10 Oleh-oleh Khas Kebumen Mulai Makanan Hingga Kerajinan


Fida  May 14, 2021  0 Comment

Kebumen menjadi salah satu daerah yang tepat dijadikan sebagai destinasi untuk berlibur. Selain dikenal menawarkan banyak tempat wisata, kebumen juga memiliki berbagai kuliner lezat serta oleh-oleh khas Kebumen. Setelah menikmati liburan, tidak ada salahnya membeli oleh-oleh khas Kebumen untuk dibawa pulang. Ada cukup banyak pilihan oleh-oleh mulai dari makanan hingga kerajinan.

1. Lanting

Lanting
shopee.co.id

Salah satu oleh oleh khas Kebumen yang cukup dikenal adalah Lanting. Makanan yang satu ini memiliki bentuk yang khas yakni menyerupai angka 8. Anda akan dengan mudah menjumpai makanan yang satu ini di berbagai toko oleh-oleh di Kebumen. Bahan dasar pembuatan lanting adalah singkong.

Jajanan yang satu ini dikenal memiliki tekstur yang empuk dan renyah. Cita rasanya yang gurih juga menjadikan siapapun ketagihan setelah mencobanya. Lanting cocok dipilih untuk dinikmati saat bersantai. Harga dari makanan yang satu ini juga cukup terjangkau yakni berkisar Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,- per kilogram.

Review kuliner

Lawang Sewu: Pesona Gedung Tua Penuh Sejarah. Beneran Angker?

Explore Klenteng Sam Poo Kong, Semarang Rasa Tiongkok

2. Yutuk Goreng

Yutuk Goreng
perpus.jatengprov.go.id

Saat berlibur ke Kebumen, Anda tentu akan dengan mudah menjumpai salah satu makanan yakni yutuk goreng. Yutuk goreng merupakan makanan sejenis rempeyek yang juga menggunakan hewan sejenis undur-undur sebagai bahan utamanya. Hewan laut yang digunakan untuk membuat makanan ini hanya akan ditemukan di Pantai Petanahan.

Yutuk goreng juga menjadi salah satu oleh oleh khas Kebumen yang sayang untuk tidak Anda coba. Makanan ini menawarkan cita rasa yang gurih dan lezat. Teksturnya yang krispi dan empuk juga menjadikan yutuk goreng disukai oleh semua kalangan. Yutuk goreng juga dijual dengan harga sangat terjangkau yakni berkisar Rp 1.000,- per biji.

3. Jipang Kacang

Jipang Kacang
tokopedia.com

Saat bingung menentukan oleh oleh khas Kebumen untuk dibawa pulang, jipang kacang bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Sesuai dengan namanya, makanan ini menggunakan kacang sebagai bahan utama. Bahan lain yang digunakan dalam proses pembuatannya adalah gula jawa dan juga minyak sayur.

Jipang kacang dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni berkisar Rp 2000,- hingga Rp 5000,- per biji. Anda juga dapat dengan mudah menjumpainya di berbagai pusat oleh-oleh di Kebumen. Meskipun sedikit lengket saat dimakan, tetapi sensasi manis gurih serta tekstur yang krispi menjadikan makanan ini sayang untuk tidak Anda coba.

4. Golak

Golak
twitter.com

Golak dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang sedang mencari oleh oleh khas Kebumen. Hampir sama seperti lanting, golak juga dibuat dengan menggunakan bahan dasar singkong atau ketela pohon. Hanya saja golak memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan lanting.

Golak biasa dijual dengan harga Rp 10.000,- per bungkus. Tidak hanya menawarkan cita rasa yang gurih dan khas, golak juga memiliki tekstur yang renyah. Di Kebumen sendiri terdapat banyak sekali home industri yang memproduksi golak dalam jumlah besar setiap harinya.

5. Jenang Sabun

 Jenang Sabun
kompasiana.com

Pernah mendengar sebutan makanan jenang sabun? Jenang sabun merupakan salah satu oleh-oleh khas Kebumen yang kini sudah cukup langka dijumpai. Jenang yang satu ini biasa diproduksi dalam jumlah besar pada saat bulan Ramadan. Untuk mencoba dan membelinya, Anda dapat mengunjungi Desa Munggu, Kecamatan Kebumen.

