Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

11 Tempat Wisata di Tuban Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup


sisil angelin  May 9, 2018  0 Comment

Tuban, salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur memiliki beberapa destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Pilihan tempat wisata yang tersedia pun sangat beragam mulai dari wisata alam, pantai, hingga wisata religi. Dari sekian banyak tempat wisata tersebut, berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Tuban yang wajib untuk dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup.

 

1. Pantai Boom

Tribunnews.com

Destinasi wisata ini berada di Kelurahan Kutorejo atau lebih tepatnya berjarak sekitar 150 di sebelah utara alun – alun kota Tuban. Tempat ini berupa sebuah daratan yang menjorok ke laut sekitar 800 meter. Salah satu keunikan dari tempat wisata ini adalah memiliki 2 sumur air tawar yang ada di dalam bangunan dengan arsitektur Jawa. Di bagian dinding bangunan tersebut terdapat prasasti mengenai sejarah pantai ini. Ternyata di masa Kerajaan Majapahit, pantai ini merupakan pelabuhan kuno. Di sana, para pengunjung dapat bersantai di dalam gazebo, melihat keindahan sunset/ sunrise, dan memancing ikan. Jika ingin berlayar berkeliling perairan pantai ini, Anda juga dapat menyewa perahu.

 

2. Pantai Sowan

alampriangan.com

Objek wisata yang dikelola oleh KPH Perhutani Tuban ini berada di tepi Jalan Pantura yaitu di Dusun Sowan, Bogorejo, Banjar. Dari pusat kota, pantai ini berjarak sekitar 40 km. Selain menawarkan panorama alam pantai, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pesona hutan hijau yang asri. Beberapa fauna yang dapat dijumpai di sana antara lain adalah burung jalak, cendet, perkutut, prenjak, musang, biawak, dan masih banyak lagi.

 

3. Pantai Cemara

JejakPiknik.com

Pantai ini terasa begitu nyaman karena terlindungi oleh pohon cemara yang rindang. Biasanya para pengunjung yang datang akan bersantai sambil menikmati keindahan pantai di bawah pohon. Lokasi objek wisata ini berada di Jenu atau berjarak sekitar 8 km dari pusat kota. Yang menarik, objek wisata pantai dan mangrove ini tidak menarik biaya masuk bagi wisatawan yang ke sana, kecuali jika mereka ingin menggunakan fasilitas air bersih dan listrik. Objek wisata ini sangat luas yakni sekitar 56 hektar dan didominasi oleh pohon cemara laut dan mangrove.

 

4. Pantai Kelapa

guneman.co

Pantai yang satu ini dinamai dengan Pantai Kelapa karena penuh oleh tanaman kelapa yang asri dan subur. Pantai ini terletak di Desa Panyuran, Palang atau sekitar 6 km dari pusat kota. Pantai yang juga sering disebut dengan Pantai Panyuran ini sangat cocok untuk bersantai atau melihat kegiatan para petani rumput laut dan nelayan. Jika Anda berjumpa dengan para nelayan yang pulang dari melaut, Anda juga dapat membeli hasil tangkapannya seperti ikan laut dan kepiting.

 

5. Goa Ngerong

akhmadzona.wordpress.com

Selain objek wisata alam berupa pantai, Tuban juga memiliki objek wisata alam berupa goa, salah satu tempat wisata di Tuban yang berupa goa adalah Goa Ngerong. Destinasi ini berada di kaki bukit kapur dan memiliki kedalaman sekitar 1,8 km. Biasanya goa ini banyak dikunjungi saat musim libur sekolah atau saat akhir pekan. Jika Anda menyukai wisata goa, destinasi ini sangat cocok untuk dikunjungi. Lokasinya ada di Desa Rengel, Tuban. Di sana wisatawan tidak hanya bisa menikmati keindahan goa dari luar tetapi juga boleh masuk ke dalam goa menggunakan perahu karet. Memiliki air yang jernih, pengunjung dapat melihat kura – kura putih dan aneka ikan kecil di dalam goa. Saat masuk ke goa sekitar 1 km, ada air terjun alami yang menawan.

