10 Pantai di Bangkalan Segarkan Mata Dan Pikiran


prita  August 11, 2022  0 Comment

Bangkalan merupakan salah satu kabupaten yang berada di Pulau Madura dan bisa kamu jadikan sebagai destinasi wisata selanjutnya. Terutama jika kamu menyukai pantai. Pantai di Bangkalan memang menawarkan keindahan pasir putih dan ombak yang tidak terlalu besar.

Berlibur ke pantai di Bangkalan tentu bisa menyegarkan mata serta pikiran dari rutinitas sehari-hari. Berada di bagian ujung barat Pulau Madura, Bangkalan berbatasan langsung dengan Laut Jawa di bagian utara serta Selat Madura di bagian barat dan selatan. Posisinya yang strategis inilah yang membuat Bangkalan memiliki deretan pantai yang cantik. Apalagi, sejak Jembatan Suramadu diresmikan, Bangkalan menjadi gerbang utama untuk memasuki Pulau Madura. Nah, sebelum berkunjung kesana, ketahui dulu yuk destinasi wisata pantai yang ada di Bangkalan berikut ini.

1. Pantai Siring Kemuning

Pantai Siring Kemuning
pantainesia.com

Pantai Siring Kemuning menjadi salah satu destinasi wisata pantai di Bangkalan yang layak untuk kamu kunjungi. Pantai ini berlokasi cukup jauh dari pusat kota Bangkalan, yaitu 41 kilometer ke arah utara. Meskipun begitu, semua rasa lelah akan langsung terbayar saat kamu melihat indahnya pantai ini.

Keindahan Pantai Siring Kemuning memang sudah dikenal banyak orang. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke pantai ini adalah saat sore hari dimana kamu bisa melihat indahnya matahari terbenam. Tak heran jika pantai ini dijuluki sebagai Pantai Kuta-nya Madura.

Gotravelly

Indahnya Bukit Jaddih, Wisata Instagramable Di Kota Bangkalan

Nasi Serpang Khas Bangkalan: Menu Sarapan Nikmat Kaya Lauk Pauk

2. Pantai Gebang

Pantai Gebang
tourjatim.com

Pantai di Bangkalan yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Pantai Gebang. Pantai Gebang ini memiliki air yang tenang sehingga cukup aman untuk bermain di tepian pantainya.

Pantai Gebang ini juga memiliki suasana yang tenang sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin menikmati ketenangan. Pantai ini juga ditumbuhi dengan banyak pohon bakau. Penanaman pohon tersebut bertujuan untuk mencegah abrasi dan keberadaan hutan bakau ini juga secara tidak langsung menambah keunikan dan kecantikan dari Pantai Gebang.

3. Pantai Pandela

Pantai Pandela
helpmecovid.com

Pantai Pandela menjadi salah satu pantai di Bangkalan yang terbilang baru dioptimalkan. Tak hanya bisa menikmati pemandangan pantai, disini kamu juga bisa meihat hutan mangrove.

Pengoptimalan Pantai Pandela ini berfokus pada tiga hal, yaitu Eco, Culture dan Education. Sehingga, saat berkunjung kesini kamu tak hanya akan dipuaskan dengan keindahan pantainya, namun juga akan dikenalkan pada budaya setempat. Terutama peninggalan Cakra Ningrat yang berupa replika-replika bangunan peninggalannya.

4. Pantai Magesing

Pantai di Bangkalan
id.berita.yahoo.com

Destinasi wisata pantai di Bangkalan berikutnya adalah Pantai Magesing. Berlokasi di Kecamatan Klampis, pantai ini memiliki pasir putih yang indah dan kamu bisa bebas bermain di pesisir pantai yang cukup luas.

Perpaduan gradasi warna biru laut, biru langit serta pasir putih dan hijaunya pepohonan merupakan sebuah pemandangan yang sempurna dan menyegarkan mata serta pikiran. Pantai Magesing ini juga sangat cocok untuk berenang karena ombaknya cenderung tenang.

5. Pantai Sambilangan

Pantai Sambilangan
tempatwisata.pro

Berlokasi tak jauh dari pusat kota Bangkalan, Pantai Sambilangan ini juga menjadi salah satu destinasi wisata pantai di Bangkalan yang cukup populer. Hal tersebut karena Pantai Sambilangan ini memiliki daya tarik berbeda dari pantai lainnya, yaitu terdapat sebuah mercusuar peninggalan Belanda yang usianya sudah sangat tua.

