10 Oleh-Oleh Khas Pangkalan Bun Dengan Rasa Super Gurih Enak


Fida  January 3, 2022  0 Comment

Mengunjungi berbagai daerah tentu sangat disayangkan jika tidak menyempatkan mampir ke tempat wisata atau mencoba kuliner lezatnya. Pangkalan Bun dikenal sebagai salah satu kawasan yang tidak hanya menawarkan banyak tempat wisata tetapi juga berbagai kuliner lezat. Puas mengunjungi tempat wisata dan mencoba berbagai kuliner, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk berburu oleh-oleh sebelum pulang. Tidak perlu bingung menentukan pilihan, berikut daftar 10 rekomendasi oleh-oleh khas Pangkalan Bun yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Ikan Lais

ikan lais
cookpad.com

Salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Pangkalan Bun yang populer dan menarik untuk kamu coba adalah ikan lais. Ikan yang satu ini menjadi ikan yang cukup populer dan dikenal memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Ikan lais biasa diolah menjadi berbagai masakan baik dengan cara dibakar atau digoreng. Saat datang ke Pangkalan Bun, kamu juga kerap mendapati ikan lais diolah menjadi ikan asin atau ikan asap.

Daging ikan lais dikenal memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Meskipun diolah menjadi berbagai macam masakan, tetapi aroma serta cita rasa ikan ini tetap keras dan kuat. Salah satu olahan ikan lais yang menarik untuk kamu coba adalah ikan lais bumbu kecap. Selain cocok untuk dinikmati langsung saat berkunjung ke kawasan Pangkalan Bun, kamu juga dapat membeli ikan ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Gotravelly

Nemu Cafe Yang Cocok Buat Kerja Lagi Di Surabaya, Namanya Coma Cafe!

Nongkrong Di Bean Bag Ala Navila Cafe & Resto

2. Ikan Jelawat

ikan jelawat
resepmasakannusantaraoriginal.blogspot.com

Tidak hanya ikan lais, rekomendasi oleh-oleh khas Pangkalan Bun yang menarik untuk kamu coba adalah ikan Jelawat. Ikan jelawat dikenal dengan ukuran dagingnya yang sangat tebal serta cita rasanya yang gurih. Oleh karena itu, tidak heran jika ikan ini kerap diolah menjadi berbagai macam masakan yang menarik untuk dicoba.

Terdapat beberapa proses pengolahan yang menjadikan ikan ini mampu bertahan lama. Ikan Jelawat menjadi salah satu ikan yang kerap diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Pangkalan Bun. Saat membelinya sebagai oleh-oleh, kamu dapat membuat sendiri berbagai olahan masakan ikan ini di rumah.

3. Kue Bingka

kue bingka
yummy.co.id

Rekomendasi oleh-oleh khas Pangkalan Bun berikutnya adalah kue bingka. Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan kue yang satu ini bukan? Kue bingka biasa dikemas praktis dan juga menarik. Bentuk kue bingkai yang khas juga sangat menggugah selera untuk dicoba.

Kue ini biasa disajikan dengan 3 pilihan rasa yakni kelapa muda, beras, dan juga kentang. Kamu juga dapat menjumpai beberapa varian kue bingka lainnya saat datang ke berbagai toko oleh-oleh yang ada di Pangkalan Bun. Kue bingka juga menjadi salah satu jajanan yang kerap dijual saat pagi hari. Selain di toko oleh-oleh, kamu juga bisa mendapatkan kue ini di beberapa pasar tradisional di Pangkalan Bun.

4. Sambal Lucung

sambal lucung
kompasiana.com

Pernah mendengar sebutan sambal lucung sebelumnya? Sambal lucung merupakan salah satu oleh-oleh khas Pangkalan Bun yang kerap diburu oleh wisatawan untuk dibawa pulang. Sebutan sambal ini berasal dari lucung yang berarti kecombrang. Kecombrang diolah dengan beberapa bahan seperti cabai dan rempah-rempah lainnya. Saat mencoba sambal yang satu ini, kamu akan dimanjakan dengan sensasi perpaduan rasa pedas dan gurih.

Sambal lucung juga dikenal memiliki aroma yang sangat khas dan harum. Tidak heran jika sambal ini sangat menggugah selera dan menarik untuk dicoba.

