Onde Onde Alief khas Jombang: Enak, Murah, Porsi Jumbo Lagi!

onde onde alief jombang

Effida | Explorer
Jombang, Jawa Timur, Indonesia | halal
27 Dec 2018


Onde Onde Alief khas Jombang: Enak, Murah, Porsi Jumbo Lagi!
onde onde Alied khas Jombang ini memiliki porsi yang Jumbo dan Harganya Murah!!!

Ngomongin soal makanan khas Jombang, apa sih yang paling kalian cari kalau lagi di Jombang? Musim hujan gini, makanan ringan emang paling dicari, apalagi gorengan, wih. Mumpung lagi liburan di Jombang, sayang bangat kalo nggak keliling cari-cari makanan wkwk.

Sekitar pukul 11 siang, aku sama ayah keliling buat cari makanan entah apa itu haha. Nah terus pas lagi di jalan ditelfon sama tante suruh nyariin makanan yang bisa buat hajatan. Buat isian kardus hajatan gitu lho, kurang banyak katanya. *jadi curhat kan.

Setelah keliling toko roti di Jombang, ternyata semua roti abis dan gaada yang sampe 80 pcs gitu deh. Naaah terus ayah nyeletuk ‘beli onde onde alief aja, enak dan cocok kok buat hajatan’. Ha? Btw aku ga tau awalnya dimana lokasi Onde Onde Alif ini.

Eh ternyata Onde Onde Alief ini ada di daerah perempatan Sambong Jombang. Kalau dari Rumah Sakit Islam Jombang, kalian hanya perlu lurus kea rah perempatan sambong. Dari perempatan masih lurus dikit dan lokasi kuliner ini ada di kanan jalan. Cukup keliatan kok karena bannerya warna kuning dan gede gede banget hehe. Padahal deket rumah kok baru tau yak!

onde onde alief jombang

onde onde alief jombang

onde onde alief jombang

Setibanya di Onde Onde Alief, kami langsung parkir di area parkir motor, di samping toko gitu. Nggak cuma satu atau dua, yang antri Onde Onde Alief ini banyak banget. Bahkan, parkiran depan penuh dengan mobil mobil gitu. Ya, seterkenal itu ternyata. Akunya aja yg telat kenal hehehe.

Sambil nunggu goreng, akupun menyebutkan nama dan jumlah pesananku. Sebut saja Effida 90 pcs. Pas ngeliat buku catatan mbaknya, cukup lama juga banyak nama antrian di atas namaku yang belum dicentang. Itu artinya masih cukup lama buat dapetin pesenan 90 pcs ku.

Daripada lama nunggu dan karena rumah juga deket, langsung aja deh aku nanya ‘mbak nanti aku bisa ambil onde onde jam berapa ya?’ ‘ini tinggal angkat aja dari penggorengan habis itu dipack mbak’ gitu jawabnya. Kalau kalian liat penggorengannya sih emang gede banget, tapi aku ngga nyangka juga kalau sampe 90 pcs lebih muatnya.

Onde onde yang sudah matangpun habis digerus oleh antrian antrian sebelumku. Dan merekapun pulang, tinggal aku sama ayah aja. Eh lakok mbaknya udah gantu tulisan OPEN jadi CLOSED. Ternyata Onde Onde Alif udah habis dalam waktu sekejap!

onde onde alief jombang

onde onde alief jombang

onde onde alief jombang

onde onde alief jombang

btw seneng banget ngefoto penggorengan segede ini wkwk

Setelah nunggu sekitar 10 menitan, akhirnya onde onde yang dari penggorengan besar udah ditiriskan. Nunggu 2 menit dan langsung dimasukin kardus deh. Sambil mbaknya berpesan ‘nanti dari rumah langsung dibuka ya kardusnya, biar panasnya hilang dan onde ondenya mengeras’, ashiyaap mbak.

Kalau kalian beli 10 pcs atau lebih dari 10 pcs. Kalian akan dapet kardus yang panjang kayak gini. Nah harga per kardusnya adalah Rp 18.000,-, itu isinya 10pcs. Kalau nggak mau beli 10 atau terlalu banyak, kalian juga bisa beli 4 pcs dengan hardus yang lebih kecil. Kardus kecil isi onde onde 4 pcs dibandrol dengan harga Rp 8200,-. Ada juga isi 6pcs dengan harga Rp 12.000,- per kotaknya.  

Ukurannya yang gede emang bikin puas banget. Selain itu, wijennyapun merata. Yang paling membedakan Onde Onde Alif dengan onde onde yang lain adalah kulit atau daging kulitnya. Jadi kulit Onde Onde Alief memiliki ukuran yang tebal, namun teksturnya kenyal dan empuk. Penasaran kan? Coba aja deh, kalau jelasin mah syusah.

onde onde alief jombang

onde onde alief jombang

onde onde alief jombang

onde onde alief jombang

Sesuai perintah, nyampe rumah langsung aku bukain satu satu, masih panas bangett

Pas mau pulang mbaknya sempet nanya ‘buat apa mbak kok banyak belinya?’ kujawab aja buat hajatan. Eh sama mbaknya langsung dikasih free plastik 90pcs sesuai jumlah onde ondenya. Tapi berhubung onde ondenya masih panas banget dan aku juga buru buru, jadi plastikin sendiri dirumah aja deh.

Kalian wajib coba deh lezatnya Onde Onde Alief ini kalau lagi di Jombang..

Opening Hours
7 pagi - 3 sore. Kalau bisa dateng pagi aja, soalnya cepet banget abisnya wkwk.
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY