10 Tempat Camping Terbaik di Bali Bikin Males Pulang


Reni  May 20, 2019  0 Comment

Ketika Anda tergolong orang yang menyukai kegiatan berwisata sambil berkemah untuk melepas penat, Anda harus tahu lokasi wisata yang tepat untuk kegiatan berkemah, agar liburan terasa lebih berkesan dan menyenangkan. Berikut beberapa tempat camping di Bali yang bisa menjadi referensi Anda saat musim liburan tiba.

1. Pantai Gunung Payung

Pantai Gunung Payung
pantainesia.com

Saat Anda ingin menikmati pemandangan Bali di pagi hari di tempat yang cukup sepi, pantai Gunung Payung bisa menjadi pilihan. Pantai yang satu ini terletak di Desa Kutuh, Kuta Selatan. Disini, Anda bisa mendirikan tenda di atas pasir putih yang lembut sambil menikmati pemandangan pantai hingga matahari tenggelam. Di dekat pantai juga terdapat Pura Gunung Payung yang biasa digunakan untuk beribadah warga setempat. Namun demikian, karena pedagang di area ini masih cukup jarang, untuk mendapatkan makanan atau belanja kebutuhan pribadi, Anda perlu berkendara cukup jauh dari pantai.

review tempat wisata

Spot Instagramable Dengan Menikmati Sejuk Dan Keindahan Hamparan Bunga Cantik Padang Bunga Kasna

Nikmat Menyantap Nasi Pecal Saat CFD Di Lapangan Bajra Sandhi Renon

2. Pulau Serangan

Pulau Serangan
merdeka.com

Di tempat ini terdapat tempat berkemah yang bisa dijangkau dengan perjalanan darat sekitar 30 menit dari pusat kota Denpasar. Anda bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit tanpa terganggu keramaian. Suasananya yang tenang dan nyaman sangat cocok untuk Anda yang sedang melakukan healing yoga untuk mengembalikan stamina dan kepercayaan diri.

3. Danau Buyan

Danau Buyan
kemahdibali.com

Pinggir Danau Buyan adalah satu dari beberapa tempat favorit untuk berkemah di Bali. Tanah yang padat dan landai di sini akan memudahkan Anda dalam mendirikan tenda. Angin malam yang bertiup di area ini juga tidak membahayakan kesehatan karena tidak terlalu kencang. Di pagi hari saat matahari terbit, Anda bisa menikmati pemandangan tepi danau dengan udara yang masih sangat segar. Untuk fasilitas kamar mandi, Anda tidak perlu khawatir mengingat, fasilitas umum yang tersedia sangat memadai, begitu pula saat Anda lapar, akses untuk menemukan penjual makanan dan minuman cukup mudah.

4. Karang Boma

Karang Boma

balisaja.com

Jika Anda ingin mendapatkan sensasi berkemah yang mendebarkan, Anda bisa mencoba mendirikan tenda di area camping Karang Boma. Tempat wisata kemah yang satu ini terletak di pinggir tebing dekat pantai dan Pura Uluwatu. Untuk menghangatkan diri di malam hari, umumnya Anda harus menyalakan api unggun yang dibuat dengan mengumpulkan sampah atau potongan ranting pohon di area sekitar Karang Boma. Namun demikian, untuk menjaga keamanan diri, akan lebih baik jika Anda tidak berkemah di saat musim penghujan atau mendirikan kemah di area pertemuan angin untuk mencegah hipotermia.

5. Danau Tamblingan

Danau Tamblingan

KSMTour.com

Berlokasi dekat dengan Danau Buyan, Danau Tamblingan termasuk dalam tempat camping di Bali yang banyak direkomendasikan wisatawan lokal maupun asing. Saat Anda membangun tempat kemah di sini, Anda bisa menyaksikan beberapa pemandangan sekaligus, seperti kapal-kapal kecil yang diikat dipinggir danau, perbukitan, Pura untuk ibadah, hingga Danau Tamblingan sendiri saat matahari terbit. Udara yang masih terasa sangat segar akan membuat Anda tenang dan nyaman, sehingga ada kemungkinan Anda ingin berlama-lama di tempat ini.

6. Puncak Gunung Batur

Puncak Gunung Batur
mountbaturbalivolcano.co

Tempat berkemah di Bali yang juga akan memberi kesan tak terlupakan yaitu Puncak Gunung Batur. Saat berkemah di sini, Anda bisa melihat matahari terbenam dan terbit dengan sangat jelas. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati keindahan Gunung Abang dan Danau Batur di tengah hamparan awan saat pagi hari. Namun demikian, mengingat lokasi pendakian dan kemah Puncak Gunung Batur yang cukup berisiko, akan lebih baik jika Anda menyiapkan semua perlengkapan berkemah dengan baik, termasuk persediaan air, mengingat di tempat ini tidak ada sumber mata air. Anda juga harus mengenakan alas kaki yang tepat agar tidak mudah tergelincir saat berjalan menuju Puncak Gunung Batur.

