10 Pantai di Papua Yang Terkenal Paling Indah dan Mempesona


prita  May 22, 2021  0 Comment

Berada di paling ujung timur Indonesia, Papua memang dikenal sebagai provinsi terluas di Indonesia. Pulau ini memang sangat terkenal memiliki keindahan alam yang memukau, terutama Pantai di Papua. Selama ini mungkin yang paling akrab ditelinga adalah Raja Ampat, namun ternyata Papua memiliki banyak sekali pantai cantik yang pastinya sangat menarik untuk dikunjungi. Jika kamu tertarik untuk berlibur ke Papua jangan lewatkan untuk mengunjungi Pantai di Papua

1. Pantai Harlem, Jayapura

Pantai Harlem
ksmtour.com

Pantai di Papua pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Harlem. Pantai cantik ini berlokasi di Desa Tablanusu, Kabupaten Jayapura, Papua.

Pantai cantik ini dikenal sebagai salah satu pantai terindah karena menawarkan perpaduan dari pasir putih yang bersih dengan perbukitan hijau sebagai latar belakangnya. Ditambah lagi dengan adanya air laut yang berwarna biru jernih tentu mampu membuat kamu bisa melihat dengan jelas karang berwarna-warni dan aneka biota laut yang hidup disana. Pantai Harlem ini dikenal memiliki ombak yang tidak terlalu besar sehingga cukup aman untuk berenang di perairannya.

paket wisata murah

Jelajah Wisata Bahari Tapanuli Tengah

Wisata Batu Sori, Situs Batu Apung Favorit Di Baubau

2. Pantai Tablanusu, Jayapura

Pantai Tablanusu
pariwisataindonesia.id

Pantai di Papua yang wajib untuk kamu kunjungi adalah Pantai Tablanusu. Pantai ini juga tak kalah populer dengan pantai-pantai di Jayapura lainnya karena pemandangan yang ditawarkan cukup istimewa.

Pantai ini memiliki perairan yang jernih, dimana kamu bisa melakukan berbagai aktivitas disana. Mulai dari berenang, menyelam hingga bermain banana boats. Pantai Tablanusu ini menawarkan suasana yang asri dan cukup tenang sehingga sangat cocok untuk menenangkan pikiran. Ditambah dengan adanya deretan pohon kelapa yang menambah sejuk suasana di pantai ini.

3. Pantai Amai, Jayapura

 Pantai Ama
ksmtour.com

Masih di Jayapura, pantai di papua yang satu ini dikenal dengan nama Pantai Amai dan sangat cocok bagi kamu yang menyukai tantangan. Pasalnya, untuk menuju ke pantai ini kamu harus menaklukan medan yang terjal.

Kamu harus melewati perbukitan yang terjal untuk tiba di Pantai Amai ini. Meskipun medannya begitu susah, namun pemandangan yang akan kamu dapatkan akan sesuai dengan perjuangan kamu. Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dengan perpaduan dari air lawat dan air laut yang membuat pantai ini terlihat semakin indah.

4. Pantai Yen Beba, Manokwari

 Pantai Yen Beba
pesisir.net

Tak hanya di Jayapura, pantai di Papua selanjutnya adalah Pantai Yen Beba yang berada di Kabupaten Manokwari. Lokasi pantai ini berada tak jauh dari pusat kota sehingga tak pernah sepi pengunjung.

Pantai Yen Beba ini menawarkan keindahan pasir putih yang bersih dan terbentang luas yang dipadukan dengan air laut berwarna biru jernih. Disini kamu bisa melakukan berbagai kegiatan, seperti berenang atau bermain air di kawasan pantai ini. Setelah puas bermain air di pantai ini, kamu wajib untuk mencoba aneka olahan seafood dengan bumbu khas yang banyak dijual di kawasan pantai ini.

5. Pantai Bosnik, Biak Numfor

Pantai Bosnik
backpackerjakarta.com

Pantai di Papua yang satu ini dikenal dengan nama Pantai Bosnik dan berlokasi di Biak Timur Kabupaten Biak Numfor. Pantai yang satu ini dikenal sebagai salah satu pantai paling indah di Papua karena pemandangannya yang eksotis lengkap dengan perpaduan pasir putih dan air lautnya yang jernih.