 

6. Goa Akbar

YouTube.com

Goa yang satu ini berada di dekat Pasar Baru Tuban. Karena di dekat pasar, maka suasana di sana cukup ramai. Goa ini dulunya adalah tempat tinggal Sunan Kalijogo. Objek wisata ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, termasuk penerangan. Para pengunjung dapat menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit secara lebih jelas. Ada pula jalur yang sudah dibatasi atau dipavling dengan pagar sehingga pengunjung dapat lebih mudah menelusuri gua.

 

7. Air Terjun Nglirip

PiknikAsik.com

Air terjun ini menawarkan pesona kecantikan yang luar biasa. Tempat yang juga dikenal dengan nama Grajagan Nglirip ini berada di ketinggian sekitar 30 meter dan memiliki lebar sekitar 28 m. Di belakang air terjun ini ada sebuah goa yang berukuran cukup besar. Aliran air terjun tersebut berasal dari Hutan Krawak dan menyatu dalam sebuah dam. Lokasi objek wisata alam ini terletak di Desa Mulyoagung, Singgahan. Tempat ini lokasinya sangat strategis dan dekat dengan jalan utama. Bahkan tanpa harus sampai di tepi air terjun, para pengunjung sudah dapat menikmati keindahannya dari jembatan kecil di dekat jalan.

 

8. Pemandian Bektiharjo

outbound-tuban.blogspot.co.id

Ini adalah tempat wisata di Tuban yang sangat cocok bagi Anda yang ingin bermain air dan berenang dari mata air alami. Lokasi pemandian ini terletak di Bektiharjo, Semanding atau sekitar 6 km dari pusat kota Tuban. Di sana, ada 2 buah kolam yakni Sendang Wadon untuk wanita dan Sendang Lanang untuk laki – laki. Namun saat ini para pengunjung boleh berenang di kolam mana saja dengan bebas tanpa memandang gender. Saat ini Sendang Wadon menjadi kolam renang berstandar Nasional dan Sendang Lanang merupakan tempat untuk berendam dan bermain air. Pemandian ini juga sudah dilengkapi kolam anak dengan beberapa fasilitas permainan.

 

9. Museum Kambang Putih

YouTube.com

Museum yang satu ini berada di dekat Masjid Agung Tuban, Town Square, dan Makam Sunan Bonang. Lokasi tempat wisata di Tuban ini terletak di Jalan Kartini nomor 3. Jam operasional Museum Kambang Putih adalah Selasa sampai Minggu pukul 07.00 WIB – 14.00 WIB. Khusus hari Jumat, museum ini tutup pukul 11.00 dan hari Sabtu tutup pukul 12.00 WIB. Koleksi yang ada di museum ini antara lain adalah wayang golek, uang kuno, aneka benda purbakala, barongsai, dll.

 

10. Masjid Agung Tuban

YouTube.com

Masjid Agung ini dibangun sekitar abad ke-15 oleh bupati pertama Tuban yang beragama Islam atau Bupati Tuban ke-7 yakni Adipati Raden Ario Tedjo. Masjid ini terletak di Jalan Bonang, Kutorejo. Masjid tersebut terdiri dari 3 lantai dengan 6 menara. Total luas bangunan masjid sekitar 3.565 meter persegi dan lahannya sekitar 5.246 meter persegi. Para wisatawan yang selesai beribadah di masjid ini biasanya akan melanjutkan perjalanan wisata dengan berziarah ke Makam Sunan Bonang yang berdekatan dengan masjid.

 

11. Klenteng Kwan Sing Bio

kwansingbiotuban.com

Menuju ke arah timur kota Tuban, terdapat sebuah klenteng yang unik bernama Klenteng Kwan Sing Bio. Lokasinya berada di Jalan R.E. Martadinata Tuban. Ini adalah satu – satunya klenteng di tanah air yang menghadap ke laut lepas. Konon, keberadaan klenteng yang berani menghadap ke laut ini menunjukkan bahwa klenteng tersebut memiliki kekuatan mistik yang tinggi. Banyak yang percaya bahwa siapa pun yang berdoa di klenteng ini doanya pasti terkabul. Banyak wisatawan lokal dan asing yang menyempatkan diri untuk berkunjung ke klenteng ini saat berada di Tuban

Demikian 11 tempat wisata di Tuban yang wajib Anda kunjungi. Tempat – tempat tersebut menawarkan keunikan yang tidak dimiliki oleh destinasi wisata lainnya di mana pun.



Leave a Reply