10 Tempat Wisata Angker di Kebumen Yang bikin Ciut Nyali


Fida  August 5, 2021  0 Comment

Berkunjung ke tempat wisata tentu menjadi salah satu hal menyenangkan yang bisa Anda coba. Berbagai daerah di Indonesia menawarkan tempat wisata alam indah dan cocok didatangi untuk menghabiskan waktu berlibur. Kebumen menjadi salah satu daerah yang tidak hanya dikenal dengan wisata alam yang indah, tetapi juga memiliki beberapa tempat wisata angker yang cocok dikunjungi untuk menguji nyali. Berikut daftar 10 Tempat wisata angker di Kebumen

1. Benteng Van der Wijk

Benteng Van der Wijk
daerah.sindonews.com

Benteng vanderwick menjadi salah satu tempat wisata angker di Kebumen yang cukup populer. Dilihat dari segi bangunannya, benteng yang satu ini memiliki bentuk bangunan yang unik dan kini terlihat estetik. Tidak sedikit wisatawan yang penasaran dan ingin mengunjungi Benteng Van der Wijk.

Meskipun ramai pengunjung, benteng yang satu ini tidak lepas dari cerita-cerita mistis yang beredar. Konon katanya, tidak sedikit pengunjung yang melihat penampakan tentara Belanda di sekitar benteng. Carita tersebut tentu sudah tidak asing dan kini dipercaya bahwa penampakan tentara Belanda tersebut memanglah penunggu Benteng Van der Wijk.

paket wisata murah

Ayam Bakar Balapan, Kuliner Baru Di Babelan Bekasi Dengan Harga Miring Namun Memuaskan

Hara Cafe & Bistro Bandung

2. Goa Andrakila

Goa Andrakila
bibitserangkai.blogspot.com

Goa Andrakila menjadi salah satu tempat yang cukup menarik untuk didatangi saat berada di Kebumen. Goa yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu tempat wisata angker di Kebumen. Anda akan menjumpai patung menyerupai Petruk saat berkunjung ke goa ini. Konon katanya patung tersebut merupakan tempat Dewa memberikan petunjuk.

Tidak sedikit pengunjung yang mengetahui bahwa di saat-saat tertentu patung tersebut dapat bergerak. Hal itu tentu sangat mengejutkan sekaligus menyeramkan bagi beberapa orang. Goa dengan keindahan alam yang masih sangat alami ini dapat Anda datangi saat berkunjung ke Kebumen.

3. Gedung Nabatiyasa

Gedung Nabatiyasa
historyandlegacy-kebumen.blogspot.com

Bagi Anda yang menyukai tempat atau cerita horor, salah satu tempat wisata angker di Kebumen yang satu ini dapat Anda datangi. Gedung Nabatiyasa merupakan tempat yang dulunya adalah pabrik. Meskipun telah berubah menjadi hotel, tetapi Anda tetap dapat merasakan suasana seram saat datang ke kawasan ini.

Ada cukup banyak cerita-cerita mistis yang beredar mengenai gedung yang satu ini. Salah satu cerita yang cukup populer adalah sering terdengarnya suara gamelan di malam hari dari gedung ini. Tempat yang satu ini cocok didatangi bagi Anda yang suka menguji nyali.

4. Pantai Menganti

Pantai Menganti
merdeka.com

Pantai Menganti menjadi salah satu tempat wisata yang cukup populer dan banyak didatangi oleh wisatawan. Namun siapa sangka jika tempat yang satu ini juga termasuk salah satu tempat wisata angker di Kebumen. Menurut cerita yang beredar, sangat dilarang bagi pengunjung yang datang menggunakan baju berwarna hijau.

Bagi siapa yang menggunakan baju berwarna hijau, konon katanya dapat terseret ke laut dan menjadi salah satu pengikut Nyi Roro Kidul. Meskipun memiliki beberapa cerita mistis, tetapi keindahan Pantai Menganti sangat sayang untuk tidak Anda datangi.

5. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong
nativeindonesia.com

Ada cukup banyak tempat wisata alam indah di Kebumen yang sayang untuk Anda lewatkan, salah satunya adalah Pantai Karang Bolong. Tidak hanya dikenal indah, pantai yang satu ini juga menjadi salah satu tempat wisata angker di Kebumen.