Pantai Bosnik ini menjadi salah satu pantai yang ramai dikunjungi wisatawan karena berada tak jauh dari pusat kota. Saat menginjakkan kaki di pantai ini, kamu akan dibuat terpesona dengan pemandangannya yang luar biasa. Tak hanya itu, kamu juga bisa bermain pasir atau berjemur di pinggir pantainya. Kamu juga bisa menikmati keindahan bawah lautnya dengan cara snorkeling atau diving. Kamu bisa melihat indahnya terumbu karang yang masih alami lengkap dengan biota lautnya yang beragam.

6. Pantai Batu Pica, Biak Numfor

Pantai Batu Pica
bisniswisata.co.id

Pantai di Papua selanjutnya juga masih berada di Kabupaten Biak Numfor, yaitu Pantai Batu Pica. Pantai indah ini juga mendapat julukan sebagai Pantai Batu Gong karena sangat unik.

Keunikan dari pantai ini adalah adanya batu karang yang bentuknya sangat indah seperti potongan meja di tepi laut. Batu karang ini mampu memecahkan ombak yang berada di bibir Samudera Pasifik, yang mana saat gelombang pasang menerpa, akan tercipta semburan yang tinggi hampir mencapai 15 meter. Meskipun memiliki ombak yang besar, namun tidak membuat wisatawan mengurungkan niat untuk berkunjung, mereka justru terpesona dengan keindahan ombak yang ada di pantai ini.

7. Pantai Arborek, Raja Ampat

 Pantai Arborek
pegipegi.com

Jika berbicara soal pantai di Papua, rasanya belum lengkap jika tidak membahas tentang pantai yang berada di Kabupaten Raja Ampat. Salah satu pantai yang ada di kabupaten Raja Ampat ini adalah Pantai Arborek dan menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer.

Pantai Arborek ini berlokasi di Pulau Arborek yang jaraknya hanya sekitar 1 jam dari Kabupaten Raja Ampat. Beragam aktivitas bisa kamu lakukan disini, mulai dari snorkeling, diving hingga memancing.

8. Teluk Triton, Kaimana

Teluk Triton, Kaimana
ksmtour.com

Pantai di Papua yang satu ini memang terbilang cukup tersembunyi, namun keindahannya tentu bisa membuat wisatawan betah belama-lama berada disini. Teluk Triton ini berlokasi di Kabupaten Kaimana dan sangat terkenal dengan ragam biota lautnya.

Teluk Triton ini memang menjadi surga para peneliti biota laut karena terdapat beragam biota laut yang ada di teluk ini. Saat berkunjung ke Teluk Triton ini pastinya kamu akan terkesima dengan keindahannya. Kamu bisa snorkeling untuk mengintip ke bawah lautnya dan bertemu dengan banyak spesies yang mana kebanyakan hanya bisa ditemukan di Kaimana. Tak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Teluk Triton ini.

9. Pantai Pasir Timbul, Sorong

Pantai Pasir Timbul Sorong
inews.id

Pantai Pasir Tmbul menjadi salah satu pantai di Papua yang memiliki pemandangan epic. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pasir yang timbur di tengah laut dan sangat luas.

Pantai ini dikelilingi oleh air laut yang sangat bening dan skaing beningnya kamu bisa melihat terumbu karang dengan jelas. Meskipun pantai ini tidak terlalu besar, namun kamu bisa melakukan berbagai kegiatan disini, seperti snorkeling atau bermain pasir di tepiannya.

10. Tanjung Kasuari, Sorong

Pantai di Papua
indonesiakaya.com

Pantai di Papua yang terakhir adalah Tanjung Kasuari yang berada di kota Sorong. Kota Sorong memang terkenal sebagai daerah pengeboran minyak, meskipun begitu kamu masih bisa menemukan pantai cantik disini.

Tanjung Kasuari ini menawarkan pemandangan pantai yang indah. Pantai ini memiliki hamparan pasir yang bersih dan sangat luas dengan pepohonan yang berderet dan membuat pantai ini lebih sejuk. Menariknya lagi, air laut di pantai ini sangat jernih dan lingkungannya yang masih terjaga kebersihannya sehingga membuat pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata di Sorong yang tak boleh dilewatkan.



Leave a Reply