10 Patung Ikonik dan Bersejarah dari Berbagai Negara


Fida  October 28, 2020  0 Comment

Patung menjadi salah satu karya yang dibuat dengan tujuan dan makna tertentu. Biasanya, patung dibuat untuk mengenang seorang tokoh hingga pahlawan perjuangan. Karena hampir semua patung memiliki makna dan sejarah tersendiri, tidak jarang lokasi adanya patung tersebut digunakan sebagai destinasi wisata oleh sebagian orang.

Ada cukup banyak patung ikonik dan bersejarah di dunia yang bisa Anda datangi. Bentuknya yang mirip dengan tokoh asli serta kebanyakan memiliki ukuran sangat besar menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Berikut 10 Patung Ikonik Di Dunia yang sering menjadi jujukan wisata

1. Little Mermaid, Denmark

little mermaid
kumparan.com

Denmark menjadi salah satu negara di Eropa yang tidak hanya cocok untuk tempat tinggal melainkan juga datangi saat berwisata. Little Mermaid yang berada di Denmark menjadi salah satu patung ikonik dan bersejarah di dunia.

Sesuai dengan namanya, patung yang satu ini memiliki bentuk putri duyung. Patung dengan tinggi 1,25 meter dan berat 175 kilogram ini sangat diminati oleh wisatawan yang datang ke Denmark. Patung yang satu ini dibuat berdasarkan dongeng lama dan menjadi favorit wisatawan sejak tahun 1913. Lokasi Little Mermaid berada di kawasan Langelinie.

Gotravelly

Sehari Menjelajah Guangzhou, Aku Terinspirasi Akan Keberhasilan Pembangunannya

Ketemu Avengers Di Marvel Studios: Ten Years Of Heroes Exhibition

Menjelajahi Kuil Wat Rong Khun / White Temple. Beneran Serem?

2. The Thinker, Perancis

the thinker
justfunfacts.com

Tidak kalah dengan negara lain, Perancis juga menjadi salah satu negara yang menawarkan patung ikonik dan bersejarah di dunia. The Thinker adalah patung yang dibuat oleh Auguste Rodin yakni seorang pembuat patung terkenal asal Prancis. Auguste Rodin memiliki banyak sekali karya yang cukup dikenal, salah satunya adalah patung The Thinker.

Patung yang satu ini memiliki bentuk seorang pria yang duduk tanpa busana dan menopang dagunya seperti orang yang sedang berpikir. Patung dengan tinggi 1,86 meter ini diletakkan di Museum Musee Rodin, Paris. Selain memiliki bentuk yang indah, patung ikonik yang satu ini sering digunakan sebagai gambaran filosofi. Selain dinikmati oleh penduduk Paris, patung The Thinker yang terbuat dari perunggu ini juga menarik minat banyak wisatawan.

3. Patung Liberty, New York

patung liberty
suratkabar.id

Banyak orang tentu sudah tidak asing dengan adanya patung yang satu ini. Patung Liberty yang terletak di New York menjadi salah satu patung ikonik dan bersejarah di dunia. Patung yang terlihat mengangkat obor ini menjadi saksi bisu sejarah di Amerika.

Patung Liberty berada di pulau Liberty kawasan Manhattan. Pada 28 Oktober 1886, Patung Liberty diberikan oleh Perancis sebagai hadiah 100 tahun deklarasi kemerdekaan Amerika. Patung yang satu ini menjadi simbol ucapan selamat datang bagi wisatawan dan para imigran. Selain itu, kebebasan juga menjadi salah satu makna dari adanya Patung Liberty.

4. Patung Kepala Olmec, Meksiko

Patung Kepala Olmec
greenlane.com

Meksiko menjadi salah satu negara yang menawarkan patung ikonik dan bersejarah di dunia. Meskipun memiliki cukup banyak patung unik dan bersejarah, Patung Kepala Olmec menjadi salah satu yang paling menarik minat wisatawan.

Patung Kepala Olmec diperkirakan sudah ada sejak zaman pra-Columbus dan dibuat pada tahun 1400 hingga 400 sebelum Masehi. Di Meksiko, terdapat banyak sekali Patung Kepala Olmec yang berukuran besar. Patung paling besar memiliki tinggi 3,4 meter sedangkan paling kecil memiliki tinggi 1,47 meter. Bentuknya yang unik menjadikan banyak wisatawan penasaran dan tertarik untuk mengunjungi salah satu Patung Kepala Olmec di Meksiko.

