10 Oleh-Oleh Khas Lebak Banten Mulai Batik Hingga Jajanan Khas


Fida  January 22, 2022  0 Comment

Mengunjungi tempat wisata tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba untuk menghabiskan waktu berlibur. Salah satu daerah yang menarik untuk kamu kunjungi adalah kawasan Lebak Banten. Puas mengelilingi tempat wisata, tentu tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu oleh-oleh sebelum pulang. Tidak perlu bingung, daftar 10 rekomendasi oleh-oleh khas Lebak Banten yang menarik untuk kamu coba.

1. Batik Lebak

batik lebak
banten.idntimes.com

Batik Lebak dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Lebak Banten yang cocok untuk kamu bawa pulang. Batik yang satu ini dikenal memiliki motif yang unik dan khas dari provinsi Banten. Tidak hanya dikenal dengan motif yang unik, motif tersebut juga dibuat karena memiliki makna dan filosofi tersendiri.

Batik Lebak dijual dengan harga yang sangat beragam tergantung jenis kain dan tingkat kesulitan pembuatan. Kamu dapat membeli Batik Lebak dalam bentuk lembaran maupun siap pakai seperti baju. Keunikan batik ini berhasil membuat wisatawan yang datang ke kawasan Lebak Banten penasaran dan tertarik untuk membelinya.

Gotravelly

Shokudo Kontena, Restoran Bernuansa Jepang Dengan Menu Unik

Pertama Kali Mencoba Staycation Di Persawahan Sawah

2. Leumeung

leumeung
besttangsel.com

Tidak kalah menarik dengan oleh-oleh sebelumnya, oleh-oleh khas Lebak Banten kali ini memiliki sebutan yang sangat unik yakni leumeung. Leumeung merupakan salah satu jenis makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan utama beras ketan. Beberapa bahan tambahan lain yang digunakan adalah santan dan kacang tanah.

Tidak hanya dikenal dengan sebutannya yang unik, makanan ini juga memiliki tampilan yang cukup menarik yakni berbentuk tabung. Hal itu dikarenakan makanan ini dimasak menggunakan cetakan bambu. Karena dikenal sangat khas, tidak heran jika leumeung banyak diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Lebak Banten.

3. Gula Aren Batok khas Lebak

gula aren lebak
banten.antaranews.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Lebak Banten berikutnya adalah gula aren batok. Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan gula yang satu ini bukan? Jika dilihat sekilas, gula aren batok khas Lebak memang memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan gula aren pada umumnya. Tetapi jangan salah, gula aren khas lebak memiliki warna coklat yang lebih pekat dan juga tekstur yang lebih padat.

Gula aren batok khas Lebak juga dikenal cukup tahan lama sehingga tidak heran jika banyak dipilih sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan. Saat berkunjung ke Lebak Banten, tidak ada salahnya untuk menyempatkan berburu oleh-oleh khas yang satu ini.

4. Kue Pasung

kue pasung
senengpiknik.com

Kue Pasung juga dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas lebak Banten yang sayang untuk kamu lewatkan. Kue yang satu ini memiliki bentuk yang unik dan khas yakni berbentuk corong.

Kue Pasung dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung beras dan gula merah. Bahan lain yang digunakan untuk membuat kue ini adalah tepung sagu dan juga santan. Tidak hanya memiliki cita rasa yang lezat, kue ini juga memiliki tekstur yang sangat kenyal dan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya. Dilihat dari tampilannya memang cukup menarik bukan?

5. Gipang

gipang
bukalapak.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan makanan gipang. Gipang merupakan jajanan yang mudah dijumpai di beberapa daerah dan dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Lebak Banten.

Jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama beras ketan dan gula. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan tekstur yang lengket dan sedikit renyah serta perpaduan rasa manis dan gurih. Makanan yang satu ini juga biasa dijual dengan kemasan praktis sehingga sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh. Kamu dapat membeli gipang di berbagai toko oleh-oleh di Lebak Banten.

