 13 mulai 7.30 pagi hingga 17.00 sore.

Fakta Berburu Kuliner di Johor Bahru

Sebelum Anda berburu kuliner lezat di Johor Bahru, tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa fakta menariknya berikut :

  • Tidak ada label halal dan tidak di berbagai restoran Johor Bahru. Meskipun begitu, tidak perlu khawatir soal kehalalannya mengingat mayoritas penduduk Malaysia beragama Islam. Jarang pula rumah makan yang menjual menu non halal.
  • Harga berbagai menu makanan di Johor Bahru tergolong murah dibandingkan dengan kawasan-kawasan wisata lain di Malaysia.
  • Johor Bahru merupakan pusat pertemuan antar kultur di Malaysia. Sehingga tidak heran bila kuliner yang ada sangat beragam, mulai dari olahan asli Malaysia, India, Tionghoa, hingga Thailand.

Seru bukan fakta-fakta dari tempat makan enak di Johor Bahru? Berwisata kuliner di sini pasti akan memuaskan bagi wisatawan karena ada banyak pilihan menu dengan harga murah meriah.




Leave a Reply