Jelajahi Pesona 10 Pulau Paling Indah di Nusa Tenggara


prita  October 23, 2020  0 Comment

Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang didalamnya terdapat ribuan pulau yang indah salah satunya Pulau di Pulau di Nusa Tenggara. Salah satu pulau di Indonesia yang cukup mendunia adalah Pulau Bali. Pulau ini memang memiliki perpaduan keindahan alam, sejarah dan budaya yang mampu menjadi magnet bagi wisatawan dari berbagai dunia. Selain Bali, kawasan kepulauan Nusa Tenggara juga tak kalah cantik. Belakangan ini Kepulauan Nusa Tenggara memang menarik banyak wisatawan dunia karena keindahan dan keunikannya yang luar biasa. Misalnya seperti 10Pulau terindah di Nusa Tenggara yang keindahannya tak perlu di ragukan lagi ini.

1. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

pulau komodo
wanuaadventure.net

Pulau di Nusa Tenggara yang pertama adalah Pulau Komodo. Pulau Komodo ini sangat terkenal di seluruh dunia karena menjadi kawasan Taman Nasional Komodo dimana kadal karnivora raksasa hidup disini.

Komodo hidup bebas di pulau ini dimana pengunjung bisa melihatnya secara langsung, namun tentu harus didampingi oleh pemandu wisata agar tetap aman. Selain untuk melihat Komodo, pulau ini juga terkenal memiliki keindahan bawah laut yang memukau. Terbukti banyak wisatawan yang datang ingin menyelam untuk menikmati terumbu karang serta biota laut. Seperti hiu, ular laut hingga ubur-ubur laut yang tersembunyi dalam terumbu karang.

Gotravelly

Kuta Mandalika, Wisata Yang Harus Ada Di List Kamu Saat Di Lombok

Kemegahan Karang Di Pantai Semeti Yang Masih Perawan

Desa Sade : Destinasi Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Lombok Selain Pantai

2. Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat

Pulau Lombok
islandsoflombok.wordpress.com

Pulau di Nusa Tenggara yang satu ini pun sangat terkenal tak hanya di kalangan wisatawan Indonesia namun juga wisatawan dari berbagai negara. Pulau Lombok berada di paling barat di Nusa Tenggara dan cukup dekat dengan Pulau Bali.

Pada wilayah utara Pulau Lombok ini didominasi oleh Gunung Berapi Rinjani yang sangat megah. Tak hanya itu, pulau ini juga memiliki tiga kepulauan Gili yang tak jauh dari pantai sisi barat laut yang cantik sehingga menjadi magnet bagi wisatawan. Selain keindahan pantai dan gunung berapi, Pulau Lombok juga memiliki kebudayaan yang kental dimana budaya SaK Hindu dan Islam bertemu dalam satu tempat.

3. Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur

 Pulau Flores
phinemo.com

Pulau di Nusa Tenggara yang satu ini berada di kawasan Nusa Tenggara Timur, tepatnya di sebelah barat Lembata dan sebelah timur Sumbawa. Pulau Flores memang tidak terlalu terkenal seperti Pulau Lombok dan Pulau Komodo, namun pulau ini menawarkan berbagai keajaiban alam yang mampu membuat siapapun berdecak kagum.

Pulau Flores memiliki daya tarik berupa kaldera Gunung Api Kelimutu dengan tiga danau yang berasal dari gas vulkanik yang berubah warna sesuai dengan jumlah oksidasi dalam air. Tak hanya itu, pulau ini menyuguhkan kolam alami yang tentu akan menghadirkan suasana berenang yang berbeda, yaitu di dalam gua. Gua ini bernama Gua Rangko yang memiliki kolam alami dengan air yang sejuk dan jernih.

4. Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur

Pulau Alor
tripzilla.id

Pulau di Nusa Tenggara yang satu ini masih berada di Nusa Tenggara Timur, kamu bisa berkunjung ke sebuah pulau yang bernama Pulau Alor. Pulau ini berada di sisi paling timur kepulauan Nusa Tenggara dan menjadi salah satu pulau yang jarang dikunjungi, meskipun begitu Pulau Alor justru menawarkan keindahan yang luar biasa.

Karena masih jarang dikunjungi oleh wisatawan, pulau ini seolah menjadi destinasi ideal untuk kamu yang suka berlibur di pulau yang tidak terlalu banyak wisatawan. Pulau Alor menawarkan keindahan pantai, pulau-pulau kecil di sekelilingnya hingga wisata budaya yang masih sangat kental. Hal ini tentu menjadi perpaduan sempurna bagi kamu yang menginginkan wisata pantai dan budaya di satu tempat.

5. Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur

Pulau Sumba
indonesia.tripcanvas.co

Pulau di Nusa Tenggara selanjutnya adalah Pulau Sumba yang berada di Nusa Tenggara Timur. Pulau Sumba ini memang terkenal sangat eksotis sehingga seringkali digunakan sebagai lokasi syuting film.