Warga sekitar melakukan ritual setiap tahun di pantai ini dengan memanen sarang walet. Hal itu bertujuan agar penguasa pantai selatan tidak memilih manusia sebagai tumbal. Pantai dengan keindahan alam luar biasa serta cerita mistis yang beredar ini dapat Anda datangi di Desa Karang Bolong, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen.

6. Gua Jatijajar

Gua Jatijajar
wartakebumen.com

Gua Jatijajar dikenal sebagai salah satu tempat wisata angker di Kebumen. Tempat yang satu ini dapat Anda datangi di Jalan Jatijajar, Palamarta, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Gua yang satu ini memiliki panjang 250 meter dan berada 50 meter diatas permukaan laut.

Gua Jatijajar merupakan gua yang keseluruhannya terbentuk dari kapur. Di dalam gua ini terdapat patung manusia berwarna putih. Konon katanya beberapa pengunjung sempat melihat mata patung yang dapat bergerak atau melirik. Tidak sedikit juga pengunjung yang melihat penampakan Raden Kamandaka sedang bertapa di dalam gua ini. Cukup mengerikan bukan?

7. Pantai Petanahan

Pantai Petanahan
aroengbinang.com

Pantai Petanahan menjadi salah satu tempat wisata alam di Kebumen yang cukup populer. Tidak hanya dikenal memiliki pemandangan yang indah, Pantai Petanahan juga dikenal sebagai salah satu tempat wisata angker di Kebumen. Konon katanya, pantai yang satu ini sudah ada sejak zaman kerajaan Mataram dan menjadi saksi Cinta Dewi Sulastri dan Raden Sujono.

Pantai Petanahan selalu ramai pengunjung khususnya saat hari libur. Tidak sedikit pengunjung yang melihat sosok patih kerajaan kuno di sekitar Pantai Petanahan. Berani untuk mengunjungi pantai yang satu ini?

8. Pantai Logending

Pantai Logending
bernas.id

Berbicara tentang tempat wisata angker di Kebumen, Pantai Logending termasuk salah satu tempat yang bisa Anda datangi. Pantai yang satu ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa tetapi juga memiliki banyak cerita-cerita mistis yang beredar.

Di kawasan Pantai Logending terdapat batu karang yang menyerupai bentuk beruang. Batu karang tersebut dipercaya sebagai pintu gerbang untuk masuk ke kerajaan Nyi Roro Kidul. Hal itu tentu menjadi cerita yang dapat dipercaya maupun tidak. Tetapi dibalik cerita tersebut, pantai ini sangat menarik untuk Anda datangi.

9. Waduk Sempor

Waduk Sempor
medcom.id

Salah satu tempat wisata angker di Kebumen adalah Waduk Sempor. Waduk yang satu ini mengalirkan air dari Gunung Kekep dan Gunung Kendil. Waduk ini kerap menjadi pilihan warga maupun wisatawan untuk memancing. Keindahan alam serta suasana yang ditawarkan memang sangat mengesankan.

Salah satu cerita mistis yang beredar adalah konon katanya di waduk ini terdapat ular raksasa tak kasat mata. Ular tersebut dikenal dengan sebutan Taksasa. Bagi Anda yang suka mendatangi tempat horor dan dikenal angker, waduk yang satu ini dapat Anda datangi.

10. RSUD Kebumen Lama

Tempat wisata angker di Kebumen
historyandlegacy-kebumen.blogspot.com

RSUD Kebumen Lama dikenal sebagai salah satu tempat wisata angker di Kebumen. Tempat yang satu ini dikenal memiliki banyak cerita mistis yang beredar. RSUD Kebumen Lama telah memberhentikan aktivitasnya sejak tahun 2014.

Bangunan RSUD ini sangat tidak terawat dan di tahun 2016 sebagian bangunannya sengaja diruntuhkan. Konon katanya, rumah sakit ini dihuni oleh banyak penunggu gaib salah satunya adalah sosok perempuan yang tidak jarang menampakan diri dan membuat beberapa orang kerasukan. Salah satu cerita yang cukup populer adalah dari seorang pria yang bercerita bahwa istrinya melahirkan di sana pada malam hari. Pria tersebut mengira bahwa RSUD ini masih beroperasi karena ada banyak orang termasuk dokter dan perawatan. Akhirnya di keesokan harinya pria tersebut menyadari bahwa rumah sakit ini sudah tidak beroperasi dan sepi.



Leave a Reply