10 Museum Dikenal Paling Angker di Indonesia, Hati Hati!


prita  February 4, 2021  0 Comment

Museum sangat identik dengan wisata edukasi yang bisa menambah wawasan seputar sejarah karena tempat ini menyimpan benda-benda unik dan bersejarah yang usianya sangat tua. Karena menyimpan benda-benda antic tersebut, maka membuat museum seolah menyimpan misteri dan bahkan terkesan angker sehingga dikenal sebagai Museum apling angker di Indonesia. Sejumlah orang bahkan pernah mengalami kejadian di museum bahkan tak sedikit juga yang menggunakan museum sebagai tempat untuk beruji nyali.

Indonesia sendiri memang memiliki banyak museum yang menyimpan berbagai benda bersejarah. Tak hanya koleksi yang bersejarah, bahkan bangunan museum di Indonesia juga kebanyakan sebagai bangunan bersejarah yang telah ada sejak jaman colonial Belanda. Nah, jika kamu gemar berwisata ke museum, cobalah untuk berkunjung ke Museum angker di Indonesia Sukses bikin Bulu Kuduk Pengunjung Berdiri

1. Lawang Sewu, Semarang

Lawang Sewu
heritage.kai.id

Museum angker di Indonesia yang pertama adalah Lawang Sewu. Museum yang berada di jantung kota Semarang ini seringkali muncul dalam reality show misteri dimana terdapat penampakan-penampakan makhluk ghaib.

Lawang Sewu merupakan symbol kejayaan era colonial Belanda di Indonesia. Bangunannya sangat megah dengan banyak pintu di dalamnya, tak heran jika museum ini diberi nama Lawang Sewu atau pintu seribu.

Lawang Sewu yang saat ini menjadi museum kereta api ini dulunya digunakan sebagai markas utama Jepang. Dibawahnya terdapat lorong bawah tanah yang digunakan sebagai penjara dimana para tawanan disiksa dengan kejam sebelum kepala mereka dipenggal. Seram sekali ya?

review wisata

Nekat! Uji Nyali Di Museum Santet

Merinding Disco Di Museum Kematian

2. Museum Penghianatan PKI, Jakarta Timur

Museum Penghianatan PKI
ikutilangkahkaki.com

Jika berbicara soal museum angker di Indonesia rasanya belum lengkap jika tidak membahas museum yang satu ini. Museum Penghianatan PKI atau dikenal juga sebagai museum Lubang Buaya ini didirikan untuk mengenang kejadian nahas G30S PKI. Museum ini menyimpan patung-patung replica kejadian tersebut yang tentunya mampu membuat para pengunjung merinding saat melihatnya.

Setelah 20 tahun Indonesia merdeka, tepatnya di tanggal 30 September 1965, terjadi sebuah insiden yang membuat kita mengibarkan bendera setengah tiang sampai sekarang. Aksi tersebut dikenal dengan nama G30S PKI yang merenggut tujuh nyawa jendral pahlawan revolusioner yang kemudian dikubur dalam lubang buaya.

3. Museum Bahari, Jakarta Utara

Museum Bahari
blog.reservasi.com

Museum angker di Indonesia selanjutnya juga masih ada di kawasan DKI Jakarta, tepatnya di Jakarta Utara. Museum ini dikenal dengan nama Museum Bahari yang menyimpan koleksi-koleksi perahu.

Bangunan dari museum ini terbilang cukup tua karena sudah ada sejak zaman colonial Belanda. Dulunya bangunan ini menjadi gudang penyimpanan rempah-rempah VOC, namun sekarang menjadi museum seputar sejarah pelayaran Indonesia.

Menurut warga setempat, mereka sering mendengar suara-suara aneh dari luar museum di malam hari. Mulai dari suara tangis, tawa hingga suara langkah kaki pasukan yang sangat ramai. Meskipun dikenal sebagai salah satu museum yang cukup angker, namun hal tersebut tidak menyurutkan niat pengunjung untuk datang kesana.

4. Museum Fatahillah, Jakarta Barat

Museum Fatahillah
wisatabagus.com

Museum Fatahillah juga menjadi salah satu museum angker di Indonesia yang patut untuk kamu kunjungi. Museum yang berada di kawasan Kota Tua Jakarta ini dulunya merupakan kantor pemerintahan colonial Belanda. Tak hanya itu, bangunan museum ini dulunya juga digunakan untuk menghukum mati para leluhur kita, bahkan kamu bisa menemukan penjara bawah tanah ada di museum ini.