7. Bukit Sari Songan

Bukit Sari Songan

punapibali.com

Tidak jauh dari lokasi wisata Gunung Batur terdapat lokasi camping yang juga sering menjadi alternatif wisatawan untuk berkemah, yaitu Bukit Sari Songan. Terletak didaerah Kintamani, tepatnya Desa Songan, tempat ini menyajikan landskap Gunung Batur, Gunung Abang, dan Danau Batur yang bisa terlihat indah secara bersamaan di pagi hari. Udara yang masih segar dan sejuk saat pagi, akan membantu menenangkan serta menghilangkan penat dari aktivitas pekerjaan yang membebani pikiran.

8. Pantai Nyang Nyang

Pantai Nyang Nyang
superadventure.co.id

Lokasi Pantai Nyang Nyang tidak jauh dari tempat perkemahan Karang Boma dan untuk mencapai tempat ini, medan yang dilalui tidak terlalu berat. Salah satu alasan yang sering digunakan wisatawan untuk mengunjungi tempat ini adalah lokasinya yang relatif sepi sehingga Anda yang sedang membutuhkan ketenangan akan sangat nyaman berada di pantai ini. Anda bisa mendirikan doom di atas dataran berumput atau di tepi pantai untuk menikmati pemandangan sekeliling di pagi maupun sore hari.

9. Pantai Tegal Wangi

Pantai Tegal Wangi
blog.reservasi.com

Pantai Tegal Wangi termasuk obyek wisata di Bali yang masih jarang dikunjungi wisatawan. Dengan demikian, pada saat Anda mendirikan tenda di tempat ini, Anda bisa mendapatkan suasana yang aman tenang. Pantai Tegal Wangi bisa dijangkau dengan kendaraan jalur darat dengan perjalanan sekitar 20-30 menit dari Bandara Ngurah Rai. Lokasi perkemahan yang terletak di atas tebing akan membuat Anda mendapatkan pengalaman yang tidak bisa dilupakan, mengingat Anda bisa menikmati suara deburan ombak sambil menikmati daging barbekyu atau marshmallow panggang. Namun demikian, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, jangan lupa untuk membawa jaket yang cukup tebal dan bekal yang cukup saat berkemah di tempat ini mengingat udara yang sangat dingin dimalam hari.

10. Toya Devasya

Toya Devasya

toyadevasya.com

Jika Anda ingin merasakan wisata berkemah di tempat yang memadai dan menjamin semua kebutuhan Anda bahkan disaat darurat, Anda bisa mencoba berkemah di Toya Devasya. Camping ground yang satu ini tergolong tempat berkemah berbayar yang menyediakan landskap danau dan pegunungan. Fasilitas yang tersedia di tempat ini tergolong lengkap, mulai dari sepeda, alat trakking atau hiking, dan kano untuk kegiatan outdoor. Hanya saja, dimanapun Anda ingin berkemah saat berlibur di Bali, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, diantaranya:

a. Tujuan berkemah

Sebelum mendatangi salah satu tempat camping di Bali, pastikan dulu tujuan Anda berkemah, misalnya saja untuk menghabiskan akhir pekan dengan teman dan keluarga atau kegiatan outdoor kantor. Dengan kejelasan tujuan yang dimiliki, Anda bisa menyusun kegiatan yang bisa dilakukan selama acara kemah berlangsung.

b. Kondisi geografis lokasi perkemahan

Saat Anda mendapat rekomendasi tempat berkemah di Bali, lakukan survei atau cari informasi mengenai kondisi geografis dari lokasi perkemahan. Hal tersebut sedikit banyak akan membantu Anda meminimalkan permasalahan yang mungkin timbul selama berkemah, seperti gangguan hewan liar, ada anggota yang sakit di tengah kegiatan berkemah, atau kekurangan air.

c. Peralatan berkemah

Satu lagi yang penting untuk dipersiapkan sebelum berkemah di Bali yaitu peralatan berkemah, seperti tenda, senter, lampu badai, jaket, dan lainnya. Kelengkapan peralatan berkemah akan membantu meminimalkan hal-hal yang tidak diinginkan dan menjadikan kegiatan kemah sangat berkesan.

d. Kesiapan fisik

Kemah adalah kegiatan outdoor yang membutuhkan kesiapan fisik dan pastikan saat Anda ingin berkemah, fisik Anda dalam kondisi sehat serta bugar.



Leave a Reply