Mengenal Ragam 10 Oleh Oleh khas Kudus


Fida  December 20, 2022  0 Comment

Berbagai daerah di Indonesia tentu memiliki ciri khas masing-masing mulai dari budaya, wisata, hingga makanan khasnya. Saat berkunjung ke Kudus, kamu tidak hanya dapat mengunjungi tempat wisata atau mencoba berbagai kuliner lezat, tetapi juga dapat berburu oleh-oleh sebelum pulang. Terdapat banyak pilihan oleh-oleh khas Kudus yang menarik untuk kamu coba. Penasaran? Berikut daftarnya!

Oleh Oleh Khas Kudus :

1. Jenang Kudus

jenang kudus
inibaru.id

Saat membahas tentang oleh oleh khas Kudus, beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan jenang Kudus bukan? Jenang Kudus menjadi salah satu oleh oleh yang paling populer dan banyak diburu oleh wisatawan. Cita rasa serta teksturnya yang khas menjadi daya tarik tersendiri. 

Jenang Kudus dibuat dengan menggunakan beberapa bahan seperti santan, gula kelapa, lemak nabati, dan bahan utamanya yakni tepung beras ketan. Kamu dapat menjumpai jenang Kudus di berbagai pusat oleh oleh. Jajanan khas ini juga sudah dikemas dengan kemasan yang praktis dan menarik sehingga sayang untuk kamu lewatkan. 

Menikmati Indahnya Panorama Air Terjun Montel Kudus Jawa Tengah

Lentog Tanjung, Menu Sarapan WAJIB Saat Explore Kota Kudus

2. Kopi Muria

kopi muria
shopee.co.id

Bagi kamu pecinta kopi, tidak ada salahnya jika kamu mencoba uniknya Kopi Muria saat datang ke Kudus. Kopi yang satu ini tidak hanya disukai masyarakat lokal Kudus, tetapi juga banyak diburu wisatawan untuk dinikmati langsung maupun dibawa pulang sebagai oleh oleh khas Kudus. 

Baca juga :  7 Oleh-oleh Khas Danau Toba Bikin Hati Yang Tersayang Bahagia

Kopi Muria merupakan kopi lokal khas Kudus yang berasal dari lereng Gunung Muria. Saat mencobanya, kamu akan merasakan cita rasa nikmat serta aroma yang khas. Jika penasaran dan ingin membelinya, kamu dapat berburu kopi muria di berbagai toko oleh oleh di Kudus. Kemasannya yang praktis dan menarik juga menjadikan kopi ini sangat cocok dipilih sebagai buah tangan untuk diberikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah. 

3. Kopi Jetak

kopi jetak
sonora.id

Tidak kalah nikmat dengan kopi muria, kopi jetak juga banyak diburu wisatawan sebagai oleh oleh khas Kudus untuk dibawa pulang. Sesuai dengan namanya, kamu dapat dengan mudah menjumpai kopi ini di daerah Jetak, Kudus. 

Salah satu keunikan dari kopi jetak terletak pada proses pengolahannya yakni digoreng. Saat melalui proses penggorengan, kopi ini juga diberi tambahan sedikit air. Hal itu bertujuan agar kopi jetak mampu bertahan lama. Saat berkunjung ke Kudus, kamu dapat membeli kopi jetak dengan kemasan praktis dan menarik. 

4. Madu Mongso

madu mongso
shope.co.id

Oleh oleh khas Kudus yang tidak boleh kamu lewatkan berikutnya adalah madu mongso. Makanan yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama berupa beras ketan hitam. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan perpaduan rasa manis dan asam. 

Rasa asam pada madu mongso berasal dari proses fermentasi. Beberapa bahan lain yang diburuhkan untuk membuat madumongso adalah santan dan gula. Jajanan yang satu ini dijual dengan kemasan praktis sehingga tidak heran jika banyak diburu sebagai oleh oleh bagi para wisatawan. Harganya yang terjangkau juga menjadikan madu mongso sayang untuk kamu lewatkan. 

5. Keciput

keciput kudus
cookpad.com

Oleh-oleh khas Kudus berikutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah keciput. Keciput merupakan jajanan dengan bentuk yang unik dan memiliki permukaan yang mirip dengan onde-onde dengan banyaknya taburan wijen.

