Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

Adreanlin Junkies Wajib Cobain 10 Jalur Offroad Paling Menantang Di Dunia


Reni  January 16, 2020  0 Comment


Bicara tentang offroad pasti tidak jauh dari kesan menantang. Pacu jeep Anda dengan jalur yang ekstrim, jalanan berpasir dan berbatu, jurang yang curam dan menganga, dan melewati hutan belantara yang tak kalah ekstrim! Simaklah uraian offroad paling menantang di dunia berikut ini.

Berikut Daftar Offroad Paling Menantang Di Dunia, Menyeramkan Tapi Menantang!

1. Hell’s Revenge (Colorado, Amerika Serikat)

jalur offroad paling ektrem
brilio.net


Populer dengan nama ‘Dendam Neraka’ merupakan jalur offroad yang terletak di dataran tinggi Colorado, Amerika Serikat. Jalur offroad sepanjang 8,4 mil ini sangat menantang, tebing batu merah kecoklatan menjadi daya tarik tersendiri bagi pencinta offroad. Bentuk jalur menyerupai roller coaster melewati kubah batu dengan kemiringan 65 derajat yang sangat berbahaya!
Meskipun sangat ekstrim, di kawasan ini Anda bisa menjumpai panorama La Sal Mountains dan Sungai Colorado yang bisa dinikmati dari puncak tertinggi Hell’s Revenge. Jalur-jalur offroad memiliki nama seperti ‘Lubang Hitam’, ’Eskalator’, hingga yang paling ekstrim adalah ‘Punggung Singa’. Meskipun sangat ekstrim, tak menyurutkan daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Hell’s Revenge ini.

2. Taman Nasional Death Valley (California)

wisata ooffroad paling menantang
visitcalifornia.com

Taman Nasional Death Valley memiliki luas mencapai 3,4 juta hektar. Kawasan yang terletak di Negara bagian California ini memiliki jalur offroad yang menantang. Petualangan offroad ekstrim dapat dilakukan disini, dengan banyak sekali jurang curam, tumpukan bebatuan di sepanjang jalan, dan jalanan yang terbentuk khas bekas penambangan pada Perang Dunia II.

Ada baiknya mengunjungi Taman Nasional Death Valley saat suhu udara tak terlalu tinggi, seperti saat musim semi atau musim dingin. Anda juga bisa mengunjungi situs menarik contohnya tambang Modoc, Tungku Arang di Wildrose Canyon, bahkan Peternakan Manson yang terkenal itu. Untuk mencapai situs-situs tersebut.

3. Northern Lights (Islandia)

destinati offroad dunia
grayline.com

Meskipun termasuk jalur offroad yang pendek (3-4 jam), namun kawasan yang terletak di Irlandia ini memiliki jalur offroad ekstrim yang spektakuler. Jalurnya melewati hutan belantara Reykjavik yang dingin. Offroad di kawasan ini menawarkan fenomena alam yang tak kalah spektakuler seperti landskap putih gunung berapi dan gleetser.

Pada dasarnya offroad di Islandia didominasi medan yang bersalju dan es yang rentan retak. Anda juga dapat melihat fenomena alam Aurora Borealis yang menakjubkan!

4. Sabah dan Sarawak (Malaysia)

offroad paling menantang di dunia
otomotif.kompas.com

Sabah dan Serawak terletak di Kepulauan Kalimantan. Di kawasan ini menawarkan banyak jalur offroad dengan berbagai tingkat kesulitan. Medan yang harus dilewati berupa jalanan yang bebatuan, kasar, dan sebagian jalan setapak yang melewati hutan yang sangat lebat dan memiliki kubangan lumpur yang sulit dilewati!

Selain itu, Anda juga harus melewati jalur pegunungan yang licin karena curah hujan yang tinggi di kawasan ini. Di kawasan ini benar-benar harus membuat Anda turun karena jalanan berlumpurnya yang berlimpah.
.
Kawasan hutan Sabah dan Serawak di Kalimantan ini juga merupakan kawasan pelestarian hutan. Hutan di Kalimantan masih sangat hijau dan asri dan menghasilkan oksigen yang bermanfaat untuk makhuk hidup. Siapa sangka, kawasan hutan ini menyimpan arena offroad yang menantang!

5. Canning Stock Route (Australia)

Offroad paling menantang di dunia
rac.com.au

Jalur ini merupakan jalur sepanjang 1.850 km yang melintasi Australian Outback, mulai dari Creek di wilayah Kimberly di Barat hingga wilayah Wiluna di Tengah. Selain itu, jalur ini melewati gurun pasir yang luas, sepeti Gurun Gibson. Anda akan melewati kondisi alam yang masih sangat alami, sepi, namun menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan.

