10 Makanan Khas Tahiti Rasanya Nempel di Hati Dijamin Nambah!


Reni  January 12, 2020  0 Comment

Selain dikenal sebagai “surganya” destinasi tempat wisata yang berada di dataran Benua Eropa,  ternyata Tahiti pun juga dikenal akan “surganya” makanan atau kuliner khas yang banyak mengundang selera makan dari para wisatawan. Oleh sebab itu tak lengkap rasanya bila Anda belum mencoba berbagai makanan khas Tahiti ketika Anda tengah berwisata di kepulauan bekas jajahan Prancis.

Beberapa ragam kuliner khas dari Kepulauan Tahiti ini memang berbahan dasar ikan laut karena memang pada dasarnya masyarakat asli Kepulauan Tahiti ini berprofesi sebagai nelayan sehingga tak heran bila beberapa ragam kuliner asli dari Kepulauan Tahiti ini berupa aneka macam olahan ikan laut seperti ikan tuna merah hingga ikan bonito yang menjadi ikan “endemik” dari Tahiti.

Memang, Kepulauan Tahiti ini menjadi salah satu tempat wisata yang juga dikenal akan keberagaman masakan atau kuliner yang sangat khas karena rasa dari makanannya tersebut juga sangat enak untuk dikonsumsi. Maka dari itu inilah beberapa ragam kuliner asli dari Kepulauan Tahiti diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Poisson Cru

 Poisson Cru
eatwell.co.nz

Ragam kuliner yang wajib Anda coba ketika Anda berlibur di  Kepulauan Tahiti adalah Poisson Cru. Apa itu Poisson Cru ? Poisson Cru merupakan masakan asli dari kepulauan Tahiti yang berbahan dasar ikan laut dan juga santan kelapa.

Cara penyajian dari Poisson Cru ini adalah menyiapkan ikan laut seperti ikan tuna merah atau ikan tuna putih yang telah Anda bersihkan dan kemudian Anda cincang. Lalu ikan tuna cincang tersebut Anda campur dengan perasan air lemon, irisan bawang bombay, bawang merah, bawang putih, mentimun, hingga daun bawang lalu kemudian siram dengan santan.

Gotravelly

Nasi Serpang Khas Bangkalan: Menu Sarapan Nikmat Kaya Lauk Pauk

Selain Sate, Nasi Rames Khas Madura Jadi Kuliner Wajib Saat Bertandang Ke Pamekasan

2. Fafaru

Fafaru
saveur.com

Makanan olahan yang terbuat dari bahan ikan tuna merah ataupun putih lainnya adalah Fafaru. Fafaru ini tentu saja berbeda dengan Poisson Cru karena proses pembuatan Fafaru ini lebih rumit dibandingkan dengan menyajikan Poisson Cru.

Ya, Fafaru ini terbuat dari potongan ikan tuna merah atau putih yang telah dicincang halus dan kemudian daging cincang ikan tuna tersebut dimarinasi dengan air laut beserta kepala udang yang telah Anda haluskan. Setelah itu, campuran daging ikan tuna cincang serta kepala udang tersebut disajikan bersama dengagn sayuran seperti irisan wortel dan kubis.

3. Poe

Poe
dimpieekitchen.com

Kuliner khas dari Kepulauan Tahiti ini memang tidak melulu terbuat dari ikan laut saja. Salah satu jenis kuliner asli dari Kepulauan Tahiti yang terbuat dari buah-buahan adalah Poe. Ya, Poe adalah salah satu “dessert” atau makanan penutup yang paling populer di kalangan wisatawan asing.

Poe ini sejeni kue yang terbuat dari bahan dasar buah pisang atau labu kuning yang dihaluskan dan kemudian dicampur dengan tepung pati. Yang menarik dari pembuatan Poe ini adalah adonan tersebut kemudian dibungkus dengan daun pisang dan kemudian dimasukkan ke dalam oven khas masyarakat Tahiti.

4. Chao Men

Chao Men
championtahiti.com

Sekilas, nama masakan yang satu ini mirip dengan nama masakan dari Negeri Tirai Bambu atau Tiongkok bukan ? Ya, Chao Men merupakan salah satu ragam kuliner asli Negeri China karena beberapa orang Tiongkok yang tinggal di Kepulauan Tahiti ini memasak Chao Men yang berbahan dasar mie sehingga kini Chao Men menjadi salah satu kuliner khas Tahiti.