Menara pantau tersebut diketahui sudah berada di kawasan pantai sejak tahun 1879. Mercusuar tersebut tingginya mencapai 78 meter dengan jumlah lantai 17 lantai. Jika kamu berkunjung saat sore hari, kamu bisa melihat pemandangan matahari terbenam dengan indahnya.

6. Pantai Tengket

Pantai Tengket
lingkarjatim.com

Pantai di Bangkalan yang tak kalah indah berikutnya adalah Pantai Tengket. Pantai Tengket ini berada sekitar 30 kilometer dari pusat kota Bangkalan. Sayangnya, pengelolaan pantai ini belum dilakukan secara maksimal sehingga fasilitas umum belum optimal.

Meskipun begitu, hal tersebut tidak mengurangi kecantikan alami Pantai Tengket. Pantai Tengket ini lokasinya juga berada di dekat Makam Ra Lilur sehingga pantai ini juga masuk dalam kawasan wisata religi.

7. Pantai Maneron

Pantai Maneron
triptrus.com

Berlokasi di bagian barat Selat Madura, ada sebuah pantai di Bangkalan yang cukup menawan bernama Pantai Maneron. Pantai ini memiliki bentuk melengkung dengan panjang sekitar 1 kilometer.

Pantai ini masih sangat alami dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Disini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan indah dari pasir yang halus dan putih. Selain itu, jika kamu seorang sunset hunter, pantai ini juga menawarkan pemandangan cantik saat matahari terbenam di sore hari. Di Pantai Maneron ini kamu bisa membangun tenda di bagian pesisirnya untuk menikmati keindahan pantainya lebih lama.

8. Pantai Tlangoh

Pantai Tlangoh
news.detik.com

Pantai di Bangkalan yang tak kalah indah selanjutnya adalah Pantai Tlangoh. Pantai yang berada di bagian utara Bangkalan ini memang memiliki pesisir pantai yang cukup luas dengan pasir putih yang halus.

Pantai yang berlokasi sekitar 39 kilometer dari pusat Kota Bangkalan ini memang menawarkan pemandangan yang tidak membosankan. Jarak yang luas antara pesisir dan bibir pantai tentu membuat kamu jadi lebih leluasa bermain atau sekedar berjalan-jalan untuk merasakan hangatnya pasir tanpa terganggu oleh tekstur pasirnya yang kasar. Tak heran jika Pantai Tlangoh ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit banyak wisatawan.

9. Pantai Rongkang

Pantai Rongkang
pantainesia.com

Jika berbicara tentang pantai di Bangkalan, Pantai Rongkang ini juga layak untuk masuk dalam daftarnya. Pantai Rongkang ini berlokasi sekitar 35 kilometer ke arah selatan dari pusat Kota Bangkalan dan di bagian utara pantai ini berbatasan langsung dengan Laut Jawa.

Pantai Rongkang memiliki pemandangan yang tak kalah cantik dengan pantai lainnya, meskipun begitu pantai ini masih belum dioptimalkan sehingga fasilitasnya masih minim. Pantai ini memiliki ciri khas berupa pasir pantainya yang berwarna putih serta adanya bebatuan kecil yang membuatnya tampak unik.

10. Pantai Pocokan

Pantai Pocokan
youtube.com

Pantai di Bangkalan yang terakhir adalah Pantai Pocokan. Pantai ini memang dikenal cantik, terutama saat matahari terbenam. Pantai ini menawarkan suasana yang masih sepi dan tenang sehingga sangat cocok untuk healing sejenak.

Sayangnya, sampai saat ini pengelolaan Pantai Pocokan ini masih belum optimal. Namun, sekarang kamu bisa menemukan beberapa fasilitas publik seperti warung makan. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Pocokan ini adalah saat sore hari dimana pemandangan matahari terbenamnya juga sangat indah.

Itulah daftar pantai di Bangkalan yang layak untuk kamu kunjungi. Pantai-pantai tersebut bisa jadi rekomendasi untuk menghabiskan waktu berlibur. Sebelum berlibur, pastikan sudah menyiapkan segala sesuatu dan tetap mentaati protokol kesehatan serta menjaga kebersihan. Jika ingin berlibur ke Bangkalan, jangan lupa juga untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen.



Leave a Reply