Rumah produksi jenang sabun yang terletak Kebumen telah beroperasi sejak tahun 1965. Tidak heran jika jenang sabun masih banyak diburu karena dinilai unik dan khas. Jangan lewatkan untuk memilih jenang sabun sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

6. Emping Mendem

. Emping Mendem
makananoleholeh.com

Ada cukup banyak pilihan oleh oleh khas Kebumen yang bisa Anda bawa pulang, salah satunya adalah emping mendem. Emping mendem memiliki tekstur yang lebih padat dan ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan emping melinjo pada umumnya.

Cita rasa emping mendem juga sangat khas yakni sedikit pahit. Terdapat variasi rasa yang bisa dipilih seperti gurih, pedas, asin, keju, balado, original, dan masih banyak lagi. Cara pembuatan emping mendem juga tidak jauh berbeda dengan emping pada umumnya yakni dengan cara merebus melinjo. Setelah direbus, melinjo kemudian dicetak dengan ditumbuk hingga tipis lalu dijemur hingga kering. Setelah itu, emping siap untuk digoreng.

7. Kue Satu Kacang Ijo

Kue Satu Kacang Ijo
shopee.co.id

Kue satu kacang ijo menjadi salah satu oleholeh khas Kebumen yang cukup populer dan mudah dijumpai. Kebumen menjadi salah satu penghasil kacang hijau terbesar dan salah satu olahan kacang hijau yang paling banyak diminati adalah kue satu.

Kue satu menggunakan tepung kacang hijau menjadi bahan utamanya. Jika tidak menemukan tepung kacang hijau, anda juga bisa menggantinya dengan menggiling kacang hijau menjadi tepung. Kemudian tepung dicampurkan dengan gula pasir dan dicetak. Makanan yang satu ini melalui proses pemanggangan sebelum dihidangkan. Aromanya yang menggugah selera menjadikan kue satu sayang untuk Anda lewatkan.

8. Sale Pisang

Sale Pisang
blog.sayurbox.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan jajanan sale pisang. Sale pisang juga menjadi salah satu oleh oleh khas Kebumen yang bisa Anda bawa pulang. Anda akan dengan mudah menjumpai sale pisang di berbagai pusat oleh-oleh di Kebumen.

Cita rasa yang khas dari sale pisang menjadikan jajanan ini banyak diminati oleh penduduk lokal maupun wisatawan. Cara membuat makanan ini juga cukup mudah yakni dengan menyiapkan buah pisang yang telah dikupas dan direbus tipis. Setelah itu, jemur irisan pisang hingga kering yang kurang lebih memakan waktu beberapa hari. Langkah selanjutnya adalah dengan menggoreng pisang menggunakan terigu.

9. Souvenir Biji Jenitri

Souvenir Biji Jenitri
bukalapak.com

Souvenir biji jenitri menjadi salah satu oleh-oleh khas Kebumen yang cukup menarik minat wisatawan. Biji jenitri yang telah matang kemudian dipanen dan harus diolah sebelum dapat dibeli sebagai souvenir.

Biji jenitri harus terlebih dahulu direbus selama 4 jam hingga berwarna kecoklatan. Setelah itu, biji tersebut kemudian dimasukkan ke dalam karung dan diinjak-injak agar kulitnya terkelupas. Proses selanjutnya adalah dengan mencuci dan menjemur biji selama kurang lebih 3 hari. Proses terakhir adalah dengan melubangi biji dengan menggunakan mata bor dan siap dibentuk menjadi kerajinan.

10. Pandan Batok

Pandan Batok
inibaru.id

Saat mencari oleh-oleh khas Kebumen dengan bentuk unik, Anda dapat memilih pandan batok. Terdapat berbagai bentuk pandan batok yang bisa Anda pilih mulai dari mangkok, peralatan dapur, dan juga hiasan lainnya.

Anda dapat dengan mudah menjumpai oleh oleh yang satu ini di Dusun Cicalung, Desa Kejawang, Kecamatan Sruweng, Kebumen. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 2.500,-. Pandan batok menjadi salah satu pilihan oleh-oleh yang tepat untuk dibawa pulang setelah berlibur dari Kebumen.



Leave a Reply