Chao Men ini berbahan dasar mie yang kemudian digoreng lalu ditambahkan dengan beberapa bumbu pelengkap serta lauk pauk seperti daging, potongan udang, irisan bawang merah dan putih hingga potongan kubis.

5. Uru

Uru
pinterest.com

Tahukah Anda tentang apa itu Uru ? Di Negara Indonesia, Uru ini dikenal dengan nama buah sukun yang sangat enak untuk dikonsumsi atau dijadikan pilihan sebagai gorenang. Di Kepulauan Tahiti, Uru ini juga sangat enak untuk dikonsumsi tentunya namun dengan metode yang berbeda.

Di Tahiti, Uru disajikan bersama dengan Pu’a Toro atau yang lebih kita kenal dengan daging kornet dan kemudian dimasak dengan irisan bawang bombay sehingga aroma Uru akan lebih nikmat dan gurih.

6. Firi-Firi

 Firi-Firi
196flavors.com

Sekilas, Firi-Firi ini memiliki bentuk mirip dengan salah satu kue khas dari Indonesia yakni donat. Ya, Firi-Firi yang menjadi salah satu ragam kuliner asli dari Kepulauan Tahiti ini sangat digemari oleh para wisatawan karena memiliki rasa manis dan enak ketika dikonsumsi. Hanya saja Firi-Firi ini tidak menggunakan beragam macam topping.

Firi-Firi ini hanya ditaburi gula sehingga rasa manis yang dihasilkan oleh Firi-Firi ini juga berasal dari gula yang ditabur pada bagian atas. Nah, Firi-Firi ini cocok ketika dikonsumsi bersama teh hangat ataupun dengan roti rasa kelapa yang juga khas dari Kepulauan Tahiti.

7. Carpaccio

Carpaccio
karlijnskitchen.com

Salah satu makanan Khas Tahiti yang wajib Anda coba adalah Carpaccio. Ya, makanan yang dibuat dari bahan ikan segar ini sangat disukai oleh para wisatawan karena memiliki perpaduan rasa yang unik yakni asam dan juga asin.

Ya, Carpaccio ini terbuat dari potongan daging ikan seperti ikan tuna merah maupun tuna putih atau menggunakan ikan salmon. Pemotongan daging ikan ini menggunakan cara fillet atau potongan tipis yang kemudian ditaruh di sebuah piring. Lalu Anda dapat tambahkan bumbu rempah-rempah dan perasan air lemon.

Carpaccio kini bahkan menjadi salah satu menu restoran yang berada di Tahiti sehingga bagi Anda yang ingin mencicipi Cappaccio maka Anda dapat mengunjungi restoran terdekat di Kepulauan Tahiti.

8. Carpaccio Vegetarian

Carpaccio Vegetarian
servingdumplings.com

Jika biasanya Carpaccio ini terbuat dari bahan ikan segar, maka berbeda dengan Carpaccio Vegetarian ini. Ya, Carpaccio Vegetarian ini terbuat dari 100 persen bahan alami seperti ubi beet yang memiliki warna merah. Ubi beet ini memiliki rasa yang khas yakni manis sehingga cocok untuk Anda jadikan sebagai menu pilihan makan Anda selama di Tahiti.

9. Fenua Bowl

Fenua Bowl
farandawayadventures.com

Untuk Anda yang gemar mengkonsumsi buah-buahan maupun sayur mayur maka Anda dapat mengkonsumsi “salad” khas dari Kepulauan tahiti ini. Ya, Anda dapat mencoba Fenua Bowl yang mana makanan ini terbuat dari berbagai macam buah dan sayur pilihan seperti pisang, apel, mangga dan beberapa buah lainnya yang kemudian diberi sirup segar.

10. Nos Muffins

Nos Muffins
tripadvisor.com

Makanan khas dari Kepulauan Tahiti selanjutnya adalah Nos Muffin. Apabila kue muffin rata-rata di dunia ini terbuat dari tepung dan juga coklat maupun keju, namun tidak untuk makanan khas dari Kepulauan Tahiti yakni Nos Muffins ini.

Ya, kue muffin dari Kepulauan Tahini ini terbuat dari beraneka ragam potongan sayuran seperti irisan wortel, irisan kubih, hingga tauge dan kemudian dicampurkan dalam adonan dan dioven hingga mengembang di dalam wadah.

Kepulauan Tahiti memang menjadi surga destinasi wisata yang sangat terkenal di dunia. Namun, Kepulauan Tahiti juga kaya akan ragam kuliner asli yang dapat Anda coba dan konsumsi bersama dengan keluarga



Leave a Reply