5. Coto Manggala

coto manggala
kreasimasakan.com

Coto Manggala dikenal sebagai salah satu makanan yang populer dan juga tidak jarang dipilih sebagai oleh-oleh khas Pangkalan Bun. Makanan yang satu ini dikenal dibuat dengan menggunakan bahan utama singkong. Tidak hanya singkong, coto Manggala juga dilengkapi dengan beberapa bahan lainnya seperti daging ayam, telur, dan juga sayuran.

Hidangan yang satu ini biasa dipilih untuk dinikmati saat pagi hari sebagai menu sarapan. Kamu akan dimanjakan dengan kuah kaldu yang hangat serta gurihnya singkong. Karena kelezatannya, tidak jarang makanan ini dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang bagi para wisatawan.

6. Ikan Kelabau

ikan kelabau
cookpad.com

Salah satu dari banyaknya oleh-oleh khas Pangkalan Bun yang menarik untuk dicoba adalah ikan kelabau. Ikan yang satu ini dikenal memiliki tampilan yang mirip dengan ikan mas jika dilihat sekilas. Namun yang membedakan adalah ikan kelabau memiliki ukuran yang lebih besar dengan tekstur daging yang lembut.

Karena termasuk sebagai salah satu ikan yang jarang ditemui, maka tidak ada salahnya bagi kamu yang berkunjung ke Pangkalan Bun untuk menyempatkan mencoba olahan ikan yang satu ini. Ikan kelabau biasa diolah menjadi berbagai macam masakan yang lezat dan menggugah selera.

7. Amplang

amplang
shopee.co.id

Amplang menjadi rekomendasi oleh-oleh khas Pangkalan Bun yang tentu sudah tidak asing kamu ketahui. Makanan yang satu ini dikenal memiliki tekstur renyah dan dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan tenggiri. Amplang biasa dijual dengan kemasan yang praktis dan dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh Pangkalan Bun.

Selain dikenal dengan teksturnya yang renyah, amplang juga dikenal karena memiliki cita rasa serta aroma ikan yang khas. Jajanan yang satu ini disukai oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Saat berkunjung ke kawasan Pangkalan Bun, tidak ada salahnya untuk menyempatkan berburu apel sebagai oleh-oleh.

8. Ikan Baung

ikan baung
yummy.co.id

Rekomendasi oleh-oleh khas Pangkalan Bun berikutnya yang menarik untuk kamu coba adalah ikan baung. Ikan baung dikenal dengan dagingnya yang tebal serta teksturnya yang khas. Tidak jarang ikan ini diolah menjadi berbagai macam masakan yang sangat menggugah selera.

Tidak jarang wisatawan yang datang ke kawasan Pangkalan Bun menyebabkan untuk mencoba lezatnya olahan ikan baung. Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, ikan ini juga biasa dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Ikan baung juga biasa diolah dengan cara dibakar atau digoreng agar dapat bertahan lebih lama.

9. Kue Cincin

kue cincin
yummy.co.id

Selain olahan ikan, kamu juga dapat membeli kue cincin sebagai oleh-oleh sepulang dari Pangkalan Bun. Sesuai dengan namanya, kue yang satu ini memang memiliki bentuk menyerupai cincin dengan lubang di bagian tengahnya. Selain disebut kue cincin, kue ini juga memiliki sebutan kue ali.

Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa manis yang khas. Rasa manis yang terdapat pada kue ini berasal dari bahan dasar yang digunakan yakni gula merah. Gula merah yang telah diolah menghasilkan rasa manis serta tekstur yang renyah. Kamu dapat menjumpai kue cincin dengan kemasan yang sangat praktis di berbagai toko oleh-oleh atau pasar tradisional di kawasan Pangkalan Bun.

10. Kerupuk Basah dan Bakar

Oleh Oleh Khas Pangkalan Bun
tripzilla.id

Tidak perlu bingung menentukan pilihan oleh-oleh khas Pangkalan Bun yang menarik untuk dibawa pulang, kerupuk basah dan bakar tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba. Makanan ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar kerupuk basah yang ditambahkan dengan beberapa bumbu sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat. Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan ini diantaranya ikan gabus, tepung terigu, dan juga berbagai tambahan bumbu rempah yang khas.



Leave a Reply