5. Patung David, Italia

Patung David
yukepo.com

Florence yakni kota di Italia menawarkan salah satu patung ikonik dan bersejarah di dunia. Patung David menjadi salah satu karya dari seniman Michelangelo. Michelangelo adalah salah satu seniman besar asal Italia yang tidak hanya membuat patung tetapi juga berprofesi sebagai pelukis, pembuat puisi, dan arsitek terkenal.

Patung David memiliki tinggi 5,7 meter dan dibuat dengan bahan marmer. Karena ukurannya yang besar, tentu saja patung yang satu ini menjadi sorotan penduduk maupun wisatawan. Patung yang satu ini memiliki bentuk pria tanpa busana. Hal itu dibuat oleh Michelangelo sebagai gambaran sosok David dari Alkitab.

6. Christ The Redeemer, Rio de Janeiro

Christ The Redeemer
britannica.com

Tidak hanya dikenal dengan sepak bola, brazil juga menawarkan salah satu patung ikonik dan bersejarah di dunia. Christ The Redeemer menjadi salah satu patung bersejarah yang terletak di ibukota Brazil, Rio de Janeiro.

Patung Yesus yang megah ini dibuat dengan tinggi 30 meter dan tangannya yang membentang sepanjang 28 meter. Karena ukurannya yang raksasa, tidak heran jika Christ The Redeemer masuk ke dalam salah satu patung terbesar di dunia. Patung yang satu ini memiliki lokasi tepat di puncak Gunung Corcovado. Dibuat pada tahun 1926 hingga 1931, patung ikonik dan bersejarah ini masih terjaga hingga saat ini.

7. Sphinx, Mesir

Sphinx
booqify.com

Beberapa dari Anda tentu tidak asing dengan sebutan Sphinx. Sphinx menjadi salah satu patung ikonik dan bersejarah di dunia. Selain penduduk lokal, wisatawan yang datang ke Mesir juga tertarik dengan patung yang memiliki bentuk unik ini. Sphinx memiliki bentuk setengah hewan dan setengah manusia.

Patung megah ini dibangun dengan panjang 73,5 meter, lebar 19,3 meter, dan tinggi 20,22 meter. Patung yang satu ini merupakan salah satu patung yang didirikan oleh bangsa Mesir zaman dulu. Sphinx dibuat dari batu gamping dan memiliki bentuk kepala manusia dan tubuh singa.

8. Moai, Pulau Paskah

Moai
travel.kompas.com

Pulau Paskah menjadi bagian dari negara Chili dan memiliki salah satu patung ikonik dan bersejarah di dunia. Moai adalah sebutan dari patung – patung raksasa yang berbentuk manusia. Bentuknya yang besar dan megah, patung yang ada di Pulau Paskah juga diperkirakan memiliki usia yang cukup tua dan dibangun pada tahun 1250 hingga 1500.

Paro merupakan sebutan dari patung moai yang paling tinggi yakni setinggi 10 meter dan memiliki berat kurang lebih 75 ton. Saat datang ke Chili, Anda bisa sempatkan untuk mengunjungi moai di Pulau Paskah.

9. Motherland Calls, Rusia

Motherland Calls
rferl.org

Tidak kalah dengan negara lain, Rusia juga memiliki salah satu patung ikonik dan bersejarah di dunia. Patung ikonik yang satu ini disebut Motherland Calls. Pada tahun 1967, patung yang satu ini pernah dinobatkan sebagai patung terbesar di dunia.

Motherland Calls memiliki bentuk tokoh wanita yang mengacungkan pedang. Tinggi dari patung yang satu ini adalah 85 meter. Patung yang satu ini didirikan dengan tujuan bagai gambaran Perang Stalingrad yang berlangsung selama 200 hari.

10. Guishan Guanyin, China

Guishan Guanyin
destinasian.co.id

China menjadi salah satu negara yang memiliki salah satu patung ikonik dan bersejarah di dunia. Patung yang satu ini biasa disebut dengan patung seribu tangan dan mata atau Guishan Guanyin. Lokasinya berada di Kota Hunan, China.

Patung dengan tinggi 99 meter ini dibangun dengan bahan dasar perunggu. Patung yang dibangun pada tahun 2009 ini menjadi salah satu kebanggaan umat Buddha di China. Selain pemerintah, warga lokal dan beberapa organisasi juga terlibat dalam pembangunan patung yang satu ini



Leave a Reply