10 Museum Terbaik di Dunia Nggak Bikin Bosen Explore Seharian


Reni  January 13, 2020  0 Comment

Museum adalah salah satu destinasi wisata yang cukup populer di dunia. Dengan mengunjungi museum, Anda bisa belajar sejarah, melihat karya seni hingga arsitektur dalam museum. Museum seolah menjadi lokasi yang tepat untuk menambah ilmu sekaligus berwisata. Berikut ini adalah museum terbaik di dunia yang wajib Anda kunjungi.

Museum Terbaik di Dunia

1. Metropolitan Museum of Art (New York, Amerika Serikat)

Metropolitan Museum of Art
cnnindonesia.com

Museum terbaik di dunia yang pertama ada di New York, Amerika Serikat. Museum yang kerap disebut The Met ini merupakan salah satu museum dengan jumlah pengunjung terbanyak di dunia. The Met menyimpan lebih dari dua juta koleksi benda seni yang terbagi dalam tujuh departemen kurasi yang berbeda, cocok sekali bagi Anda yang suka menikmati berbagai lukisan dan karya seni lainnya.

Metropolitan Museum of Art ini buka setiap hari dengan harga tiket yang bervariasi, mulai dari USD 12 hingga USD 25 per orangnya.

Gotravelly

Menengok Potret Pendidikan Di Masa Lampau Hingga Saat Ini Di Museum Pendidikan Surabaya

Mengenal Sejarah Kepolisian Di Museum Polri

2. Art Institute of Chicago (Chicago, Amerika Serikat)

Art Institute of Chicago
theculturetrip.com

Museum terbaik di dunia yang kedua juga masih ada di Amerika Serikat, tepatnya di Chicago, yaitu Art Institute of Chicago. Museum yang pertama kali didirikan tahun 1879 ini berlokasi di Grant Park, Chicago dan merupakan salah satu museum tertua dan terbesar di Amerika Serikat.

Koleksi yang dipamerkan di museum ini terbagi atas sebelas departemen kurasi dan koleksi permanennya mencapai 300 ribu. Beberapa koleksi yang populer antara lain lukisan karya George Seurat yang berjudul A Sunday on La Grand Jatte (1884) dan lukisan The Old Guitarist karya Pablo Picasso.

Baca juga :  Pesona 10 Pantai Terindah di Eropa Bikin Hati Bahagia

Berkat koleksi-koleksinya yang menarik inilah setiap tahunnya museum ini dikunjungi oleh 1,5 wisatawan dari berbagai negara. Bagi Anda yang ingin berkunjung, Art Institute of Chicago buka setiap hari dengan harga tiket masuk mulai dari USD 14 hingga USD 25.

3. 9/11 Memorial & Museum (New York, Amerika Serikat)

9/11 Memorial & Museum
tourscanner.co

9/11 Memorial & Museum yang berlokasi di 180 Greenwich Street, New York ini termasuk dalam salah satu museum terbaik di dunia. Museum ini didirikan sebagai penghormatan untuk korban tragedi 11 September 2001 di gedung World Trade Center.

Museum ini mempunyai bentuk yang cukup unik karena memperlihatkan jajaran pohon dengan dua kolam yang berada di tengahnya, dulunya lokasi ini adalah twin tower sebelum tragedi 11 September 2001. Arsitek yang merancang memorial ini bernama Michael Arad yang berasal dari Israel.

9/11 Memorial ini dibuka dalam peringatan 10 tahun tragedi tersebut, tepatnya pada tanggal 11 September 2011 dan museumnya baru dibuka untuk umum pada tanggal 21 Mei 2014. Baru tiga bulan setelah tanggal pembukaannya, museum ini sudah dikunjungi oleh lebih dari satu juta wisatawa.

Museum ini dapat dikunjungi setiap hari dengan harga tiket mulai dari USD 15 hingga USD 24 per orangnya.

4. National Museum of Anthropology (Meksiko)

National Museum of Anthropology
trover.com

National Museum of Anthropology sering juga disebut sebagai Museo Nacional de Antropologia dalam bahasa Meksikonya. Museum yang sudah berdiri sejak tahun 1964 di Meksiko ini menyimpan koleksi artefak dari kebudayaan Meksiko di masa lalu. Salah satu koleksi yang paling terkenal adalah Stone of the Sun.

National Museum of Anthropology yang berada di bawah naungan lembaga antropologi dan sejarah Meksiko ini termasuk dalam salah satu museum terbaik di dunia dengan pengunjung yang cukup banyak setiap tahunnya.

Baca juga :  Selusuri Keindahan 10 Wisata Mangrove Terbaik di Kalimantan

Untuk mengunjungi museum ini, pengunjung dikenakan tiket masuk sekitar Rp 53,000 per orangnya.