6. Emping Melinjo dan Keceprek

keceprek
bukalapak.com

Emping melinjo dan keceprek tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu bawa pulang saat berburu oleh-oleh khas Lebak Banten. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini memang menggunakan bahan utama melinjo. Melinjo yang telah dipisahkan dari kulitnya kemudian diolah dengan cara dipanggang, dipipihkan, kemudian dijemur.

Berbeda dengan emping melinjo, dalam proses pengolahannya keceprek tidak harus dipipihkan. Hidangan yang satu ini biasanya hanya dikeprek satu kali dan disajikan dengan cara digoreng maupun direbus. Kamu dapat memutuskan untuk berburu emping melinjo dan juga keceprek di berbagai oleh di Lebak Banten. Tidak perlu khawatir, karena emping melinjo dan keceprek dijual dengan harga terjangkau serta dikemas dengan kemasan praktis dan menarik.

7. Tas Baduy

tas baduy
shopee.co.id

Tas Baduy juga dapat kamu pilih sebagai oleh-oleh khas lebak Banten selain makanan yang bisa dibawa pulang. Tas Baduy atau yang biasa disebut dengan Koja merupakan salah satu kerajinan khas masyarakat Baduy. Masyarakat Baduy membuat tas menggunakan bahan utama kulit kayu yang telah dikeringkan kemudian dibentuk menjadi serat.

Tidak hanya tas, kamu juga dapat membeli kerajinan dengan bentuk lainnya. Harga yang ditawarkan sangatlah beragam tergantung ukuran dan tingkat kesulitan pada saat proses pembuatan. Tas Baduy dan beberapa kerajinan lainnya tentu menjadi oleh-oleh tepat yang bisa dibawa pulang untuk diberikan kepada keluarga atau kerabat di rumah.

8. Bakso Ikan Malingping

bakso ikan malingping
banten.tribunnews.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan makanan bakso ikan Malingping? Makanan yang satu ini dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Lebak Banten yang sayang untuk dilewatkan. Sebutan Malingping yang ada pada makanan ini berasal dari sebuah kecamatan yang terletak di kabupaten Lebak.

Sesuai dengan namanya, bakso ini memang sedikit berbeda dengan bakso pada umumnya yakni dibuat dengan menggunakan bahan dasar daging ikan. Daging yang biasa digunakan adalah daging ikan tenggiri atau ikan tongkol. Yang menjadikan unik lagi adalah daging ikan tidak digiling tetapi diolah dengan cara ditumbuk. Adanya tambahan perasan jeruk nipis atau jeruk limau tentu menjadikan hidangan ini semakin segar saat dinikmati. Tertarik untuk mencoba bakso ikan Malingping dan membelinya sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang saat berkunjung ke Lebak Banten?

9. Opak

opak
tokopedia.com

Opak juga dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Lebak Banten yang banyak diburu oleh wisatawan. Opak khas Lebak Banten dikenal dengan teksturnya yang kering dan juga renyah. Terdapat dua pilihan opak yang bisa kamu coba yakni opak yang menggunakan bahan dasar ketan dan juga opak yang menggunakan bahan dasar singkong.

Makanan yang satu ini tidak hanya cocok dinikmati sebagai camilan tetapi juga sebagai pelengkap saat makan. Selain teksturnya yang renyah, kamu juga dimanjakan dengan cita rasanya yang gurih dan lezat.

10. Angeun Lada

angeun lada
m.merdeka.com

Angeun Lada merupakan salah satu kuliner yang tidak jarang dipilih sebagai oleh-oleh khas Lebak Banten. Makanan yang satu ini direkomendasikan untuk dipilih sebagai oleh-oleh bagi kamu yang memiliki tinggal tidak jauh dari Lebak Banten. Angeun lada sebenarnya merupakan sayuran pedas yang dibuat dengan menggunakan bahan utama babat sapi. Adanya tambahan berbagai rempah-rempah tentu menghasilkan cita rasa serta aroma yang menggugah selera.



Leave a Reply