Tak hanya memiliki wisata pantai yang cantik, namun Pulau Sumba juga terkenal masih mempertahankan tradisi kunonya. Kamu bisa menginap di bebera resort bungalow yang cantik dan nyaman di tepi pantai berpasir putih sambil melakukan berbagai kegiatan air yang menyenangkan seperti berselancar, memancing ataupun snorkelling.

6. Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

Pulau Sumbawa
nasional.republika.co.id

Banyak yang mengira jika Pulau Sumba dan Pulau Sumbawa adalah satu pulau yang sama, namun ternyata kedua pulau ini berbeda namun masih sama-masa berada di kawasan pulau di Nusa Tenggara. Jika Pulau Sumba berada di Nusa Tenggara Timur, maka Pulau Sumbawa berada di Nusa Tenggara Barat.

Pulau ini berada di sebelah timur Pulau Lombok dan sangat terkenal memiliki pantai-pantai dengan gelombang laut yang tinggi dan pas untuk berselancar. Salah satunya adalah Pantai Lakey. Kamu yang suka berselancar atau masih ingin belajar berselancar, bisa berkunjung langsung ke pantai ini dengan menumpang bus atau mobil dari kota utama Sumbawa Besar.

7. Pulau Timor Barat, Nusa Tenggara Timur

Pulau Timor Barat
nyero.id

Pulau di Nusa Tenggara berikutnya adalah Pulau Timor Barat yang merupakan bagian dari Pulau Timor. Pulau Timor Barat ini berada di ujung kepulauan Nusa Tenggara, dekat dengan Timor Leste yang kini sudah merdeka.

Pulau Timor Barat ini memiliki sejuta destinasi wisata yang tak boleh kamu lewatkan karena sangat luar biasa indahnya. Misalnya seperti pantai-pantai cantik dengan barisan pohon kelapa dan pasir putih yang bersih. Pantai-pantai di Pulau Timor ini memiliki air laut yang sangat jernih dan pemandangan bawah laut yang luar biasa. Tak hanya itu, Pulau Timor ini juga memiliki Gua Kristal dimana di dalamnya terdapat kolam alami yang airnya sangat jernih yang berada di Kupang. Kupang juga menjadi tempat terbaik untuk berbelanja tekstil ikat dan ukiran kayu yang indah.

8. Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat

pulau moyo
dejournal.id

Pulau di Nusa Tenggara selanjutnya adalah Pulau Moyo. Pulau ini berlokasi sekitar 2,5 kilometer sebelah utara Pulau Sumbawa. Memiliki luas sekitar 350 kilometer persegi, pulau ini menyimpan banyak sekali wisata yang menawan.

Pulau Moyo diapit oleh hamparan laut lepas sehingga memiliki beberapa pantai yang indah, seperti Pantai Tanjung Pasir dan Tekat Sagale yang terkenal sebagai tembat terbaik untuk snorkelling. Tak hanya itu, kamu yang suka menjelajah hutan atau pemandangan alam, kamu bisa berkunjung ke Air Terjun Mata Jitu yang pernah dikunjungi oleh Lady Diana. Disini kamu bisa berendam sambil menikmati indahnya pemandangan sekitarnya yang hijau.

9. Pulau Adonara, Nusa Tenggara Timur

Pulau Adonara
yukpigi.com

Pulau di Nusa Tenggara yang satu ini berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan dikenal dengan nama Pulau Adonara. Pulau Adonara ini berada di Kabupaten Flores Timur dan menyimpan potensi wisata alam yang sangat mengagumkan, meskipun masih jarang dijelajahi oleh wisatawan kebanyakan.

Nama Adonara sendiri berasal dari dua suku kata yaitu Ado dan Nara yang mana Ado merupakan nama laki-laki pertama yang tinggal di pulau ini dan Nara adalah kampong atau bangsa. Pulau Adonara sendiri menyimpan banyak wisata alam yang cantik seperti Pantai Ina Burak, Pasir Putih Mekko, Pulau Kelelawar dan Danau Kota Kaya.

10. Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur

pulau rote
tripzilla.id

Pulau di Nusa Tenggara yang terakhir adalah Pulau Rote. Jika kalian tahu soal music sasando, dari pulau inilah music tersebut berasal. Pulau Rote ini berada di wilayah paling selatan Indonesia dan dianugerahi oleh panorama alam yang luar biasa.

Pulau Rote ini menawarkan banyak spot wisata yang patut untuk kamu kunjungi, misalnya seperti pantai, danau, savanna hingga mata air. Tak hanya itu, pulau ini juga memiliki perairan yang jernih sehingga kamu yang hobi snorkeling bisa menghabiskan waktu untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

Kawasan Nusa Tenggara masih memiliki puluhan pulau lainnya yang tak kalah indah dan menarik untuk dikunjungi, namun 10 pulau diatas adalah yang paling direkomendasikan karena keindahannya yang luar biasa serta mudah dijangkau. Selamat berlibur.



Leave a Reply