5. Prado National Museum (Madrid, Spanyol)

Prado National Museum
britannica.com

Museum terbaik di dunia selanjutnya ada di ibukota Spanyol, yaitu Madrid. Prado National Museum didirikan pada tahun 1819 dan menyimpan koleksi seni dari berbagai penjuru benua Eropa mulai dari abad 12 hingga abad 20.

Prado National Museum yang seringkali disebut sebagai El Prado ini merupakan satu dari banyak museum yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Koleksi yang bisa Anda nikmati di museum ini adalah gambar, lukisan, patung hingga dokumen bersejarah. Salah satu karya yang paling terkenal di Prado National Museum adalah lukisan cat minyak karya Velazquez yang berjudul Las Meninas.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi El Prado, museum ini buka setiap hari dan pengunjung sama sekali tidak dikenakan biaya masuk.

6. State Hermitage Museum (St Petersburg, Rusia)

 State Hermitage Museum
visit-petersburg.ru

State Hermitage Museum merupakan sebuah museum yang didirikan oleh Catherine the Great pada tahun 1754 dan baru pertama kali dibuka untuk umum di tahun 1852. Museum ini diperkirakan menjadi rumah bagi sekitar 3 juta koleksi seni, dimana koleksinya yang terbanyak adalah koleksi lukisan. Tak heran jika State Hermitage Museum menjadi salah satu museum terbaik di dunia.

Museum ini terbagi menjadi enam bangunan megah dimana salah satunya adalah Winter Palace. Winter Palace ini dulunya adalah kediaman kaisar Rusia yang indah dan mewah. Pengunjung bisa menikmati koleksi di museum ini dengan membayar tiket seharga Rp 119,000. Tapi, jika Anda datang di hari Kamis minggu pertama setiap bulannya, Anda tidak akan dikenakan tiket masuk.

7. British Museum (London, Inggris)

British Museum
getyourguide.com

British Museum berlokasi di area Bloomsburry di Kota London dan merupakan salah satu museum terbaik di dunia. Museum ini memiliki koleksi permanen yang diperkirakan mencapai 8 juta dan merupakan museum dengan koleksi paling lengkap karena menyimpan berbagai benda seni dari berbagai benua di dunia.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Sidrap Pesonanya Mendebarkan Hati

Museum ini telah berdiri sejak tahun 1753 dan pertama kali dibuka untuk umum pada tanggal 15 Januari 1759. Area dari British Museum ini mencapai 75 ribu meter persegi dengan 94 galeri.

Memasuki British Museum pengunjung sama sekali tidak dikenakan biaya masuk. Pengunjung bisa datang setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga pukul 5.30 sore, kecuali hari Jumat museum ini buka sampai pukul 8.30 malam.

8. Musée d’Orsay (Paris, Perancis)

Musée d'Orsay
aparisguide.com

Paris juga memiliki museum terbaik di dunia yaitu Musée d’Orsay. Museum yang berada di tepi sebelah kanan Sungai Seine ini menyimpan sejumlah koleksi seni yang patut untuk Anda saksikan. Sejumlah koleksi seni Perancis disini berasal mulai dari tahun 1848 hingga 1914 dalam bentuk lukisan, ukiran, perabot dan foto.

Beberapa lukisan karya seniman ternama ada di museum ini, seperti Monet, Seurat, Van Gogh dan Guguin. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Musée d’Orsay, museum ini buka di hari Selasa sampai Minggu dengan tiket masuk sebesar USD 9 hingga USD 12 per orangnya.

9. Acropolis Museum (Athena, Yunani)

Acropolis Museum
inexhibit.com

Acropolis Museum merupakan museum arkeologi yang berfokus pada penemuan benda-benda arkeolog di Acropolis Athena. Museum ini juga merupakan museum terbaik di dunia karena menyimpan koleksi hampir empat ribu koleksi benda arkelologi di area seluas 14.000 meter persegi.

Museum yang pertama kali didirikan pada tahun 2003 ini baru dibuka untuk umum pada 20 Juni 2009 dan bagi Anda yang ingin mengunjunginya, Anda wajib merogoh kocek sebesar Rp 66,000 saja untuk tiket masuknya.

10. Vasa Museum (Stockholm, Swedia)

 Vasa Museum
tripadvisor.com

Vasa Museum adalah sebuah museum maritim yang berlokasi di Stockholm, Swedia, tepatnya di Pulau Djurgården. Museum ini adalah salah satu museum terbaik di dunia dengan berbagai koleksi yang unik dan menarik untuk dilihat. Salah satu koleksi terbaik dari museum ini adalah sebuah kapal bernama Vasa yang berasal dari abad 17 dan pernah tenggelam saat pelayarannya di tahun 1628.

Vasa Museum telah dibuka sejak tahun 1990 dan sejak saat itu menjadi salah satu museum paling banyak dikunjungi di area Skandinavia. Museum ini buka setiap hari dengan harga tiket mulai dari Rp 159,000 hingga Rp 212,000 per orangnya.



Leave a Reply