Baca juga :  8 Kue Jadul Belanda Yang Menjadi Oleh Oleh Khas Semarang

Keciput termasuk ke dalam makanan tradisional yang masih banyak diburu hingga saat ini, baik oleh masyarakat lokal maupun oleh wisatawan yang datang ke Kudus. Karena dikenal mampu bertahan lama, maka tidak heran jika keciput menjadi pilihan oleh-oleh yang tepat untuk dibawa pulang. Saat mencobanya, kamu dapat merasakan tekstur yang renyah. Perpaduan rasa manis dan gurih yang ditawarkan juga akan membuatmu ketagihan setelah mencobanya.

6. Rengginang Kudus

rengginang kudus
genpi.co

Rengginang merupakan salah satu jajanan yang cukup mudah dijumpai di beberapa daerah, salah satunya di Kudus. Tidak hanya dikenal sebagai camilan yang cocok dinikmati saat bersantai, rengginang juga banyak dipilih sebagai oleh-oleh khas Kudus untuk dibawa pulang.

Jajanan yang satu ini dikenal dengan teksturnya yang khas yakni renyah serta cita rasanya yang gurih. Kamu dapat memilih untuk membeli rengginang dalam keadaan mentah maupun siap santap.

Rengginang biasa dijual dengan kemasan yang praktis dan menarik. Kamu dapat dengan mudah membeli jajanan ini di berbagai toko oleh-oleh di Kudus. Rengginang menjadi oleh-oleh yang pas untuk dibawa pulang dan diberikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah.

7. Sirop Parijoto

sirop parijoto
tokopedia.com

Pernah mendengar sebutan sirup parijoto? Sirup parijoto merupakan minuman yang hanya dapat kamu jumpai di Kudus. Oleh karena itu, minuman yang satu ini dikenal sangat khas dan tidak jarang diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh khas Kudus untuk dibawa pulang.

Sebutan sirup parijoto berasal dari bahan pembuatannya yakni menggunakan buah parijoto. Tidak hanya dikenal menawarkan cita rasa yang khas, sirup ini juga memiliki banyak mitos atau cerita. Konon katanya jika ibu hamil mengkonsumsi sirup parijoto, maka dipercaya akan melahirkan anak dengan wajah yang tampan maupun cantik. Unik sekali bukan?

Baca juga :  10 Oleh-Oleh Makanan Khas Malang Untuk Yang Tersayang

8. Kacang Bawang Sumber Gelis

Jika bingung menentukan pilihan oleh-oleh khas Kudus untuk dibawa pulang, tidak ada salahnya jika kamu membeli kacang bawang sumber gelis. Kacang bawang yang satu ini dikenal dengan kemasannya yang praktis sehingga cocok dipilih sebagai oleh-oleh.

Selain itu, kacang yang satu ini juga memiliki yang renyah serta rasa gurih yang membuatmu tidak bisa berhenti untuk mengkonsumsinya. Kacang bawang sumber gelis sangat cocok dinikmati untuk bersantai maupun dipilih sebagai oleh-oleh untuk diberikan kepada keluarga maupun kerabat di rumah. 

9. Jangklong

jangklong
solopos.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan makanan jangklong? Jangklong merupakan salah satu makanan tradisional yang kini dikenal sebagai oleh-oleh khas Kudus. Makanan yang satu ini merupakan jenis umbi-umbian yang dapat dengan mudah dijumpai di kaki Gunung Muria. 

Jangklong tidak hanya dikenal menawarkan rasa yang unik dan khas tetapi juga menyehatkan. Makanan yang satu ini mengandung vitamin B yang sangat tinggi dan dipercaya dapat meredakan beberapa penyakit seperti jantung, stroke, hingga kanker. 

10. Intip Ketan

intip ketan
kabar24.bisnis.com

Satu lagi rekomendasi oleh-oleh khas Kudus yang tidak boleh kamu lewatkan yakni intip ketan. Makanan yang satu ini dibuat menggunakan bahan ketan yang dihaluskan kemudian dicampur dengan parutan kelapa.

Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa gurih serta tekstur yang khas. Makanan yang satu ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau dan dapat dengan mudah kamu jumpai di toko oleh-oleh maupun pasar tradisional di Kudus. 

Nah, itulah daftar 10 rekomendasi oleh khas Kudus yang wajib kamu bawa pulang.



Leave a Reply