Saat memasuki penjara bawah tanah disini, kamu akan merasakan aroma lembab yang langsung tercium. Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan berbagai alat yang digunakan untuk menyiksa para tawanan jaman dulu. Konon, museum ini masih menyimpan banyak ruang tersembunyi lainnya yang saat ini masih belum ditemukan.

5. Museum Wayang, Jakarta Barat

Museum Wayang
goodnewsfromindonesia.id

Museum angker di Indonesia selanjutnya juga masih berada di kawasan Kota Tua. Museum ini bernama Museum Wayang yang dikenal menyimpan berbagai jenis wayang asli Nusantara hingga mancanegara.

Karena berada di kawasan Kota Tua, tentunya bangunan dari museum ini telah ada sejak zaman penajajahan. Konon, tempat ini dulunya merupakan makam Belanda, hal ini semakin dikuatkan karena ditemukannya sebuah prasasti di dalamnya. Bahkan, beberapa orang mengaku pernah melihat penampakan wayang yang bergerak sendiri.

6. Museum Fort Vredeburg, Jogja

Museum Fort Vredeburg
idetrips.com

Museu angke di Indonesia yang seringkali dikunjungi selanjutnya adalah Museum Fort Vredeburg. Museum yang berada di kawasan Malioboro Jogja ini dibangun oleh Pemerintah Hindia Belanda dan digunakan sebagai markas militer tentara Hindia Belanda dalam menghadapi serangan di wilayah Yogyakarta.

Museum ini juga banyak menyimpan kisah misteri yang sangat terkenal dikalangan masyarakat setempat. Seperti adanya penampakan noni Belanda berbadan setengah kuda. Kemudian ada juga pengakuan dari penjaga benteng pernah melihat pasukan Belanda sering masuk dan berjalan dalam bangunan benteng ini.

7. Museum Brawijaya, Malang

Museum Brawijaya
iqbalazhari.com

Kota Malang juga memiliki sebuah museum yang dikenal sebagai salah satu museum angker di Indonesia. Museum ini bernama Museum Brawijaya dan dikenal menyimpan benda-benda bersejarah sejak zaman kolonial.

Salah satu benda bersejarah yang cukup menarik perhatian di museum ini adalah adanya gerbong kereta yang disebut dengan gerbong maut. Disebut demikian karena gerbong ini digunakan untuk mengangkut banyak orang tanpa adanya ventilasi, sehingga setelah kereta tiba di tujuan, banyak penumpang yang meninggal karena kehabisan nafas.

8. Museum Kesehatan, Surabaya

Museum Kesehatan
lifestyle.okezone.com

Surabaya juga menjadi salah satu kota yang memiliki salah satu museum angker di Indonesia. Museum ini dikenal sebagai Museum Kesehatan dan menyimpan koleksi alat-alat yang digunakan untuk proses penyembuhan penyakit.

Menariknya, museum ini menyimpan boneka jalangkung dari kayu yang konon digunakan untuk memanggil arwah orang yang meninggal secara tidak wajar. Tak hanya itu, museum ini juga memiliki sebuah ruangan dengan pintu masuk bertuliskan “dunia lain” yang mana tidak semua orang boleh masuk. Bahkan ruangan ini selalu dikunci.

9. Museum Pos Indonesia, Bandung

Museum Pos Indonesia
thetravelearn.com

Museum angker di Indonesia yang satu ini berada tepat di belakang Gedung Sate Bandung, yaitu Museum Pos Indonesia. Museum ini menyimpan beragam koleksi seputar pos, seperti koleksi perangko dari seluruh dunia, alat surat menyurat sampai surat dari raja-raja pada masanya yang telah berusia ratusan tahun.

Museum Pos Indonesia ini juga memiliki ruang bawah tanah yang terdapat patung-patung. Konon, patung-patung disini sering bergerak di malam hari dan sering menatap para pengunjung yang datang ke museum tersebut.

10. Museum Mpu Tantular, Sidoarjo

Museum Mpu Tantular
brisik.id

Museum angker di Indonesia yang terakhir adalah Museum Mpu Tantular yang berada di Kota Sidoarjo. Museum ini merupakan satu-satunya museum di kota Sidoarjo yang saat ini masih menyimpan peninggalan-peninggalan bersejarah.

Museum seluas 3 hektar ini menyimpan berbagai koleksi arca hingga patung-patung bersejarah yang sangat menarik. Namun, museum ini juga dikenal memiliki cerita mistis. Sejumlah pengunjung kerap merasakan aura mistis saat berkunjung kesana, bahkan saat siang hari mereka juga pernah melihat adanya penampakan makhluk halus di museum ini.



Leave a Reply