6. Gurun Gobi, Mongolia

offroad paling kerem di dunia
tripadvisor.com

Gurun gobi terkenal sebagai gurun paling dingin di dunia, gurun ini terletak di perbatasan Negara Mongolia dan China. Sebagai jalur offroad, gurun gobi memiliki medan yang unik yaitu bebatuan yang bisa menjadi kerikil dan pasir, jurang-jurang yang menganga, dan area pegunungan.

Petualangan offroad di Gunung Gobi bisa mencapai 10 hari dalam rute yang melingkar. Selain itu, jalur offroad gurun ini menjadi salah satu jalur gurun yang tidak boleh dilewatkan karena keragaman rintangan gurunnya!

7. Marakele (Afrika Selatan)

offroad paling menatang di dunia
nightjartravel.com

Jalur Marakele merupakan jalur offroad yang menembus hingga Taman Nasional Marakele. Jalur ini memiliki luas area 49 km, rute offroad mencapai 2-3 hari termasuk perkemahan di hutan belantara. Ini merupakan petualangan yang berkesan karena Anda bisa sambil melihat dan berinteraksi dengan satwa-satwa liar Afrika, Anda bisa mengabadikannya dengan kamera.
.
Jalur offroad Marakele melewati jalanan berbatu yang curam dan turunannya yang tak kalah ekstrim. Selain itu, jalanan dipenuhi areal berlumpur yang sulit dillalui, juga sungai yang harus disebrangi.

8. Taman Air Terjun Hidden Falls (Marble Falls, Texas)

offroad paling menantang di dunia
youtube.com

Kawasan ini terletak sekitar satu jam dari Austin, Texas, serta memiliki jalur sepanjang 240 mil. Hidden Falls Adventure Park terkenal sebagai jalur offroad yang sangat menarik dan menantang. Jalur ini melewati mulai dari tanah yang lembek hingga tanah kasar dan berbatu di sepanjang jalan.

Sepanjang jalan offroad, Anda akan disuguhi pemandangan indah dari air terjun dimana merupakan mata air alami yang sangat ideal untuk berenang. Selain itu, Anda bisa memancing, hiking dan bersepeda gunung yang merupakan kegiatan populer di kawasan ini. Jika ingin berkemah, disediakan tenda kemah, kabin, dan bunkhouse.

9. Quesada (Spanyol)

wisata mainstream
youtube.com

Quesada merupakan sebuah kota kecil di Andalusia, Spanyol yang banyak dikunjungi penggila offroad untuk petulangan tak terlupakan. Hal yang unik dari jalur offroad ini adalah Anda akan melewati pedesaan spanyol. Ada banyak jalan untuk menyelesaikan rute jalur offroad ini, Anda bisa menempuhnya dari mulai satu bahkan lima hari.

Cobalah untuk mencoba rute yang melewati Pegunungan Jabalcon dekat kota Baza di provinsi Granada. Selain itu, jalur offroad ini sebagian besar dipenuhi kerikil dan sungai-sungai yang harus disebrangi. Terdapat pula areal danau-danau kering yang dapat mengasah keterampilan offroad Anda.

10. Rann of Kutch (India)

wisata extrem dunia
flickr.com

Rann of Kutch yang memiliki luas 16.000 km persegi adalah salah satu keajaiban dunia, kawasan ini dibagi menjadi dua bagian yaitu Little Rann dan Great Rann. Keunikan dari Rann of Kutch adalah kawasan ini memiliki satu sisi merupakan gurun, dan sisi lainnya berupa lautan.

Medan offroad Rann of Kutch berupa jalanan gurun yang berdebu, kering, dan gersang sebagian besar. Uniknyal, pada jalur berikutnya Anda akan menemui rawa-rawa, dan juga lumpur-lumpur kering yang terdapat tanah liat di dalamnya.

Di areal Great Rann Anda akan menemui hamparan putih dimana Anda harus melangkah dengan hati-hati. Kesan unik dari padang pasir bertemu dengan lautan benar-benar tak terlupakan!.


Meskipun area-area offroad di atas sangat ekstrim dan berbahaya, tak menyurutkan wisatawan untuk berkunjung khususnya bagi penggila olahraga ekstrim. Ada kepuasan tersendiri saat berhasil melalui jalur-jalur yang memacu adrenalin. Bagi pencinta olahraga ekstrim, offroad paling menantang di dunia tersebut menjadi menantang untuk dikunjungi!



Leave a Reply